Contoh Soal UTS Ganjil Matematika Kelas 1

Contoh Soal UTS Ganjil Matematika Kelas 1  - Sudah sejauh mana persiapan kamu dalam menghadapi Ujian Tengah Semester awas jangan bilang belum ada persiapan sama ya, karena segala sesuatu kalau tanpa persiapan tentunya hasilnya juga kurang memuaskan bahkan bisa saja hasil yang buruk akan kamu dapatkan.
Untuk itu tentunya harus Ada beberapa bekal yang harus kamu siapkan saat berjuang di UTS nanti. Seperti menjaga kesehatan, rajin ibadah, istirahat yang cukup,sarapan sebelum ke sekolah,  kamu juga harus membekali diri dengan latihan-latihan soal tentunya. 
Terlebih mata pelajaran matematika. Pasti di pikiran kamu yang terlintas ialah kesulitan-kesulitan yang tiada akhir, serta soal-soal matematika yang sangat sulit. Nah, pada kesempatan kali ini Infoptkonline kamu bisa memperdalam pemahaman kamu dengan contoh soal latihan untuk Ujian Tengah Semester untuk mata pelajaran matematika kelas 1. keep scroll ya teman.

Soal Ujian Tengah Semester Ganjil (UTS 1)

Kelas 1 SD/MI
Mata Pelajaran : Matematika
Tahun Pelajaran : 2017/2018

1.     Lambang bilangan tujuh belas ditulis ...
a.  7                      c.  17
b.  71

2.      Bilangan disamping dibaca ...
a.  enam              c.  delapan
b.  tujuh

3.     Banyak payung pada gambar disamping adalah ...
a.  16                   c.  12
b.  8
                                                 
4.     Bilangan 9, 11, 7, 10, 8 bila diurutkan dari yang terkecil adalah ...
a.  8, 10, 7, 11, 9
b.  7, 8, 9, 10, 11
c.   10, 11, 7, 8, 9

5.     Dari bilangan 19, 10, 12, 5, 17 yang paling besar adalah ...
a.  5                      c.  19
b.  10

6.     Valen memiliki 12 pensil.
Anggi memiliki 15 pensil.
Pensil Valen ... dari pada pensil Anggi
a.  lebih sedikit   c.  sama banyak
b.  lebih banyak

7.      Hasil dari 5 + 7 = ...
a.  10                    c.  12
b.  11

8.     (2 + 3) + 5 = ...
a.  5            b.  10            c.  15

9.      Bentuk penjumlahan yang benar dari gambar diatas adalah ...
a.  7 + 3 = 10                  
b.  6 + 3 = 9
c.   7 + 4 = 10

10.   Hasil dari pengurangan diatas adalah ...
a.  10                                c.  14
b.  16

11.  (12 - 7) - 5 = ...
a.  2                                  c.  1
b.  0

12.  Agung memiliki 9 buku tulis.
Membeli lagi 2 buku tulis.
Buku tulis Agung seluruhnya ada ....
a.  11                                c.  20
b.  15

13.  Firja memelihara 18 ekor ayam.
Hari ini dijual 10 ekor
Ayam Firja sekarang ada .... ekor
a.  5                                  c.  16
b.  8

14.  (4 + 5) - 8 = ...
a.  1                                  c.  3
b.  2

15.  (7 + 3) .... (15 - 5)
a.  >             b.  <              c.  =

16.  Deva memiliki 17 butir kelereng
Yosel memiliki 8 butir kelereng
Fahri memiliki 10 butir kelereng
Urutan nama - nama diatas dari yang kelerengnya paling banyak adalah ...
a.  Yosel, Fahri, Deva
b.  Deva, Fahri, Yosel
c.   Fahri, Yosel, Deva

Selengkapnya, download soal ujian tengah semester ganjil / UTS 1 Matematika Kelas 1 SD/MI Semester 1 Kurikulum KTSP Terbaru Tahun 2017
Unduh Sekarang



Contoh Soal Tematik Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 3

Contoh Soal Tematik Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 3 - Hallo selamat siang sobat infoptkonline pada kesempatan kali ini admin akan membagikan salah satu contoh soal Tematik Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 3

