Contoh Soal dan Kisi Ujian Kepala Sekolah dan Pengawas

Contoh Soal Ujian Kepala Sekolah dan Pengawas -  Bagi anda yang ingin menaikan jenjang karirnya baik itu dari Guru menjadi kepala sekolah ataupun dari Kepala sekolah menjadi pengawas berdoa saja tentu belum cukup tanpa persiapan yang matang, apalagi di tambah dengan saingan yang banyak dan terbilang cukup berat, namun tentunya saingan yang banyak jangan menyurutkan semangat demi karir yang meningkat.

Ujian Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas
sumber gambar : google image

Pada kesempatan kali ini admin InfoPtkOnline akan membagikan kisi-kisi ujian kepala sekolah dan kisi-kisi ujian pengawas yang tentunya perlu anda baca dan pahami demi persiapan nanti menghadapi Ujian kepala sekolah dan ujian pengawas.

Kisi-kisi ujiang kepala sekolah dan guru yang akan admin bagikan tentunya sangat bermanfaat dan sangat pelu anda baca karena didalamnya memuat gambaran soal test kompetensi Calon kepala sekolah dan Calon Pengawas.

Maka dari itu silahkan sobat baca dan pahami kisi-kisi soal ujian kepala sekolah dan pengawas dibawah ini

Kisi-Kisi Soal Ujian Kepala Sekolah
Kisi-kisi Soal Ujian Pengawas

Demikian artikel Contoh Soal dan Kisi Ujian Kepala Sekolah dan Pengawas yang bisa admin bagikan, semoga bermanfaat dan semoga lulus jadi Kepala Sekolah / Pengawas. Amin.

Cara Cek Info GTK Tanpa Login Sim PKB

Cara Cek Info GTK Tanpa Login Sim PKB - Info GTK merupakan sebuah halaman web resmi yang pemerintah sajikan dimana didalamnya menampilkan Data-data dari seorang pendidik (Guru) dan tenaga kependidikan yang tentunya sesuai dengan kondisi nyata yang sudah diimput pada dapodik.

Perbedaan data yang ada pada info GTK tentu bersar pengaruhnya kepada orang yang bersangkutan, malahan dalam beberapa masalah mengakibatkan tunjangan tidak cair atau gaji tidak sesuai atau hal lainnya, untuk itu maka kepada setiap PTK harus lebih Sering melihat Info GTK, kalau pun kita tidak ada waktu untuk mengecek Info GTK , segeralah meminta tolong kepada Operator Sekolah untuk mengeceknya.

Lantas Bagaimana jika data yang ada pada Info GTK tidak sesuai dengan data yang sebenarnya atau misalnya ada kesalahan. maka ptk yang bersangkutan segeralah menghubungi OPS sekolah masing - masing untuk memperbaiki data yang ada pada dapodik dan segera meng Sincronkan dapodiknya.

Cara Cek Info GTK Tanpa Login Sim PKB

Untuk mengecek info GTK ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu :

Cek Langsung ke Situs Resmi Info GTK

Jika temen-temen seorang guru maka temen-temen bisa menggunakan username dan pasword sim pkb untuk cek info GTK, atau juga bisa langsung mengakses ke situs / halaman resmi info GTK " https://info.gtk.kemdikbud.go.id " untuk caranya bisa lihat di " Panduan Lengkap Cara Cek Info GTK "

Cek Melalui Data.Dikdasmen

Untuk mengecek Info GTK melalui laman dikdasmen ini harus dilakukan oleh Operator Sekolah, Caranya :

  • Kunjungi situs : https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  • Masukan username dan pasword dapodik



  • Selanjutnya pilih menu " Kelola Data Pokok"  setelah menu dipilih maka nanti akan muncul menu yang lebih komplit seperti Sekolah, Prasarana, Peserta didik,Guru dan Tendik. Nah teman-teman pilih Guru dan Tendik.
  • Setelah dipilih menu Guru dan Tendik maka nanti akan muncul deretan PTK yang akan teman-teman cek Info GTK nya.
  • Geser ke sebelah kanan dibawah biodata setiap PTK ada tombil biodata silahkan temen-temen klik



  • Maka akan tampil biodata yang dipilih, kemudian paling bawah ada tombol Info GTK silahkan di klik untuk cek info gtk ptk yang dipilih

Demikian artikel Cara Cek Info GTK Tanpa Login Sim PKB yang bisa admin bagikan, semoga bermanfaat


