Berbagi Pengetahuan Seputar Dunia Pendidikan , Perangkat Pembelajaran, Info CPNS , Administrasi Sekolah, Berita Pendidikan
Perbedaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Pembelajaran Berbasis Konten
Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional
Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional - Perubahan baru yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan baru Pak Nadiem yaitu menyelenggarakan Asesmen Nasional dengan tujuan untuk mengevaluasi mutu pendidikan,
Seperti yang kita ketahui sadar atau tidak sadar, dijaman yang sekarang ini jaman yang katanya serba canggih yang dibarengi dengan perkembangan teknologi yang sangat meningkat dibanding dengan 10 tahun belakangan perkembangan pengetahuan peserta didik bisa dikatakan bagus, kita tahu dengan perkembangan teknologi ini pengetahuan juga meningkat tajam. misalnya saja anak usia 5 tahun sudah pintar mengoprasikan gadget/ ponsel, namun hal itu tidak diimbangi dengan pendidikan karakter bisa dikatakan bahwa pendidikan karakter banyak dikesampingkan dan lebih mengutamakan nilai dan hasil pengetahuan saja.
Asesmen Nasional lebih memberikan gambaran yang lebih utuh dan luas mengenai mutu pendidikan, bukan hanya secara kognitif, namun juga karakter dan iklim belajar.
Berikut adalah beberapa perbedaan singkat Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional
-
Tujuan penyelenggaraan Asesmen Nasional dan Ujian Nasional tidak sama.
Seperti yang telah dijelaskan pada topik dan aktivitas sebelumnya, Asesmen
Nasional bertujuan untuk mengevaluasi mutu sistem pendidikan di Indonesia,
sedangkan Ujian Nasional bertujuan untuk mengevaluasi capaian hasil belajar
siswa secara individu.
-
AN diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah
pertama, dan pendidikan menengah atas. Ini termasuk MI, MTS dan MAN, serta
program kesetaraan. Sementara UN berlaku mulai jenjang pendidikan menengah
pertama dan atas saja.
-
Asesmen Nasional tidak diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan
sebagaimana Ujian Nasional, melainkan di tengah jenjang pendidikan. Yaitu
pada kelas 5, 8, 11. Hal ini dilakukan untuk mendorong guru dan sekolah
melakukan tindak lanjut perbaikan mutu pembelajaran setelah mendapatkan
hasil laporan AN. Jadi bukan sekedar untuk mengetahui capaian hasil belajar
siswa sebagai salah satu syarat kelulusan.
-
Pada pelaksanaannya, Asesmen Nasional menggunakan metode survei. Metode
survei dilakukan dengan mengambil sampel siswa diambil secara acak dari
setiap sekolah. Berbanding terbalik dengan Ujian Nasional yang menggunakan
metode sensus dimana semua siswa di seluruh Indonesia wajib mengikutinya.
-
Model soal asesmen yang diberikan dalam AN lebih bervariasi bukan sekedar
pilihan ganda dan uraian singkat sebagaimana yang diberikan dalam UN.
-
Salah satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional
adalah literasi membaca dan numerasi. Asesmen ini disebut sebagai Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum
yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat.
Sementara Ujian Nasional berbasis mata pelajaran yang memotret hasil belajar
murid pada mata pelajaran tertentu. Hal inilah yang terkadang memberi kesan
mata pelajaran yang penting dan kurang penting dalam pendidikan. Dalam hal
ini, AKM memotret kompetensi mendasar yang diperlukan untuk sukses pada
berbagai mata pelajaran.
- Metode penilaian AN dan UN pun berbeda meskipun keduanya berbasis komputer. AN menggunakan metode penilaian Computerized Multistage Adaptive Testing (MSAT). MSAT ialah metode penilaian yang mengadopsi tes adaptif, dimana setiap siswa dapat melakukan tes sesuai level kompetensinya. .
