Contoh Soal Pas PKN Kelas VII K13

 Contoh Soal PAS PKN Kelas VII Kurikulum 2013




 

LEMBAR SOAL

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022

Satuan Pendidikan             :  SMP

Mata Pelajaran                    :  Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas / Semester                 :  VII / 1 (Satu)

Waktu                                 :  90 Menit

Hari dan Tanggal                :  

Kurikulum                          :  2013

  


Petunjuk :

1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;

2.  Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;

3.  Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang;

4.  Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;

5.  Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;

6.  Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;

7.  Periksalah seluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.

 

I.     PILIHAN GANDA

 

1.     1). Jepang pelindung Asia                                       4) Jepang Penguasa Asia

      2). Jepang pemimpin Asia                                       5). Jepang Saudara Asia

      3). Jepang Cahaya Asia      

 

Untuk menarik simpatik bangsa Indonesia Jepang mengumandangkan semboyan yang ditunjukkan oleh nomor…

A.                           1),2), dan 3)                                                     C. 2),3), dan 4)                        

B.    1),2), dan 4)                                                      D. 2),3), dan 5)

 

2.

     No.

Kebijakan Jepang

No.

Kebijakan Jepang

1

Irigasi

4

Perbudakan Paksa

2

Keja Paksa

5

Tanam Paksa

3

Pengambilan Paksa

6

Transmigrasi

 

Berdasarkan tabel di atas kebijakan tentara Jepang yang mengakibatkan penderitaan bagi bangsa

Indonesia adalah nomor…

A.    1,2 dan 3                                                            C.  3,4 dan 5

B.    2,3 dan 4                                                            D.  4,5 dan 6

 

3.       Janji Jepang akan memberi kemerdekaan kepada bangsa Indonesia karena …

A.     kemenangan Jepang di Asia tidak bertahan lama

B.     agar rakyat Indonesia mau membantu Jepang dalam perang melawan sekutu

C.     Jepang kalah perang oleh sekutu diberbagai wilayah

D.     satu persatu daerah yang dikuasai Jepang kembali jatuh ke tangan Sekutu

 

4.         Untuk meyakinkan rakyat Indonesia akan janjinya maka pemerintah Jepang pada tanggal 29 April 1945 secara resmi melantik anggota…

A.     BPUPKI                                                             C. PETA

B.     KNIP                                                                 D. PPKI

              

5.       Jepang melantik membentukBPUPKI yang diberi tugas untuk ….

A.    membantu pemerintahan Jepang supaya rakyat Indonesia                                             

B.    mendidik rakyat Indonesia untuk merumuskan Dasar Negara

C.    menyelidiki uasaha-usaha persiapan kemerdekaan

D.    membuat Undang-Undang Dasar Negara Indonesia

 

6.         Janji Jepang terhadap bangsa Indonesia tidak sungguh-sungguh, hal ini terbukti dengan menempatkan orang Jepang yang bernama Ichibangase Yosio sebagai…

A.        Wakil Ketua BPUPKI                                     C. Wakil Ketua PETA

B.        Wakil Ketua KNIP                                         D. Wakil Ketua PPKI

 

7.       Sidang BPUPKI yang pertama tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 membahas tentang ….

A.   rancangan dasar negara                                    C. bentuk negara

B.    rancangan UUD                                              D. sistem pemerintahan

 

8.         Meski penjajahan menimbulkan kesengsaran dan penderitaan bagi rakyat Indonesia, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk berjuang meraih kemerdekaan mereka berjuang dengan cara…

A.      bersatu padu                                                      C. masing-masing daerah

B.      berkelompok                                                      D. sesuai golongannya

 

9.        

Nama

Mr. Muhammad Yamin

Soepomo

Ir. Soekarno

Usulan rumusan Dasar Negara

1.Peri Kebangsaan

2.Peri Kemanusiaan

3.Peri Ketuhanan

4. Peri Kerakyatan

5. Kesjahteraan sosial

1. Persatuan

2. Kekeluargaan

3. Keseimbangan lahir batin

4. Musyawarah

5. keadilan rakyat

1. Kebangsaan Indonesia

2. Internasionalisme dan ke-    

    manusiaan

3.Mufakat demokrasi

4. Kesjahteraan Sosial

5.Ketuhanan yang berkebu-

  Dayaan

 

Usulan rumusan Dasar Negara berdasarkan table diatas ,usulan yang  sama disampaikan oleh Mr. Muhammad Yamin dan Ir. Sokarno yaitu…

A.   Kesejahteraan Sosial                                         C. Peri Kemanusiaan

B.   Mufakat demokrasi                                           D. Peri Ketuhanan

 

10.   Dalam pidatonya tanggal 1 Juni 1945 menyampaikan nama untuk kelima Dasar Negara tersebut yaitu…

A.      Eka Dharma                                                       C. Panca Dharma

B.      Eka Sila                                                             D. Panca Sila

                                 

11.   Rumusan Pembukaan Undang-Undang Dasar yang disetujui dalam sidang Panitia Sembilan pada tanggal 22 Juni 1945 oleh Mr. Muhammad Yamin dinamakan .

A.    “Gentlemen’s Agreement”                                   C.  “Mukadimah”            

B.    “Konstitusi”                                                       D.  “Piagam Jakarta”

 

12.      