Download Bukti Fisik akreditasi 124 Butir SMP/MTs Sesuai Sispena

Download Bukti Fisik akreditasi 124 Butir SMP/MTs Sesuai Sispena - Hallo sahabat InfoPtkOnline pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Contoh Bukti Fisik akreditasi 124 Butir SMP/MTs yang mungkin sobat butuhkan ketika akan menghadapi Akreditasi. Instrumen Akreditasi SMP/MTs disusun berdasarkan delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 124 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban. Jumlah Butir dan Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMP/MTs untuk masing-masing komponen

Instrumen Akreditasi SMP/MTs memuat 124 butir pernyataan, masing-masing memiliki bobot butir yang berbeda-beda tergantung dukungannya terhadap pembelajaran bermutu. Bobot butir pernyataan terendah adalah 1, dan bobot butir pernyataan tertinggi adalah 4.

Bukti Fisik akreditasi 124 Butir SMP/MTs Sesuai Sispena

Standar Isi

Bukti Fisik Poin No 1
Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap spiritual siswa sesuai dengan tingkat kompetensi.

  • Bukti Fisik Rumusan kompetensi sikap spiritual, Unduh File


Bukti Fisik Poin No 2
Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap sosial siswa sesuai dengan tingkat kompetensi.

  • Bukti Fisik Rumusan kompetensi sikap sosial, Unduh File


Bukti Fisik Poin No 3
Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan siswa sesuai dengan tingkat kompetensi.

  • Bukti Fisik Kompetensi Inti pengetahuan, Unduh File


Bukti Fisik Poin No 4
Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi keterampilan siswa sesuai dengan tingkat kompetensi.

  • Bukti Fisik Kompetensi Inti Keterampilan, Unduh File


Bukti Fisik Poin No 5
Sekolah/madrasah mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi pembelajaran pada setiap tingkat kelas.

  • Bukti Fisik Perangkat pembelajaran dikembangkan, Unduh File


Bukti Fisik Poin No 6
Kepala sekolah/madrasah bersama guru mengembangkan kurikulum sesuai dengan pedoman pengembangan KTSP dengan melibatkan beberapa unsur: (1) konselor/guru BK, (2) pengawas sekolah/madrasah, (3) narasumber, (4) komite sekolah/madrasah, (5) penyelenggara lembaga pendidikan.

  • Bukti Fisik Tim Pengembang Kurikulum, Unduh File


Bukti Fisik Poin No 7
Sekolah/madrasah menyusun K13 yang meliputi: (1) visi, misi dan tujuan, (2) pengorganisasian muatan kurikuler, (3) pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru (4) penyusunan kalender pendidikan, (5) penyusunan silabus muatan pelajaran, (6) penyusunan RPP.



Bukti Fisik Poin No 8
Sekolah/madrasah mengembangkan kurikulum sesuai dengan prosedur operasional pengembangan KTSP yang meliputi tahapan berikut: (1) analisis, (2) penyusunan, (3) penetapan, (4) pengesahan.

  • Bukti Fisik Prosedur operasional pengembangan KTSP, Unduh File


Bukti Fisik Poin No 9
Sekolah/madrasah melaksanakan kurikulum sesuai ketentuan: (1) mengikuti struktur kurikulum, (2) penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri, maksimal 60%, (3) beban kerja guru dan beban belajar siswa sesuai ketentuan, (4) mata pelajaran seni budaya, prakarya, dan kewirausahaan diselenggarakan minimal dua aspek, (5) menyelenggarakan kegiatan pengembangan diri dan cara penilaiannya.
Seluruh butir pernyataan Instrumen Akreditasi SD/MI merupakan pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban yaitu A, B, C, D, dan E. Ketentukan skor setiap opsi jawaban sebagai berikut.


      Indosat Gratiskan Kuota 30GB Agar Para Pelajar Bisa Belajar Dirumah

      Indosat Gratiskan Kuota 30GB Agar Para Pelajar Bisa Belajar Dirumah - Penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan China ini sudah sampai di Indonesia, sampai postingan ini dibuat berdasarkan informasi yang diperoleh oleh admin melalui situs berita online dan Televisi memberitahukan bahwa sudah terdapat 300 lebih kasus, yang artinya sudah diketahui bahwa di Indonesia sudah 300 orang terinveksi Virus Covid-19 ini, perlu diketahui 300 kasus corona di indonesia tersebut merupakan kasus yang tercatat, dan tidak menutup kemungkinan ada banyak orang yang terinfeksi virus covid-19 yang tidak teridentifikasi atau tidak tercatat.  Ngeri kan?....

