Perbedaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Pembelajaran Berbasis Konten

Perbedaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Pembelajaran Berbasis Konten - Laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum yang menunjukan kategori kompetensi dasar sekolah, perlu ditindaklanjuti dengan perubahan strategi pembelajaran. Sejalan dengan tujuan Asesmen Nasional untuk mencapai kompetensi siswa dan peningkatan mutu pendidikan, maka praktik pembelajaran pun sedikit demi demi sedikit perlu berubah dari pembelajaran yang berbasis konten menuju pembelajaran yang berbasis kompetensi. 


Kompetensi diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik, misalnya mampu melakukan tugas atau pekerjaan secara efektif. Kompetensi juga mencakup pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal, atau bahkan keterampilan yang jauh lebih besar dan lebih beragam. Misalnya memimpin organisasi.

Pada pembelajaran berbasis kompetensi, siswa diharapkan mampu mendemonstrasikan pengetahuan, penguasaan konsep, dan keterampilan dalam dan sebagai proses pembelajaran. Karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi adalah fokusnya pada tingkat penguasaan. 

Dalam sistem pembelajaran berbasis kompetensi, siswa melakukan pembelajaran sesuai dengan tahapan penguasaan kompetensinya hingga tuntas sebelum akhirnya mampu melanjutkan pada tahap penguasaan kompetensi berikutnya. 

Sebagai sebuah proses, pembelajaran berbasis kompetensi ini membutuhkan waktu sehingga sedikit demi sedikit siswa menunjukan penguasaan pengetahuan, konsep dan keterampilan untuk memecahkan masalah. Termasuk menunjukan karakter yang ingin dicapai. Bukan sekedar menguasai konten materi pembelajaran semata.

Kekuatan pembelajaran berbasis kompetensi terletak pada fleksibilitasnya karena siswa dapat bergerak dengan kecepatan belajar mereka sendiri. Ini mendukung siswa dengan latar belakang pengetahuan yang beragam, tingkat literasi yang berbeda dan bakat terkait lainnya. 

Tantangan pembelajaran berbasis kompetensi bagi guru antara lain adalah, kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan kompetensi dasar siswa termasuk literasi dan numerasi. Namun laporan hasil AKM dapat membantu memetakan tahapan kompetensi siswa. 

Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional

Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional - Perubahan baru yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan baru Pak Nadiem yaitu menyelenggarakan Asesmen Nasional dengan tujuan untuk mengevaluasi mutu pendidikan, 

Seperti yang kita ketahui sadar atau tidak sadar, dijaman yang sekarang ini jaman yang katanya serba canggih yang dibarengi dengan perkembangan teknologi yang sangat meningkat dibanding dengan 10 tahun belakangan perkembangan pengetahuan peserta didik bisa dikatakan bagus, kita tahu dengan perkembangan teknologi ini pengetahuan juga meningkat tajam. misalnya saja anak usia 5 tahun sudah pintar mengoprasikan gadget/ ponsel, namun hal itu tidak diimbangi dengan pendidikan karakter bisa dikatakan bahwa pendidikan karakter banyak dikesampingkan dan lebih mengutamakan nilai dan hasil pengetahuan saja.

Asesmen Nasional lebih memberikan gambaran yang lebih utuh dan luas mengenai mutu pendidikan, bukan hanya secara kognitif, namun juga karakter dan iklim belajar.


Berikut adalah beberapa perbedaan singkat Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional

  • Tujuan penyelenggaraan Asesmen Nasional dan Ujian Nasional tidak sama. Seperti yang telah dijelaskan pada topik dan aktivitas sebelumnya, Asesmen Nasional bertujuan untuk mengevaluasi mutu sistem pendidikan di Indonesia, sedangkan Ujian Nasional bertujuan untuk mengevaluasi capaian hasil belajar siswa secara individu. 

  • AN diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama, dan pendidikan menengah atas. Ini termasuk MI, MTS dan MAN, serta program kesetaraan. Sementara UN berlaku mulai jenjang pendidikan menengah pertama dan atas saja.

