Download Juknis POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Download Juknis POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA - Bahwa sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018

Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan perlu menetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019.

Download Juknis POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA


POS UN ini mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)/Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK)/Sekolah Menengah Agama Kristen (SMAK)/Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK)/
Utama Widya Pasraman (Sekolah Keagamaan Hindu setingkat SMA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM), Sekolah Menengah Atas Terbuka (SMAT), Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), serta Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C/Ulya Tahun Pelajaran 2018/2019.

Download File 
POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SD/MI, Unduh File
POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SMP/MTs, Unduh File
POS UN 2020 Tahun Ajaran 2019/2020 Jenjang SMA/MA/SMK, Unduh File

RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 K13 Revisi 2020 Lengkap

RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 K13 Revisi 2020 yang akan Admin bagikan sebagai contoh atau panduan untuk rekan-rekan dalam membuat RPP Format 1 Lembar yang disesuaikan dengan keadaan Sekolah bapan/ibu.

Seperti diketahui, telah diterbitkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP. Surat Edaran tersebut menyatakan bahwa dalam Pembuatan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pcndidikan dan Kebudayaan terkait dengan pelaksaan (kurikulum 2013, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan l (ebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proscs Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pcmbelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessmenf) yang u,ajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, l( Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KI(G/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format IIPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang rclah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka l, 2, dan 3.

Selengkapnya mengenai RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 K13 Revisi 2020 ini, silahkan untuk mendownloadnya melalui tautan yang telah Admin sediakan dibawah ini;


  • RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 K13 Revisi 2020 Lengkap, Unduh
  • RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 K13 Revisi 2020 Lengkap, Unduh
  • RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 K13 Revisi 2020 Lengkap, Unduh
  • RPP Format 1 Lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 K13 Revisi 2020 Lengkap, Unduh

NUPTK Penting Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan

NUPTK Penting Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan - NUPTK atau nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan menjadi penting saat ini pasalnya NUPTK ini seperti layaknya identitas resmi seorang guru atau tenaga kependidikan dari pusat yang secara jelas bahwa bersangkuta diakui keberadaannya sebagai guru atau tenaga kependidikan.


Peranan NUPTK saking pentingnya jadi acuan berbagai macam tunjangan untuk guru, dari tunjangan sertifikasi, fungsional hingga bantuan kualifikasi akademik semua didasarkan pada NUPTK nya, tanpa NUPTK jangan berharap untuk mendapat tunjangan tersebut.
Baca Juga : Langkah-Langkah Pengajuan NUPTK Baru
Banyak rekan guru yang sudah mengerti namun banyak pula yang belum memiliki menjadikan cara untuk mendapatkan NUPTK ini tidaklah mudah, jika berstatus guru honor biasa disekolah negeri baru saja mengajar jangan bermimpi untuk segera mendapatkan NUPTK, sebaliknya yang lama pun sudah mengajar bukan berarti sangat mudah.

Banyak syarat dan ketentuan yang harus dilalui untuk mendapatkan NUPTK ini, berbagai SK dan bukti bahwa yang bersangkutan memang aktif mengajar dan terdata ideal untuk disebut guru yang telah lama mengabdi serta layak mendapatkan tunjangan, atas kinerjanya sesuai ketentuan dan masa kerja serta taat dan disiplinnya yang patut diteladani.

NUPTK saa ini menjadi persoalan penting, dari berbagai tunjangan, bantuan serta lainnya bagi seorang guru didasari dengan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Incoming Search Term :

  • verval ptk
  • daftar nuptk
  • verval nuptk
  • aplikasi nuptk 2019
  • pengajuan nuptk 2020
  • syarat pengajuan nuptk 2020
  • nuptk untuk tenaga kependidikan
  • cara mengajukan nuptk di dapodik 2020

Juknis POS Ujian Nasional Tahun 2020 Jenjang SD/MI

Download Juknis POS Ujian Nasional Tahun 2020 Jenjang SD/MI - Hallo sahabat Infoptkonline, pada kesempatan kali ini admin akan membahas bagaimana Petunjuk Teknis Pelaksanaan Ujian Nasional Untuk Jenjang Sekolah Dasar / MI Tahun 2020.

