Sinyal JK Untuk Pengangkatan Honorer Menjadi ASN - Pemerintah membuka peluang para guru honorer untuk diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN), baik sebagai CPNS atau PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).
Kemarin (2/4), Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pendidikan dan Kebudayan Muhadjir Effendy, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.
Pertemuan tersebut membahas tata kelola dan rekrutmen guru.
Mendikbud Muhadjir Effendy menuturkan setidaknya perlu diangkat 736 ribu guru honorer di sekolah.
Tapi, data tersebut masih akan diselaraskan dengan data dari KemenPANRB yang telah mengumpulkan data dari daerah-daerah untuk mengetahui kebutuhan riil.
”Tapi tadi Pak Wapres pada prinsipnya sudah memberikan lampu hijau bahwa mulai 2018 akan ada pengangkatan guru honorer menjadi ASN, bisa CPNS bisa PPPK. Masih mau dibicarakan lagi,” ujar Muhadjir.
Namun, dia masih enggan memastikan skema yang akan diambil dalam proses pengangkatan.
Pengertian Tugas Dan Fungsi Komite Sekolah - Sesuai Permendikbud No. 75 tahun 2016 yang membahas tentang komite sekolah, peran serta funsi komite sekolah, Komite sekolah memang sangat diperlukan di sekolah namun tugas fungsi dan tanggung jawabnya harus sesuai dengan peraturan pemerintah jangan sampai salah kaprah sehingga akan timbul kesalah pahaman.
Pengertian Komite Sekolah
Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. Komite Sekolah berkedudukan di setiap Sekolah. Komite Sekolah berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan.
Tugas Komite Sekolah
Dalam melaksanakan fungsinya tersebut, Komite Sekolah bertugas untuk:
memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait:
) kebijakan dan program Sekolah;
) Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RAPBS/RKAS);
) kriteria kinerja Sekolah;
) kriteria fasilitas pendidikan di Sekolah; dan
) kriteria kerjasama Sekolah dengan pihak lain.
menggalang dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat baik perorangan/organisasi/dunia usaha/dunia industry maupun pemangku kepentingan lainnya melalui upaya kreatif dan inovatif. Upaya kreatif dan inovatif tersebut harus memenuhi kelayakan, etika, kesantunan, dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
mengawasi pelayanan pendidikan di Sekolah sesuaidengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orangtua/wali, dan masyarakat serta hasil pengamatan Komite Sekolah atas kinerja Sekolah.
Anggota dan Pengurus
Anggota Komite Sekolah terdiri atas unsur:
orang tua/wali dari siswa yang masih aktif pada Sekolah yang bersangkutan paling banyak 50% (lima puluh persen);
tokoh masyarakat paling banyak 30% (tiga puluh persen), antara lain :
) memiliki pekerjaan dan perilaku hidup yang dapat menjadi panutan bagi masyarakat setempat; dan/atau
) anggota/pengurus organisasi atau kelompok masyarakat peduli pendidikan, tidak termasuk anggota/pengurus organisasi profesi pendidik dan pengurus partai politik.
pakar pendidikan paling banyak 30% (tiga puluh persen), antara lain:
) pensiunan tenaga pendidik; dan/atau
) orang yang memiliki pengalaman di bidang pendidikan.
Persentase tersebut di atas menjadi batas maksimal sampai dengan jumlah anggota memenuhi 100% (seratus persen) yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.
Anggota Komite Sekolah berjumlah paling sedikit 5 (lima) orang dan paling banyak 15 (lima belas) orang. Anggota Komite Sekolah tidak dapat berasal dari unsur:
a. pendidik dan tenaga kependidikan dari Sekolah yang bersangkutan;
b. penyelenggara Sekolah yang bersangkutan;
c. pemerintah desa;
d. forum koordinasi pimpinan kecamatan;
e. forum koordinasi pimpinan daerah;
f. anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah; dan/atau
g. pejabat pemerintah/pemerintah daerah yang membidangi pendidikan.
Bupati/walikota, camat, lurah/kepala desa merupakan pembina seluruh Komite Sekolah sesuai dengan wilayah kerjanya.
Anggota Komite Sekolah dipilih secara akuntabel dan demokratis melalui rapat orangtua/wali siswa. Susunan kepengurusan Komite Sekolah terdiri atas ketua, sekretaris, dan bendahara yang dipilih dari dan oleh anggota secara musyawarah mufakat dan/atau melalui pemungutan suara. Ketua Komite diutamakan berasal dari unsur orangtua/wali siswa aktif. Kemudian Pengurus Komite Sekolah tersebut ditetapkan melalui sebuah SK yang diterbitkan oleh kepala Sekolah.