  • Asesmen Nasional tidak diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan sebagaimana Ujian Nasional, melainkan di tengah jenjang pendidikan. Yaitu pada kelas 5, 8, 11. Hal ini dilakukan untuk mendorong guru dan sekolah melakukan tindak lanjut perbaikan mutu pembelajaran setelah mendapatkan hasil laporan AN. Jadi bukan sekedar untuk mengetahui capaian hasil belajar siswa sebagai salah satu syarat kelulusan.

  • Pada pelaksanaannya, Asesmen Nasional menggunakan metode survei. Metode survei dilakukan dengan mengambil sampel siswa diambil secara acak dari setiap sekolah. Berbanding terbalik dengan Ujian Nasional yang menggunakan metode sensus dimana semua siswa di seluruh Indonesia wajib mengikutinya.

  • Model soal asesmen yang diberikan dalam AN lebih bervariasi bukan sekedar pilihan ganda dan uraian singkat sebagaimana yang diberikan dalam UN.

  • Salah satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional adalah literasi membaca dan numerasi. Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat. Sementara Ujian Nasional berbasis mata pelajaran yang memotret hasil belajar murid pada mata pelajaran tertentu. Hal inilah yang terkadang memberi kesan mata pelajaran yang penting dan kurang penting dalam pendidikan. Dalam hal ini, AKM memotret kompetensi mendasar yang diperlukan untuk sukses pada berbagai mata pelajaran. 

  • Metode penilaian AN dan UN pun berbeda meskipun keduanya berbasis komputer. AN menggunakan metode penilaian Computerized Multistage Adaptive Testing (MSAT). MSAT ialah metode penilaian yang mengadopsi tes adaptif, dimana setiap siswa dapat melakukan tes sesuai level kompetensinya. .

Kalender Pendidikan 2020 Provinsi Jawa Barat

Setiap Instansi Pendidikan pasti akan membutuhkan Kalender Pendidikan karena memang kalender pendidikan menerangkan dan menentukan waktu suatu kegiatan dalam proses belajar, Kalender pendidikan itu sendiri adalah bentuk pengaturan waktu yang disusun untuk kegiatan siswa dalam satu tahun ajaran yang didalamnya terdiri dari permulaan tahun pelajaran, minggu efektif dalam belajar dan pembelajaran efektif dan libur.



Dalam dunia pendidikan, penyusun kalender pendidikan bukanlah hal asing lagi karena disusun setiap tahun. Kalender pendidikan ini mewakili seluruh komponen periodisasi proses berjalan dalam satu periode. Sehingga kegiatan belajar menjadi lebih efisien, efektif dan tertata dengan baik.

Kalender Pendidikan 2020

Komponen Utama pada kalender pendidikan diantaranya memuat :

  1. Awal Tahun Ajaran
  2. Hari Efektif
  3. Pembelajaran Efektif
  4. Hari Libur
Fungsi Kalender Pendidikan yaitu sebagai pedoman bagi para pengajar/ Guru dalam menyusun berbagai Administrasi seperti Program Tahunan, Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP), Selain itu Kelender Pendidikan juga berfungsi untuk mendorong Efektivitas dan Efisiensi Proses Pembelajaran / Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah baik itu tingkat SD, SMP, SMA dan Sederajat

Langkah-langkah Penyusun Kalender Pendidikan
  • Komponen awal tahun pelajaran umumnya ditetapkan pada bulan Juli setiap tahunnya dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya. Hal itu mengacu pada kelander pendidikan nasional yang diterbitkan oleh pihak Kemendikbud dan Kemenag sebagai pedoman dalam penyusun kalender pendidikan pada tiap masing-masing satuan pendidikan.
  • Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dapat menetapkan hari libur secara bersama-sama untuk satuan-satuan pendidikan.
  • Komponen hari libur sekolah dalam hal yang berkaitan dengan hari raya keagamaan dalam hal ini ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama, adapaun Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus
  • Dalam menentukan kompnen periode efektif pembelajaran wajib mempertimbangkan hari-hari yang akan tersita untuk kegiatan-kegiatan pengembangan diri, baik ekstrakulikuler maupun bimbingan dan konseling terpadu
  • Menentukan bobot dan alokasi hari-hari pembelajaran efektif setelah disesuaikan dengan hari efektif fakultatif (seperti: hari-hari pembelajaran di bulan Puasa agama Islam) serta hari libur fakultatif (misal: libur awal puasa dan libur hari raya keagamaan)
  • Melakukan proses rekap selama satu tahun penuh, atau dapat pula ditambah kegiatan per semester dan per bulan dengan telah diteliti secara seksama oleh tim perumus kalender pendidikan dimasing-masing satuan pendidikan
Berdasarkan Kalender Pendidikan 2020 Provinsi Jawa Barat Ditetapkan sebagai berikut :