Dapatkan Contoh soal Tematik Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 3, Contoh soal Tematik Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 3lengkap, Contoh soal Tematik Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 3 pdf,

Dapatkan Contoh soal Kelas 5 Contoh soal Tematik Kelas 5 lengkap, Contoh soal Tematik Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 3 pdf, dilengkapi dengan pembahasan jawabannya maka admin akan membagikan informasi tersebut

Contoh Soal Tematik Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 3 ini bisa sobat gunakan sebagai latihan agar nanti ketika menghadapi langsung dengan  Ulangan atau Ujian nya bisa menjawab soal kelas 5 dengan lancar.

1.      Gerabah adalah jenis benda-benda kerajinan yang bahan dasarnya berasal dari ....
a.    sekam / kulit gabah
b.    kaca
c.    tanah liat
d.    aluminium

2.      Benda berikut yang termasuk gerabah adalah ....
a.    kendi dan genteng
b.    botol dan gelas
c.    guci dan tas
d.    wajan dan panci

3.      Kelainan pada tulang akibat terjadinya pengeroposan tulang disebut ....
a.    folio
b.    osteoporosis
c.    fisura
d.    lordosis

4.      Gambar disamping adalah seorang anak yang menderita ....
a.    kifosis
b.    lordosis
c.    skoliosis
d.    osteoporosis

5.      Posisi badan yang benar saat duduk adalah ....
a.    membungkuk ke depan
b.    tegak
c.    condong ke kanan
d.    condong ke kiri

6.      Faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kelainan pada alat gerak manusia dibawah ini, kecuali ....
a.    kebiasaan
b.    pola hidup
c.    bawaan lahir
d.    jenis kelamin

7.      Salah satu ciri-ciri yang dimiliki komik adalah ....
a.    cover berwarna cerah
b.    tidak disertai dialog / percakapan
c.    pesan disampaikan melalui teks dan gambar
d.     berisi cerita mistik

8.      Posisi tidur yang salah dapat memengaruhi kesehatan tulang. Contoh posisi tidur yang tepat dibawah ini adalah ....
a.    tidur menggunakan bantal yang tinggi
b.    tidur di lantai tanpa menggunakan alas sama sekali
c.    menggunakan kipas angin dan mengarahkan tepat ke muka kita
d.    posisi tidur bervariasi, tidak hanya satu posisi saja
____________________________________________________________________

Selengkapnya, download soal ujian tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia 
Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya berikut ini: Link 1 | Link 2

Contoh Soal Try Out US SD Tahun Pelajaran 2019/2020

Contoh Soal Try Out US SD Tahun Pelajaran 2019/2020 - Ujian Sekolah (US) sudah menjadi ujian yang rutin yang dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas 6. dan biasanya ujian ini menjadi salah satu ujian yang menegangkan. untuk itu agar ujian sekolah mendapat nilai yang bagus tentunya harus dipersiapkan dengan matang, Untuk soal- US ini biasanya  hampir sama dengan soal UN tahun-tahun sebelumnya. Kisi-kisi soal US tahun pelajaran 2019/2020 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Ujian penganti UN ini mengujikan tiga mata pelajaran (mapel), yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Untuk bahan belajar mempersiapkan menghadapi US tahun pelajaran 2015/2016, bisa menggunakan kumpulan latihan soal UN atau US SD/MI tahun-tahun sebelumnya. Kumpulan soal latihan US SD/MI dengan disertai kunci jawabannya bisa didownload pada link dibawah ini.



