Informasi Pengumuman UKG/UTN Ulang 1 dan 3 Semua Rayon LPTK 2018

Pengumuman UKG/UTN Ulang 1 dan 3 Semua Rayon LPTK 2018 - beberapa waktu yang lalu sudah di informasikan oleh Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan yang merupakan Perguruan Tinggi penyelenggara sertifikasi guru pada tahun 2018. LPTK adalah Perguruan Tinggi penghasil calon-calon pendidik/guru yang profesional mempunyai peran yang cukup penting dalam menciptakan pembangunan sumber daya manusia Nusantara ini.
Informasi Pengumuman UKG/UTN Ulang 1 dan 3 Semua Rayon LPTK
Informasi Pengumuman UKG/UTN Ulang 1 dan 3 Semua Rayon LPTK

Bagi peserta sertifikasi guru tahun 2018 melalui program PLPG 2016 dan PLPG 2017 tentu saja sangat berharap untuk bisa lulus PLPG dan Ujian Tulis Nasional (UTN) ulang, karena setelah mengikuti tahap tersebut peserta yang lulus dengan nilai minimum 80 akan diberikan sertifikat pendidik. Jadi buruan bagi Anda yang mengikuti UKG/UTN ulang untuk cek informasi pengumuman UKG Ulang 1 dan 3 di rayon LPTK Anda.

Pengumuman UKG/UTN Ulang 1 dan 3 Tahun 2018


Pelaksanaan UTN atau UKG ulang 1 dan 3 telah selesai dan saat ini tinggal menunggu pengumuman hasil UTN baik UTN ulang 1 maupun UTN Ulang 3 yang telah diikuti oleh peserta dari pola PLPG 2016 dan pola PLPG 2017.

Bagaimana cara cek pengumuman hasil UTN Ulang 1 dan 3 ?
Untuk mengetahui pengumuman hasil utn plpg 2016 dan utn plpg 2017, silakan Anda kunjungi Rayon LPTK masing - masing dan pantau terus pelaksanaan pengumuman Kelulusan UKG Ulang atau UTN ulang 1 dan 3 tahun 2018.

Untuk itu bagi Anda peserta PLPG /UTN Ulang baik tahap 1 maupun 3 yang ingin melihat pengumuman sertifikasi guru 2018 silahkan untuk memilih nama Perguruan Tinggi penyelenggara SERGUR 2018 dibawah ini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengumuman hasil utn 1 dan 3, silakan cek nilai utn plpg 2018 melalui rayon masing-masing.

Pengumuman Kelulusan UTN Ulang 1 dan 3 tahun 2018 Semua Rayon LPTK

Berikut kami sampaikan Informasi KELULUSAN UKG/UTN 1 dan UKG/UTN 3 Semua RAYON LPTK 2018. Silahkan Anda isi Kolom nomor peserta dan Tanggal lahir serta mengisi kolom pertanyaan keamanan untuk melihat hasil Kelulusan UKG 1 dan 3 ulang tahun 2018. Bagi peserta yang lulus UTN Ulang 1 dam 3 harap mencetak dan mengisi kolom pertanyaan keamanan untuk melihat hasil Kelulusan.


Cek Pengumuman Hasil UTN Ulang 

" UNIMED
" UNIB
" UNSRI
UNRI
" UNP
" UNILA
" UNJA
" UNJ
/" UPI
"UNY
" UNNES

" UNS
" UNESA
" UNEJ
" UNLAM
" UNPAR
" UNMUL
" UNTAN
" UNRAM
" UNDANA
" UNM

" UNTAD
" UNHALU
" UNIMA
" UNG
" UNCEN
" UNPAS
" UNPAK
" UNSIL
" UHAMKA

" IKIP PGRI SEMARANG
" UMP
" UMS
" UNIPA
" UNP-KEDIRI
UMM
" UB-TARAKAN


Pada sertifikasi guru 2018 bagi peserta UKG atau yang belum lulus UTN akan dilaksanakan UTN ulang, dan menurut informasi yang saya dapat pelaksanaan UTN ulang dilakukan sebanyak 4 kali. Jadi bagi saudara yang belum lulus UKG jangan kewatir karena sekarang masih ada kesempatan lagi untuk tahapan UTN ulang berikutnya.

Mungin saja anda membutuhkan contoh Biodata dan daftar lampiran Peserta/Guru PLPG yang harus dikumpulkan dapat diunduh di bawah ini:

CONTOH BIODATA PESERTA DAN DAFTAR LAMPIRAN DISINI

Demikian informasi mengenai Pengumuman Hasil UTN/UKG 1 dan 3 semua Rayon LPTK tahun 2018 yang dapat saya informasikan. Semoga dapat bermanfaat buat bapak/ibu sebagai peserta Sertifikasi Guru yang menikuti UTN ulang 2018.

Kumpulan Contoh Soal Olimpiade Matematika SD Lengkap Dengan Kunci Jawabannya

Kumpulan Contoh Soal Olimpiade Matematika SD Lengkap Dengan Kunci Jawabannya - Salah satu ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan mutu pendidikan yaitu Olimpiade Sain Nasional (OSN). Untuk jenjang SD, Pelajaran yang dilombakan yaitu Matematika dan IPA yang biasanya penyelenggarannya dilakukan sekali dalam Satu Tahun Pelajaran

Untuk mengikuti loba OSN terutama Bidang Studi Matematika tentunya perlu persiapan yang matang, selain dari bimbingan guru latikan berbagai contoh soal perlu dilakukan.

Soal olimpiade matematika tingkat SD/MI untuk seleksi kecamatan merupakan soal matematika dengan level yang sedang. Kendati begitu beberapa soal diantaranya cukup membutuhkan pemikiran yang maksimal. Karena jika salah dalam pemahaman konsep soal, maka akan yang terjadi adalah terjerumus dalam pilihan jawaban pengecoh.


Kumpulan Contoh Soal Olimpiade Matematika SD Lengkap Dengan Kunci Jawabannya

Untuk itu sebagai persiapan Admin InfoPtkOnline akan membagikan beberapa contoh soal Olimpiade Matematika SD berikut ini :
Download Contoh Soal Olimpiade Matematika SD 1
Download Contoh Soal Olimpiade Matematika SD 2
Download Contoh Soal Olimpiade Matematika SD 3
Download Contoh Soal Olimpiade Matematika SD 4

Semoga Kumpulan Contoh Soal Olimpiade Matematika SD Lengkap Dengan Kunci Jawabannya ini bermanfaat.


Syarat Dan Cara Pendaftaran PPG 2018 - 2022 Tahap 2

Syarat Dan Cara Pendaftaran PPG 2018 - 2022 Tahap 2 - Dalam rangka pelaksanaan sertifikasi bagi guru Dalam Jabatan melalui Pendidikan Perofesi Guru Dalam Jabatan, Ditjen GTK akan membuaka kembali pendaftaran caloan Peserta PPG Dalam Jabatan untuk pelaksanaan tahun 2018-2022. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahap 2 berpedoman  pada peraturran pemerintah Nomor 19 tahun 2017 tentang perubahan peraturan pemerintah Nomor 74 tahun 2018 tantang guru.