1). kepentingan bangsa dan Negara                            4). kepentingan pribadi dan golongan

2). kebersamaan dalam hidup berbangsa                    5)). terpaksa demi kepentingan bersama

3). persatuan dan kesatuan bangsa                             6). Tidak mau kehilangan saudara sebangsa

 

Kesepakatan  para pendiri bangsa terhadap Perubahan kalimat “Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan     syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya” dalam  rumusan Dasar Negara di naskah “Piagam Jakarta” menjadi  “Ketuhanan Yang Maha Esa”  menunjukkan bahwa Para Pendiri bangsa lebih mengutamakan sikap yang ditunjukkan oleh nomor…

A.     1),2) dan 3)                                                             C. 3),4) da, 5)

B.     2),3 )dan 4)                                                             D. 4),5) dan 6)

 

13.   Pada tanggal 16 Juli 1945 naskah Undang-Undang Dasar diterima secara bulat dalam siding BPUPKI maka dengan demikian BPUPKI dibubarkan karena…

A.    sudah ada gantinya                                             C.  tercapai tujuannya

B.    sudah selesai tugasnya                                        D.  Tidak dibutuhkan lagi

 

14.     Sebagai Ketua PPKI Ir. Soekarno menambah jumlah anggota PPKI dan semuanya berasal dari bangsa Indonesia hal ini untuk membuktikan bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan…

A.    hadiah dari Jepang                                              C.  keinginan bangsa Indonesia

B.    kekalahan Jepang                                              D.  perjuanagan bangsa Indonesia

 

15.   Ketika kita mengikuti Upacara Bendera di sekolah maka akan timbul ….

A.    kebanggaan sebagai bangsa Indonesia                       C.perasan hebat sebagai bangsa Indonesia

B.    kesombongan sebagai bangsa Indonesia                     D.perasan malu sebagai bangsa Indonesia

 

16.   Para pendiri negara  selalu mendapatkan cobaan dan tantangan yang luar biasa, namun mereka tidak pernah berhenti berjuang. Hal in menunjukkan bahwa mereka selalu   ….

A.    bersatu dalam berjuang                                            C.semangat dalam berjuang                                 

B.    kerjasama bahu membahu                                        D.tahan terhadap cobaan

 

17.   Salah satu komitmen generasi muda dalam berbangsa dan bernegara adalah ….

A.    acuh tak acuh terhadap Pancasila                              C. menerima Pancasila sebagai dasar Negara

B.    hafal sila-sila Pancasila                                            D. mengetahui sejarah lahirnya Pancasila

     

18.   Manusia adalah mahluk social yang selalu membutuhkan bantuan orang lain oleh karena itu hidupnya selalu  

A.    berkelompok              B.  berpindah-pindah        C.  mengembara               D.  Menyendiri

 

19.   Manusia  selalu membutuhkan bantuan orang lain hal ini terbukti dengan ….

A.    hidup dan tumbuh sendiri                                    C.  memiliki orang tua dan keluarga  

B.    lahinrya kedunia ini ada yang melahirkan            D.  Punya kelompok dalam hidupnya

 

20.   1). Melindungi kepentingan-kepentingan manusia

  2). Mewujudkan ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat

        3). Melindungi kepentingan sekelompok orang

        4). Mewujudka  keinginan orang-orang yang berkuasa

 

Tujuan norma atau aturan  dibuat oleh manusia ditunjukkan oleh nomor ….

A.    1) dan 2)                                                            C.  2) dan 3)

B.    1) dan 3)                                                            D.  3) dan 4)

 

21.   Contoh perilaku yang sesuai dengan norma agama adalah ….

A.    menggunakan helm ketika mengendarai motor

B.    membayar pajak tepat waktu

C.    mengucapkan permisi ketika masuk ruangan

D.    melaksanakan ibadah sesuai kepeayaan

 

22.   Salah satu contoh prilaku yang sesuai dengan norma kesopanaan yang mudah kita lakukan adalah ….

A.    menggunakan helm ketika mengendarai motor

B.    menyebrang di zebra cros dan JPO

C.    mengucapkan salam/permisi ketika masuk ruangan

D.    melaksanakan ibadah tepat waktu sesuai kepercayaan

 

23.   Dalam kehidupan masyarakat tidak semua norma/peraturan tertulis ada pula yang tertulis antara

  lain norma/aturan…

A.   Agama                                                                C. Hukum

B.    Adat istiadat                                                        D. Lalulintas

 

       

24.   Dalam kehidupan masyarakat semua norma pada prinsipnya mempunyai kesamaan tapi norma hukum  

  memiliki perbedaan dengan norma liannya yaitu terletak pada….

A.    Fungsinya                                                          C.  sanksi yang tegas

B.    manfaatnya                                                        D.  Tujuannya

 

25.   1). Asosiatif                                                              4).Komutatif                   

  2).distributif                                                             5)  sosial

  3).legal                 

 

Nilai-nilai keadilan yang harus terwujud dalam kehidupan bersama ditunjukkan oleh nomor…

A.     1), 2), dan 3)                                                       C. 2), 3), dan 4)

B.      1). 2), dan 4)                                                       D. 2), 3), dan 5)

 

26.   Berdasarkan pasa 1 ayat (3) UUD Negara Indonesia adalah negara hukum hal ini mengandung

  makna bahwa ...