Juli
1 – 11 Juli 2020: Libur Kenaikan Kelas
13 Juli 2020: Hari pertama masuk sekolah dan awal semester
13 – 15 Juli 2020: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Peserta Didik Baru (PDB)
31 Juli 2020: Libur Umum (Hari Raya Idul Adha 1441 H)

Agustus
17 Agustus 2020: Libur Umum (HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia)
21 Agustus 2020: Libur Umum (Tahun Baru Hijriah 1442 H)

September
21 – 24 September 2020: Penilaian Tengah Semester (disesuaikan dengan program sekolah)

Oktober
30 Oktober 2020: Libur Umum (Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW)

November
25 November 2020: Hari Guru Nasional 2020

Desember
7 – 10 Desember 2020: Penilaian Akhir Semester
18 Desember 2020: Pembagian dan Penerimaan Buku Laporan Hasil Belajar (LHB)
19 Desember 2020 – 2 Januari 2021: Libur Semester Gasal
24 – 25 Desember 2020: Libur Umum (Hari Raya Natal 2020)
kalender pendidikan 2020/2021 semester 2


Januari
1 Januari 2021: Libur Umum (Tahun Baru Masehi 2021)
4 Januari 2021: Hari pertama masuk sekolah dan awal semester

Februari
12 Februari 2021: Libur Umum (Tahun Baru Imlek 2571)
22 – 25 Februari 2021: Penilaian Tengah Semester (disesuaikan dengan program sekolah)

Maret
11 Maret 2021: Libur Umum (Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW)
14 Maret 2021: Libur Umum (Hari Raya Nyepi, Tahun Saka 1943)
15 – 18 Maret 2021: Perkiraan Ujian Sekolah SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK, dan USBN SD
20 Maret – 1 April 2021: Perkiraan Ujian Sekolah SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK, dan USBN SD

April
2 April 2021: Libur Umum (Wafat Isa Almasih)
12 – 14 April 2021: Perkiraan Libur Awal Bulan Puasa Ramadhan 1442 H
19 – 22 April 2021: Perkiraan Ujian Sekolah SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK, dan USBN SD

Mei
1 Mei 2021: Libur Umum (Hari Buruh Nasional 2021)
10 – 22 Mei 2021: Perkiraan Libur Awal Bulan Puasa Ramadhan dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1442 H
13 – 14 Mei 2021: Libur Umum (Hari Raya Idul Fitri 1442 H)
13 Mei 2021: Libur Umum (Hari Kenaikan Isa Al-Masih 2021)
26 Mei 2021: Libur Umum (Hari Raya Waisak 2021)

Juni
1 Juni 2021: Libur Umum (Hari Kelahiran Pancasila)
14 – 17 Juni 2021: Penilaian Akhir Tahun (Ulangan Kenaikan Kelas)
25 Juni 2021: Pembagian dan Penerimaan Buku Laporan Hasil Belajar (LHB)
26 Juni – 10 Juli 2021: Libur Kenaikan Kelas

Juli
1 – 11 Juli 2021: Perkiraan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2021/2022
12 Juli 2021: Permulaan Tahun Ajaran 2021/2022
12 – 14 Juli 2021: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan proses administrasi kelas

Bagi sobat yang membutuhkan Kalender Pendidikan 2020 Silahkan unduh pada link berikut :


Demikian artikel Kalender Pendidikan 2020 Provinsi Jawa Barat yang bisa admin bagikan, semoga bermanfaat.