Jika sekolah memiliki siswa kurang dari 200 (dua ratus) orang maka dapat membentuk Komite Sekolah gabungan dengan Sekolah lain yang sejenis. Pembentukan Komite Sekolah gabungan tersebut dapat difasilitasi oleh dinas pendidikan sesuai kewenangannya dan Pengurus Komite Sekolah tersebut tidak boleh merangkap menjadi pengurus pada Komite Sekolah lainnya.
Penggalangan Dana
Dalam Permendikbud ini disebutkan, Komite Sekolah melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana, dan prasarana, serta pengawasan pendidikan.
“Penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya berbentuk bantuan dan/atau sumbangan, bukan pungutan,” bunyi Pasal 10 ayat (2) Permendikbud ini.
Namun ditegaskan dalam Permendikbud ini, bahwa Komite Sekolah harus membuat proposal yang diketahui oleh Sekolah sebelum melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat. Selain itu, hasil penggalangan dana harus dibukukan pada rekening bersama antara Komite Sekolah dan Sekolah.
Hasil penggalangan dana tersebut dapat digunakan antara lain:
Menutupi kekurangan biaya satuan pendidikan;
Pembiayaan program/kegiatan terkait peningkatan mutu sekolah yang tidak dianggarkan;
Pengembangan sarana/prasarana; dan
Pembiayaan kegiatan operasional Komite Sekolah dilakukan secara wajar dan dapat dipertanggung jawabkan.
Sementara penggunanaan hasil penggalangan dana oleh Sekolah harus:
Mendapat persetujuan dari Komite Sekolah;
Dipertanggungjawabkan secara transparan; dan
Dilaporkan kepada Komite Sekolah
Selengkapnya silahkan Download Permendikbud No. 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah DISINI
Incoming Search Term :
komite sekolah dasar
komite sekolah 2017
tugas dan wewenang komite sekolah
komite sekolah terdiri dari
komite sekolah pdf
dasar hukum komite sekolah
peraturan tentang komite sekolah tahun 2017
permendikbud no 75 tahun 2016 tentang komite sekolah
Cara Cek Data PNS Di BKN Terbaru - Bpk Ibnu Aditiya Karana mengungkapkan bahwa Validasi data sedang tahap finalisasi dan sebentar lagi akan dipublis melalui laman info GTK. Dengan demikian para guru yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi atau Operator Sekolah dapat mengecek datanya apakah sudah valid atau tidak. Jika sudah valid tentu kita bisa bernafas lega tinggal menunggu proses penerbitan SKTP dan pencairan. Akan tetapi jika data belum valid, harus segera dilakukan upaya-upaya perbaikan sesuai dengan mekanisme yang ada dan jenis ketidakvalidannya.
Bp. Ibnu mengatakan bahwa ada tiga catatan kecil yang perlu distressing untuk dipastikan benar-benar valid agar tidak menjadi masalah pada SK yang akan diterbitkan. Ketiga catatan kecil itu meliputi data gaji pokok terbaru, penulisan NIP dan status keaktifan pada database BKN.
Permasalahan pertama dan kedua bisa diperbaiki lewat aplikasi dapodikdasmen yang ada di sekolah.
Perlu kita ingat bahwa sejak tahun 2017 dasar pembayaran TPG berlaku secara real time, sesuai dengan gaji pokok terbaru yang terdapat pada SK Kenaikan Gaji Berkala (KGB) terakhir atau Pangkat Terakhir.
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya jika Kenaikan pokok gaji (berkala/pangkat) yang terbit pada tahun berjalan maka akan digunakan sebagai dasar pembayaran untuk tahun berikutnya, maka mulai tahun 2017 jika kenaikan gaji pokok tersebut terjadi pada tahun berjalan maka dia digunakan sebagai dasar pembayaran pada tahun itu juga.
Jika terjadi ketidakcocokan gaji pokok antara SK KGB/ SK pangkat Terakhir dengan SKTP yang diterbitkan oleh Ditjen GTK maka segera diperbaiki datanya di aplikasi dapodikdasmen. Saya kira operator sekolah pasti paham bagaimana cara memperbaikinya.
Hanya saja yang perlu diingat dan diperhatikan karena hal ini yang sering menjadi penyebab adalah tanggal SK dan TMT SK GB nya. Penanggalan di aplikasi dapodikdasmen sering otomatis dengan tanggal sekarang, oleh karena itu harus dicek betul. Jangan sampai SKGB terakhir tanggalnya lebih lama dari SKGB pertama atau sebelumnya.
Bagaimana jika status keaktifan bagi guru PNS belum valid, misalnya ada warning “Keaktifan belum terverifikasi oleh BKN (Data Tidak Cocok) atau bahkan tanda invalid “tidak aktif” seperti contoh pada gambar berikut ?
