Mantap Kepala Sekolah Dapat Tunjangan Rp1,5 Jt

Kepala Sekolah Dapat Tunjangan Rp1,5 Jt - Berita paling hangat  dan terbaru seputar Tunjangan yang Admin Indahnya Berbagi himpun yaitu Tentang Tunjangan untuk para kepala sekolah yang akan mendapatkan bantuan berupa uang tunai, Para kepala sekolah di Kutai Timur, Kalimantan Timur akan mendapatkan bantuan dana insentif. Besarannya berbeda, tergantung sekolah yang dikomandani.

Kepala sekolah SD akan mendapat Rp 1 juta. Kepala sekolah SMP mengantongi Rp 1,25 juta. Sedangkan kepala sekolah SMA/SMK akan mendapatkan dana Rp 1,5 juta.

 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim Iman Hidayat mengatakan, pemberian insentif itu di luar gaji pokok kepala sekolah serta tunjangan profesi guru (TPG) setelah dia mengajar paling tidak enam jam dalam satu minggu.


Ini karena pada dasarnya kepala sekolah merupakan guru biasa yang diberi mandat lebih melakukan manajerial terhadap pengelolaan sekolah.

“Kepala sekolah punya beban kerja lebih termasuk pertanggung jawaban penggunaan anggaran baik BOSDA hingga BOSNAS serta pengelolaan sekolah lain,” ucapnya, Minggu (26/6) kemarin.

Untuk Para Kepala sekolah lain ditunggu aja ya kebijakan dari para atasannya mudah-mudahan bisa terima insentif juga

Artikel terkait : jenis tunjangan guru,tunjangan fungsional guru,kenaikan tunjangan guru, tunjangan guru honor,tunjangan guru non sertifikasi,tunjangan guru 2015,cek tunjangan guru,tunjangan guru 2016

Sumber JPNN.COM


Cara Cek Data Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodik

Cara Cek Data Operator Dapodik -  Cara ini perlu dilakukan bagi sekolah yang mengalami pergantian Operator Sekolah ( OPS) karena takutnya di dapodik data operatornya ada 2 yaitu operator lama dan Operator baru, jika hal demikian ini terjadi dalam Dapodik sekolah sobat, maka data yang sobat sinkronkan ke server pusat bisa saja menjadi data invalid. Maka untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan sebaiknya segera cek data aktivitas operator dalam aplikasi Dapodik, lalu pastikan bahwa nama operator yang terdaftar dalam aplikasi Dapodik hanya  satu nama dan satu alamat email, karena jika ada lebih dari 2 data maka data yang disinkronkan akan terancam invalid. Sehingga kemungkinan ini pun harus segera diantisipasi.

Cara Mudah Cek Data Operator Sekolah

Ikuti langkah berikut ini:
  1. Silahkan login pada aplikasi Dapodik anda, masukkan username dan pasword.
  2. Setelah berhasil login, klik menu Managemen Pengguna pada kolom Identitas Sekolah, seperti gambar dibawah ini.
  3. Selanjutnya silahkan masukkan kode registrasi sekolah anda. Perlu diperhatikan, simpan dan ingat baik-baik kode registrasi sekolah anda, karena ini merupakan kunci utama dalam pengelolaan aplikasi Dapodik. 
  4. Lalu akan muncul data nama operator dan usernamenya, silahkan hapus data operator yang sudah tidak aktif lagi. Hal ini sering terjadi pada sekolah yang berulang kali mengalami pergantiian operator sekolah.
  5. Setelah dihapus, maka data operator menjadi data operator terbaru.
Harus sobat ketahui bahwa Dapodik merupakan ujung tombak data pendidikan dan menjadi acuan Kemdikbud dalam merealisasikan program-programnya, mulai dari kesiswaan, sarana dan prasarana sampai kesejahteraan PTK. Dan baru-baru ini, banyak kasus guru bersertifikasi tidak dapat menikmati tunjangan sertifikasi hanya karena kesalahan input data pada Dapodik.
Untuk itu bagi para kepala sekolah hendaknya selalu memeriksa data pada dapodik sebelum di singkronkan oleh Operator sekolahnya

Semoga bermanfaat

Aturan Sertifikasi Berubah di Tahun 2016

Aturan Sertifikasi Berubah di Tahun 2016 - Guru penerima Tunjangan Fungsional Sertifikasi tentu wajib membaca aturan terkait sertifikasi ini, berikut berita yang berhasil didapatkan oleh admin.

Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (P2TK3 Kemdikbud), Sumarna Surapranata mengatakan, tunjangan profesi guru akan semakin diperketat pada satu Januari 2016.

Artinya, tunjangan profesi guru yang sudah berjalan selama ini sedang dievaluasi dan dibenahi kembali karena tidak sesuai dengan yang diperuntukan. Mulai 2016 tunjangan akan dilihat dari kinerja guru.

Menurut Pranata, pemberian uang tunjangan profesi dievaluasi karena selama ini tidak tepat sasaran. Banyak guru yang tidak memilki kompentensi mengajar yang memperoleh tunjangan lebih tinggi daripada yang memilki kompentesi tersebut
Bahkan ada yang lebih rendah karena bemberian tunjangan hanya dilihat dari lama mengajar. Maka, kedepannya akan kembali diperketat namun masih tetap mengunakan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN ARB) nomor 16 tahun 2009 tentang fungsional jabatan guru.

Pranata menyebutkan, kompotensi guru akan dibenarkan. Karena banyak guru yang kinerjanya rendah. Maka, ketika uji kompetensi dasar (UKG) banyak yang dibawah standar nasional 48.00 persen.
Berdasarkan data, UKG dilakukan, masih ada sebagian guru yang tidak dapat menjawab dan mengerjakan soal. Dapat disimpulkan ada guru yang dari 100 nomor soal jawab benarnya hanya tujuh bahkan ada yang satu nomor benar.

Mayorotas guru mendapatkan skor dibawah enam, jika mengunakan skala satu hingga 10. Namun, meskipun UKG rendah tunjangan profesi guru tetap diterima, sehingga tunjangan mesti perlu dibenahi.
"Saya katakan guru kita bukan tidak pintar, tetapi mereka masih perlu di tingkatkan lagi pelatihannya dan kembali di perketat.

pemberian tunjangan profesi guru," ujar Pranata di Kemdikbud, Jakarta, Kamis, (11/6).
Dia menambahkan, hal-hal yang perlu dibenahi adalah, mulai dari sertifikasi, pengingkatan kompetensi, dan pemberian tunjangan profesi. Tiga hal tersebut perlu dikaji ulang agar penjerimanya sesuai dengan yang diperuntukan.
Karena sejauh ini, guru yang bermasalah dengan UKG adalah guru yang mengajar tidak tetap. Seperti guru non PNS yang tidak lulus serjana karena memiliki nilai rata-rata kurang dari standar nasional yang ditetapkan.

Pembinaan yang dimaksud Pranata adalah, guru yang secara UKG masih rendah akan diberi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan-pelatihan .
"Masa guru yang nilainya di bawah 7,5 mendapat tunjangan sama dengan yang diatas 7,5. Inti harus dibenahi," kata Pranata.

Sementara, untuk guru daerah garis depan. Pranata menyebutkan akan diutus lagi pada akhir Desember. Karena program Guru Garis Depan (GGD) adalah program unggulan Kemdikbud untuk lima tahun kedepan.

Sejauh ini, Kemdikbud telah mengutus 798 orang guru ke daerah 3T yang meliputi terluar, tertinggal, dan terdepan untuk menjadi pendidik yang baik dan meneruskan regenerasi. Karena pada umumnya, yang menjadi GGD adalah tenaga pendidik yang memiliki kualitas, dan telah lolos sejumlah seleksi.

Pranata menjelaskan,tujuan diadakan GGD untuk, mengatasi kekurangan guru di daerah tertentu. GGD adalah prekrut yang permanan. Mereka ditempatkan sesuai dengak kebutuhan daerah dan sistemnya menetap. Jika ada yang kembali ke daerah asal atau kembali ke kota. Konsekuensinya akan dipecat.

Sebab semua GGD adalah calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang merupakan abdi negara yang siap ditempatkan dimana saja dan kapan saja."Mereka dipilih dari yang terbaik untuk membangun daerah 3T, dan akan menetap, bukan dikontrak," ujarnya.

Artikel Terkait Lainnya :
syarat pencairan sertifikasi 2016
sertifikasi 2016 dihapus
syarat sertifikasi guru 2016
sertifikasi guru 2016 dihapus
gaji guru 2016
peraturan sertifikasi guru terbaru
persyaratan sertifikasi guru 2016
nasib guru tahun 2016

SUMBER : www.beritasatu.com 

Download Aplikasi Latihan UKG versi Android Lengkap

Download Aplikasi Latihan UKG versi Android Lengkap - Untuk para Guru di daerah pedalaman mungkin tidak semua mempunyai leptop tetapi kalau telpon seluler pasti semua sudah memiliki, Sebagai persiapan menghadapi UKA/ UKG  maka kami menyajikan Aplikasi Latihan UKG untuk Hp Android , yang tentunya cocok bagi para guru yang belum memiliki komputer.