      Maka solusi yang baik jika pemerintah membuat kebijakan kepada masyarakat agar selalu tetap dirumah dan untuk para pelajar agar belajar dirumah saja dengan moda Daring. hal ini tentunya bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona.

      Program pemerintah untuk mengharuskan masyarakat luas agar tidak keluar rumah/bepergian tersebut didukung oleh Mentri Pendidikan dan seluruh pemerintah daerah agar para siswa diliburkan sekolah namun tetap belajar dirumah dengan moda daring/ atau secara online. dengan demikian para peserta didik dapat tetap belajar dirumah.

      Indosat Gratiskan Kuota 30GB Agar Para Pelajar Bisa Belajar Dirumah


      Provider Indosat yang identik dengan warna kuning pun tidak mau ketinggalan untuk mendukung program pemerintah menekan penyebaran virus corona dengan memberikan kuota internet Gratis 30GB ( Paket Edukasi Indosat) kepada masyarakat khususnya kepada para pelajar agar tetap bisa belajar secara online meski berada dirumah.

      Untuk mendapatkan Paket Edukasi Indosat 30GB secara gratis kalian tinggal Dial *123*369#, hanya saja kuota internet gratis indosat ini hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi dan situs e-learning saja, dan tidak bisa digunakan untuk mengakses situs lainnya apalagi hanya buat Streaming youtube.

      Berikut adalah beberapa situs dan aplikasi yang bisa diakses oleh paket edukasi indosat :
      Ruangguru
      Quipper
      Sekolahmu
      Rumah Belajar
      Institut Pertanian Bogor
      Institut Seni Indonesia Surakarta
      Institut Teknologi Bandung
      IPMI Perbanas Institute (ABFI Institute Perbanas)
      Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang
      Politeknik Negeri Jakarta
      Politeknik Negeri Lampung
      Politeknik Negeri Padang
      Politeknik Negeri Sriwijaya
      Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
      Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
      Poltekkes Jakarta II
      Sistem Pembelajaran Daring Indonesia
      UIN Sunan Gunung Djati Bandung
      Universitas Ahmad Dahlan
      Universitas Atma Jaya Yogyakarta
      Universitas Baiturrahmah
      Universitas Bina Nusantara
      Universitas Brawijaya
      Universitas Buddhi Dharma
      Universitas Bung Hatta
      Universitas Diponegoro
      Universitas Gajah Mada
      Universitas Gunadarma
      Universitas Hasanuddin
      Universitas Indonesia
      Universitas Islam 45 Bekasi
      Universitas Islam Indonesia
      Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UINIB)
      Universitas Islam Negeri Mataram
      Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
      Universitas Jember Universitas Khatolik Parahyangan
      Universitas Lambung Mangkurat
      Universitas Malikussaleh
      Universitas Mataram
      Universitas Mercu Buana Jakarta
      Universitas Muhammadiyah Pontianak
      Universitas Mulawarman
      Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
      Universitas Negeri Makassar
      Universitas Negeri Malang
      Universitas Negeri Medan
      Universitas Negeri Semarang
      Universitas Negeri Yogyakarta
      Universitas Padjadjaran
      Universitas Pelita Harapan
      Universitas Pendidikan Indonesia
      Universitas Riau
      Universitas Sam Ratulangi
      Universitas Sebelas Maret
      Universitas Sriwijaya
      Universitas Sumatera Utara
      Universitas Tanjungpura
      Universitas Trunojoyo Madura
      Universitas Udayana
      UPN Veteran Yogyakarta

      Demikian Artikel Indosat Gratiskan Kuota 30GB Agar Para Pelajar Bisa Belajar Dirumah yang bisa admin bagikan, Tetap jaga kesehatan, jaga stamina , diam dirumah dan tetap belajar.
      semoga bermanfaat

      Sekolah Libur Gara- Gara Corona Ini Pernyataan Nadiem Makarim

      Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan Virus Corona ( COVID-19) merupakan sebuah virus yang berbahaya dan penyebarannya cukup cepat. Di Indonesia sudah ada orang yang terkena virus berbahaya ini, karena penyebarannya cukup cepat dan berantai dari orang yang satu ke orang yang lain maka beberapa kepala daerah membuat kebijakan untuk meliburkan sekolah selama 14 hari kedepan.