Untuk menyelesaikan masalah ini maka guru yang bersangkutan segera berkoordinasi dengan BKD setempat. Tentunya nanti akan diminta menunjukkan dokumen-dokumen pendukung seperti SK pangkat terakhir, KTP dan cetak Info GTK. Agar lebih jelas baiknya silahkan ditanyakan saja langsung kepada pihak BKD.
Cara Cek Data PNS Di BKN Terbaru
Untuk mengecek status keaktifan PNS pada database BKN caranya adalah :
Silahkan anda klik link berikut https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/ (Atau bisa juga dengan mengcopy tulisannya dan pastekan pada address bar browser anda)
Isi NIP baru anda kemudian klik tombol merah “CARI”
Cek data anda
Setelah itu silahkan anda teliti bagian mana yang tidak valid atau tidak singkron dengan info ptk
Demikian Artikel Cara Cek Data PNS Di BKN Terbaru semoga bisa bermanfaat.
Incoming Search Term :
cek data pns di bkn
bkn.go.id cek nip
https //apps.bkn.go.id/profilpns/ alamat cara cek nip & pangkat pns terbaru
Membuat Akun Kepala Sekolah di Dapodik Login DHGTK 2018 – Pada postingan kali ini admin akan berbagi mengenai Cara Membuat Akun Kepala Sekolah di Dapodik untuk dapat masuk aplikasi DHGTK 2018. Pentingnya akun/user id Kepala Sekolah di aplikasi DHGTK adalah digunakan untuk Mengunci DHGTK. Maka dari itu kami akan mencoba membagikan Cara Membuat Akun Kepala Sekolah di DHGTK melalui aplikasi dapodik.
Kegunaan Akun Kepala Sekolah Dapodik di DHGTK 2018
Membuat Akun Kepala Sekolah Dapodik Untuk Login DHGTK
Kegunaan atau manfaat Akun Kepala Sekolah Dapodik Untuk dapat login DHGTK 2018 ini cukup banyak sekali, diantaranya adalah untuk Login Kepala sekolah di DHGTK online, agar bisa mengunci dhgtk online, untuk cetak SPTJM DHGTK, Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari.
Jadi inti dari adanya akun kepala sekolah dapodik ini memiliki kegunaanya yang cukup banyak, maka dari itu bagi rekan-rekan yang ingin menggunakan akun Kepsek demi dapat login absen onlin DHGTK, maka harus membuat akun kepala sekolah di dapodik terlebih dahulu.
Nah, itulah peran dan tanggungjawab kepala sekolah di DHGTK. Tetapi, jika bapak/ibu agar dapat login DHGTK kepala sekolah harus memiliki user id kepala sekolah di dapodik. Sistem informasi DHGK sangat erat kaitannya dengan aplikasi dapodik pada satuan pendidikan karena dalam melakukan pengisian atau pencatatan data kehadiran guru secara online menggunakan dua user untuk masuk ke sistem tersebut yaitu user operator dapodik dan user kepala sekolah.
langsung saja ya ke pembahasan pertama yaitu proses Membuat Akun Kepala Sekolah di Dapodik Untuk login DHGTK 2018. Aplikasi Dapodik adalah aplikasi yang di gunakann dalam dunia pendidikan untuk mendata berbagai kepentingan pada satuan pendidikan dari tingkat Paud, SD, SMP hingga ke jenjang SMK/MA/SMA. Dari mulai data peserta didik, data GTK, profil sekolah, dan masih banyak yang lainnya.
Cara Membuat Akun Kepala Sekolah di Dapodik Untuk Login DHGTK 2018
login dapodik/masuk ke aplikasi dapodik nya,
Setelah berhasil login Pilih menu GTK, lalu Pilih Guru yang terdapat di bagian menu kiri.
Kemdian Klik ubah, selanjutnya sekrol kebawah cari menu pengisian email, setelah ketemu situlah masukkan email nya.
Sesudah email di masukan silakan klik tombol simpam/save.
Setelah itu pilih nama Kepala Sekolah kemudian klik Penugasan
Bila telah klik penugasan langkah setelah itu yaitu, tentukan menu buat/ubah akun PTK, Kemudian buat Password serta dan konfirmasi password.
Bila telah terisi semuanya, klik simpan.
Untuk mengeceknya, Pilih menu Pengaturan di Dapodik dan klik menu Manajemen Pengguna kemudian isi Kode Registrasi Sekolah. Klik OK. kemudian keluar dari aplikasi dapodik lalu masuk lagi memakai akun Kepala sekolah yang barusan di buat.
Kemudian Logout sekali lagi dari dapodik. masuk ke Akun OPS lagi, kemudian Sinkronisi aplikasi dapodiknya, Tunggulah beberapa hari untuk dapat login DHGTK on-line menggunakan akun kepala sekolah yang telah dibuat di dapodik.