Download Juknis POS Ujian Nasional Tahun 2020 Jenjang SD/MI
POS UN ini mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Dasar SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020.

Jika terjadi peristiwa luar biasa yang berpotensi gagalnya pelaksanaan UN, maka Penyelenggara dan Panitia UN Tingkat Pusat menyatakan kondisi darurat atau krisis.

Dalam kondisi darurat atau krisis sebagaimana dimaksud pada butir nomor 1, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membentuk tim khusus untuk menangani peristiwa tersebut.

Peristiwa luar biasa yang dimaksud pada butir nomor 1 di atas meliputi bencana alam, huru-hara, perang, dan peristiwa lain di luar kendali penyelenggara UN.

Untuk Selengkapnya Silahkan para Ibu/Bapa Guru untuk mendownloadnya pada link dibawah ini. 
Download Juknis POS Ujian Nasional Tahun 2020 Jenjang SD/MI. Unduh File

Mengenal Pengantar Dan Pendekatan Saintifik Secara Lengkap

Mengenal Pengantar Dan Pendekatan Saintifik Secara LengkapDalam Strategi pembelajaran sendiri merupakan langkah-langkah sistematik dan sistemik yang dapat digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. seperti pembelajaran kontekstual. Kita tahu bahwa pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang pendidik yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan.  Seperti pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan.

Adapun untuk model pembelajaran sendiri merupakan kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang memailiki nama, ciri, urutan logis/sintak, pengaturan, dan budaya misalnya discovery learning, project-based learning, problem-based learning, inquiry learning.

Untuk ini InfoPtkOnline akan berbagi kembali file-file seputar dunia pendidikan dan kali ini akan membahas tentang pengantar dan pendekatan saintifik pembelajaran.

Mengenal Pengantar Dan Pendekatan Saintifik Secara Lengkap

Kaidah-kaidah dalam pembelajaran ilmiah sendiri bisa berbasis fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata. Sedangkan dalam penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis dan mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.

Kita bisa mendorong dan menginspirasi siswa berpikir: hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran, memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran, dan juga berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan, yang bertujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya, proses pembelajaran sendir harus terhindar dari sifat-sifat/nilai-nilai nonilmiah.

Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik sendiri meliputi :
1.  Mengamati
2.  Menanya
3.  Mengumpulkan Informasi/Mencoba
4.  Menalar/Mengasosiasi
5.  Mengkomunikasikan

Proses pembelajaran dan penilaian dalam peserta didik sendiri merupakan jaring-jaring kognisi berbeda maka keadaan siswa dari beberapa komponen akan berbeda seperti penggambaran makna berikut :
1.  Gaya Belajar Siswa
2.  Kecerdasan dan bakat siswa (Bahan/Zat dalam Botol)
3.  Kesiapan  (Keadaan tutup Botol)
4.  Pengetahuan awal siswa  (Isi Botol)

Untuk lebih jelasnya tentang pengantar dan pendekatan saintifik sendiri silahkan bagi yang sedang membutuhkan file tersebut bisa di download pada link di bawah ini semoga bisa bermanfaat. Aamiinn



Contoh Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Matematika Kelas 2 SD

Contoh Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Matematika Kelas 2 SDSudah sejauh mana persiapan kamu dalam menghadapi Ujian Tengah Semester Ganjil, awas jangan bilang belum ada persiapan sama sekali ya, karena segala sesuatu kalau tanpa persiapan tentunya hasilnya juga kurang memuaskan bahkan bisa saja hasil yang buruk akan kamu dapatkan.
Untuk itu tentunya harus Ada beberapa bekal yang harus kamu siapkan saat berjuang di UTS nanti. Seperti menjaga kesehatan, rajin ibadah, istirahat yang cukup,sarapan sebelum ke sekolah,  kamu juga harus membekali diri dengan latihan-latihan soal tentunya. 

Terlebih mata pelajaran matematika. Pasti di pikiran kamu yang terlintas ialah kesulitan-kesulitan yang tiada akhir, serta soal-soal matematika yang sangat sulit. Nah, pada kesempatan kali ini Infoptkonline kamu bisa memperdalam pemahaman kamu dengan contoh soal latihan untuk Ujian Tengah Semester untuk mata pelajaran matematika kelas 2. keep scroll ya teman.