      Seperti Dilansir dari JPNN.com bahwa Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan mendukung kebijakan beberapa kepala daerah yang meliburkan sekolah sebagai cara menekan risiko terdampak wabah virus corona jenis baru atau COVID-19."Dampak penyebaran COVID-19 akan berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Kami siap mendukung kebijakan (liburkan sekolah) yang diambil pemda. Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama," ujar Nadiem dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (15/3).


      Nadiem menambahkan Kemendikbud siap untuk mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN) jika diperlukan, selain kebijkan meliburkan sekolah. Hal itu demi memastikan keamanan dan keselamatan semua warga sekolah.

      Mendikbud mengapresiasi langkah proaktif yang dilakukan di semua lini pemerintahan daerah serta mitra di kalangan swasta.

      "Kemendikbud siap dengan semua skenario, termasuk penerapan bekerja bersama-sama untuk mendorong pembelajaran secara daring (dalam jaringan) untuk para siswa," ujar dia.
      Baca Juga "NUPTK Penting Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan
      Kemendikbud mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar.

      Portal Rumah Belajar dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id. Beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru, di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

      Sejumlah pemerintah daerah meliburkan sekolah selama 14 hari karena khawatir dengan penyebaran virus COVID-19.

      Artikel ini sudah tayang di situs JPNN dengan judul " Pernyataan Nadiem Makarim soal libur sekolah gara-gara corona"

      Download Juknis POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

      Download Juknis POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA - Bahwa sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018

      Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan perlu menetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019.

      Download Juknis POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA


      POS UN ini mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)/Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK)/Sekolah Menengah Agama Kristen (SMAK)/Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK)/
      Utama Widya Pasraman (Sekolah Keagamaan Hindu setingkat SMA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM), Sekolah Menengah Atas Terbuka (SMAT), Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), serta Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C/Ulya Tahun Pelajaran 2018/2019.

      Download File 
      POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SD/MI, Unduh File
      POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SMP/MTs, Unduh File
      POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SMA/MA/SMK, Unduh File

      RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 K13 Revisi 2020 Lengkap

      RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 K13 Revisi 2020 yang akan Admin bagikan sebagai contoh atau panduan untuk rekan-rekan dalam membuat RPP Format 1 Lembar yang disesuaikan dengan keadaan Sekolah bapan/ibu.

      Seperti diketahui, telah diterbitkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP. Surat Edaran tersebut menyatakan bahwa dalam Pembuatan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

      Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pcndidikan dan Kebudayaan terkait dengan pelaksaan (kurikulum 2013, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.
      1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
      2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan l (ebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proscs Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pcmbelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessmenf) yang u,ajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
      3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, l( Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KI(G/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format IIPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid.
      4. Adapun RPP yang rclah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka l, 2, dan 3.

      Selengkapnya mengenai RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 K13 Revisi 2020 ini, silahkan untuk mendownloadnya melalui tautan yang telah Admin sediakan dibawah ini;


      • RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 K13 Revisi 2020 Lengkap, Unduh
      • RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 K13 Revisi 2020 Lengkap, Unduh
      • RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 K13 Revisi 2020 Lengkap, Unduh
      • RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 K13 Revisi 2020 Lengkap, Unduh

      NUPTK Penting Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan

      NUPTK Penting Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan - NUPTK atau nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan menjadi penting saat ini pasalnya NUPTK ini seperti layaknya identitas resmi seorang guru atau tenaga kependidikan dari pusat yang secara jelas bahwa bersangkuta diakui keberadaannya sebagai guru atau tenaga kependidikan.


      Peranan NUPTK saking pentingnya jadi acuan berbagai macam tunjangan untuk guru, dari tunjangan sertifikasi, fungsional hingga bantuan kualifikasi akademik semua didasarkan pada NUPTK nya, tanpa NUPTK jangan berharap untuk mendapat tunjangan tersebut.
      Baca Juga : Langkah-Langkah Pengajuan NUPTK Baru
      Banyak rekan guru yang sudah mengerti namun banyak pula yang belum memiliki menjadikan cara untuk mendapatkan NUPTK ini tidaklah mudah, jika berstatus guru honor biasa disekolah negeri baru saja mengajar jangan bermimpi untuk segera mendapatkan NUPTK, sebaliknya yang lama pun sudah mengajar bukan berarti sangat mudah.