Syarat Dan Cara Pendaftaran PPG 2018 - 2022 Tahap 2
Syarat Dan Cara Pendaftaran PPG 2018 - 2022 Tahap 2

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengani Persyaratan dan cara daftar PPG 2018 tahap dua bagi guru yang belum terpanggil pada waktu PPG 2017 kemarin, atau yang belum lulus pretst ppg 2017. 

Sehubungan hal tersebuat, Ditjen GTK menyampaikan informasi pembukaan Pendaftaran PPG 2018 - 2022 Terbaru akan dilaksanakan pada tanggal 19 febuarai sampai denagn 5 maret 2018. Adapun informasi yang disampaikan oleh Ditjen GTK terkait dengan pelaksanaan PPG Dalam Jabatn 2018 adalah sebagi berikut :

Calaon Peserta PPG Dalam Jabatan adalah guru yang diangkat sampai dengan tanggal 31 desembar 2015 dan telah tercatat dalam data pokok Dapodik per tanggal 31 juli 2017. Calon peserta harus memenuhi persyaratan Akademik dan administrasi. Peryaratan Akademik yaitu calon peserta PPG harus memiliki nilai minimum yang diperoleh dari tes kemampuan akademik (pretest).

Selain itu calon peserta diwajibkan melakukan pendaftaran melalui situs simpkb.id dengan mengisi program setudi PPG yang dipilih sesuai denagan ijasah S-1/D-IV. Verifikasi dan Validasi akan dlakukan untuk melihat keseksuaian antara program setudi PPG yang dipilih dengan ijasah-1/D-IV yang dimiliki.

Nah itulah isi surat edaran pendaftaran peserta PPG dalam jabatan 2018-2019 untuk proses mendapatkan sertifkasi guru. Lalu bagaiman cara mendaftar PPG 2018 bagi guru yang belum terdaftar?? untuk melakukan pendaftaran PPG dalam jabatan yang harus Anda persipakan yaitu syarat dan administrasi diantaranya adalah seabagi berikut.

Persyaratan Peserta PPG Dalam Jabatan 2018

Sebelum ikut PPG Dalam Jabatan alangkah baiknya bapak/ibu mengetahui alurnya dan pahami syarat-syaratnya. Berikut alur atau syarat - syarat calaon peserta PPGJ tahun 2018 untuk pelaksanaan PPG dalam jabatan tahun 2018 - 2022 yang harus dipersiapkan adalah:

1. Persyaratan akademik PPG Tahap 2

Calon peserta PPG Dalam Jabatan 2018 harus mengikuti seleksi kemampuan akademik melalui tes online. Seleksi kemampuan akademik meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes bakat dan minat.

Standar minimal nilai hasil seleksi kemampuan akademik calon peserta ditetapkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, untuk tahun 2018 ditetapkan batas lulus pretest adalah 50 untuk program studi kejuruan dan 60 untuk program studi non kejuruan.

2. Persyaratan administrasi  PPG Tahap 2

Calon peserta PPG wajib memenuhi persyaratan administrasi sebagai berikut.

a. Diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Desember 2015.
b. Terdaftar pada Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan per tanggal 31 Juli 2017.
c. Memiliki NUPTK (dapat dipenuhi setelah lulus pretest).

d. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan
 tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi, dibuktikan dengan scan ijazah S-1/ D-IV.
e. Berkualifikasi akademik S-1/D-IV yang sesuai dengan program studi pada PPG yang akan diikuti.

f. Masih aktif mengajar dibuktikan dengan memiliki SK pembagian tugas mengajar dari kepala sekolah 5 (lima) tahun terakhir (mulai tahun 2014 sampai dengan 2018).

g. Berstatus guru PNS, guru Bukan PNS di sekolah negeri, dan guru tetap yayasan (GTY). Guru bukan PNS di sekolah negeri dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Kepala Daerah atau Kepala Dinas Pendidikan 5 (lima) tahun terakhir (mulai tahun 2014 sampai dengan 2018).

h. Berusia setinggi-tingginya 58 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun 2018.
i. Sehat jasmani dan rohani.
j. Bebas Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (Napza).
k. Berkelakuan baik.


Persyaratan guru bukan PNS di sekolah negeri seperti disebutkan pada huruf g di atas, hanya berlaku untuk pendaftaran dan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan, tidak berlaku untuk persyaratan pembayaran tunjangan profesi pendidik. Biaya pelaksanaan PPG Dalam Jabatan bagi guru bukan PNS di sekolah negeri menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah atau Satuan Pendidikan, kecuali guru yang mengajar di daerah khusus (3T).


Jadwal PPG Dalam Jabatan 2018 Untuk Pelaksanaan PPG Jalam Jabatan 2018-2022


Berikut adalah jadwal pelaksanaan PPG 2018 selengkapnya di bawah ini :

  • Pendaftaran calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh Guru tanggal 17 Februari – 2 Maret 2018
  • Verifikasi dan validasi linieritas antara bidang studi PPG dengan ijazah S-1/D-IV oleh LPMP pada tanggal 19 Februari – 5 Maret 2018
  • Penetapan TUK oleh LPMP dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Februari 2018
  • Penempatan (Plotting) TUK calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh LPMP dilaksanakan pada tanggal 6 – 10 Maret 2018
  • Cetak kartu calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan 2018 tahap 2 oleh Guru dilaksanakan pada tanggal 12 - 14 Maret 2018
  • Pelaksanaan Pretest PPG Dalam Jabatan di TUK oleh Ditjen dimulai pada tanggal GTK 20 - 31 Maret 2018

Ditjen GTK akan mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Proses Pendaftaran Calon Peserta PPG 2018 tahap 2 pada minggu ke-4 Februari 2018. Jadi bagai Anda yang belum terundang PPG 2017 atau yang tidak lulus PPG Dalam Jabatan tahap pertama untuk mempersiapan syarat untuk calon peserta pendaftaran.

Download Surat Edaran Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan 2018 tahap dua DISINI

Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2018

Aplikasi Login pendaftaran PPG Dalam Jabatan tahap 2 dapat dibuka melalui alamat
http://simpkb.id atau DISINI

Guru membuka situs tersebut untuk melakukan pendaftaran sebagai calon Peserta PPG
Dalam Jabatan dengan menggunakan akun individu masing-masing. Guru mengunggah
(upload) hasil pindai (scan) ijazah asli S-1/D-IV. Bagi guru yang terkendala dengan akses
internet, pendaftaran dapat dibantu oleh kepala sekolah atau dinas pendidikan.