Aplikasi Pendidikan berbasis Android merupakan salah satu Aplikasi yang harus ada dalam Perangkat Android Bapak/Ibu Guru. Berikut ini adalah Aplikasi Latihan Uji Kompetensi Guru berbasis Android yang dapat Bapak/Ibu Gunakan sebagai persiapan dalam menghadapi Uji Kompetensi Guru UKA/UKG . 

Dengan adanya Aplikasi Latihan UKG versi Android, kini Bapak/Ibu Guru dapat memanfaatkan Gadget Android yang dimiliki untuk memahami soal dan latihan - latihan guna persiapan dalam menghadapi Uji Kompetensi Guru tahun 2017.  Aplikasi Latihan UKG versi Android berikut didasarkan atas Bidang - Bidang tertentu. Berikut ini adalah beberapa tampilan dari Aplikasi Latihan UKG versi Android. 

Dengan adanya Aplikasi Latihan UKG versi Android kini Perangkat Android Bapak/Ibu Guru dapat lebih bermanfaat. Semoga Kumpulan Aplikasi Uji Kompetensi Guru versi Android diatas dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam persiapan menghadapi Uji Kompetensi Guru tahun 2016. Salam Pendidikan.

489 Tenaga Honorer Diangkat Jadi PNS TMT 1 Juni 2016

489 Tenaga Honorer Diangkat Jadi PNS - Info pengangkatan CPNS itu terjadi di kabupaten Magelang, Sebanyak 489 tenaga honorer di Kabupaten Magelang, diangkat menjadi PNS terhitung sejak 1 Juni 2016. Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP, menyerahkan sendiri Surat Keputusan Pengangkatan 489 Tenaga Honorer tersebut di GOR Gemilang, Kamis (02/06/2016).

Pada kesempatan tersebut juga di serahkan SK pengangkatan PNS kepada 2 orang formasi khusus Dokter dan kepada 42 orang dari formasi umum. “Perubahan status kedudukan CPNS menjadi PNS itu, harus diikuti dengan perubahan cara berpikir dan cara bertindak yang diiringi dengan semakin meningkatnya kinerja dan kedisiplinan. Karena bagaimanapun, mereka kini sudah menjadi PNS dengan tugas, tanggung jawab dan kewajiban yang sangat berat,” kata Bupati dalam sambutannya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Magelang, Erie Sadewo SH dalam laporannya mengatakan, CPNS yang telah memenuhi persyaratan untuk diproses pengangkatanya menjadi PNS tahun 2016 berjumlah 532 yang terdiri dari 489 CPNS tenaga Honorer, 2 CPNS dari formasi khusus Dokter, 42 CPNS dari formasi umum.

“Adapun yang tidak dapat/ belum  dapat dipertimbangkan untuk diangkat menjadi PNS sebanyak 2 orang. Salah satunya karena belum menyelesaikan diklat Prajabatan. Sedang seorang lainnya, belum memenuhi masa kerja sejak SPMT,” ungkapnya.

Itulah informasi seputar pengangkatan CPNS terbaru, mudah mudahan untuk daerah lain seperti pengangkatan di kabupaten sukabumi, kabupaten cianjur, kabupaten bogor dan kabupaten lainnya di seluruh indonesia segera menyusul

Sumber Berita KRJogja.

Kriteria pelamar yang diprioritaskan pada pengangkatan CPNS

Pendaptaran CPNS dibuka bulan Juli - Berikut ini merupakan informasi Pengangkatan CPNS 2016 yang didapatkan oleh admin. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi mengatakan ada beberapa kriteria bagi pelamar umum di luar sekolah kedinasan dan kesehatan, untuk menjadi prioritas dalam perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2016.

Kriteria ini diperlukan untuk menyaring CPNS yang berkualitas, baik dari sisi pengetahuan maupun integritasnya. Sehingga PNS akan terbebas dari segala bentuk tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Proses rekrutmen harus sesuai dengan ketentuan UU. Kita harus menjamin proses seleksi tersedianya SDM aparatur yang berintegritas, berpengetahuan luas, dan profesional. Jadi mau tidak mau seleksi akan sangat ketat dibanding masa sebelumnya,” kata Yuddy di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/5).