Contoh Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Matematika Kelas 2 SD

Soal Ujian Tengah Semester Ganjil (UTS 1)
Kelas 2 SD/MI
Mata Pelajaran : Matematika
Tahun Pelajaran : 2019/2020

1.         Lambang bilangan empat ratus tujuh belas adalah ....
a.    471                  c.  407
b.    417

2.         Perhatikan kelompok bilangan berikut!
       371, 407, 437, 370, 430
       Urutan bilangan diatas dari yang paling kecil adalah ...
a.   407, 437, 371, 370, 430
b.   371, 430, 407, 437, 370
c.   370, 371, 407, 430, 437
Baca Juga : Contoh Soal UTS Ganjil Matematika Kelas 1 SD Lengkap

3.         2 ratusan + 5 puluhan + 7 satuan = ....
a.   275                  c.  752
b.   257

4.         Angka 9 pada bilangan 198 menempati nilai tempat ....
a.   satuan              c.  ratusan
b.   puluhan

5.         423 = .... + 20 + 3
a.   4                      c.  400
b.   40

6.         Hasil dari 275 + 75 = ...
a.   330                  c.  350
b.   340

7.         Bilangan ganjil yang terletak diantara 355 dan 359 adalah ...
a.   356                  c.  358
b.   357

8.         Perhatikan baris bilangan berikut ini!
       204, 207, ..... , 213, ..... , 219, 222
       Angka yang tepat untuk mengisi titik - titik diatas adalah ...
a.   210 dan 216    c.  211 dan 216
b.   209 dan 215

9.         85 + 126 + 15 = ...
a.   226                  c.  326
b.   231

10.     Hasil pengurangan 473 - 58 adalah ...
a.   450                  c.  415
b.   425

11. .............. dst
12................dst


Jika sobat membutuhkan contoh soal UTS Ganjil Matematika selengkapnya, download soal ujian tengah semester ganjil / UTS 1 Matematika Kelas 2 SD/MI Semester 1 Kurikulum KTSP Terbaru Tahun 2017

Mas Nadiem Berencana Mendirikan 4 Pusat Baru Di Kemendikbud

Mas Nadiem Berencana Mendirikan 4 Pusat Baru Di Kemendikbud - Mas Mentri itulah panggilan para stap kepada mentri pendidikan yang baru, belakangan ini mentri pendidikan berencana akan mendirikan beberapa pusat baru di kemendikbud

Seperti dilansir dari JPNN.com bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pihaknya akan mendirikan empat pusat baru di bawah Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Beberapa pusat baru nanti adanya d ibawah Sekjen, yang secara independen mendorong beberapa prioritas strategis," ujar Nadiem Makarim dalam rapat kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Selasa (28/1).

Empat pusat baru tersebut yakni Pusat Penguatan Karakter, Pusat Prestasi Nasional, Pusat Data, Teknologi dan Informasi, dan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan.

Pusat penguatan karakter, kata Nadiem, bertujuan untuk membumikan Pancasila sehingga bisa dipahami oleh milenial.

Pembumian Pancasila, kata dia, jika hanya dilakukan melalui kurikulum tidak akan sampai pada milenial.

"Bagaimana interpretasi Pancasila dalam penerapannya di sehari-hari. Ini salah satu tujuan dari Pusat Penguatan Karakter," kata dia.

Sementara Pusat Prestasi Nasiona bertujuan untuk mengakomodir anak-anak yang berbakat. Tugasnya untuk mengukur berbagai macam perlombaan, aktivitas, ekstrakurikuler, olahraga, dan lainnya, yang bisa diberikan kredibilitas dari kementerian.

Nadiem menjelaskan partisipasi dan pencapaian dari anak ada di situ, dan akan masuk dalam portofolio anak yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal.

Selanjutnya, Pusat Data dan Teknologi Informasi yang mana di unit tersebut dibangun berbagai perangkat lunak untuk semua aktivitas kementerian.

Terakhir, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan bertujuan mengakomodir semua jenis bantuan dana sosial dalam pendidikan seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Tunjangan Profesi Guru, dan lain sebagainya.