SelesaI.
Peran Kepala Sekolah Pada DHGTK Online
Kepala sekolah adalah pemimpin. Maka tanggung jawab kepala sekolah disini adalah untuk:
Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK karena dilaksanakan secara full online.
Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan DHGTK atau absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan.
Melakukan sosialisasi kepada para GTK terkait dengan adanya absen online (DHGTK) karena program ini berkaitan dengan pemberian tunjangan profesi.
Mencetak SPJTM untuk mengunci DHGTK setiap 1 bulan atau 3 bulan sekali.
Melaksanakan pengisian DHGTK dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK.
Mengevaluasi petugas absen (DHGTK) setiap harinya.
Itulah langkah-langkah Cara Membuat Akun Kepala Sekolah di Dapodik Untuk dapat Masuk DHGTK 2018 yang bisa admin berikan. Semoga postingan kali ini dapat berguna buat bebrapa rekanan semuanya saat akan membuat akun kepala sekolah dapodik.
Download Latihan Soal USBN IPA SD/MI 2019/2020 - Sekolah Dasar Indonesia akan melaksanakan ujian sekolah berbasis nasional dan tentunya peran serta guru dalam memberikan materi pelajaran dan soal - soal latihan sangatlah penting supaya para siswa - siswi dapat berlatih sejak jauh - jauh hari sehingga nantinya bisa mengerjakan berbagai soal yang akan di ujikan saat palaksanaan USBN tahun 2020.
Download Latihan Soal USBN IPA SD/MI 2019/2020
Jadi, mulai sekarang para guru bisa langsung memberikan berbagai latihan soal - soal USBN baik mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika, ke 3 mata pelajaran tersebut merupakan materi yang akan di ujianka. Nah, untuk soal Latihan USBN SD yang akan admin bagikan kali ini adalah prediksi Latihan Soal USBN IPA SD/MI.
Untuk membantu meringankan kerja Bapak/ibu guru kelas 6 maka kami sudah mempersiapkan sebuah materi yang berupa file tentang Contoh Soal USBN IPA SD/MI Tahun 2020 yang bisa langsung saudara miliki dengan cara mendownloadnya di akhir artikel yang kami buat ini.
Download Kumpulan Latihan SOAL USBN SD/MI 2019/2020 IPA
Silakan langsung saja Anda download soal latihan US/USBN SD/MI 2020 mata pelajaran IPA berikut ini yang dapat dijadikan sebagai bahan latihan untuk menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2019/2020. Berikut soal-soalnya:
Latihan Soal USBN IPA SD/MI 2019/ 2020 Versi 1 [Download]
Latihan Soal USBN IPA SD/MI 2019/ 2020 Versi 2 [Download]
Latihan Soal USBN IPA SD/MI 2019/ 2020 Versi 3 [Download]
Latihan Soal USBN IPA SD/MI 2019/ 2020 Versi 4 [Download]
Soal Latihan USBN IPA SD/MI 2019/ 2020 Versi 5 [Download]
Soal Latihan USBN IPA SD/MI 2019/ 2020 Versi 6 [Download]
Semoga dengan adanya Kumpulan Latihan Soal USBN IPA SD/MI 2019/2020 diatas dapat dijadikan bahan latihan yang pas untuk mempersiapkan peserta didik jenjang SD/MI yang akan melaksanakan UN/USBN tahun ajar 2019/2020.
Download Latihan Soal USBN Matematika SD/MI 2020 - Berisi kumpulan soal USBN SD untuk pelajaran Matematika lengkap dengan pembahasannya. Contoh Soal Matematika USBN SD/MI ini sangat cocok sebagai latihan soal untuk menghadapi Ujuan Sekolah Berstandar Nasional USBN SD. Mata pelajaran Matematika yang diujikan dalam USBN SD/MI sesuai dengan kurikulum yang diterapkan masing-masing satuan pendidikan.
Download Latihan Soal USBN Matematika SD/MI 2020
Moda Pelaksanaan USBN SD/MI bisa dikerjakan dengan moda ujian berbasiskan kertas, ujian berbasiskan computer, atau gabungan ujian berbasis komputer serta kertas. Proses pelaksaaanUSBN berbasiskan computer memperhitungkan banyak hal mencakup Soal USBN tetaplah harus mencakup bentuk soal pilihan ganda serta soal-soal uraian, Kesiapan infrastruktur, Kesiapan aplikasi, Kesiapan sumber daya.
Format soal USBN SD 2020 hanya tiga mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah USBN di tingkat SD yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Nah, pada kesempatan kali ini Admin akan mebagikan latihan soal USBN SD/MI Matematika yang dapat Anda unduh untuk berlatih siswa/siswi sebelum menghadapi USBN tahun 2020.