A.    hukum tertulis menjadi panduan dalam mengelola negara

B.    mendasarkan segala sesuatunya pada hukum baik tertulis atau tida tertulis

C.    semua warga negara mempunyai kedudukan yang sama dimata hukum

D.    tujuan Negara didasarkan pada hukum yang berlaku

 

27.    Salah satu peraturan yang harus  ditaati  oleh seluruh siswa dlingkungan sekolah  adalah ....

A.    Jadwal Pelajaran                                                C. Peraturan OSIS

B.    Jadwal Piket Kebersihan                                     D. Tata Tertib Sekolah

 

28.    

1). menggunakan helm ketika mengendarai motor

2). menyebrang jalan di sembarang tempat

3). mengucapkan salam/permisi ketika masuk ruangan

4)  melaksanakan ibadah ketika dalam kesusahan

 

Prilaku yang sesuai dengan norma yang sesuai dengan norma yang ada dimasyarakat ditunjukan oleh nomor…

A.     1) dan 2)                                                             C. 2) dan 3)

B.      1) dan 3)                                                             D. 2) dan 4)

 

29.   Munculnya kesadaran diri untuk patuh pada peraturan harus dibiasakan sejak dini, oleh karena itu kita harus

  membina sikap dan budaya ….

A.    budaya malu, budaya tertib, budaya gotong royong

B.    budaya gotong royong, budaya tertib, budaya bersih

C.    budaya bersih, budaya gotong royong, budaya tertib

D.    budaya bersih, budaya malu, budaya tertib

 

30.   Salah satu cara sekolah mensosialisasikan aturan baru melalui …

A.    diumumkan pada saat upacara bendera,dan dipajang dipapan informasi              

B.    surat edaran dan diumumkan lewat pengeras suara di  mushola

C.    pemberitahuan lewat surat undangan orang tua dan komite sekolah

D.    sanksi dan teguran secara langsung pada saat itu juga

 

31.   Suatu aturan harus kita taati apabila ....

A.    luwes dan mudah ditaati oleh masyarakat

B.    memenuhi kebutuhan dan kepentingan seseorang

C.    memiliki tujuan dan manfaat untuk kepentingan bersama

D.    memiliki tujuan dan manfaat untuk kepentingan bagi penguasa

                                       

32.   Semua aturan akan bermanfaat untuk kita semua, maka dari itu kita harus mentaatinya dengan  ....

A.     ikhlas dan sepenuh hati                                       C. sadardan tanpa paksaan

B.     jujur dan rendah hati                                            D. tulus tanpa imbalan

 

33.   Hukum bertujuan untuk menegakkan keadilan, namun tujuan ini akan terhalang apabila masyarakat…

A.   bersikap sewenang-wenang C. kooperatif dengan pemerintah

B.   cerdas dan cermat menyikapi keadaan                   D. peduli dan patuh terhadap hukum

 

34.   Setiap negara merdeka pasti memiliki konstitusi, demikian pula halnya Indonesia pengertian dari konstitusi

 adalah…

A.      aturan  dasar                                                      C. aturan negara                               

B.      hukum dasar                                                      D. hukum negara

 

35.   Dalam negara terdapat kebiasaan ketatanegaraan yang tidak tertulis yang dikenal dengan istilah….

A.    konggres                                                            C. parlemen

B.    konvensi                                                            D. presidium

 

36.   Pasal 1ayat(2) UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945 meyatakan bahwa ”Kedaulatan ada ditangan

  rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar” hal ini menunjukkan Negara Indonesia menganut

  paham ….

A.    chauvinisme                                                       C.  konstitusionalisme

B.    komunisme                                                        D.  Pluralism

 

37.  Pada tanggal 16 Juli 1945 naskah Undang-Undang Dasar diterima secara bulat dalam siding BPUPKI 

       maka dengan demikian  menyatakan bahwa UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945 dibuat oleh

A.    BPUPKI                                                             C.  PKPI

B.    KNIP                                                                 D.  PPKI

 

38.   Pandangan dan pemikiran para tokoh pendiri Negara yang tidak mau berkompromi dengan penjajah dan  

  bangga sebagai bangsa yang baru merdeka dalam persidangan PPKI menunjukkan sikap patriotisme dan…

A.      chauvinisme                                                      C. nasionalisme

B.      fundamentalisme                                                D. radikalisme

 

39.   Pasal 6 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang sepakat diubah oleh PPKI mengatur tentang ….

A.    Agama yang dianut oleh presiden Indonesia         C. Persyaratan presiden Indonesia

B.    Dasar Negara Indonesia                                      D. Tujuan Negara Indonesia

 

40.   Undang -Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berkedudukan sebagai hukum yang paling

  tinggi dan fundamental oleh karena itu  semua peraturan perudang-undangan yang berlaku di Indonesia

  tidak boleh…

A.     berbeda                                                              C. bertentangan

B.     berpedoman                                                       D. bersebrangan

 

II.    URAIAN

41.   Sehari setelah proklamasi kemerdekaan, tepatnya tanggal 18 Agustus 1945 PPKI melaksanakan sidang.

  Tuliskan hasil sidang PPKI tersebut!