Guru menetapkan program studi yang akan diikuti dalam PPG. Ketentuan penetapan program
studi PPG adalah linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV yang dimiliki.
Daftar linieritas program studi PPG pada Lampiran II.

Guru mengisi nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ijazah S-1/D-IV.


LPMP melakukan verifikasi dan validasi kesesuaian atau linieritas antara program studi PPG
yang dipilih dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-4. Hasil verifikasi dan validasi
tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.

  • “Diterima” jika program studi PPG yang dipilih linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV.
  • “Ditolak” jika program studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV dan tidak dimungkinkan adanya perbaikan. Contoh: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Hukum tidak linier dengan program studi PPG yang ada.
  • “Diperbaiki’ jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV tetapi dimungkinkan adanya perbaikan. Contoh: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Bahasa Inggris memilih program studi PPG Guru Kelas SD. Jika Guru tersebut ingin mengikuti PPG maka guru harus memperbaiki program studinya menjadi Bahasa Inggris.


Guru yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “diterima” dinyatakan sebagai peserta
pretest PPG Dalam Jabatan.

Waktu dan tempat pelaksanaan pretest akan diinformasikan setelah proses penempatan
(plotting) peserta pretest ke TUK selesai.

Itulah proses cara daftar PPG dalam Jabatan 2018/2019 untuk mendapatkan sertifikasi guru yang harus dipersiaakan. Nah, untuk mengetahui lebih jelas megenai panduan cara daftar PPG 2018-2019 terbaru dapar anda unduh pada tautan dibawah ini :



Demikian informasi yang dapat admin bagikan buat bapak/ibu mengenai Syarat Dan Cara Pendaftaran PPG 2018-2019 Terbaru Tahap 2. Semoaga dapat bermanfaat.

Pemberian Insentif Guru Non PNS Kemenag 2018

Pemberian Insentif Guru Non PNS Kemenag - Merupakan informasi sesuai Keputusan Menteri Agama No 1 tahun 2018 tentang Insentif bagi Guru Bukan PNS pada Kementerian Agama. Diterbitkannya KMA Insentif Bulanan Guru Bukan PNS tentunya menjadi kabar baik bagi semua guru Non-PNS Kemenag.

Kementerian Agama Tetapkan Insentif Bagi Guru Non PNS

Pemberian Insentif Guru Non PNS Kemenag 2018
Pemberian Insentif Guru Non PNS Kemenag 2018

Adanya insentif guru non pns kemenag ini untuk meningkatkan motivasi, kinerja, dan kesejahteraan bagi guru bukan PNS pada Kementreian Agama, perlu diberikan Insentif.

Bahwa berdasarkan pertimabangan-pertimbanag sebagaiamana untuk meningkatkan kesejahteraan guru madrasah maka Kemenag tetapkan Insentif bulanan bagi Guru Non PNS.


Biaya Insentif Guru Non PNS Kemenag 2018

Kemenag terbitkan KMA Insentif bertujuan untuk mengatur tentang pemberian insentif guru bukan PNS sebesar Rp250 ribu / bulan. Guru yang mendapatkan insentif adalah guru bukan PNS yang belum mengikuti sertifikasi guru yang menjadi binaan Kemenag.

Adapaun besaran biaya Guru Non PNS Kemenag yang akan dapat insentif bulanan terhitung Januari 2018, guru madrasah bukan PNS yang belum sertifikasi akan mendapatkan insentif sebesar Rp250. 000.

Selain itu menurut informasi bahwa guru madrasah bukan-PNS yang belum sertifikasi cukup banyak yaitu berkisar 241 ribu guru  di seluruh Indonesia. Jadi masih banyak guru non pns kemenag yang akan menerima dana insentif. Nah, apabila guru madrasah perbulan mereka mendapat insentif Rp250 ribu, berarti setiap guru selama 1 tahun mendapatkan Rp3.000.000 (tiga juta). Sedangkan untuk mekanisme pemberian insentif guru madrasah akan dilakukan melalui rekening Bapak/ibu.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Surat Edaran Kementerian Agama tentang Insentif Guru Non PNS dapat anda unduh dibawah ini:

Download Surat Edaran Kementerian Agama telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama No 1 tahun 2018 tentang Insentif bagi Guru Bukan PNS pada Kementerian Agama DISINI

Selain surat edaran Kemenag berikut admin bagikan juga juknis insentif guru madrasah tahun 2018 yang dapat anda unduh dibawah ini :

Download Juknis Insetif Guru Non PNS Madrsah 2018

Demikian informasi yang dapat admin bagikan mengeni dana Pemberian Insentif Guru Non PNS Kemenag 2018, Semoga dapat bermanfaat.

Meski Diberi Anggaran PAUD Tidak Akan Dinegerikan

Mesi Diberi Anggaran PAUD Tidak Akan Dinegerikan  - Halo sahabat pengunjung Info PTK Online kabar terbaru kali ini yaitu terkait status Pendidikan Anak Usia Dini yang memang sedang digembor-gembrokan oleh pemerintah. namun Seperti dilansir dari situs JPNN, bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan tidak akan menegerikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pemerintah akan tetap memberikan kewenangan pengelolaan PAUD pada pihak swasta.

"Walaupun pemerintah memberikan anggaran PAUD, tidak ada niat pemerintah untuk menegerikan PAUD. Pengelolanya tetap swasta," kata Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Harris Iskandar dalam taklimat media rembuk nasional pendidikan dan kebudayaan (RNPK) di Sawangan, Depok, Jabar, Rabu (7/2).

Dia menyebutkan, saat ini terdapat sekira 190 ribu PAUD dan 600 ribu guru yang mengajar enam juta anak usia dini.
Baca Juga : Inilah Konsep Pendidikan PAUD Di Indonesia
Untuk tahun ini, pemerintah menyiapkan dana alokasi khusus bantuan operasional (DAK BOP) PAUD sebesar Rp 4,070 triliun. Anggaran itu meningkat dari tahun sebelumnya pada 2017 sebesar Rp 3,58 triliun.

Dirjen Harris memaparkan, hampir semua negara maju sudah memperlakukan PAUD dengan sangat baik. Mulai dari sisi anggaran atau pun kualitas guru dan tenaga kependidikannya.

Peningkatan kualitas dan kuantitas PAUD, Kemendikbud telah masuk dalam program prioritas pendidikan nasional.

"Pemerintah memberikan BOP PAUD sebesar Rp 600 ribu per anak. Tahun ini, anggaran DAK PAUD menjadi Rp 4 triliun," tandasnya.

Download Juknis BOP RA Tahun 2019 Terbaru

Download Juknis BOP RA Tahun 2019 Terbaru  - merupakan Petunjuk Teknis acuan Bantuan Operasional Pendidikan bagi Raudlatul Athfal di Tahun Anggaran 2019. Raudlatul Athfal (RA) adalah lembaga pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan dengan jalur formal. Program BOP adalah salah satu program utama pemerintah yang bertujuan untuk mendukung kesuksesan program PAUD di Indonesia.