"Dengan demikian, direktorat fokus memikirkan peningkatan mutu pendidikan. Selama ini, penyaluran dana operasional cukup berat dan mengganggu peningkatan mutu," kata Nadiem.

Download KI KD Bahasa Daerah Kurikulum 2013

Download KI KD Bahasa Daerah Kurikulum 2013 - Hallo sahabat Pendidik semuanya, pada kesempatan kali ini InfoPtkOnline akan sedikit berbagi dengan sahabat pendidik semua tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar Bahasa Daerah kutilas, postingan ini dibuat agar memudahkan para Guru dan pengajar bahasa daerah untuk mendapatkan KI dan KD nya dengan tujuan akhir yaitu proses Belajar dan mengajarnya bisa berjalan dengan lancar dan tujuannya tercapai.

Dalam indikator pencapaian perkembangan peserta didik untuk KD pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak langsung (indirect teaching), tetapi melalui pembelajaran untuk mencapai KD-KD pada KI Pengetahuan dan KI Keterampilan, serta melalui pembiasaan dan keteladanan. Dengan kata lain, sikap positif peserta didik akan terbentuk ketika dia memiliki pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk hasil karya dan/atau unjuk kerja. Contoh sikap positif itu adalah perilaku hidup sehat, jujur, tanggung jawab, peduli, kreatif, kritis, percaya diri, disiplin, mandiri, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, dan santun.

Penyusunan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) pada Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah didasari pula oleh Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 14 Tahun 2014 tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah, yang menetapkan bahasa daerah, antara lain, bahasa Sunda, diajarkan pada pendidikan dasar di Jawa Barat. Kebijakan tersebut sejalan dengan jiwa UU No. 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang bersumber dari UUD 1945 yang menyangkut Pendidikan dan Kebudayaan. Sejalan pula dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab III Pasal 7 Ayat 3-8, yang menyatakan bahwa dari SD/MI/SDLB, SMP/MTs./ SMPLB, SMA/MAN/SMALB, dan SMK/MAK diberikan pengajaran muatan lokal yang relevan dan Rekomendasi UNESCO tahun 1999 tentang “Pemeliharaan Bahasa-Bahasa Ibu di Dunia”.

Hal tersebut sejalan pula dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67, 68, 69, dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/ MAK, di antaranya menyatakan bahwa: Bahasa Daerah sebagai muatan lokal dapat diajarkan secara terintegrasi dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya atau diajarkan secara terpisah apabila daerah merasa perlu untuk memisahkannya. Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan tersebut. Hal ini diperkuat dengan Permendikbud Nomor 79 tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013, Pasal 9 dan Pasal 10, bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat mengembangkan muatan lokal.

Bahasa Sunda, bahasa Jawa Cirebon dan Indramayu, serta bahasa Melayu Betawi berkedudukan sebagai bahasa daerah, yang juga merupakan bahasa ibu bagi masyarakat Jawa Barat di wilayah tertentu. Bahasa daerah juga menjadi bahasa pengantar pembelajaran di kelas-kelas awal SD/MI. Melalui pembelajaran bahasa daerah diperkenalkan kearifan lokal sebagai landasan etnopedagogis.

Berkaitan dengan pembelajaran bahasa daerah di PAUD, Pemerintah mengeluarkan Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Peserta didik Usia Dini. Pendidikan Peserta didik Usia Dini (PAUD) merupakan “suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada peserta didik sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar peserta didik memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.
Berdasarkan kenyataan tersebut, bahasa daerah sebagai salah satu khasanah dalam kebhinnekatunggalikaan budaya Nusantara akan menjadi landasan bagi pendidikan karakter dan moral bangsa. Oleh karena itu, bahasa daerah harus diperkenalkan di Pendidikan Peserta didik Usia Dini (PAUD) dan diajarkan di sekolah-sekolah mulai Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), sampai Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliah (MA)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Untuk kepentingan itu, telah disusun dan direvisi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sesuai dengan satuan pendidikan tersebut.

Adapun dalam pembelajaran bahasa dan sastra daerah diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya dan budayanya, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat Jawa Barat, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya. Pembelajaran bahasa dan sastra daerah diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa daerah dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap budaya dan hasil karya sastra daerah.