42.   Disekolah kita selalu dilaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan norma agama.Tuliskan 3 (tiga)  

  contoh kegiatan yang berkaitan dengan norma agama tersebut !

43.   Semua pesrta didik  harus mentaati Tata Tertib Sekolah. Berikan  3 (tiga) contoh prilaku peserta didik yang

  taat dengan  Tata Tertib Sekolah!

44.   Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat berbagai macam norma yang berlaku dan harus kita patuhi. 

 Tuliskan norma-norma tersebut !

45.   Berikut ini adalah bagian-bagian dari Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

§ Batang tubuh terdiri dari 16 bab 37 pasal 4 pasal aturan peralihan, 2 ayat aturan tambahan

§ Pembukaan terdiri dari 4 alinea

§ Penjelasan terdiri dari penjelasan umum dan penjelasan pasal demi pasal

      Urutkan bagian-bagian tersebut menjdi Sistematika UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945  yang tepat

 

 

 

 

Selamat Mengerjakan

 


Cara Memilih Formasi PPPK Guru Tahap 2

Seperti yang sudah sobat ketahui bahwa pendaftaran PPPK Tahap 2 sudah dibuka, tetapi masih saja banyak yang masih bingung bagaimana cara memilih formasi PPPK Guru tahap 2.

Perlu sobat ketahui bahwa pada pendaftaran PPPK Tahap 2 ini kita tidak bisa membuat akun atau Registrasi jadi yang bisa mengikuti seleksi PPPK Tahap 2 adalah bagi guru yang sudah mempunyai akun, yang artinya bagi sobat yang kemarin kurang beruntung dan belum lolos di seleksi PPPK tahap 1 maka sekarang bisa ikut mengikuti seleksi di tahap 2, namun bagi sobat guru yang kemarin tidak mendaftar dan tidak mengikuti seleksi PPPK tahap 1 maka ditahap 2 ini sobat belum bisa mengikuti seleksi.



Mekanisme Pendaftaran Seleksi PPPK Tahap 2

Sama seperti mekanisme pada tahap 1, pendaftaran dan pemilihan formasi P3K Guru 2021 tahap 2 dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Berikut mekanismenya:

  • Peserta mendaftarkan formasi melalui ke sscasn.bkn.go.id sebagai bukti mengikuti ujian PPPK Guru 2021 tahap 2
  • Peserta boleh memilih sekolah lain dan bukan sekolah sendiri tetapi masih dalam satu daerah kewenangan
  • Peserta akan memperoleh lokasi dan jadwal ujian setelah melakukan pendaftaran
  • Peserta melakukan cetak kartu peserta ujian Jika yang dipilih mata pelajaran dan jenjang yang sama, maka nilai yang sudah diperoleh pada ujian 1, yang sudah melebihi ambang batas, itu masih bisa digunakan.


Cara memilih formasi PPPK Guru tahap 2


  1. Pilih jenis seleksi PPPK Guru
  2. NIK anda akan dicek pada data DAPODIK
  3. Bagi anda yang datanya sudah ada Data Kualifikasi Pendidikan dan/atau Sertifikat Pendidik nya pada DAPODIK, maka dapat melanjutkan pemilihan Formasi
  4. Bagi anda TH K-II, Lulusan PPG dan Guru Swasta, maka anda harus melakukan validasi Kualifikasi Pendidikan pada link yang disediakan pada saat pengecekan DAPODIK
  5.  Anda dapat melanjutkan pemilihan formasi setelah DAPODIK pada sistem INFOGTK menyelesaikan validasi Kualifikasi Pendidikan, dengan login kembali pada SSCASN kurang lebih 3x24 jam dari unggah dokumen validasi pada Sistem INFOGTK.
  6. Pemilihan Jabatan yang tersedia berdasarkan Surat Edaran Dirjen GTK terhadap Sertifikat Pendidik dan/atau Kualifikasi Pendidikan yang anda miliki
  7. Lengkapi data yang harus diisi
  8. Unggah dokumen
  9. Cek resume dan akhiri pendaftaran
  10. Cetak Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran Akun.

"Mari memfokuskan energi serta berkonsentrasi pada setiap tahapan. Tingkatkan terus kemampuan diri, teruslah belajar dan berbagi dengan memanfaarkan pembelajaran dari berbagai sumber termasuk modul yang telah disediakan Kemendikbudristek maupun modul-modul lainnya.

Awas Lupa, Pendaftaran PPPK Formasi Guru Dibuka Telah Dibuka

Pendaftaran dan pemilihan formasi PPPK Guru tahap 2 dibuka. Pendaftaran dan pemilihan formasi dimulai tanggal 15-19 November 2021.

Pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek akhirnya menetapkan jadwal tahapan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK Guru tahap 2.

Oleh karena itu bagi guru honorer persiapkan diri Anda untuk mendaftar PPPK Guru tahap 2 ini.

Untuk tahap 2 ini, ada 4 kelompok yang bisa ikut, yakni:

a. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I;

b. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi I;

c. Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik; dan

d. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek.

Jadwal ini berdasarkan pengumuman nomor 6510/B/GT.01.00/2021 tentang penyesuaian jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi II Guru ASN-PPPK tahun 2021.

Peserta PPPK Guru jangan terburu-buru mendaftar karena pemilihan formasi akan berlangsung hari ini, Senin 15 November hingga tanggal 19 November 2021.