Download Juknis BOP RA Tahun 2019 Terbaru
Download Juknis BOP RA Tahun 2019 Terbaru

Bantuan Oprasioanal Pendidikan (BOP) ini bisa digunakan oleh RA untuk kebutuhan biaya oprasional non prsonalia dengan jenis pengeluaran atau biyaya sebagaimana yang tertera di Permendiknas No.69 Tahun 2009. Berdasarkan juknis bop RA adalah program pemerintah yang berupa pemberian dana kepada Raudlatul Athfal yang besarnya dihitung berdasarkan jumlah siswa pada masimg-masing RA.

Besaran Biaya Dana BOP RA Berdasarkan Juknis Tahun 2019

Nah untuk besaran biaya BOP RA tahun anggaran 2019 sesuai juknis memang tidak mengalami perubahan. Untuk sasaran dari bantuan ini adalah semua RA di seluruh Indonesia yang telah memiliki izin operasional dengan besaran dana bantuan oprasional pendidikan sebesar Rp. 300.000,-/siswa/tahun. Pemberian bantuan dana BOP RA ini diharapkan dapat mendorong kereatifitas kepala RA untuk mengenlola tenaga kependidikannya agar menjadi lebih baik segingga akan tercantum tujuan lembaga pendidikan yang ideal.

Tujuan BOP RA Berdasarkan Juknis BOP RA 2019

Sedangkan untuk tujuan program BOP RA bertujuan untuk mewujudkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu bagi semua lapisan masyarakat dalam rangka mendukung Program PAUD. 

Adapun tujuan secara khusus program BOP adalah :

  • Membantu biaya operasional RA.
  • Mengurangi angka putus sekolah pada RA
  • Meningkatkan Angka partisipasi Kasar (APK) siswaRA.
  • Mewujudkan keberpihakan pemerintah (affirmative action) bagi siswa RA dari keluarga tidak mampu dengan membantu (discount fee) tagihan biaya sekolah.
  • Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi siswa kurang mampu pada RA untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu.


Download Juknis BOP RA Tahun 2019

Pengelolaan program BOP RA anggaran 2019 menjadi kewenangan RA secara mandiri dengan melibatkan kepala RA, Dewan Guru dan Komite RA. Bagi seluruh RA yang menerima program BOP harus mengikuti pedoman atau petunjuk yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama. Supaya program ini dapat tepat sasaran dan tepat laporan maka bagi yang membutuhkan Juknis BOP RA 2019 untuk tahun anggaran 2019 dapat Anada unduh pada tautan dibawah ini:



Demikian informasi yang dapat admin bagikan mengenai Juknis BOP RA tahun 2019. Semoga petunjuk BOP diatas dapat bermanfaat dan terimakasih. 

Update Patch 1.0 Dapodik 2018 b Terbaru

Update Patch 1.0 Dapodik 2018 b Terbaru – Saat ini telah rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b, dimana saat ini telah dilakukan pembaruan di beberapa fitur dan perbaikan dari versi sebelumnya. Selain itu Aplikasi Dapodikd Versi 2018.b telah melalui serangkaian pengujian sebelum dirilis, namun demikian setelah dirilis dan digunakan pada saat ini dilaporkan temuan beberapa bugs pada aplikasi ini.

Update Patch 1.0 Dapodik 2018 b Terbaru
Update Patch 1.0 Dapodik 2018 b Terbaru

Dengan adanya laporan-laporan permasalahan tersebut, tim pengembang telah melakukan perbaikan bugs pada aplikasi dan saat ini dirilis dalam bentuk aplikasi PATCH 1.0 untuk Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b. Kami sangat meng-apresiasi peran aktif dari para Operator Dapodik yang telah melaporkan temuan-temuannya, dimana laporan ini sangat berharga dan dibutuhkan oleh tim pengembang dalam melakukan pembenahan Aplikasi Dapodikdasmen.


Untuk melakukan update/pembaruan Patch 1.0 pada Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:


1# Cara Unduh dan Install Patch 1.0 Aplikasi Dapodikd 2018.b


Bagi sekolah yang telah menggunakan Aplikasi Dapodikd Versi 2018.b dapat melakukan pembaruan Patch 1.0 secara manual, langkah-langkahnya sebagai berikut:

Unduh file PATCH 1.0 pada menu unduhan laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Lakukan installasi sampai dengan selesai.
Lakukan refresh (Ctrl + F5).


2# Pembaruan Online Patch 1.0  Dapodik Versi 2018.b Terbaru

Cara Update Patch 1.0 secara ONLINE Di Dapodikdasmen Versi 2018.b adalah sebagai berikut:

  • Pastikan komputer terkoneksi internet.
  • Silahkan login pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b
  • Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
  • Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Patch 1.0) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
  • Kemudian klik tombol - Lanjutkan -, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
  • Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
  • Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).


3# Bagi yang masih menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.a

Bagi sekolah yang masih menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.a, maka lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Alukan Uninstall Aplikasi Dapodikd versi 2018.a terlebih dahulu, kemudian install Aplikasi Dapodikd versi 2018.b
  • Setelah berhasil melakukan pembaharuan ke Apikasi Dapodikd2018.b, lanjutkan dengan melakukan installasi PATCH 1.0 (dapat menggunakan cara manual atau update on line sebagaimana penjelasan pada poin no.1 dan no.2 diatas).
  • Lakukan proses registrasi dengan mengikuti petunjuk penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b.


Perhatian :

  • Pada saat registrasi offline pada Aplikasi Dapodikdasmen DILARANG MENGGUNAKAN PREFILL LAMA. Gunakan prefill dengan MENGUNDUH PREFILL BARU setiap akan melakukan registrasi.
  • Prioritas penggunaan titik koordinat alamat adalah untuk peserta didik tingkat kelas 6 dan kelas 9, mengingat akses penggunaan titik koordinat hanya dibatasi 25.000 akses pencarian per hari.
  • Jika ada pesan error, penentuan titik koordinat tetap dapat dilakukan dengan menggeser posisi map (tidak melalui pencarian).


Daftar Perubahan Terbaru Aplikasi Dapodik versi 2018.b


Berikut pembaruan dan perbaikan yang dilakukan pada Patch 1.0 Aplikasi Dapodik versi 2018.b adalah sebagai berikut:

  • [Pembaruan] Panambahan tampilan info jumlah agregat pada beranda
  • [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menambah prasarana
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika ubah rombongan belajar
  • [Perbaikan] Perbaikan pengisian kelompok mata pelajaran Wajib (Tambahan)

Nah itulah pembaharuan pada patch dapodik 2018 terbaru.