Kompetensi Inti dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah yang memiliki kesamaan dengan kompetensi inti matapelajaran lainnya merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra daerah. Kompetensi Inti ini menjadi dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, dan nasional. Secara substansial terdapat tempat Kompetensi Inti yang sejalan dengan pembentukan kualitas insan yang unggul, yakni (1) sikap keagamaan (beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa) untuk menghasilkan manusia yang pengkuh agamana (spiritual quotient), (2) sikap kemasyarakatan (berakhlak mulia) untuk menghasilkan manusia yang jembar budayana (emotional quotient), (3) menguasai pengetahuan, teknologi, dan seni (berilmu dan cakap) untuk menghasilkan manusia yang luhung élmuna (intellectual quotient), dan (4) memiliki keterampilan (kreatif dan mandiri) untuk menghasilkan manusia yang rancagé gawéna (actional quotient).

Bagi guru yang mengajar Bahasa Daerah yang sedang membutuhkan KI KI tersebut, silahkan download link di bawah ini, semoga bisa bermanfaat…aamiinn



Download Buku Pembelajaran dan Pedoman Penilaian HOTS

Download Buku Pembelajaran dan Pedoman Penilaian HOTS - Dalam pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) adalah program yang dikembangkan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh pendidik yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain peningkatan kualitas pembelajaran ini merupakan upaya peningkatan kulaitas peserta didik yang pada akhirnya meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guru yang memberikan keterampilan mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.

Guru sebagai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

Pemerintah sendiri mengharapkan para peserta didik dapat mencapai berbagai kompetensi dengan penerapan HOTS atau Keterampilan Bepikir Tingkat Tinggi. Kompetensi tersebut yaitu berpikir kritis (criticial thinking), kreatif dan inovasi (creative and innovative), kemampuan berkomunikasi (communication skill), kemampuan bekerja sama (collaboration) dan kepercayaan diri (confidence). Lima hal yang disampaikan pemerintah yang menjadi target karakter peserta didik itu melekat pada sistem evaluasi kita dalam ujian nasional dan merupakan kecakapan abad 21.

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS) juga diterapkan menyusul masih rendahnya peringkat Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dibandingkan dengan negara lain, sehingga standar soal ujian nasional dicoba ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan.

Perumusan tujuan pembelajaran harus jelas dalam menunjukkan kecakapan yang harus dimiliki peserta didik. Tujuan pembelajaran mengisyaratkan bahwa ada beberapa karakter kecakapan yang akan dikembangkan guru dalam pembelajaran. Selain itu, tujuan pembelajaran ini juga bertujuan untuk menguatkan pilar pendidikan.  

Pada Media pembelajaran tidak terpisahkan dari proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang menjadi tuntutan dalam pembelajaran. Media/alat pembelajaran sebagai sarana bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Media/alat pembelajaran akan mempengaruhi iklim belajar, kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan dikelola oleh guru. Dalam memilih media pembelajaran harus mempertimbangkan prinsip psikologi peserta didik, antara lain motivasi, perbedaan individu, emosi, partisipasi umpan balik, penguatan dan penerapan. Penggunaan media/alat pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu. Untuk lebih jelasnya bagi yang memerlukan Buku tentang pedoman penilaian dan pembelajaran HOTS, silahkan download link di bawah ini semoga bisa bermanfaat.




Download Contoh Soal UTS Ganjil Matematika Kelas 3 Tahun 2019 / 2020

Sudah sejauh mana persiapan kamu dalam menghadapi Ujian Tengah Semester awas jangan bilang belum ada persiapan sama ya, karena segala sesuatu kalau tanpa persiapan tentunya hasilnya juga kurang memuaskan bahkan bisa saja hasil yang buruk akan kamu dapatkan.
Untuk itu tentunya harus Ada beberapa bekal yang harus kamu siapkan saat berjuang di UTS nanti. Seperti menjaga kesehatan, rajin ibadah, istirahat yang cukup,sarapan sebelum ke sekolah,  kamu juga harus membekali diri dengan latihan-latihan soal tentunya. 
Terlebih mata pelajaran matematika. Pasti di pikiran kamu yang terlintas ialah kesulitan-kesulitan yang tiada akhir, serta soal-soal matematika yang sangat sulit. Nah, pada kesempatan kali ini Infoptkonline kamu bisa memperdalam pemahaman kamu dengan contoh soal latihan untuk Ujian Tengah Semester untuk mata pelajaran matematika kelas 3. keep scroll ya teman.