Kriteria pelamar yang diprioritaskan pada pengangkatan CPNS bulan Juli 2016


Dia menyebutkan, pelamar umum yang didahulukan adalah sarjana-sarjana berprestasi dari perguruan tinggi ternama, baik negeri maupun swasta. Sebisa mungkin, perguruan tinggi tersebut memiliki akreditasi A dengan program studi yang telah mendapat sertifikasi baik.

“Mahasiswanya juga mendapat Indeks Prestasi (IP) cumlaude, yaitu 3,75. Ini akan kita cari dan kita umumkan, kita akan berikan formasi khusus,” imbuhnya.

Yuddy menambahkan, pengumuman pendaftaran CPNS akan dilakukan pada bulan Juli 2016, dilanjutkan dengan proses rekrutmen pada bulan Agustus 2016. Sehingga pada bulan Oktober dan November bisa langsung dilihat siapa saja yang lolos menjadi PNS tahun 2016.

“Perkiraan saya pelamar umum 10 ribuan. Mahasiswa berprestasi sekurang-kurangnya 10 persen. semua bidang yang dibuka pemerintah untuk penerimaan CPNS bisa diisi,” jelasnya.

Kementerian Keuangan tahun ini hanya mengalokasi 81.000 kursi penerimaan pegawai pemerintah yang terbatas di sektor pendidikan, kesehatan, penegak hukum dan sektor penunjang program unggulan nawacita.

Dari total alokasi tersebut, sekitar 43.000 di antaranya sudah dialokasi bagi tenaga kesehatan, 11.000 bagi sekolah kedinasan, dan 5.000 bagi guru garis depan yang akan diambil dari sarjana lulusan universitas ternama. Sementara sisanya akan dialokasikan bagi tenaga peneliti, penegak hukum, tenaga ketahanan pangan dan lain sebagainya.
Demikian Informasi seputar pengangkatan CPNS Untuk Umum semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua
Sumber: merdeka.com

Surat Ijin Operasional Sekolah Hilang Ini Solusinya

Surat Ijin Operasional Sekolah Hilang - Surat Ijin Operasional Sekolah adalah merupakan sebuah surat penting dan bagian dari dokumen sekolah. Surat ini merupakan seurat yang dikelurakan oleh pemerintah berkaitan dengan dimulainya operasional sekolah tersebut. Sehingga setiap sekolah pasti memiliki surat ijin operasional sekolah ini.

Namun permasalahnya adalah tidak semua sekolah masih memiliki surat ini. Hal ini disebabkan, Surat Ijin Operasional Sekolah menjadi dokumen lama. Misalnya sebuah sekolah, surat ijin operasional diperoleh pada tahun 1978, maka surat tersebut rentan hilang atau rusak termakan usia.
Lalu bagaimana jika itu terjadi? Ini solusinnya.
Jika Surat Izin Operasional Sekolah sudah hilang atau rusak, utamanya  bagi sekolah yang sudah lama berdiri, maka langkah-langkah yang  dapat ditempuh adalah :
  1. Mencari di arsip daerah, mungkin masih saja ada tersimpan.
  2. Jika tidak ditemukan maka Dinas Pendidikan Kab/Kota bisa membuatkan  izin operasional baru, baik kolektif maupun per sekolah.
  3. Dinas Pendidikan Kab/Kota diberi kewenangan untuk memberikan surat izin operasional baru.
Surat Ijin Operasional Sekolah merupakan salah satu kelengkapan yang harus diupload oleh pihak sekolah dalam rangka melengkapi Data Spasial sekolah dan merupakan bagian dari persyaratan agar sertifikat Nomor Pokok Sekolah Nasional bisa dikeluarkan.


Kemudian, cara untuk melakuakn update data sekolah dalam kaitannya dengan data spasial sekolah bisa dilakukan dengan cara dibawah ini.
  1. Silahkan copy paste alamat ini, lalu ganti nomor NPSN sesuai dengan sekolah masing-masing. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=203*****  . Digit terakhir saya samarkan demi kenyamanan bersama.
  2. Klik pada tab Dokumen dan Perijinan, maka akan bisa dilihat apakah dokumen tersebut telah dipenuhi. Jika belum, segera update saja dengan klik tombol biru seperi gambar.