Download Patch 1.0 Dapodikd Terbaru 2018


Link Alternatif Installer Aplikasi Dapodik versi 2018.b

Jika Anda mengalami kesulitan mengunduh Aplikasi Dapodik versi 2018.b melalui link diatas, silahkan gunakan beberapa link alternatif berikut:

Link alternatif via Google Drive
Link alternatif via Uptobox
Link alternatif via Turbobit
Link alternatif via Oboom
Link alternatif via FileFactory
Link alternatif via DataFile
Link alternatif via MultiFileMirror

Demikian informasi mengeni yang dapat Admin bagikan mengenai Update Patch 1.0 Dapodik 2018 b Terbaru. Semoga bermanfaat.

Link Alternatif DHGTK 2019 Jika Terjadi Error Server Overload

Link Alternatif DHGTK 2019 Jika Terjadi Error Server - Walaupun saat ini telah dibuka aplikasi daftar hadir guru online (DHGTK) oleh Kemdikbud, dan telah diterbikan juga panduan cara mengisi daftar hadir guru  online 2019, akan tetapi hanya memberikan 2 link alternatif untuk melakukan login DHGTK. Maka dari itu munkin saking banyaknya yang mengakses secara bersamaan pada aplikasi tersebut jadi server error dan menyebakan buka dhgtk gagal terus.

Link Alternatif DHGTK 2019 Jika Terjadi Error Server Overload
Link Alternatif DHGTK 2019 Jika Terjadi Error Server Overload

Begitu banyaknya guru yang mengalami ke gagal pada saat akan login pada Link DHGTK, menyebabkan kekecewaan bagi guru, kepala sekolah dan perorator sekolah, jadi pihak yang terkait dengan dhgtk tidak bisa mengisi program absen online guru. Pada hal aplikasi DHGTK online telah resmi dirilis Kemdikbud, yang memiliki tujuan untuk menentukan berbagai kebijagan seperti tunjangan guru dan lainnya, tapi sayangnya masih jasa terdapat kendala.

Nah, sehubungan dengan adanya permasalahan diatas disinia admin akan memberikan Link Alternatif DHGTK 2019 Jika Terjadi Error Server.  Jadi sebagai operator atau petugas absen online tidak usah kuatir karena masih ada cara untuk masuk ke aplikasi dhgtk online dengan link alternatif saat Error Server overload.

Link Alternatif DHGTK 2019 Jika Terjadi Error Server Overload


Berikut kami bagikan kumpulan Link DHGTK Online Alternatif 2019 (Daftar Hadir Guru Online) dan silahkan untuk dipilih sala satu yang lancar :

Nah, itulah 8 link alternatif DHGTK Online 2019 yang dapat anda coba untuk solusi dalam melakukan login DHGTK online saat akan mengisi absen secara online pada saat terjadi error server overload. Selain 8 link dhgtk, kami juga akan bagikan panduan mengisi  dhgtk kemdikbud yang dapat anda unduh dibawah ini:


Sekian yang dapat admin bagikan mengenai Link Alternatif DHGTK 2019 Jika Terjadi Error Server Overload atau web DHGTK tidak bisa dibuka yang dapat admin bagikan buat bapak/ibu guru. Semoga informasi postingan ini dapat bermanfaat.

Surat Edaran Ditjen GTK Kemdikbud Tentang Penerima Tunjangan Profesi Guru 2018

Surat Edaran Ditjen GTK Kemdikbud Tentang Penerima Tunjangan Profesi Guru 2018 – Diterbitkanya surat keputusan ini tentunya untuk menginformasi untuk bapak/ibu agar segera melakukan Pengecekan dan Pembaharuan Data Dapodik siapa tahu ada kesalahan data, dan silakan perbaiki jika memang data tidak sesuai.
Surat Edaran Ditjen GTK kemdikbud Tentang Penerima Tunjangan Profesi Guru 2018
Surat Edaran Ditjen GTK Tentang Penerima Tunjangan Profesi Guru 2018

Dalam rangka persiapan penerbitan Penerima Tunjangan Profesi Guru dan Tunjangan Khusus bagi guru di daerah khusus, khususnya bagi guru bukan Pegawai Negeri Sipil (TPG dan TKG bukan PNS) Semester 1 tahun 2018, Direktorat Guru Pendidikan Dasar, Ditjen GTK Kemendikbud telah mengeluarkan surat edaran nomor 0857/B3.4/GT/2018 tanggal 31 Januari 2018, hal Informasi Pengecekan dan Pembaharuan Data Dapodik.

Baca Juga : Validasi Tugas Tambahan Yang Diakui Dapodik 2017/2018

Tujuan dari Surat Keputusan Ditjen GTK kemdikbud ini adalah untuk melakukan pengcek data dapodik untuk persiapan penerbitan Surat Keputusan (SK) Penerima Tunjangan Profesi Guru dan Tunjangan Khusus bagi guru di daerah khusus. Itulah Info Surat Edaran Ditjen GTK Kemdikbud tersebut.


ISI Surat Edaran Ditjen GTK Tentang TPG Tahun 2018

Inilah Surat Edaran Ditjen GTK Tentang Informasi Pengecekan dan Pembaharuan Data Dapodik 2018b Terbaru.

Sehubungan dengan persiapan penerbitan Surat Keputusan (SK) Penerima Tunjangan Profesi Guru dan Tunjangan Khusus bagi guru di daerah khusus, khususnya bagi guru bukan Pegawai Negeri Sipil (TPG dan TKG bukan PNS) Semester 1 tahun 2018, dengan ini kami menghimbau kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk menginfomasikan kepada guru-guru dibawah binaan saudara untuk mengecek dan memperbaharui (update) data dapodiknya sebelum 28 Februari 2018 agar tidak ada kesalahan saat verifikasi data.

DOWNLOAD SURAT EDARAN DITJEN GTK TENTANG PENERIMA TUNJANGAN PROFESI GURU DISINI 

Demikian informasi mengenai Surat Edaran Ditjen GTK kemdikbud tahun 2018 yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi pada postingan kali ini dapat bermanfaat.

Download Aplikasi Dapodik Versi 2018b dan Link Alternatif

Download Aplikasi Dapodik Versi 2018b dan Link Alternatif - Di ujung bulan pertama smester Genap ( II) Dapodik merilis versi terbarunya yaitu versi 2018b yang merupakan versi instaler bukan patch, sehingga bagi sobat operator yang mau menggunakan versi terbaru dapodik 2018 ini mau tidak mau harus menginstal dapodiknya, adapun bagi yang sudah menginstal versi dapodik sebelumnya maka sobat operator harus mengunistal versi lama ( Menghapus) untuk bisa menggunakan Aplikasi dapodik terbaru.

Aplikasi dapodik versi 2018b ini menggunakan database versi baru sehingga versi lama dapodik tidak bisa digunakan lagi, untuk menghapus dapodik versi lama sobat bisa langsung unistal di control panel.