Kalender Pendidikan 2020 Provinsi Jawa Barat
Setiap Instansi Pendidikan pasti akan membutuhkan Kalender Pendidikan karena memang kalender pendidikan menerangkan dan menentukan waktu suatu kegiatan dalam proses belajar, Kalender pendidikan itu sendiri adalah bentuk pengaturan waktu yang disusun untuk kegiatan siswa dalam satu tahun ajaran yang didalamnya terdiri dari permulaan tahun pelajaran, minggu efektif dalam belajar dan pembelajaran efektif dan libur.
Dalam dunia pendidikan, penyusun kalender pendidikan bukanlah hal asing lagi karena disusun setiap tahun. Kalender pendidikan ini mewakili seluruh komponen periodisasi proses berjalan dalam satu periode. Sehingga kegiatan belajar menjadi lebih efisien, efektif dan tertata dengan baik.
Kalender Pendidikan 2020
Komponen Utama pada kalender pendidikan diantaranya memuat :
- Awal Tahun Ajaran
- Hari Efektif
- Pembelajaran Efektif
- Hari Libur
- Komponen awal tahun pelajaran umumnya ditetapkan pada bulan Juli setiap tahunnya dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya. Hal itu mengacu pada kelander pendidikan nasional yang diterbitkan oleh pihak Kemendikbud dan Kemenag sebagai pedoman dalam penyusun kalender pendidikan pada tiap masing-masing satuan pendidikan.
- Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dapat menetapkan hari libur secara bersama-sama untuk satuan-satuan pendidikan.
- Komponen hari libur sekolah dalam hal yang berkaitan dengan hari raya keagamaan dalam hal ini ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama, adapaun Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus
- Dalam menentukan kompnen periode efektif pembelajaran wajib mempertimbangkan hari-hari yang akan tersita untuk kegiatan-kegiatan pengembangan diri, baik ekstrakulikuler maupun bimbingan dan konseling terpadu
- Menentukan bobot dan alokasi hari-hari pembelajaran efektif setelah disesuaikan dengan hari efektif fakultatif (seperti: hari-hari pembelajaran di bulan Puasa agama Islam) serta hari libur fakultatif (misal: libur awal puasa dan libur hari raya keagamaan)
- Melakukan proses rekap selama satu tahun penuh, atau dapat pula ditambah kegiatan per semester dan per bulan dengan telah diteliti secara seksama oleh tim perumus kalender pendidikan dimasing-masing satuan pendidikan
Administrasi Pembelajaran Seni Budaya Kelas XI 1 Lembar Sesuai Surat Edaran Mendikbud
Teman-teman semua mungkin sudah tahu semua tentang bagaimana format penulisan RPP terbaru versi mendikbud No. 14 Tahun 2019, dan pada artikel kali ini, admin berikan perlengkapan administrasi seperti : KKM Seni dan Budaya, serta RPP Seni dan Budaya 1 Lembar. salah satu contohnya sebagai berikut untuk RPP Seni Budaya Kelas IX Aspek Seni Rupa
Administrasi Pembelajaran Seni Budaya Kelas XI 1 Lembar Sesuai Surat Edaran Mendikbud
Nama Sekolah Pendidikan : =======================
Mata Pelajaran/Tema : Seni Budaya
Aspek : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/I
Materi Pokok : Seni lukis dengan beragam media dan teknik
Alokasi Waktu : 3 Jam pelajaran @ 40 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
v Peserta didik dapat memahami pengertian seni lukis secara benar
v Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai tema dalam berkarya seni lukis secara benar
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat dan Bahan
v Penggaris, spidol, papan tulis
v Laptop & infocus
v Slde presentasi (ppt)
v Pensil
v Pensil arang
v Pastel dan crayon
v Tinta bak
v Cat (pewarna)
v Kuas
v Pisau palet
v Palet
2.1.2. Pertanyaan :
v Mengajukan pertanyaan tentang : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan melukis?
Ø Sebutkan pengertian dari aliran gaya lukisan Deformatif!