Contoh Soal Try Out US SD Tahun Pelajaran 2019/2020


Latihan Soal Ujian Sekolah SD/MI Mapel Bahasa Indonesia



Latihan Soal Ujian Sekolah SD/MI Mapel Matematika


Latihan Soal Ujian Sekolah SD/MI Mapel IPA


Kumpulan Soal UN Bahasa Indonesia 

Soal Prediksi UN SD/MI Bahasa Indonesia 1 [Download]

Soal Prediksi UN SD/MI Bahasa Indonesia 2 [Download]

Soal Prediksi UN SD/MI Bahasa Indonesia 3 [Download]

Soal Prediksi UN SD/MI Bahasa Indonesia 4 [Download]


Kumpulan Soal UN Matematika  

Soal Prediksi UN SD/MI Matematika 1 [Download]

Soal Prediksi UN SD/MI Matematika 2 [Download]

Soal Prediksi UN SD/MI Matematika 3 [Download]

Soal Prediksi UN SD/MI Matematika 4 [Download]


Kumpulan Soal UN IPA  

Soal Prediksi UN SD/MI IPA 1 [Download]

Soal Prediksi UN SD/MI IPA 2 [Download]

Soal Prediksi UN SD/MI IPA 3 [Download]

Soal Prediksi UN SD/MI IPA 4 [Download]


sumber : sekolahdasar.net

Contoh Soal Ujian Tengah Semester Ganjil UTS Matematika Kelas 4 Tahun 2019/2020

Contoh Soal Ujian Tengah Semester Ganjil UTS Matematika Kelas 4 Tahun 2019/2020 - Hallo selamat siang sobat infoptkonline pada kesempatan kali ini admin akan membagikan salah satu contoh soal ujian tengah semeseter untuk sekolah dasar / SD Kelas 4 mata pelajaran Matematika.

Contoh Soal UTS Matematika SD Kelas 4 ini bisa sobat gunakan sebagai latihan agar nanti ketika menghadapi langsung dengan UTS nya bisa menjawab soal Ujian dengan lancar. 

Contoh Soal Ujian Tengah Semester Ganjil UTS Matematika Kelas 4 Tahun 2019/2020

1.      Berikut merupakan sifat - sifat operasi hitung, kecuali ...
a.   asosiatif                     c.  distributif
b.   pertukaran                 d.  konsumtif

2.      Berikut yang menggunakan sifat operasi hitung asosiatif adalah ...
a.   2 x (5 x 6) = (2 x 5) x 6
b.   2 x 5 x 6 = 2 x 6 x 5
c.   2 x (5 + 6) = (2 x 5) + (2 x 6)
d.   2 x 5 + 6 = 5 x 6 + 2

3.      23 x 9 = ( M x 9) + (3 x 9)
      Nilai M diatas yang benar adalah ...
a.   2                                  c.  20
b.   23                                d.  3

4.      25.076;  26.702;  26.072;  25.670
      Bilangan diatas bila diurutkan mulai dari yang terkecil adalah ...
a.   25.670;  25.076;  26.072;  26.702
b.   26.702;  26.072;  25.076;  25.670
c.   25.670;  26.072;  26.076;  25.076
d.   25.076;  25.670;  26.072;  26.702

5.    Asih setiap hari selalu menyisihkan sebagian uang sakunya sebesar Rp. 1.500,00 untuk ditabung. Maka, Jumlah tabungan Asih yang terkumpul selama 30 hari adalah ...
a.   Rp. 35.000,00     c.  Rp. 45.000,00
b.   Rp. 40.000,00     d.  Rp. 50.000,00

6.      Hasil dari 23 x 47 = ...
a.   1.081                           c.  1.131
b.   1.253                           d.  1.073

7.      89 : 6 = ...
a.   13 sisa 3                     c.  13 sisa 4
b.   14 sisa 4                     d.  14 sisa 5

8.      Hasil dari 12 : 3 + 45 x 6 = ...
a.   78                                c.  274
b.   278                              d.  74

9.      Taksiran terbaik dari 123 x 45 adalah ...
a.   678                              c.  5.000
b.   1.000                           d.  10.000

10.   Hasil taksiran terbaik dari 39.674 : 237 adalah ...
a.   100                              c.  200
b.   150                              d.  250

11.   Harga sebuah buku tulis adalah Rp. 1.950,00. Sedangkan harga sebuah buku gambar adalah Rp. 3.150,00. Jenni membeli buku tulis dan buku gambar masing - masing 2 buah. Uang yang diperlukan Jenni kira - kira ...
a.   Rp. 6.000,00       c.  Rp. 10.000,00
b.   Rp. 8.000,00       d.  Rp. 12.000,00

12.   Berikut yang bukan merupakan kelipatan dari 4 adalah ...
a.   8                                  c.  18
b.   12                                d.  32

13............................................................
14 . ......................
15. ..........................