Cek seluruh formasi yang ada dan kemudian pilih yang memiliki formasi banyak.

Pada tahap 2 ini, peserta boleh memilih sekolah lain dan bukan sekolah sendiri tetapi masih dalam satu daerah kewenangan

Pada tahap 1 lalu, hanya ada 322.665 formasi guru yang dilamar peserta, sementara 183.567 formasi sisanya kosong pelamar.

DOWNLOAD KI DAN KDNGKAT SMP/MTs SEMUA MATA PELAJARAN

KI dan KD Yang akan admin bagikan pada postingan kali ini mencakup semua mata pelajaran yang mungkin bapak ibu dan rekan-rekan semua membutuhkannya maka ijinkan saya membagikan file tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Tingkat SMP/MTs.



Sebelum membahas tentang KI dan KD, kita tentu tahu bahwa tujuan kurikulum 2013 mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Pada  rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Pada masa penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap yang dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung kita dapat menggunakan sebagai bahan pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Adapun salah satu contoh Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas VII Tingkat SMP/MTs, dapat dirumuskan sebagaimana berikut.

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)           

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

 

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.1. Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang di dengar dan di baca

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.1. Menjelaskan isi teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang di dengar dan di baca secara lisan, tulis, dan visual.


KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.2. Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang di dengar dan di baca.

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.2. Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.3. Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang di baca dan di dengar

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.3. Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.4. Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara  melakukan sesuatu  dari informasi yang di baca dan di dengar

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.4. Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara  melakukan sesuatu  dari informasi yang di baca dan di dengar

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.5. Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks  prosedur  tentang cara melakukan sesuatu dari berbagai sumber yang di baca dan didengar

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.5. Menyajikan data rangkaian kegiatan tentang cara melakukan sesuatu dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.6. Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang di baca dan di dengar

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.6 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan,dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.7. Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang di baca dan di dengar

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

3.7. Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang di baca dan di dengar.

 

Untuk lebih jelasnya bagi yang membutuhkan KI dan KD Tingkat SMP/MTs silahkan download link di bawah ini, semoga bisa bermanfaat...aamiinn

 

Download KI dan KD Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD IPA Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD IPS Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD Matematika Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD PKn Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD Penjaskes Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD Bahasa Inggris Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD Seni Budaya Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD PrakaryaTingkat SMP/MTs

DOWNLOAD RPP PRAKARYA KELAS VII SEMESTER 1 DAN 2 SESUAI SURAT EDARAN KEMENDIKBUD NO. 14 TAHUN 2019

Perlu sobat pengajar ketahui bahwasannya untuk ruang lingkup mata pelajaran PRAKARYA yang akan kita bagikan RPPnya pada postingan ini yang diperuntukan SMP/MTs kelas VII meliputi empat aspek yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. 



Dimana dari ke empat aspek itu peserta didik diharapkan  mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. maka dari itu untuk mengenal lebih jauh tentang RPP 1 lembar terutama pada mata pelajaran Prakarya, bukan berarti setiap 1 pertemuan itu RPP yang kita bikin cukup satu lembar, ini sebenarnya disesuaikan dengan konteks dari isi RPP tersebut, jadi sekali lagi jangan ada kesalahpahaman dalam menterjemahkan KALIMAT RPP 1 LEMBAR.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 1

 

Nama Sekolah Pendidikan      :  ............................................

Mata Pelajaran/Tema               :  Prakarya

Aspek                                      :  Kerajinan

Kelas/Semester                        :  VII/I

Materi Pokok                          :  Kerajinan Serat

Alokasi Waktu                        :  2 Jam pelajaran @ 40 Menit 

 

1.        Tujuan Pembelajaran

Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:

1.         Pengertian bahan serat, serta jenis dan karakteristik bahan serat secara benar

2.         Prinsip bahan serat dan sejarahnya secara benar

2.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

2.1. Alat dan Bahan

2.1.1.      Alat               :

Peralatan yang di butuhkan untuk kegiatan projek pembuatan kerajinan bahan serat

2.1.2.      Bahan           :

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan identifikasi jenis-jenis bahan serat.

2.1.3.       Pertanyaan    :

Peserta didik bersama guru menentukan tema proyek melalui diskusi interaktif misalnya: “Anak-anak, benda apa saja yang terbuat dari bahan bahan serat yang pernah kalian miliki? Adakah produk kerajinan bahan serat yang ada di sekitarmu, di sekolah, di rumah atau di suatu tempat di daerahmu?

2.2. Siswa berlatih praktik/mengerjakan tugas halaman buku

1.        Peserta didik membaca buku tentang kerajinan bahan serat, menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan bahan serat.

2.        Setiap kelompok peserta didik mengerjakan tugas dari guru untuk mengamati gambar dan meneliti dengan saksama, tentang bahan serat, yang dengan membaca buku peserta didik dan panduan LK-1 (terlampir). Guru memfasilitasi peserta didik dalam mengerjakan LK-1 dengan berkeliling ke setiap kelompok untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan.

3.        Peserta didik berdiskusi interaktif dengan panduan guru untuk menyimpulkan tentang keragaman karya kerajinan bahan serat, mengklasifikasikan tentang bahan serat.