Apa Perubahan Yang Terjadi Pada Dapodik Versi 2018 b

Berikut adalah beberapa perubahan yang dilakukan pada Dapodik versi 2018b

  • [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada GTK yang menginduk disekolah negeri namun berstatus kepegawaian sebagai GTY
  • [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada Peserta Didik antara tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran
  • [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data GTK jika status satuan administrasi pangkal (SATMINKAL) ada disekolah non induk
  • [Pembaruan] Penambahan validasi pada jenjang SMA dan SMK untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1:9)
  • [Pembaruan] Penambahan fitur tampilkan password ketika buat akun GTK
  • [Pembaruan] Penambahan validasi untuk mengecek mata pelajaran yang diajarkan diluar struktur kurikulum yang berlaku
  • [Pembaruan] Pencegahan perubahan tingkat pendidikan, kurikulum dan jurusan pada rombongan belajar jika pembelajaran sudah terisi
  • [Pembaruan] Penambahan kolom lintang dan bujur pada PTK
  • [Pembaruan] Penambahan kolom lintang dan bujur pada Peserta Didik
  • [Pembaruan] Pengaktifan kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan
  • [Pembaruan] Perubahan menu utama
  • [Pembaruan] Penambahan pada rombongan belajar untuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS)
  • [Pembaruan] Penambahan fitur konfirmasi dan cetak surat mutasi peserta didik
  • [Pembaruan] Penambahan fitur cek informasi terkait profil guru dan tendik
  • [Pembaruan] Perubahan, penyesuaian dan penyempurnaan struktur database dengan UI pada aplikasi
  • [Perbaikan] Penonaktifan tambah GTK untuk provinsi Papua dan Papua Barat
  • [Perbaikan] Pengaktifan kembali menu nilai
  • [Perbaikan] Perbaikan, penyesuaian dan penyempurnaan fitur penginputan nilai
  • [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
  • [Perbaikan] Optimalisasi aplikasi
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menambah mata pelajaran untuk jenjang SMA

Kumpulan Link Alternatif Download dapodik versi 2018b

Bagi sobat yang kesusahan untuk mendownload Instaler Dapodik versi 2018b silahkan bisa menggunakan link alternatif berikut ini :

  1. Link alternatif Download Dapodik via Google Drive
  2. Link alternatif Download Dapodik via Uptobox
  3. Link alternatif Download Dapodik via Turbobit
  4. Link alternatif Download Dapodik via Oboom
  5. Link alternatif Download Dapodik via FileFactory
  6. Link alternatif Download Dapodik via DataFile
  7. Link alternatif Download Dapodik via MultiFileMirror
  8. Link alternatif Download Dapodik via MediaFire
  9. Link alternatif Download Dapodik via 4Shared
  10. Link alternatif Download Dapodik via SendSpace
  11. Link alternatif Download Dapodik via Share Online
  12. Link alternatif Download Dapodik via ZippyShare
  13. Link alternatif Download Dapodik via TusFiles
  14. Link alternatif Download Dapodik via SendMyWay
  15. Link alternatif Download Dapodik via Free
  16. Link alternatif Download Dapodik via UpStore
  17. Link alternatif Download Dapodik via WayUpload
  18. Link alternatif Download Dapodik via Files
  19. Link alternatif Download Dapodik via CloudyFiles
  20. Link alternatif Download Dapodik via FileBebo
  21. Link alternatif Download Dapodik via Files
  22. Link alternatif Download Dapodik via MegaFiles
  23. Link alternatif Download Dapodik via UploadBurst

Semoga bermanfaat

Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B

Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B – DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD telah melengkapi Fitur terbaru yang terdapat pada pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2018B semester 2. Fiktur atau menu terbarunya yaitu sekarang sekolah dapat mencetak surat pindah atau mustasi tanpa harus susah payah membuat surat pindah sekolah untuk siswa, karena pada pembaharuan aplikasi dapodik terbaru 2018 b sudah dilegkapi dengan fitur cetak surat mutasi peserta didik atau surat pindah siswa.

Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B
Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B

Pada Dapodik Versi 2018.b semester 2 semua satuan pendidikan dapat menggunakan menu cetak Surat baik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Selain perubahan menu tersebut terdapat juga beberapa perbaikan menu lain sekolah, peserta didik, dan sarana yang dapat digunakan di satuan pendidikan.

Pembaruan ini adalah untuk penyempurnaan perihal mutasi peserta didik melalui dapodik. Pada aplikasi versi 2018.b ini, peserta didik yang mutasi akan otomatis dibuatkan surat mutasi berdasarkan isian Dapodikdasmen di sekolah asal. Berdasarkan uraian tersebut, maka saat perpindahan siswa atau peserta didik dari kelas yang satu ke kelas lain yang sejajar, dan atau dari sekolah yang satu ke sekolah yang lain, harus dibuatkan surat mutasi melalui dapodik. 

Lalu bagai mana cara membuat atau cetak surat mutasi peserta didik di dapodik 2018 ? berikut untuk lebih jelasnya.


Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B


Berikut langkah-langkah untuk melakukan Cetak Surat Mutasi/Pindah Siswa melalui Aplikasi Dapodik terbaru adalah sebagai berikut:

1. Pilih peserta didik yang akan dimutasi, klik tombol registrasi dan isi registrasi keluar peserta didik tersebut.

2. Setelah mengisi registrasi keluar, segera lakukan sinkronisasi agar data lokal di sekolah sama dengan data di server pusat.

3. Selanjutnya pada menu PD Keluar, pilih peserta didik tersebut lalu klik tombol cetak surat mutasi.

4. Maka akan tampil jendela cetak surat mutasi. Status pertama adalah “Belum Melakukan Konfirmasi Cetak”. Untuk melakukan konfirmasi, klik tombol “Konfirmasi Cetak”.

5. Pilih Ya untuk melanjutkan. Silakan pilih dengan hati-hati karena bila konfirmasi cetak selesai dilakukan, maka peserta didik tersebut tidak bisa dikembalikan menjadi peserta didik aktif di sekolah tersebut.

6. Selanjutnya, bila sudah sukses melakukan konfirmasi maka pengguna bisa melakukan cetak surat mutasi dengan cara klik tombol “Cetak Dokumen”.

7. Selanjutnya akan tampil jendela cetak surat mutasi. Silakan atur sesuai kebutuhan lalu klik print, dan selesai.


Nah itulah proses cara mencetak surat pindah siswa didapodik 2018, cukup mudah bukan. Sebagai tambahan informasi untuk anda berikut saya bagikan panduan lengkap cara penggunaan aplikasi dapodik versi terbaru tahun 2018 versi B.

Panduan Instal dan Penggunaan Aplikasi Dapodik 2018 B [ Download DISINI ]

Download Aplikasi Dapodik versi 2018.B DISINI


Demikianlah panduan yang dapat admin bagikan mengeni Cara Mencetak Surat Mutasi Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik 2018 B, semoga cara diatas dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan operator sekolah saat akan membuat surat pindah siswa didapodik.