Berikut ini akan kami sajikan Latihan Soal USBN (US / UASBN) SD/MI Tahun 2020 tahun pelajaran 2019/2020. Latihan Soal US (USBN) UASBN SD/MI tahun ajaran 2019/2020 ini
Download Kumpulan Prediksi Soal US/USBN SD/MI 2020 Mata Pelajaran MATEMATIKA
Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SD/MI 2020 -. Pelaksanaan Ujian Nasional atau yang sekarang disebut USBN SD/MI tidak lama lagi akan dimulai atau dilaksanakan. Nah, tugas guru sebagai pendidik adalah memberikan latihan soal US/ UN supaya nanti saat pelaksanaan ujian mampu mengerjakan soal dengan baik dan mendapatkan nilai yang baik juga.
Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SD/MI 2020
Nah untuk lebih memantapkan diri bagi siswa/i dalam melaksanakan UN/USBN tahun 2020, disini Admin akan membagikan Prediksi Soal UN SD Bahasa Indonesia 2020. Diharapkan dengan adanya contoh latihan Soal US SD/MI 2019/ 2020 Bahasa Indonesia siswa mampu mendapatkan nilai yang maksimal.
Berikut beberapa contoh latihan soal Bahasa Indonesia UN SD 2020 dan kunci jawaban yang bisa Bapak Ibu download sebagai referensi dan tambahan belajar siswa, dan tentunya menambah sedikit pengetahuan para siswa siswi yang akan melangsungkan ujian.
Untuk lebih jelasnya berikut Download soal soal latihan US/UN jenjang SD/MI mata pelajaran Bahasa Indinesia tahun 2020 berikut ini.
Download Contoh Soal UN/USBN SD 2020 Bahasa Indonesia
Langsung saja silakan unduh soal latihan UN SD Bahasa Indonesia lengkap dibawah ini:
Contoh SK Panitia UN/UNBK SMP SMA 2020 - SK Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan Surat Keputusan yang cukup dibutuhkan oleh panitia penyelenggara USBN maupun UN. UNBK merupakan suatu ujian untuk menentukan lulus atau tidaknya peserta didik sesudah mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan ataupun oleh pemerintah pusat dan untuk itu dari pihak sekolah pastikan harus membuatkan SK untuk para guru sebagai panita atau pengawas UNBK disarankan untuk mempersiapakan SK UNBK sebelum pelaksanaan ujian dilaksanakan.
Contoh SK Panitia UN/UNBK SMP SMA 2020
Nah, pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan contoh format SK Panitia UNBK 2020 SMP/MTS SMA/SMK. SK Panitia UNBK 2020 sekolah ini mungkin dapat dijadikan contoh atau referensi dalam membuat sendiri SK yang dibutuhkan oleh guru sebagai pengawas atau panitia dan silakan disesuaikan dengan peraturan pemerintah dan daerah masing-masing.
Contoh SK Panitia UN/UNBK SMP SMA/SMK Tahun 2019/2020
Cara membuat sk panitia ujian nasional UN dibilang cukup mudah, tetapi bila membuat sendiri tentunya memerlukan waktu yang aga lama saat pembuatannya dan memerlukan referensi dalam pembuatanya juga supaya agar lebih tertada dengan rapih. Nah untuk menyingkat waktu mempermudah bapak/ibu guru dalam proses pembuat SK UNBK versi terbaru dengan cepat silakan Anda bisa unduh SK Pengawas/Panitia UN/UNBK SMP SMA Terbaru 2019/2020 yang terdapat di akhir postingan ini dan silakan edit sesuai sekoalah Anda bertugas.
Apa Manfaat SK Panitia Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ?
Sedangkan manfaat SK Ujian Nasional UNBK adalah untuk kelancaran dan ketertiban pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah/Ujian Nasional tahun 2020 dalam kegiatan pembentukan satuan tugas Ujian Nasional Berbasis Komputer. Bahwa dalam keputusan yang tertera di dalam surat keputuasan tersebut menetapkan Pengawas, mereka yang namanya tercantum dalam lampiran keputusan harus siap ditugaskan dalam pelaksanaan Ujian Sekolah/Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020.
Download Format SK Panitia UNBK 2020 SMP SMA/SMK
Untuk lebih jelasnya berikut kami bagikan berkas Sekolah untuk Ujian Nasional yakni contoh sk panitia ujian nasional, Contoh SK Proktor dan Teknisi UNBK Tahun 2020 SMP/MTs, SMA/MA buat anda yang membutuhkan. Langsung saja berikut contoh SK UN dan SK panitia UNBK 2019 lengkap terbaru di bawah ini;
Cara Lapor BOS Online 2020 Kemdikbud Terbaru - Merupakan pelaporan dana bos yang harus dilakukan. BOS On-line adalah system pelaporan pemakaian dana BOS dengan on-line yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemdikbud) lewat situs resmi bos. kemdikbud. go. id. Dengan terdapatnya service ini, sekolah diberi keringanan dalam soal pelaporan penggunaan dana bos.