  3. Login dengan username dan pasword sesuai dengan login Dapodik atau Verval NISN.
  4. Setelah berhasil login,
  5. Segera lakukan update dengan mengupload dokumen Surat Ijin Operasional Sekolah.
Caranya tidak terlalu sulit. File yang diupload harus berekstensi PDF. 
Silahkan anda cek data-data sekolah pada halaman tersebut, silahkan lengkapi mana data yang belum sempurna, dan itu merupakan bagian dari tugas Update Data Spasial Sekolah. Dimana Surat Ijin Operasional Sekolah merupakan dokumen utama dan wajib. [ Info Kepegawaian ]

Artikel Lainnya :
surat ijin operasional disnaker
proposal ijin operasional sekolah
perpanjangan ijin operasional sekolah
surat izin operasional sekolah
surat izin operasional sekolah negeri
contoh surat izin operasional sekolah
surat permohonan izin operasional sekolah
izin operasional sekolah dasar


Download Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dan Uraian

Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel - Kegiatan analisis soal merupakan kegitan yang merepotkan bagi seorang Guru. Kegiatan menggunakan aplikasi analisis soal pilihan ganda dan uraian adalah kegiatan yang ditujukan untuk mengetahui kemampuan siswa berdasarkan proses evaluasi yang sudah dilaksanakan. Kegiatan evaluasi banyak macamnya, baik Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester, ataupun Ujian Akhir Semester. 

Untuk mempermudah pekerjaan Bapak/Ibu Guru dalam melaksanakan Analisis atas soal yang diberikan kepada siswa, berikut ini adalah Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel. Aplikasi ini dibuat oleh Bapak Margono, S.Pd. Beberapa fitur dalam Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel diantaranya adalah :
  1. Input Data Siswa
  2. Distribus Pengecoh Analisis Butir Soal
  3. Analisis Jawaban Siswa
  4. Ranking Siswa berdasarkan Nilai Tertinggi
  5. Perbaikan Nilai 
  6. Hasil Perbaikan
Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel ini dapat digunakan pada semua jenjang pendidikan baik SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, atau bahka Perguruan Tinggi sekalipun. Berikut ini adalah beberapa tampilan dalam Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel. 


Semoga Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel diatas dapat memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam proses Analisis Soal dan penentuan Nilai Siswa pada evaluasi  Kegiatan Ujian/Ulangan. Semoga postingan kali ini bermanfaat, Salam Pendidikan. 

Artikel Lainnya :
analisis butir soal pilihan ganda dan uraian
download analisis butir soal dengan excel
aplikasi analisis butir soal terbaru
contoh analisis soal pilihan ganda dan uraian
software analisis butir soal terbaru
program analisis butir soal
analisis butir soal uraian excel


CONTOH FORMULIR PENDAFTARAN SISWA PAUD

Download contoh formulir pendaftaran paud, download formulir penerimaan siswa baru paud.
Formulir Pendaftaran PAUD ..............................
Nama Lengkap Siswa :
Nomor Induk Siswa ( NIS /NISN ) :                             /
Nama / Jenis Sekolah : PAUD ..................
Program Studi :
Alamat Sekolah : Jl. ........................................
Kec. .............., Kab. ................
A. KETERANGAN PRIBADI
1 Nama Siswa :
a. Nama lengkap :
b. Nama Panggilan :
2 Jenis Kelamin :
3 Tempat dan Tanggal Lahir :
4 Agama :
5 Kewarganegaraan :
6 Anak keberapa :
7 Jumlah Saudara Kandung :
8 Jumlah Saudara tiri :
9 Jumlah Saudara angkat :
10 Anak yatim/piatu/yatim piatu :
11 Bahasa sehari-hari dirumah :
B. KETERANGAN TEMPAT TINGGAL
12 Alamat :
13 Nomor Telepon :
14 Alamat Tersebut  :
15 Jarak dari tempat tinggal ke sekolah :
16 Ke sekolah dengan :
C. KETERANGAN KESEHATAN
17 Golongan Darah :
18 Penyakit yang pernah di derita :
dan dirawat di :
19 Kelainan Jasmani :
20 Tinggi dan berat siswa :
D. KETERANGAN PENDIDIKAN SEBELUMNYA
21 Asal Sekolah
a. SLTP atau yang sederajat :
b. Tanggal dan Nomor STTB :
c. Lama Belajar :
22 Pindah dari Sekolah ini :
Diterima di sekolah ini tanggal :
23 Alasan Pindah :
E. KETERANGAN TENTANG ORANG TUA KANDUNG
23 Nama 
a. Ayah :
b. Ibu :
24 Tempat dan Tanggal lahir
a. Ayah :
b. Ibu :
25 Agama
a. Ayah :
b. Ibu :
26 Kewarganegaraan
a. Ayah :
b. Ibu :
27 Ijazah tertinggi
a. Ayah :
b. Ibu :
28 Pekerjaan
a. Ayah :
b. Ibu :
29 Penghasilan
a. Ayah :
b. Ibu :
30 Alamat Rumah dan Nomor Telepon
31 Masih Hidup/Meninggal Dunia
a. Ayah :
b. Ibu :
F. KETERANGAN TENTANG WALI
32 Nama :
33 Tempat dan Tanggal Lahir :
34 Agama :
35 Kewarganegaraan :
36 Hubungan Keluarga :
37 Ijazah tertinggi :
38 Pekerjaan :
39 Penghasilan / Bulan :
40 Alamat rumah dan nomor telepon :
G. KEGEMARAN
41 Bakat khusus dan prestasi yang menonjol dalam :
a. Kesenian :
b. Pendidikan Jasmani :
c. Kemasyarakatan / Organisasi :
d. Dan Lain-lain :
H. KETERANGAN PERKEMBANGAN SISWA
42 Tahun masuk / terdaftar :
43 Menerima Bea siswa :
44 Tahun meninggalkan sekolah :
45 Alasan :
46 Tamat belajar tahun :
47 Tanggal dan nomor STTB :
48 Melanjutkan pendidikan/Bekerja :
PERHATIAN :
1. Mohon diisi dengan keadaan sesungguhnya.
2. Setelah pengisian selesai harap segera dikirim lewat e-mail dengan alamat : kb.alqudsiah@gmail.com
3. Kalau ada hal-hal yang kurang jelas harap Kirim saran dan kritik anda ke iful_bh@yahoo.co.id.
4. Pengiriman file yang sudah diisi paling lambat : ...................................
5. Diharapkan kerjasamanya.