2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

Kelompok peserta didik yang paling banyak dalam menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan serat diminta melakukan presentasi di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi antar peserta didik, melakukan konfirmasi serta menyimpulkan hasil diskusi

2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

2.4.1.      Kesimpulan Pembelajaran

Peserta didik dan guru melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.  (meta kognitif)

2.4.2.      Penilaian

1.        Teknik penilaian

a.    Sikap (spiritual dan sosial)

b.    Pengetahuan                         

c.    Keterampilan            

2.        Pembelajaran Remedial

Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:

a.    Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih peserta didikbelum mencapai ketuntasan.

b.    Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% peserta didikbelum mencapai ketuntasan.

c.    Bimbingan perorangan, jika 1-10% peserta didik belum mencapai ketuntasan.

3.        Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam kerajinan bahan serat

 

 

 

 

....................................2020

Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran/Kelas

Kepala Sekolah

 

 

 

..........................                                                          .........................................

NIP.                                                                            NIP.

Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap

 

Dan bagi untuk rekanrekan yang sedang membutuhkan RPP Prakarya 1 lembar untuk kelas VII semester 1 dan 2, silahkan download link di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Aamiinn.

 

 

RPP PRAKARYA 1 LEMBAR KELAS VII ASPEK KERAJINAN SEMESTER I

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.1 - 4.1 pertemuan 1

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.1 - 4.1 pertemuan 2

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.1 - 4.1 pertemuan 3

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.1 - 4.1 pertemuan 4

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.2 - 4.2 pertemuan 5

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.2 - 4.2 pertemuan 6

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.2 - 4.2 pertemuan 7

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.2 - 4.2 pertemuan 8

 

 

 

RPP PRAKARYA 1 LEMBAR KELAS VII ASPEK KERAJINAN SEMESTER II

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.3 - 4.3 pertemuan 1

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.3 - 4.3 pertemuan 2

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.3 - 4.3 pertemuan 3

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.3 - 4.3 pertemuan 4

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.4 - 4.4 pertemuan 5

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.4 - 4.4 pertemuan 6

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.4 - 4.4pertemuan 7

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.4 - 4.4 pertemuan 8

 

 

 

 

RPP PRAKARYA 1 LEMBAR KELAS VII ASPEK PENGOLAHAN SEMESTER I

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.1 - 4.1 pertemuan 1

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.1 - 4.1pertemuan 2

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.1 - 4.1pertemuan 3

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.1 - 4.1 pertemuan 4

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.2 - 4.2 pertemuan 5

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.2 - 4.2 pertemuan 6

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.2 - 4.2pertemuan 7

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.2 - 4.2 pertemuan 8

 

 

 

RPP PRAKARYA 1 LEMBAR KELAS VII ASPEK PENGOLAHAN SEMESTER II

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.3 - 4.3 pertemuan 1

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.3 - 4.3 pertemuan 2

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.3 - 4.3pertemuan 3

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.3 - 4.3pertemuan 4

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.4 - 4.4pertemuan 5

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.4 - 4.4 pertemuan 6

 

Download RPP Prakarya 1 lembar KD 3.4 - 4.4pertemuan 7

 

Download RPP Prakarya1 lembar KD 3.4 - 4.4 pertemuan 8

Ini Penyebab Kemendibudristek Mengundurkan Jadwal Pendaftaran PPPK Tahap II

Ini Alasan Kemendibudristek Mengundurkan Jadwal Pendaftaran PPPK Tahap II - Seperti yang kita ketahui bahwa Kemendikbudristek mengundur jadwal selesi P3K dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya, tentu saja keputusan ini ada asalasannya yang membuat Jadwal Pendaftaran P3K dimundurkan. 



Kemendikbudristek resmi menyatakan jadwal seleksi PPPK guru tahap II diundur.Seharusnya bila mengikuti jadwal yang dikeluarkan Dirjen GTK Kemendikbudristek Iwan Syahril pada 28 Oktober, maka mulai 1 sampai 4 November sudah ada pengumuman dan pemilihan formasi. 

Namun, menurut Sekretaris Ditjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, pihaknya dengan sangat terpaksa mengundurkan jadwalnya.

"Mohon maaf kami harus menunda jadwal pelaksanaan seleksi PPPK guru tahap II," kata Nunuk

Dia mengungkapkan penundaan bukan hanya pada pemilihan formasi, tetapi juga untuk pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK tahap II, yang awalnya dijadwalkan 10 sampai 13 November. Ditanya kapan guru honorer yang tidak lulus PPPK tahap I, guru swasta, dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) bisa melakukan tahapan pemilihan formasi hingga pendaftaran, Nunuk menyatakan belun bisa memberikan jadwal pastinya.

Dia hanya meminta agar para peserta terus memantau portal gurupppk.kemdikbud.go.id. Lantas apa penyebab jadwal seleksi PPPK guru tahap II tertunda?

Penyebab Kemendibudristek Mengundurkan Jadwal Pendaftaran PPPK Tahap II

Nunuk menjelaskan Pansel PPPK guru Kemendikbudristek dan Panselnas sedang melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK guru tahap I.

"Kami mohon maaf kepada para peserta yang sudah menunggu momentum ini. Jadwal terbaru  akan kami sampaikan di laman gurupppk.kemdikbud.go.id," serunya.