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Selengkapnya, download soal ujian tengah semester ganjil / UTS Matematika
Kelas 4 SD/MI Semester 1 Kurikulum KTSP Terbaru Tahun 2017

Panduan Pembuatan RPP Kurikulum Nasional

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebuah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu hari kegiatan yang harus dibuat oleh Guru ketika akan melakukan proses belajar mengajar. Hal ini tentunya agar alur kegiatan pembelajaran terarah sehingga tercapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

Ketika seorang guru akan membuat RPP tentunya hal yang pertama kali dilakukan yaitu harus mengetahui petunjuknya.

Juknis atau petunjuk tekhnis pembuatan RPP Kurikulum Nasional atau Kurikulum 2013 sebagaimana kami lampirkan dibawah ini link unduhan nya merupakan panduan yang bisa dijadikan referensi Bapak/Ibu dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP, sebagaiman telah kita ketahui bersama Panduan Pembuatan RPP pada tiap Kurikulum selalu ada baik itu KTSP 2006 maupun yang saat ini Kurikulum 2013, tak berbeda jauh unsur materi dalam pembuatan RPP

Dapatkan Panduan Pembuatan RPP Kurtilas

Panduan Pembuatan RPP Kurikulum Nasional


Komponen RPP
  • Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan
  • Kelas/Semester
  • Tema
  • Subtema
  • Pembelajaran ke-
  • Alokasi waktu
  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar dan Indikator
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Media, alat, dan sumber  pembelajaran
  • Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
           a. Pendahuluan
           b. Kegiatan Inti
           c. Penutup
  • Penilaian
Proses Penyusunan RPP
Mengkaji Silabus Tematik, Pada kurikulum 2013, silabus telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan ke dalam bentuk proses pembelajaran

Mengkaji Buku Guru
Pada buku guru terdapat diantaranya: Kompetensi Inti (KI) Pemetaan Kompetensi Dasar (KD), Pemetaan Indikator, Tujuan Pembelajaran Media dan alat pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Refleksi, Pengayaan dan Remedial
Pendampingan bersama orangtua

Mengkaji Buku Siswa
Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang memudahkan siswa untuk terlibat aktif di dalam pembelajaran

Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Disusun untuk memberikan bantuan kepada para guru agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional Memuat rangkaian kegiatan manajerial yang dilakukan guru Merupakan langkah-langkah guru dalam membuat peserta didik aktif belajar.
Selengkapnya silahkan unduh pada link dibawah ini......

Contoh Format Penilaian Antar Teman Dan Diri Siswa Kurikulum 2013 Baru

Contoh Format Penilaian Antar Teman Dan Diri Siswa Kurikulum 2013 -  Kurikulum 2013 Baru juga tak lepas konsep format isi dari Penilaian antar teman digunakan untuk mencocokan persepsi diri siswa dengan persepsi temannya serta kenyataan yang ada. Hasil penilaian antarteman digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut.

Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh, Mengikuti pembelajaran  dengan penuh perhatian. Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu. Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami, Berperan aktif dalam kelompok, Menyerahkan tugas tepat waktu, Selalu membuat catatan hal-hal yang dianggap penting, Menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik
Menghormati dan menghargai teman Menghormati dan menghargai guru

Penilaian Diri Siswa
Penilaian persepsi diri siswa untuk mencocokan persepsi diri siswa dengan kenyataan yang ada. Hasil penilaian persepsi diri siswa digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut.
  • Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh
  • Saya mengikuti pembelajaran  dengan penuh perhatian
  • Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu
  • Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami
  • Saya berperan aktif dalam kelompok
  • Saya menyerahkan tugas tepat waktu
  • Saya selalu membuat catatan hal-hal yang saya anggap penting
  • Saya merasa menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik
  • Saya menghormati dan menghargai teman
  • Saya menghormati dan menghargai guru
Format atau contoh diatas kami bagikan pada link unduh dibawah ini.