Download Contoh Soal UTS Ganjil Matematika Kelas 3 Tahun 2019 / 2020


1.      Lambang bilangan empat ribu sembilan ratus dua adalah ...
a.   4.092                           c.  4.902
b.   4.920                           d.  4.029

2.      Bilangan yang terletak diantara 923 dan 925 adalah ...
a.   924                              c.  922
b.   926                              d.  925

3.      5.875,  5.758,  5.857,  5.785,  5.578
    Urutan bilangan diatas dari yang terkecil adalah ...
a.   5.857,  5.578,  5.758,  5.785, 5.875
b.   5.578,  5.758,  5.785,  5.857, 5.875
c.   5.578,  5.758,  5.857,  5.875, 5.785
d.   5.785,  5.758,  5.875,  5.857, 5.578

4.      Dari kelompok bilangan :
    3.544,  2.890,  5.390,  4.793,  5805  yang paling besar adalah ...
a.   3.544                           c.  5.805
b.   4.793                           d.  5.390

5.      Perhatikan garis bilangan berikut!

Angka yang tepat untuk melengkapi titik - titik diatas adalah ...
a.   116 dan 117           c.  116 dan 120
b.   117 dan 121           d.  117 dan 118

6.      Perhatikan baris bilangan berikut!
    2, 5, 8, 11, 14, 17, 20, 23,  ...
    Suku ke-10 dari baris bilangan diatas adalah ...
a.   20                                c.  29
b.   26                                d.  32

7.      Bilangan ganjil yang terletak diantara bilangan 320 dan 323 adalah ...
a.   320                              c.  322
b.   321                              d.  324

8.      Perhatikan barisan geometri berikut!
    Barisan selanjutnya adalah ...

9.      Bilangan berikut yang berada disebelah kiri 554, kecuali...
    a.   553                             c.  550
b.   555                             d.  552

10.   Barisan bilangan loncat 5 dimulai dari 6 berikut ini yang benar adalah ...
a.   5, 6, 7, 8, ...             c.  6, 10, 14, ...
b.   5, 10, 15, ...             d.  6, 11, 16, ...

11.   Angka 6 pada bilangan 7.653 menempati nilai tempat ...
a.   satuan                          c.  ratusan
b.   puluhan                        d.  ribuan

12.   Jumlah nilai angka 5 dan 7 pada bilangan 527 adalah ...
a.   57                                c.  507
b.   12                                d.  700

13.   Hasil dari 537 + 3.443 adalah ...
a.   3.980                           c.  3.990
b.   3.890                           d.  3.880

14.   Hasil pengurangan 7.564 - 693 = ....
a.   6.871                           c.  6.981
b.   7.061                           d.  7.861

15.   Pak Andikamemelihara ikan pada dua buah kolam apung di danau Lahor. Pada saat panen, kolam pertama menghasilkan 5.871 ekor. Kolam kedua menghasilkan 3.965 ekor. Jumlah ikan yang dipanen Pak Andikaseluruhnya ada ... ekor
a.   9.736                           c.  8.936
b.   9.836                           d.  8.836

16. Firja memiliki 624 butir kelereng. Agung memiliki 553 butir kelereng. Selisih kelereng mereka adalah ...
a.   177                              c.  71
b.   1.177                           d.  171

17.   4.076 - ... = 1.426
    Angka yang tepat untuk mengisi titik - titik diatas adalah ...
a.   2.050                           c.  2.550
b.   2.500                           d.  2.650

18.   Bilangan 8.654 = ...
a.   8 satuan + 6 puluhan + 5 satuan + 4 ribuan
b.   8 ribuan + 6 puluhan + 5 satuan + 4 ratusan
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Selengkapnya, download soal ujian tengah semester ganjil / UTS 1
Matematika
Kelas 3 SD/MI Semester 1 Kurikulum KTSP Terbaru Tahun 2019