      Banyak syarat dan ketentuan yang harus dilalui untuk mendapatkan NUPTK ini, berbagai SK dan bukti bahwa yang bersangkutan memang aktif mengajar dan terdata ideal untuk disebut guru yang telah lama mengabdi serta layak mendapatkan tunjangan, atas kinerjanya sesuai ketentuan dan masa kerja serta taat dan disiplinnya yang patut diteladani.

      NUPTK saa ini menjadi persoalan penting, dari berbagai tunjangan, bantuan serta lainnya bagi seorang guru didasari dengan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

      Incoming Search Term :

      • verval ptk
      • daftar nuptk
      • verval nuptk
      • aplikasi nuptk 2019
      • pengajuan nuptk 2020
      • syarat pengajuan nuptk 2020
      • nuptk untuk tenaga kependidikan
      • cara mengajukan nuptk di dapodik 2020

      Juknis POS Ujian Nasional Tahun 2020 Jenjang SD/MI

      Download Juknis POS Ujian Nasional Tahun 2020 Jenjang SD/MI - Hallo sahabat Infoptkonline, pada kesempatan kali ini admin akan membahas bagaimana Petunjuk Teknis Pelaksanaan Ujian Nasional Untuk Jenjang Sekolah Dasar / MI Tahun 2020.

      Download Juknis POS Ujian Nasional Tahun 2020 Jenjang SD/MI
      POS UN ini mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Dasar SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020.

      Jika terjadi peristiwa luar biasa yang berpotensi gagalnya pelaksanaan UN, maka Penyelenggara dan Panitia UN Tingkat Pusat menyatakan kondisi darurat atau krisis.

      Dalam kondisi darurat atau krisis sebagaimana dimaksud pada butir nomor 1, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membentuk tim khusus untuk menangani peristiwa tersebut.

      Peristiwa luar biasa yang dimaksud pada butir nomor 1 di atas meliputi bencana alam, huru-hara, perang, dan peristiwa lain di luar kendali penyelenggara UN.

      Untuk Selengkapnya Silahkan para Ibu/Bapa Guru untuk mendownloadnya pada link dibawah ini. 
      Download Juknis POS Ujian Nasional Tahun 2020 Jenjang SD/MI. Unduh File

      Mengenal Pengantar Dan Pendekatan Saintifik Secara Lengkap

      Mengenal Pengantar Dan Pendekatan Saintifik Secara LengkapDalam Strategi pembelajaran sendiri merupakan langkah-langkah sistematik dan sistemik yang dapat digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. seperti pembelajaran kontekstual. Kita tahu bahwa pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang pendidik yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan.  Seperti pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan.

      Adapun untuk model pembelajaran sendiri merupakan kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang memailiki nama, ciri, urutan logis/sintak, pengaturan, dan budaya misalnya discovery learning, project-based learning, problem-based learning, inquiry learning.

      Untuk ini InfoPtkOnline akan berbagi kembali file-file seputar dunia pendidikan dan kali ini akan membahas tentang pengantar dan pendekatan saintifik pembelajaran.

      Mengenal Pengantar Dan Pendekatan Saintifik Secara Lengkap

      Kaidah-kaidah dalam pembelajaran ilmiah sendiri bisa berbasis fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata. Sedangkan dalam penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis dan mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.

      Kita bisa mendorong dan menginspirasi siswa berpikir: hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran, memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran, dan juga berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan, yang bertujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya, proses pembelajaran sendir harus terhindar dari sifat-sifat/nilai-nilai nonilmiah.

      Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik sendiri meliputi :
      1.  Mengamati
      2.  Menanya
      3.  Mengumpulkan Informasi/Mencoba
      4.  Menalar/Mengasosiasi
      5.  Mengkomunikasikan

      Proses pembelajaran dan penilaian dalam peserta didik sendiri merupakan jaring-jaring kognisi berbeda maka keadaan siswa dari beberapa komponen akan berbeda seperti penggambaran makna berikut :
      1.  Gaya Belajar Siswa
      2.  Kecerdasan dan bakat siswa (Bahan/Zat dalam Botol)
      3.  Kesiapan  (Keadaan tutup Botol)
      4.  Pengetahuan awal siswa  (Isi Botol)