Administrasi Pembelajaran Seni Budaya Kelas XI 1 Lembar Sesuai Surat Edaran Mendikbud

Administrasi Pembelajaran Seni Budaya Kelas XI 1 Lembar Sesyau Surat Edaran Mendikbud  - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selalu mengalami perubahan dan perubahan yang tentunya disesuaikan dengan keadaan sekarang ini, dan kali ini Admin InfoPtkOnline akan sedikit membahas tentang bagaimana pembuatan administrasi pembelajaran seni budaya versi terbaru sesuai surat edaran mendikbud no. 14 tahun 2019.


Teman-teman semua mungkin sudah tahu semua tentang bagaimana format penulisan RPP terbaru versi mendikbud No. 14 Tahun 2019, dan pada artikel kali ini, admin berikan perlengkapan administrasi seperti : KKM Seni dan Budaya, serta RPP Seni dan Budaya 1 Lembar. salah satu contohnya sebagai berikut untuk RPP Seni Budaya Kelas IX Aspek Seni Rupa  

Administrasi Pembelajaran Seni Budaya Kelas XI 1 Lembar Sesuai Surat Edaran Mendikbud 

Nama Sekolah Pendidikan      :  =======================

Mata Pelajaran/Tema               :  Seni Budaya

Aspek                                      :  Seni Rupa

Kelas/Semester                        :  XI/I

Materi Pokok                          :  Seni lukis dengan beragam media dan teknik

Alokasi Waktu                        :  3 Jam pelajaran @ 40 Menit  

 

1.      Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:

v  Peserta didik dapat memahami pengertian seni lukis secara benar

v  Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai tema dalam berkarya seni lukis secara benar

2.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

2.1.    Alat dan Bahan

2.1.1.      Alat dan Bahan

v  Penggaris, spidol, papan tulis

v  Laptop & infocus

v  Slde presentasi (ppt)

v  Pensil

v  Pensil arang

v  Pastel dan crayon

v  Tinta bak

v  Cat (pewarna)

v  Kuas

v  Pisau palet

v  Palet

2.1.2.      Pertanyaan    :

v  Mengajukan pertanyaan tentang : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan  yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Ø  Apa yang dimaksud dengan melukis?

Ø  Sebutkan pengertian dari aliran gaya lukisan Deformatif!

2.2.     Siswa berlatih praktik/mengerjakan tugas halaman buku

v  Mengamati obyek/kejadian,

mengamati dan memahami Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan yang dapat diperoleh di internet

v  Mengumpulkan informasi

Ø menulis pada buku catatan informasi yang diperoleh tentang Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan

Ø mendownload artikel Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan yang lain di internet

v  Saling tukar informasi tentang  : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

2.3.  Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan 

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

2.4.Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

2.4.1.      Kesimpulan Pembelajaran

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran

2.4.2.      Penilaian

1.      Teknik Penilaian :

Ø  Sikap

Ø  Pengetahuan

Ø  Keterampilan

2.      Pembelajaran Remedial

3.      Pembelajaran Pengayaan

 

 

Sukabumi...............2020

Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran/Kelas

Kepala Sekolah

 

 

 

..........................                                                          .........................................

NIP.                                                                                        NIP.

Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap

 

Jika teman-teman semua membuthkan file administrasi seni budaya silahkan download link di bawah ini semoga bisa membantu Bapak/Ibu yang mengajar pada mata pelajaran Seni Budaya Kelas IX. Aamiinn

 

 Download KKM Seni Budaya Aspek Seni Rupa Kelas XI

 

Download KKM Seni Budaya Aspek Seni Musik Kelas XI

 

Download Silabus Seni Budaya Kelas IX

 

DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR SENI BUDAYA KELAS IX SEMESTER I DAN II

 

ASPEK SENI RUPA SEMESTER I

 

Download Pertemuan Pertama

 

Download Pertemuan Kedua

 

Download Pertemuan Ketiga

 

Download Pertemuan Keempat

 

Download Pertemuan Kelima

 

Download Pertemuan Keenam

 

Download Pertemuan Ketujuh

 

Download Pertemuan Kedelapan

 