Cara Lapor BOS Online 2020 Kemdikbud Terbaru
Apa lagi saat ini proses lapor Bos, telah mengalami perubahan yang cukup mencolok semua perubahan tersebut itu telah tercantum pada petunjuk teknis penggunaan dana BOS terbaru. Dalam hal ini, pelaporan bos online 2020 pun mengalami perubahan, meskipun tidak terlalu banyak.
Pada proses lapor BOS online tahun 2020 saat ini memiliki komponen yang wajib dilaporkan diantaranya adalah:
Pengembangan Perpustakaan.
Kegiatan Penerimaan Siswa Baru.
Kegiatan Pembelajaran serta Ekstrakurikuler.
Kegiatan Evaluasi Pembelajaran.
Pembiayaan Pengelolaan Sekolah.
Pengembangan Profesi Guru.
Langganan Daya serta Jasa.
Pemeliharaan serta Perawatan Sekolah.
Gaji Honorium Bulanan.
Pembelian/Perawatan Alat Multi Media Pembelajaran.
Biaya Yang lain Bila Semua Komponen Sudah Terpenuhi Pendanaan BOS.
Nah, itulah 11 komponen laporan BOS On line tiap triwulan yang harus dilaporkan.
Cara Lapor BOS Online Terbaru Tahun 2020
Berikut tips lengkap cara mengisi pelaporan penggunaan dana BOS Online baik triwulan 1, 2, 3 dan 4 2019/2020 yang dapat Anda simak berikut ini :
Tahap selanjutnya lakukan pelaporan dengan cara klik tombol Login Sekolah
Kemudian anda akan dibawa masuk ke halaman Login. Sebagai informasi, situs BOS On-line ini terintegrasi dengan akun Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah. Maka anda disuruh untuk lakukan Login dengan menggunakan Email dan Password Operator Dapodik Sekolah.
Bila anda telah sudah sukses Login, Pilih tombol Tambah untuk mulai melaksanakan lapor Bos.
Pada kolom Triwulan, isikan Tahun serta Triwulan pelaporan. Contohnya Tahun 2018 melaporkan Triwulan 2.
Pada kolom Penerimaan Dana, isikan juklah alokasi dana BOS yang di terima sekolah pada triwulan tersebut .
Pada kolom Pemakaian/penggunaan Dana Per Komponen, isikan penggunaan dana bantuan oprasional sesuai pemakaian di sekolah pada 11 komponennya.
Setelah proses selesai, lihat pada kolom Sisa Dana. Bila alokasi dana yang saudaramasukan pada 11 komponen sudah memang benar dimasukkan, maka sisa dana juga akan jadi 0 (0).
Lalu klik tombol Proses.
Bila progres pelaporan sukses, maka hasil laporan akan muncul pada dilaman tersebut .
Selanjutnya klik Logout untuk jika ingin keluar.
Setelah anda sukses melaksanakan pengisian pelaporan bos, maka langkah berikutnya adalah mengunduh hasil data pelaporan itu. Nah, itulah cara mengisi laporan BOS online terbaru 2020, cukup mudah buakan.
Panduan Cara Mengisi Absen Online DHGTK Kemdikbud Dengan Benar - Cara Mengisi Absen Online / SIM Kehadiran Guru - Dalam memanfaatkan databse dapodik Kemdikbud tak henti-hentinya melakukan terobosan Terbaru, salah satunya yaitu dengan diluncurkannya Aplikasi Absen online yang bertujuan memantau kehadiran PTK. Begitu pentingnya mengisi daftar hadir PTK secara online karena ini menyangkut Tunjangan Profesi Guru, untuk itu bagi para guru segera mengisi daftar hadir online serta mengetahui dan memahami cara mengisi absen kehadiran guru secara online di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id.
Musti diketahui bahwa Mengisi kehadiran guru secara online (DHGTK) berbasis dapodik ini bukan tugas operator melainkan tugas sekolah. Jadi kepala sekolah menugaskan salah seorang guru untuk mengisi aplikasi absensi dengan meminta user dan passwordnya ke operator.
Hal ini dikemukakan oleh Bpk. Nazarudin Kompeten di akun Facebooknya “Ini tugas sekolah, bukan OPS. Siapa saja yang ditugaskan kepala sekolah, kasih userid dan password dapodiknya”. Jika di tempat rekan-rekan kemudian KS menugaskan operator untuk mengelola aplikasi kehadiran guru maka itu menjadi tanggungjawab anda sepenuhnya.