      Untuk lebih jelasnya tentang pengantar dan pendekatan saintifik sendiri silahkan bagi yang sedang membutuhkan file tersebut bisa di download pada link di bawah ini semoga bisa bermanfaat. Aamiinn



      Contoh Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Matematika Kelas 2 SD

      Contoh Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Matematika Kelas 2 SDSudah sejauh mana persiapan kamu dalam menghadapi Ujian Tengah Semester Ganjil, awas jangan bilang belum ada persiapan sama sekali ya, karena segala sesuatu kalau tanpa persiapan tentunya hasilnya juga kurang memuaskan bahkan bisa saja hasil yang buruk akan kamu dapatkan.
      Untuk itu tentunya harus Ada beberapa bekal yang harus kamu siapkan saat berjuang di UTS nanti. Seperti menjaga kesehatan, rajin ibadah, istirahat yang cukup,sarapan sebelum ke sekolah,  kamu juga harus membekali diri dengan latihan-latihan soal tentunya. 

      Terlebih mata pelajaran matematika. Pasti di pikiran kamu yang terlintas ialah kesulitan-kesulitan yang tiada akhir, serta soal-soal matematika yang sangat sulit. Nah, pada kesempatan kali ini Infoptkonline kamu bisa memperdalam pemahaman kamu dengan contoh soal latihan untuk Ujian Tengah Semester untuk mata pelajaran matematika kelas 2. keep scroll ya teman.

      Contoh Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Matematika Kelas 2 SD

      Soal Ujian Tengah Semester Ganjil (UTS 1)
      Kelas 2 SD/MI
      Mata Pelajaran : Matematika
      Tahun Pelajaran : 2019/2020

      1.         Lambang bilangan empat ratus tujuh belas adalah ....
      a.    471                  c.  407
      b.    417

      2.         Perhatikan kelompok bilangan berikut!
             371, 407, 437, 370, 430
             Urutan bilangan diatas dari yang paling kecil adalah ...
      a.   407, 437, 371, 370, 430
      b.   371, 430, 407, 437, 370
      c.   370, 371, 407, 430, 437
      Baca Juga : Contoh Soal UTS Ganjil Matematika Kelas 1 SD Lengkap

      3.         2 ratusan + 5 puluhan + 7 satuan = ....
      a.   275                  c.  752
      b.   257

      4.         Angka 9 pada bilangan 198 menempati nilai tempat ....
      a.   satuan              c.  ratusan
      b.   puluhan

      5.         423 = .... + 20 + 3
      a.   4                      c.  400
      b.   40

      6.         Hasil dari 275 + 75 = ...
      a.   330                  c.  350
      b.   340

      7.         Bilangan ganjil yang terletak diantara 355 dan 359 adalah ...
      a.   356                  c.  358
      b.   357

      8.         Perhatikan baris bilangan berikut ini!
             204, 207, ..... , 213, ..... , 219, 222
             Angka yang tepat untuk mengisi titik - titik diatas adalah ...
      a.   210 dan 216    c.  211 dan 216
      b.   209 dan 215

      9.         85 + 126 + 15 = ...
      a.   226                  c.  326
      b.   231

      10.     Hasil pengurangan 473 - 58 adalah ...
      a.   450                  c.  415
      b.   425

      11. .............. dst
      12................dst


      Jika sobat membutuhkan contoh soal UTS Ganjil Matematika selengkapnya, download soal ujian tengah semester ganjil / UTS 1 Matematika Kelas 2 SD/MI Semester 1 Kurikulum KTSP Terbaru Tahun 2017

      Mas Nadiem Berencana Mendirikan 4 Pusat Baru Di Kemendikbud

      Mas Nadiem Berencana Mendirikan 4 Pusat Baru Di Kemendikbud - Mas Mentri itulah panggilan para stap kepada mentri pendidikan yang baru, belakangan ini mentri pendidikan berencana akan mendirikan beberapa pusat baru di kemendikbud

      Seperti dilansir dari JPNN.com bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pihaknya akan mendirikan empat pusat baru di bawah Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

      "Beberapa pusat baru nanti adanya d ibawah Sekjen, yang secara independen mendorong beberapa prioritas strategis," ujar Nadiem Makarim dalam rapat kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Selasa (28/1).

      Empat pusat baru tersebut yakni Pusat Penguatan Karakter, Pusat Prestasi Nasional, Pusat Data, Teknologi dan Informasi, dan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan.