 

ASPEK SENI RUPA SEMESTER II

 

Download Pertemuan Pertama

 

Download Pertemuan Kedua

 

Download Pertemuan Ketiga

 

Download Pertemuan Keempat

 

Download Pertemuan Kelima

 

Download Pertemuan Keenam

 

Download Pertemuan Ketujuh

 

Download Pertemuan Kedelapan

 

Download Pertemuan Kesembilan

 

Download Pertemuan Kesepuluh

 

 

Untuk Seni Budaya Aspek Seni Musik Kelas IX silahkan download di sini :

 

ASPEK SENI MUSIK SEMESTER I

 

Download Pertemuan Pertama

 

Download Pertemuan Kedua

 

Download Pertemuan Ketiga

 

Download Pertemuan Keempat

 

Download Pertemuan Kelima

 

Download Pertemuan Keenam

 

Download Pertemuan Ketujuh

 

Download Pertemuan Kedelapan

 

 

ASPEK SENI MUSIK SEMESTER II

 

Download Pertemuan Pertama

 

Download Pertemuan Kedua

 

Download Pertemuan Ketiga

 

Download Pertemuan Keempat

 

Download Pertemuan Kelima

 

Download Pertemuan Keenam

 

Download Pertemuan Ketujuh

 

Download Pertemuan Kedelapan

 

Download Pertemuan Kesembilan

 

Demikian pembahasan masalah administrasi pembelajaran seni budaya kelas IX ini, semoga bermanfaat.

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban PPG Mapel TIK

Hallo sahabat Infoptkonline, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal dan kunci jawaban PPG mata pelajaran TIK, sengaja admin bagikan agar para guru TIK khususnya mempunyai bahan untuk berlatih dan bisa juga dijadikan sebagai referensi untuk menghadapi Test PPG, semoga dengan contoh soal ini sobat bisa LULUS PPG, Aamiiinn....


Contoh Soal dan Kunci Jawaban PPG Mapel TIK

1.
Berikut ini yang termasuk siklus pengolahan data pada komputer adalah….

a.
Input – processing – output

b.
Output – processing – input

c.
Processing – input – output

d.
Processing – output – input
2
Komponen utama perangkat keras komputer adalah….

a.
Control Unit – ALU – Memory Unit

b.
CPU – Input Device – Output Device

c.
Control Unit – CPU – ALU

d.
ALU- Keyboard - CPU
3
Yang termasuk contoh dari Output Device adalah…

a.
Keyboard

b.
Scanner

c.
Memory Unit

d.
Display dan Monitor
4
System Operasi yang bersifat Open Source adalah…

a.
Windows dan Linux

b.
Unix dan Machintos

c.
Linux dan Unix

d.
Machintos dan Linux
5
Berikut ini adalah bagian-bagian dari panel control adalah….

a.
System and Securty

b.
Network and internet

c.
User Account and Familiy Safety

d.
Help and Support
6.
Untuk membangun jaringan komputer sederhana, perangkat keras yang dibutuhkan adalah….

a.
Network Interface card – Media transmisi – Hub

b.
Network Intarface card - Device diver – Protokol

c.
Media transmisi – Protokol – Device Driver

d.
Media Transmisi – Protokol – Hub
7
Perintah yang berfungsi untuk menutup akses penulisan ulang, atau hanya sekedar dibaca atau dilihat adalah….

a.
Hidden

b.
Read Only

c.
Look Only

d.
Advanced
8
Bagian utama taskbar pada windows yaitu….

a.
Start Menu – Middle Section – The notification area

b.
Start Menu – Window – The Notifcation area

c.
Midle Section – Window – Bullet

d.
Midle Section – Bullet – Start Menu
9
Peripheral utama pada komputer adalah….

a.
Monitor, keyboard, printer

b.
Keyboard, mouse, scanner

c.
Monitor, keyboard, mouse

d.
Printer, scanner, mouse
10
Istilah kualitas pencetakan yang digunakan untuk printer, yaitu….

a.
Ppm

b.
Cps

c.
Dpi

d.
Rpm


Download Lengkap : Soal dan Jawaban