Juknis BOP PAUD 2019 Kemdikbud Terbaru Nomor 4 Tahun 2019

Juknis BOP PAUD 2019 Kemdikbud Terbaru – merupakan informasi yang akan admin bagikan buat bapak/ibu yang ingin mengetahui lebih jelas menganai petunjuk teknis penggunaan BOP PAUD/TK versi terbaru tahun 2019.
Juknis BOP PAUD 2019 Kemdikbud Terbaru
Juknis BOP PAUD 2019 Kemdikbud Terbaru

Diterbitkanya oleh Kementian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) tentang petunjuk teknis Bantuan Opersaional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau yang sering disebut sebagai Juknis BOP PAUD Kemdikbud.dimaksud untuk memberikan acuan/pedoman bagi pemerintah daerah, Satuan PAUD dan Pertanggungjawaban laporan DAK Non Fisik BOP PAUD.

Dengan adanya dana BOP PAUD diharapkan mampu meringankan beban masyarakat terkait dengan pembiayaan pendidikan untuk anak usia dini yang lebih bermutu. Selain itu juga program dari pemerintah ini digunakan untuk memberikan dukungan kegiatan operasional PAUD secara berkelanjutan.


Juknis BOP PAUD Tahun 2019 Kemdikbud Terbaru


Juknis BOP PAUD 2018 PDF Memiliki tujuan untuk :

Sebagai pemanfaatan BOP PAUD agar tidak terjadi kesalah dalam penyaluran dana dan dapat tepat sasaran dalam pengembangan operasional dan non personalia dalam penyelenggaraan PAUD secara efektif sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan memperoleh hasil yang efisien.

Memberikan laporan pertanggungjawaban keuangan DAK Non Fisik BOP PAUD dilkukan dengan cara tertib administrasi, transparan, akuntabel, tepat waktu, serta terhindar dari penyimpangan dan harus transparan.

Itulah tujuan juknis bop PAUD terbaru sesuai Kemdikbud tahun 2019.

Pengertian DAK Non Fisik BOP PAUD

Dana Alokasi Khusus Nonfisik (DAK Nonfisik) adalah dana yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara kepada daerah dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus nonfisik yang merupakan urusan daerah.

BOP PAUD adalah program pemerintah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan anak usia dini yang diberikan kepada satuan pendidikan anak usia dini dan satuan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini untuk mendukung kegiatan operasional pendidikan.

Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini yang disebut DAK Nonfisik BOP PAUD adalah dana yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara kepada daerah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional nonpersonalia bagi satuan pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini.

PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Juknis Penggunaan Dana BOP PAUD Terbaru tahun 2019

Berikut ini hal-hal yang berhubungan dengan Juknis Penggunaan BOP PAUD th 2019 :

Alokasi
Alokasi penggunaan dana BOP PAUD tahun anggaran berkenaan akan ditetapkan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada tahun tersebut.

Sasaran
Sasaran atau penyaluran program BOP PAUD adalah Satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Non Formal dengan ketentuan peserta didik yang terdata dalam data pokok pendidikan (Dapodik) PAUD-Dikmas.

Pelaporan Sesuai
Pelaporan BOP PUD dilakukan secara bertahap, mulai dari laporan tingkat satuan PAUD, kemudian pendidikan non formal, pemerintah daerah yang berwenang, dan pemerintah pusat. Pelaporan yang dimaksud tersebut diantaranya : RKAS ( Rencana Kegiatan Anggaran Satuan PAUD) dan pendidikan non formal (RKAS); pembukuan dalam penggunaan dana yang sudah dikeluarkan; rekapitulasi jumlah penggunaan BOP PAUD; dan penanganan apabila terdapat pengaduan dari masyarakat.

Penggunaan Alokasi DAK Non Fisik BOP PAUD Tahun 2019

Pengalokasian besaran DAK Non Fisik BOP PAUD untuk setiap Pemerintah Daerah menggunakan perhitungan sebagai berikut:


  • Jumlah peserta didik yang dilayani satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Non Formal yang tercatat pada data pokok pendidikan (dapodik) PAUD dan Dikmas per bulan Desember tahun anggaran sebelumnya; dan
  • Satuan biaya BOP PAUD sebesar Rp.600.000,- (enam ratus ribu rupiah) per peserta didik per tahun.


Untuk memahami lebih jelas mengenai Juknis BOP PAUD 2019 Kemdikbud dalam format PDF. Untuk itu silahkan langsung saja download Petunjuk Teknis Nomor 4 Tahun 2019 Tentang penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini yang terbaru dibawah ini.

Download Juknis BOP PAUD 2019 PDF


Demikian tadi pembahasan Juknis BOP PAUD 2019 Terbaru Sesuai Permendikbud, semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu yang mengelola bantuan operasional penyelenggaran dana alokasi khusus untuk PAUD. Sekian dan terimakasih.

Panduan Penyusunan Soal USBN SD SMP SMA SMK 2019

Panduan Penyusunan Soal USBN SD SMP SMA SMK 2019 - Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan instrumen penilaian, Pusat Penilaian Pendidikan menyusun panduan pengembangan instrumen penilaian khususnya untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Seperti telah diketahui sejak tahun pelajaran 2016/2017, ujian satuan pendidikan pada beberapa mata pelajaran ditingkatkan menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada jenjang SMP/SMA/SMK sederajat, sedangkan Penyusunan Soal USBN pada jenjang SD/MI USBN baru diterapkan pada tahun pelajaran 2017/2018.

Panduan Penyusunan Soal USBN SD SMP SMA SMK 2019
Panduan Penyusunan Soal USBN SD SMP SMA SMK 2019

Penyusunan soal USBN 2019 tentunya berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan BSNP. Pada beberapa mata pelajaran, 20% - 25% soal USBN berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan 75% - 80% soal disusun oleh pendidik yang kemudian dikonsolidasikan di KKG/MGMP. Penyusunan Soal USBN Puspendik 2019 ini berisi teknik penyusunan indikator soal, penyusunan soal tes tertulis dan penyusunan soal tes praktik. Karena saat ini bentuk soal USBN pada tes tertulis terdiri atas pilihan ganda dan uraian, fokus panduan ini adalah pada penyusunan kedua bentuk soal tersebut, meskipun terdapat berbagai bentuk soal tertulis lainnya.

Panduan Penyusunan Soal USBN SD SMP SMA SMK 2019

Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian. Dalam pelaksanaan ujian yang menjadi acuan adalah Prosedur Operasional Standar (POS) USBN. Dalam penyusunan soal USBN, yang menjadi acuan adalah kisi-kisi USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Namun kisi-kisi USBN 2018 hanya merupakan awal dari pengembangan soal USBN, beberapa langkah yang perlu ditempuh untuk memperoleh soal USBN yang berkualitas sebagai berikut.

Tenik Penusunan Soal USBN 2019


1. Penyusunan indikator soal
Indikator soal merupakan jabaran lingkup materi dan level kognitif dari kisi-kisiUSBN, sebagai pedoman bagi penulisan atau perakitan soal.