      Pusat penguatan karakter, kata Nadiem, bertujuan untuk membumikan Pancasila sehingga bisa dipahami oleh milenial.

      Pembumian Pancasila, kata dia, jika hanya dilakukan melalui kurikulum tidak akan sampai pada milenial.

      "Bagaimana interpretasi Pancasila dalam penerapannya di sehari-hari. Ini salah satu tujuan dari Pusat Penguatan Karakter," kata dia.

      Sementara Pusat Prestasi Nasiona bertujuan untuk mengakomodir anak-anak yang berbakat. Tugasnya untuk mengukur berbagai macam perlombaan, aktivitas, ekstrakurikuler, olahraga, dan lainnya, yang bisa diberikan kredibilitas dari kementerian.

      Nadiem menjelaskan partisipasi dan pencapaian dari anak ada di situ, dan akan masuk dalam portofolio anak yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal.

      Selanjutnya, Pusat Data dan Teknologi Informasi yang mana di unit tersebut dibangun berbagai perangkat lunak untuk semua aktivitas kementerian.

      Terakhir, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan bertujuan mengakomodir semua jenis bantuan dana sosial dalam pendidikan seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Tunjangan Profesi Guru, dan lain sebagainya.

      "Dengan demikian, direktorat fokus memikirkan peningkatan mutu pendidikan. Selama ini, penyaluran dana operasional cukup berat dan mengganggu peningkatan mutu," kata Nadiem.

      Download KI KD Bahasa Daerah Kurikulum 2013

      Download KI KD Bahasa Daerah Kurikulum 2013 - Hallo sahabat Pendidik semuanya, pada kesempatan kali ini InfoPtkOnline akan sedikit berbagi dengan sahabat pendidik semua tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar Bahasa Daerah kutilas, postingan ini dibuat agar memudahkan para Guru dan pengajar bahasa daerah untuk mendapatkan KI dan KD nya dengan tujuan akhir yaitu proses Belajar dan mengajarnya bisa berjalan dengan lancar dan tujuannya tercapai.

      Dalam indikator pencapaian perkembangan peserta didik untuk KD pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak langsung (indirect teaching), tetapi melalui pembelajaran untuk mencapai KD-KD pada KI Pengetahuan dan KI Keterampilan, serta melalui pembiasaan dan keteladanan. Dengan kata lain, sikap positif peserta didik akan terbentuk ketika dia memiliki pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk hasil karya dan/atau unjuk kerja. Contoh sikap positif itu adalah perilaku hidup sehat, jujur, tanggung jawab, peduli, kreatif, kritis, percaya diri, disiplin, mandiri, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, dan santun.

      Penyusunan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) pada Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah didasari pula oleh Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 14 Tahun 2014 tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah, yang menetapkan bahasa daerah, antara lain, bahasa Sunda, diajarkan pada pendidikan dasar di Jawa Barat. Kebijakan tersebut sejalan dengan jiwa UU No. 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang bersumber dari UUD 1945 yang menyangkut Pendidikan dan Kebudayaan. Sejalan pula dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab III Pasal 7 Ayat 3-8, yang menyatakan bahwa dari SD/MI/SDLB, SMP/MTs./ SMPLB, SMA/MAN/SMALB, dan SMK/MAK diberikan pengajaran muatan lokal yang relevan dan Rekomendasi UNESCO tahun 1999 tentang “Pemeliharaan Bahasa-Bahasa Ibu di Dunia”.

      Hal tersebut sejalan pula dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67, 68, 69, dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/ MAK, di antaranya menyatakan bahwa: Bahasa Daerah sebagai muatan lokal dapat diajarkan secara terintegrasi dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya atau diajarkan secara terpisah apabila daerah merasa perlu untuk memisahkannya. Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan tersebut. Hal ini diperkuat dengan Permendikbud Nomor 79 tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013, Pasal 9 dan Pasal 10, bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat mengembangkan muatan lokal.

      Bahasa Sunda, bahasa Jawa Cirebon dan Indramayu, serta bahasa Melayu Betawi berkedudukan sebagai bahasa daerah, yang juga merupakan bahasa ibu bagi masyarakat Jawa Barat di wilayah tertentu. Bahasa daerah juga menjadi bahasa pengantar pembelajaran di kelas-kelas awal SD/MI. Melalui pembelajaran bahasa daerah diperkenalkan kearifan lokal sebagai landasan etnopedagogis.