2.2. Siswa berlatih praktik/mengerjakan tugas halaman buku
v Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dan memahami Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan
v Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan yang dapat diperoleh di internet
v Mengumpulkan informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi yang diperoleh tentang Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan
Ø mendownload artikel Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan yang lain di internet
v Saling tukar informasi tentang : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
2.4.Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
2.4.2. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
Ø Sikap
Ø Pengetahuan
Ø Keterampilan
2. Pembelajaran Remedial
3. Pembelajaran Pengayaan
Sukabumi...............2020
Mengetahui Guru Mata Pelajaran/Kelas
Kepala Sekolah
.......................... .........................................
NIP. NIP.
Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap
Jika teman-teman semua membuthkan file administrasi seni budaya silahkan download link di bawah ini semoga bisa membantu Bapak/Ibu yang mengajar pada mata pelajaran Seni Budaya Kelas IX. Aamiinn
Download KKM Seni Budaya Aspek Seni Musik Kelas XI
Download Silabus Seni Budaya Kelas IX
DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR SENI BUDAYA KELAS IX SEMESTER I DAN II
ASPEK SENI RUPA SEMESTER I
ASPEK SENI RUPA SEMESTER II
Untuk Seni Budaya Aspek Seni Musik Kelas IX silahkan download di sini :
ASPEK SENI MUSIK SEMESTER I
ASPEK SENI MUSIK SEMESTER II
Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban PPG Mapel TIK
Contoh Soal dan Kunci Jawaban PPG Mapel TIK
1. | Berikut ini yang termasuk siklus pengolahan data pada komputer adalah…. | |
a. | Input – processing – output | |
b. | Output – processing – input | |
c. | Processing – input – output | |
d. | Processing – output – input | |
2 | Komponen utama perangkat keras komputer adalah…. | |
a. | Control Unit – ALU – Memory Unit | |
b. | CPU – Input Device – Output Device | |
c. | Control Unit – CPU – ALU | |
d. | ALU- Keyboard - CPU | |
3 | Yang termasuk contoh dari Output Device adalah… | |
a. | Keyboard | |
b. | Scanner | |
c. | Memory Unit | |
d. | Display dan Monitor | |
4 | System Operasi yang bersifat Open Source adalah… | |
a. | Windows dan Linux | |
b. | Unix dan Machintos | |
c. | Linux dan Unix | |
d. | Machintos dan Linux | |
5 | Berikut ini adalah bagian-bagian dari panel control adalah…. | |
a. | System and Securty | |
b. | Network and internet | |
c. | User Account and Familiy Safety | |
d. | Help and Support | |
6. | Untuk membangun jaringan komputer sederhana, perangkat keras yang dibutuhkan adalah…. | |
a. | Network Interface card – Media transmisi – Hub | |
b. | Network Intarface card - Device diver – Protokol | |
c. | Media transmisi – Protokol – Device Driver | |
d. | Media Transmisi – Protokol – Hub | |
7 | Perintah yang berfungsi untuk menutup akses penulisan ulang, atau hanya sekedar dibaca atau dilihat adalah…. | |
a. | Hidden | |
b. | Read Only | |
c. | Look Only | |
d. | Advanced | |
8 | Bagian utama taskbar pada windows yaitu…. | |
a. | Start Menu – Middle Section – The notification area | |
b. | Start Menu – Window – The Notifcation area | |
c. | Midle Section – Window – Bullet | |
d. | Midle Section – Bullet – Start Menu | |
9 | Peripheral utama pada komputer adalah…. | |
a. | Monitor, keyboard, printer | |
b. | Keyboard, mouse, scanner | |
c. | Monitor, keyboard, mouse | |
d. | Printer, scanner, mouse | |
10 | Istilah kualitas pencetakan yang digunakan untuk printer, yaitu…. | |
a. | Ppm | |
b. | Cps | |
c. | Dpi | |
d. | Rpm | |