Kemendikbudristek Meminta Maaf Terkait Jadwal Seleksi PPPK Yang Diundur

Pendaftaran dan Pengumuman hasil Test PPPK Tahap 1 sudah selesai dan sekarang Pendaftaran PPPK Tahap II akan segera dilaksanakan, namun ternyata pendataran P3K Tahap II ini pelaksanaanya diundur sehingga tidak sesuai dengan jadwal yang sudah di share oleh pihak Kemendikbudristek. 

Kemendikbudristek resmi menyatakan jadwal seleksi PPPK guru tahap II diundur.Seharusnya bila mengikuti jadwal yang dikeluarkan Dirjen GTK Kemendikbudristek Iwan Syahril pada 28 Oktober, maka mulai 1 sampai 4 November sudah ada pengumuman dan pemilihan formasi. 

Jadwal Test PPPK diundur

Namun, menurut Sekretaris Ditjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, pihaknya dengan sangat terpaksa mengundurkan jadwalnya. 

"Mohon maaf kami harus menunda jadwal pelaksanaan seleksi PPPK guru tahap II," kata Nunuk

Dia mengungkapkan penundaan bukan hanya pada pemilihan formasi, tetapi juga untuk pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK tahap II, yang awalnya dijadwalkan 10 sampai 13 November. 

Ditanya kapan guru honorer yang tidak lulus PPPK tahap I, guru swasta, dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) bisa melakukan tahapan pemilihan formasi hingga pendaftaran, Nunuk menyatakan belun bisa memberikan jadwal pastinya.

Dia hanya meminta agar para peserta terus memantau portal gurupppk.kemdikbud.go.id. Lantas apa penyebab jadwal seleksi PPPK guru tahap II tertunda?

Nunuk menjelaskan Pansel PPPK guru Kemendikbudristek dan Panselnas sedang melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK guru tahap I.

"Kami mohon maaf kepada para peserta yang sudah menunggu momentum ini. Jadwal terbaru  akan kami sampaikan di laman gurupppk.kemdikbud.go.id," serunya.


Ketentuan Pelamar PPPK Berdasarkan Surat KemenPAN-RB

Sampai saat ini, saat postingan ini dibuat masih banyak guru honorer yang masih bermasalah ketika mendaftar PPPK/ P3K salah satunya karena formasi hilang dan dikunci sehingga tidak sedikit guru honorer yang masih kebingungan karena tidak bisa mendaftar.

Menindak lanjuti hal tersebut , Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengeluarkan surat Nomor : B/1075/S.SM.01.00/2021 tentang ketentuan peserta seleksi kompetensi 1 pada pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional guru.


Didalam surat tersebut yang sudah ditandatangani oleh Bpk Dwi Wahyu Atmaji yang menjabat sebagai Sekretaris KemenPAN-RB menegaskan bahwa pengadaan PPPK guru khususnya honorer K2 dan guru non-ASN yang terdaftar di Dapodik mengikuti aturan PerrmenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021. 

"Untuk mengikuti seleksi kompetensi 1 dan memperhatikan banyaknya pertanyaan terkait kesempatan bagi pelamar untuk mendaftar di sekolah lain yang masih tersedia kebutuhannya jika kebutuhan (formasi) PPPK tidak tersedia di sekolah tempat pelamar mengajar telah diadakan rapat Panselnas tanggal 13 Juli 2021 guna membahas pertanyaan-pertanyaan tersebut," beber Atmaji.

Ketentuan Pelamar PPPK Berdasarkan Surat KemenPAN-RB

Dia menyebutkan Panselnas sepakat dalam tes kompetensi 1 mengikuti ketentuan dalam PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021 sebagai berikut: 

1. Pelamar untuk seleksi kompetensi 1 hanya diikuti pelamar dengan kriteria honorer K2 dan guru non-ASN yang terdaftar di Dapodik.

2. Dalam hal kebutuhan PPPK tersedia di sekolah tempat pelamar mengajar saat ini, pelamar sebagaimana angka 1 wajib mendaftar di sekolah tersebut selama sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan sesuai. 

3. Jabatan yang sudah dilamar oleh pelamar sebagaimana dimaksud dalam angka 2 tidak dapat dilamar oleh pelamar yang berasal dari sekolah lain. 

4. Dalam hal kebutuhan PPPK tidak tersedia di sekolah tempat pelamar mengajar, pelamar bisa mendaftar di sekolah lain yang masih tersedia kebutuhannya. 

5. Dalam hal kebutuhan PPPK sebagaimana dimaksud pada angka 2 tersedia lebih dari 1 dan terdapat sisa kebutuhan yang sudah tidak dapat didaftar dari pelamar yang berasal dari sekolah tersebut, pelamar dari sekolah lain sebagaimana dimaksud pada angka 4 dapat mendaftar pada kebutuhan PPPK tersebut selama sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan sesuai. 

6. Pelamar sebagaimana dimaksud pada angka 5 selanjutnya dibagi menjadi 2 kelompok sebagai berikut: a. Kelompok pertama yang berisi pelamar yang mengajar di sekolah tersebut. b. Kelompok kedua yang berisi pelamar yang berasal dari sekolah lain. 