Panduan Cara Mengisi Absen Online DHGTK Kemdikbud Dengan Benar
Bagi Sahabat guru/ Operator sekolah yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah untuk mengelola aplikasi absen online, berikut adalah panduan mengisi absensinya sebagai berikut:
Login Aplikasi
Silakan menuju halaman SIM Kehadiran Guru pada url http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id . karena yang mengakses banyak, kemungkinan untuk masuk ke halaman ini agak susah maka dari itu cobalah link alternatif Login Absen Online DHGTK.
Jika sudah masuk silahkan isi NPSN sekolah, Username dan Password dapodik kemudian ketik juga angka acak yang tampil di bawahnya. Jika sudah pilik tombol login. Tunggu hinga masuk ke beranda aplikasi.
Setelah berhasil login, jangan lupa membuat terlebih dahulu Kalender Pendidikan Sekolah. Letaknya ada pada menu Data Sekolah - SUb-Menu Kalender Pendidikan.
Lakukan perubahan seperlunya dengan memili menu edit atau bisa dengan cara memilih tombol OK jika hendak menggunakan kalender pendidikan yang telah disediakan sistem.
Buat Daftar Hadir
Setelah berhasil masuk ke beranda aplikasi silakan pilih menu kehadiran dan akan tampil Menu Data Kehadiran Guru. Apabila daftar hadir belum tersedia maka buatlah dengan cara memilih menu buat daftar hadir pada bagian atas dengan warna merah. Jika tak juga muncul daftarnya silakan perbaharui laman pada menu refresh.
Isi Daftar Hadir
Untuk mengisi absensi guru online, silahkan contreng setiap hari sesuai jadwal kehadiran guru. Jika ada rekan guru yang berhalangan hadir karena sakit, izin ataupun dinas luar silahkan pilih menu data guru lalu pilih ptk tersebut kemudian pilih tombol "input surat izin/dinas luar/sakit".
Pada menu isian input surat izin, isikan nomor surat ijin, perihal surat ijin, tanggal surat ijin, ditandatangani kepala sekolah, NIP, jabatan serta jenis izinnya. Lengkapi setiap kolomnya lalu pilih tombol simpan.
Apabila telah selesai melakukan pengisian absensi guru jangan lupa memilih tombol simpan pada bagian atas sebelah kanan. Hal ini dilakukan supaya data yang telah diisi tersimpan si server.
Lakukan tahapan pengisian absen online untuk setiap bulannya sesuai kondisi riil disekolah,
Download Buku K13 unuk Guru dan Siswa Kelas 1 dan 4 Semester 2 Edisi Revisi 2016 (Terbaru), Semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 sudah berjalan beberapa hari, namun masih ada juga saudara kita yang belum atau kurang lengkap buku Kurikulum 2013 disingkat k13, infoptk.com konsen untuk membantu guru dalam menerapkan kurikulum 2013 semenjak semester 1 tahun pelajaran 2016 - 2017 ini.
Kurikulum 2013 diterapkan secara bertahap dan berkesenambungan, dimulai dengan kelas awal pada setiap jenjang sekolah SD, SLTP, SLTA. Khusus untuk SD kelas yang menerapkan K13 bukan hanya kelas awal (kelas 1) namun kelas 4 juga di terapkan secara simultan dengan kelas 1. Hal ini dilakukan agar dalam tempo waktu 3 tahun seluruh kelas di setiap jenjang sekolag telah terealisasi semua kurikulum 2013. Jadi bagi anda yang pada kelas yang belum menerapkan ada baiknya untuk mempersiapkan diri dalam berbagai hal salah satunya adalah perangkat mengajar seperti buku pegangan guru dan siswa.
Buku K13 edisi revisi untuk SD buat Guru dan Siswa bisa anda download dengan mudah tanpa banyak melalui pop-up atau perantara iklan yang menjengkelkan anda untuk mendownload langsung silahkan klik link di bawah ini, nanti anda akan di hantar ke google drive (media penyimpanan cloud gratis dari google). Buku akan terbuka secara online, namun anda bisa download dengan mengklik tanda panah kebawah dengan. di pojok kanan atas laptop.
Silahkan Klik judul buku/tema buku K13 edisi revisi 2016 kelas 1 Semester 2 (Guru & Siswa) di bawah ini :
Honorer K2 Usia Diatas 35 Tahun Dipastikan Diangkat Jadi PNS - Baleg DPR-RI - Jakarta, Para pimpinan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI memastikan honorer kategori dua (K2) usia di atas 35 tahun akan diangkat menjadi CPNS.
Jalurnya melalui revisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sementara berproses.
"Jangan mikir aneh-aneh, tetap istiqomah dan fokus bekerja. Kami tidak diam kok," kata Arif Wibowo, pimpinan Baleg dari Fraksi PDI Perjuangan kepada jpnn.com, Jumat (9/3).