2. Penulisan soal
Soal ditulis oleh guru mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan berdasarkan indikator soal yang disusun oleh KKG/MGMP. Penulisan soal termasuk pedoman penskoran untuk soal uraian dan tes praktik.

3. Penelaahan Soal
Penelaahan soal dilakukan secara kualitatif berdasarkan kaidah penulisan soal oleh penelaah soal, dilakukan oleh KKG/MGMP. Hasil telaah soal diklasifikasikan menjadi soal baik, soal kurang baik, dan soal ditolak. Soal baik langsung diterima/dapat digunakan, soal kurang baik perlu diperbaiki, dan soal yang ditolak dikembalikan ke penulis atau tidak digunakan.

4. Perakitan soal
Soal-soal baik selanjutnya dirakit menjadi beberapa paket soal untuk digunakan dalam ujian. Pada perakitan, dilakukan penggabungan antara soal dari Kementrian dan soal yang ditulis oleh pendidik. Perakitan dapat dilakukan di satuan pendidikan atau KKG/MGMP.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan ujian akhir dari satuan pendidikan yang berstandar nasional. Oleh karena hasil USBN menentukan kelulusan dari satuan pendidikan maka soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik sehingga memberikan informasi yang valid dan objektif. 

Soal ujian yang kurang baik memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian siswa sehingga dapat merugikan siswa dan memberikan informasi yang tidak tepat atau menyesatkan untuk pengambil keputusan. Penulisan soal USBN menjadi kritikal karena ditulis oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan. Dalam usaha meningkatkan kualitas soal USBN perlu dijelaskan tahapan yang harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. 

Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Dalam Penulisan Soal USBN 2019

Soal ujian tidak hanya harus memperhatikan kaidah dari segi materi, konstruksi, dan bahasa, tetapi juga hal lain yang dipandang dapat menimbulkan akibat yang negatif. Penulis dan penelaah soal perlu peka terhadap isu-isu, topik, yang mungkin menimbulkan dampak negatif baik terhadap siswa maupun masyarakat. Sebagai contoh, menggunakan nama tokoh yang masih hidup dalam soal dapat diinterpretasikan mempromosikan tokoh tersebut. Demikan juga menggunakan gambar suatu produk dengan merek tertentu dapat dipandang sebagai usaha mempromosikan produk.


Untuk tujuan-tujuan penyusunan penulisan soal usbn tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Penilaian dapat dilakukan secara lisan, tertulis, praktik maupun penugasan seperti projek.

Nah untuk mengentahui lebih jelas mengenai Panduan Penyusunan Soal USBN 2018 SD SMP SMA SMK dapat anda unduh pada tautan dibawah ini.


Semoga Panduan Penyusunan Soal USBN SD SMP SMA SMK 2019 tersebut dapat memberikan manfaat bagi guru dan pihak-pihak relevan dalam rangka meningkatkan mutu penilaian pendidikan Indonesia.

Mekanisme dan POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019

Mekanisme dan POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019 - Akreditasi Sekolah tahun 2019 mendapatkan perhatian dari Kemenag, bahwa wewenang BAN-S/M dalam akreditasi adalah untuk mengakreditasi sekolah/madrasah. Oleh karena itu, diharapkan agar Kemenag dapat memberikan dukungan alokasi dana untuk penuntasan akreditasi madrasah. Dukungan ini perlu diberikan secara kongkrit sehingga rendahnya capaian kuantitas madrasah yang terakreditasi dapat segera diatasi. Merespons terkait alokasi anggaran untuk sekolah. bahwa Kemenag akan melakukan penghitungan kembali pos anggaran yang akan dialokasikan untuk mendukung akreditasi sekolah/madrasah.

Mekanisme dan POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019
 POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019

Akreditasi sekolah/madrasah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga mandiri dan profesional. Mengingat pentingnya akreditasi sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, pemerintah membentuk Badan Akreditasi Nasional melalui Permendikbud nomor 59 tahun 2012. Selain itu pemerintah juga menerbitkan POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019.

Mekanisme Akreditasi Sekolah/Madrasah Berdasarkan POS Akreditasi 2019

Dalam pelaksanaan akreditasi 2019 terdapat peraturan baru berdasarkan pos akreditasi sekolah/madrasah 2019 terdapat Perubahan langkah dari 10 Langkah pada tahun sebelumnya menjadi 8 langkah pada tahun ini, merupakan penyesuaian dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan akreditasi yang saat ini dilakukan secara Online menggunakan Sispena-S/M.

Berikut 8 (Delapan) Langkah  Mekanisme Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2019 diantaranya sebagai berikut :

Langkah ke-1     Penetapan Sasaran Akreditasi Sekolah/Madrasah
Langkah ke-2     Penetapan Sekolah/Madrasah Sasaran Visitasi dan Penugasan Asesor     
Langkah ke-3     Visitasi ke Sekolah/Madrasah
Langkah ke-4     Validasi Proses dan Hasil Visitasi
Langkah ke-5     Verifikasi Hasil Validasi dan Penyusunan Rekomendasi
Langkah ke-6     Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi
Langkah ke-7     Penerbitan Sertifikat Akreditasi dan Rekomendasi
Langkah ke-8     Sosialisasi Hasil Akreditasi

Tujuan POS Akreditasi BAN-S/M 2019

Adapun tujuan pos akreditasi S/M adalah untuk dapat memahami kebijakan Pemerintah terkait penjaminan mutu pendidikan sekolah/madrasah tahun 2019, dapat mengetahui kebijakan dan program Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah tahun 2019, Memahami strategi dan mekanisme pelaksanaan program sesuai dengan Pedoman dan POS Pelaksanaan Akreditasi tahun 2019.


BAN-S/M yaitu badan evaluasi mandiri yang mengambil keputusan kelayakan program serta/atau unit pendidikan jenjang pendidikan dasar serta menengah jalur resmi/formal dengan merujuk pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Setelah itu, pada Permendikbud nomor 59 th. 2012 pasal 9 ayat (1) dinyatakan bahwa tugas BAN-S/M yaitu merumuskan kebijakan operasional, lakukan sosialisasi kebijakan, serta melakukan akreditasi sekolah/madrasah. Dalam proses akreditasi, BAN-S/M dibantu oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah.

Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai Mekanisme dan POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019 dapat anda unduh pada tautan dibawah ini:

Download POS Akreditasi S/M 2019 PDF DISINI

Demikian Panduan atau pos akreditasi sekolah /madrasah ini, yang dapat admin bagikan. semoga dengan adanya pos akreditasi S/M 2019 dapat menjadi pegangan bagi semua pihak yang berkepentingan sehingga seluruh kegiatan akreditasi S/M ini dapat berjalan sesuai dengan rencana dan mencapai tujuan yang diharapkan.