7. Pelamar sebagaimana dimaksud pada angka 6 selanjutnya berkompetisi pada kelompoknya masing-masing.

8. Pelamar pada kelompok kedua berkompetisi untuk mengisi kebutuhan PPPK sebanyak sisa kebutuhan sebagaimana dimaksud pada angka 5. 

9. Ketentuan mengenai pengolahan nilai dan penentuan kelulusan akhir pada masing-masing kelompok merujuk pada pasal 30 PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021. 

10. Dalam hal kebutuhan PPPK dari kelompok pertama belum terpenuhi karena nilai yang diperoleh pelamar tidak memenuhi nilai ambang batas, maka pelamar dari kelompok kedua tidak dapat mengisi kekosongan tersebut. 

11. Informasi mengenai sisa kebutuhan PPPK sebagaimana dimaksud pada angka 5 disediakan oleh panitia penyelenggara seleksi Kemendikbudristek.

sumber : JPNN


Dokumen Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mengikuti Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Seperti yang diberitahukan pada postingan sebelumnya bahwa pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 sudah didepan mata, dan tentunya bari teman-teman semua yang berminat untuk menjadi ASN merupakan kabar yang baik dan kesempatan ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dan yang paling penting jangan sampai ketinggalan info terbaru seputar CPNS dan PPPK 2021.

Selain mempersiapkan diri dengan banyak mengikuti latihan dan contoh soal CPNS / CASN sebelumnya ada beberapa dokumen yang harus teman-teman semua persiapkan dan tentunya ini merupakan dokumen yang paling penting, karena jika teman-teman semua tidak memiliki dokumen tersebut maka teman-teman akan kesulitan nati saat untuk mengikuti seleksi cpns 2021 diwaktu mendatang.

Dokumen Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mengikuti Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Berikut ini admin akan membagikan dokumen apa saja yang harus sobat dipersiapkan karna nantinya dokumen tersebut akan diupload saat teman-teman semua memasuki proses pendaftaran CASN 2021.

Dokumen untuk CPNS

  • Kartu keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah dan Transkrip Nilai
  • Pas Foto
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan Instansi yang dilamar


Dokumen Untuk PPPK (P3K)

  • Untuk Tenaga Pendidik
  • Ijazah dan Transkrip Nilai S1/DIV
  • Surat penugasan dari Kepala Sekolah/ Kepala Dinas yang menyatakan masih aktif , yang memuat informasi minmal NUPTK/PIK, Nama, Tempat dan tanggal lahir,nama sekolah, mata pelajaran yang diampu, serta kabupaten/kota/pronvinsi
  • surat pernyataan bersedia ditempatkan di sekolah negeri kabuptaen.kota/provinsi sesuai wilayah tempat mengjar dan berdasarkan peta kebutuhan guru saat ini


Untuk Tenaga Kesehatan

  • Surat tanda registrasi (STR)


Untuk Tenaga Penyuluh Pertanian

  • THL-TB Penyuluh Pertanian

Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2021 Update Terbaru

Pendaftaran CPNS dan PPPK atau P3K akan segera dibuka melalui portal resmi sistem pendaftaran terintegrasi SSCN di sscn.bkn.go.id pendaftaran ini tentu sangat dinanti-nantikan banyak orang terutama oleh para guru honorer baik yang kemarin belum beruntung dalam CPNS tahun lalu. 

Kesempatan ini tentunya merupakan angin segar yang harus dimanfaatkan oleh para pelamar kerja tentunya yang memenuhi persyaratan CPNS 2021. 

Diketahui dari situs sscn.bkn.go.id bahwa kebutuhan ASN tahun 2021 ini sebanyak 1.275.384 termasuk kebutuhan untuk PPPK Guru dan Non-Guru. 

Tjahjo Kumolo (MenpanRB) mengatakan bahwa Jumlah tersebut termasuk guru PPPK sebanyak 1.002.616, PPPK Non Guru 70.008 dan CPNS sebanyak 119.094.

Selain Persyaratan CPNS dan PPPK 2021 yang musti sobat ketahui adalah jadwal seleksi CPNS dan PPPk 2021 sebagai acuan agar teman-teman semua tidak ketinggalan. untuk lebih lengkapnya berikut adalah jadwal seleksi cpns 2021 dan P3K

Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2021

  • Pengumuman Seleksi : 30 Mei s.d. 13 Juni 2021

  • Pendaftaran Seleksi : 31 Mei s.d. 21 Juni 2021

  • Seleksi Administrasi dan Pengumuman Hasilnya : 1 Juni s.d. 30 Juni 2021

  • Masa sanggah : 1 Juli s.d. 11 Juli 2021

  • Pelaksanaan SKD CPNS (CAT BKN) : Juli s.d. September 2021

  • Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru (CAT BKN) : Juli s.d. September 2021 ( setelah SKD CPNS selesai di masing masing lokasi)

  • Seleksi Kompetensi  PPPK Guru (CBT Kemendikbud)
    - Tes 1 : Agustus 2021
    - Tes 2: Oktober 2021
    - Tes 3: Desember 2021

  • Pelaksanaan SKB CPNS : September s.d. Oktober 2021

  • Pengumuman Akhir dan Masa Sanggah : November 2021

  • Penetapan NIP CPNS/ Nomor Induk PPPK : Desember 2021
Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan ke teman-teman semua agar tidak ketinggalan informasi selanjutnya terkait pendaftaran CPNS dan PPPK.