      Berkaitan dengan pembelajaran bahasa daerah di PAUD, Pemerintah mengeluarkan Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Peserta didik Usia Dini. Pendidikan Peserta didik Usia Dini (PAUD) merupakan “suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada peserta didik sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar peserta didik memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.
      Berdasarkan kenyataan tersebut, bahasa daerah sebagai salah satu khasanah dalam kebhinnekatunggalikaan budaya Nusantara akan menjadi landasan bagi pendidikan karakter dan moral bangsa. Oleh karena itu, bahasa daerah harus diperkenalkan di Pendidikan Peserta didik Usia Dini (PAUD) dan diajarkan di sekolah-sekolah mulai Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), sampai Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliah (MA)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Untuk kepentingan itu, telah disusun dan direvisi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sesuai dengan satuan pendidikan tersebut.

      Adapun dalam pembelajaran bahasa dan sastra daerah diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya dan budayanya, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat Jawa Barat, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya. Pembelajaran bahasa dan sastra daerah diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa daerah dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap budaya dan hasil karya sastra daerah.

      Kompetensi Inti dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah yang memiliki kesamaan dengan kompetensi inti matapelajaran lainnya merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra daerah. Kompetensi Inti ini menjadi dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, dan nasional. Secara substansial terdapat tempat Kompetensi Inti yang sejalan dengan pembentukan kualitas insan yang unggul, yakni (1) sikap keagamaan (beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa) untuk menghasilkan manusia yang pengkuh agamana (spiritual quotient), (2) sikap kemasyarakatan (berakhlak mulia) untuk menghasilkan manusia yang jembar budayana (emotional quotient), (3) menguasai pengetahuan, teknologi, dan seni (berilmu dan cakap) untuk menghasilkan manusia yang luhung élmuna (intellectual quotient), dan (4) memiliki keterampilan (kreatif dan mandiri) untuk menghasilkan manusia yang rancagé gawéna (actional quotient).

      Bagi guru yang mengajar Bahasa Daerah yang sedang membutuhkan KI KI tersebut, silahkan download link di bawah ini, semoga bisa bermanfaat…aamiinn



      Download Buku Pembelajaran dan Pedoman Penilaian HOTS

      Download Buku Pembelajaran dan Pedoman Penilaian HOTS - Dalam pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) adalah program yang dikembangkan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

      Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh pendidik yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain peningkatan kualitas pembelajaran ini merupakan upaya peningkatan kulaitas peserta didik yang pada akhirnya meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guru yang memberikan keterampilan mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.

      Guru sebagai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

      Pemerintah sendiri mengharapkan para peserta didik dapat mencapai berbagai kompetensi dengan penerapan HOTS atau Keterampilan Bepikir Tingkat Tinggi. Kompetensi tersebut yaitu berpikir kritis (criticial thinking), kreatif dan inovasi (creative and innovative), kemampuan berkomunikasi (communication skill), kemampuan bekerja sama (collaboration) dan kepercayaan diri (confidence). Lima hal yang disampaikan pemerintah yang menjadi target karakter peserta didik itu melekat pada sistem evaluasi kita dalam ujian nasional dan merupakan kecakapan abad 21.

      Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS) juga diterapkan menyusul masih rendahnya peringkat Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dibandingkan dengan negara lain, sehingga standar soal ujian nasional dicoba ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan.

      Perumusan tujuan pembelajaran harus jelas dalam menunjukkan kecakapan yang harus dimiliki peserta didik. Tujuan pembelajaran mengisyaratkan bahwa ada beberapa karakter kecakapan yang akan dikembangkan guru dalam pembelajaran. Selain itu, tujuan pembelajaran ini juga bertujuan untuk menguatkan pilar pendidikan.  

      Pada Media pembelajaran tidak terpisahkan dari proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang menjadi tuntutan dalam pembelajaran. Media/alat pembelajaran sebagai sarana bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Media/alat pembelajaran akan mempengaruhi iklim belajar, kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan dikelola oleh guru. Dalam memilih media pembelajaran harus mempertimbangkan prinsip psikologi peserta didik, antara lain motivasi, perbedaan individu, emosi, partisipasi umpan balik, penguatan dan penerapan. Penggunaan media/alat pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu. Untuk lebih jelasnya bagi yang memerlukan Buku tentang pedoman penilaian dan pembelajaran HOTS, silahkan download link di bawah ini semoga bisa bermanfaat.