Dihubungi secara terpisah Pimpinan Baleg Toto Daryanto menegaskan, pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS sudah pasti. Namun, harus menunggu proses revisi UU ASN berjalan.
Sebab, banyak guru honorer yang bekerja di sekolah swasta maupun negeri. Bila ini tidak diverifikasi secara cermat maka akan menjadi masalah baru.
"Kami Baleg harus menerima itu karena ada ratusan ribu yang harus dicek kebenarannya. Makanya pembahasan tidak bisa dilakukan tanpa data-data," ucapnya.
Dia menyebutkan, data-data honorer K2 yang memiliki Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) tidak boleh dijadikan dasar satu-satunya.
Sebab, ada juga kepala daerah yang tidak mau teken SPTJM karena merasa tidak mengangkat honorer K2.
"Kasus serupa itu yang diselesaikan pemerintah. Saran saya biarkan pemerintah bekerja dulu. Apalagi sudah ada komitmen pemerintah dengan Baleg untuk melesaikan honorer K2 secepatnya," tuturnya.
(sumber: jpnn.com)
Teknis Pengisian Pelaporan Harta Kekayaan ASN di Kementerian PAN-RB, Sistem Informasi Pelaporan Harta Kekayaan ASN yang disingat dengan nama SIHARKA merupakan Laporan Wajib yang harus di isi oleh masing masing Pegawai ASN. Agar bisa di akses saat login membutuhkan ID berupa NIP serta Password yang diberikan Inspektorat Instansi / Pemerinah Daerah masing-masing.
Jika anda sudah mendapatkan ID dan Passord bisa langsung login bagi yang belum silahkan simak Petujuk dan Data yang diperlukan saan penggunaan aplikasi Siharka. Peunjuk pengisian secara rinci bisa anda download di link di akhir tulisan ini. Beriku data yang perlu di persiapkan sebelum melakukan pengisian Siharka adalah :
A. Data Pribadi Anda
B. Data Harta Kekayaan
Berisi tentang harta yang dimiliki oleh pegawai, dari harta tidak bergerak, harta bergerak, surat berharga, uang tunai, deposito, tabungan, piutang dan hutang. Didalam Menu Harta Kekayaan ini ada beberapa sub menu yang perlu di isi yaitu :
1. Harta Tidak Bergerak
Adalah harta berupa tanah dan bangunan yang didukung dengan bukti kepemilikan. Nilai harta tidak bergerak ditetapkan berdasarkan NJOP.
2. Harta Bergerak
Pengertian benda bergerak adalah benda yang menurut sifatnya dapat berpindah sendiri ataupun dapat dipindahkan. Benda bergerak dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
Berupa surat berharga seperti saham, reksadana, dsb. Yang dinilai berdasarkan harga.
D. Data Uang Tunai,Deposito, dan Tabungan
Uang tunai, deposito, dan tabungan anda Dinilai sesuai dengan nilai yang tertera
E. Piutang
Piutang Barang atau uang yang akan diterima dimasa yang akan datang berdasarkan kesepakatan.anda Dinilai sesuai dengan nilai yang tertera.
F. Hutang
Hutang Barang atau uang yang harus dibayar dimasa yang akan datang berdasarkan kesepakatan. berdasarkan kesepakatan.anda Dinilai sesuai dengan nilai yang tertera.
G. Penghasilan
Berisi tentang penghasilan yang diperoleh oleh pegawai. Didalam Penghasilan ini ada beberapa sub menu yang perlu di isi yaitu :
1. Penghasilan dari Jabatan
2. Penghasilan dari Profesi / Keahlian
3. Penghasilan dari Usaha Lainnya
4. Penghasilan dari Hibah / Lainnya
5. Penghasilan dari Istri/Suami yang Bekerja
H. Data Keluarga (Anak dan Istri)
I. Pengeluaran
Berisi tentang pengeluaran rutin dan pengeluaran lainnya.
• Pengeluaran rutin diisi dengan perkiraan pengeluaran rumah tangga dan rutin lainnya seperti, biaya listrik, air, transportasi dan biaya hidup lainnya.
• Pengeluaran lainnya Diisi dengan perkiraan pengeluaran selain pengeluaran rutin
Honorer K2 Bisa Jadi PNS Dengan Syarat Berikut Ini - Jakarta, Guru honorer kategori satu (K1) dan kategori dua (K2) memiliki peluang menjadi guru CPNS.
Pasalnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merekrut seratus ribu guru CPNS pada tahun ini.
Namun, para honorer tersebut harus mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) maupun administrasi sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN).
"Enggak boleh jadi CPNS kalau enggak pakai tes. Mau K1 atau K2
wajib ikut tes," jelas Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Hamid Muhammad, Kamis (8/3).