Penerimaan Guru Sekolah Indonesia Luar Negeri 2016, Ayo Daptar.....

Berdasarkan informasi resmi yang admin share dari situs resmi Kemdikbud RI dalam rangka mempersiapkan pengganti Guru Sekolah Indonesia di beberapa negara di luar negeri di antaranya di Kuala Lumpur, Yangon, Den Haag, Bangkok, Singapura dan Cairo yang telah berakhir masa tugasnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI saat ini membuka kesempatan bagi guru dan tenaga kependidikan dari latar belakang PNS dan Non PNS yang memenuhi persyaratan, serta berminat utuk diangkat menjadi Guru dan Tenaga Kependidikan pada Sekolah Indonesia luar negeri berdasarkan perjanjian kerja selama 3 (tiga) tahun bagi PNS dan 2 (dua) tahun bagi non PNS dan dapat diperpanjang sesuai peraturan yang berlaku untuk mengikuti seleksi sebagai :


Adapun persyaratan umum dan persyaratan khusus guru sekolah indonesia di luar negeri tahun 2016, di antaranya adalah sebagai berikut :

Persyaratan umum :

1.   Warga Negara Indonesia (WNI)
2.   Berusia maksimal 40 (empat puluh) tahun bagi PNS dan maksimal 45 (empat puluh lima) tahun bagi PNS dan pelamar Tata Usaha pada tanggal 1 Januari 2007.
3.   Sehat jasmani, rohani dan bebas NARKOBA.
4.   Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
5.   Khusus pelamar non PNS tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/POLRI atau diberhentikan dengan hormat sebagai pegawai swasta.
6.   Khusus pelamar non PNS tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi pemerintah.


Persyaratan Khusus :

1.   Berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal IPK 3.00
2.   Memiliki Sertifikat Profesi Pendidik.
3.   Memiliki hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015
4.   Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
5.   Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 (lima) tahun pada bidang yang diampu
6.   Khusus pelamar tata usaha memiliki pengalaman bekerja minimal 5 (lima) tahun pada bidang tata usaha/administrasi perkantoran serta memahami pengelolaan keuangan.
7.   Memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL Prediction Score minimal 450 atau IELTS 5.0. Khusus calon guru Sekolah Indonesia Riyadh dan Sekolah Indonesia Cairo diutamakan memiliki kemampuan tambahan Bahasa Arab.
8.   Diutamakan memiliki sertifikat/penghargaan tingkat nasional sebagai keterampilan tambahan selain mengajar, seperti Olahraga, Pramuka, Seni Budaya, Keagamaan, Prakarya, Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), akutansi/keuangan dan lain-lain.


Rencana Jadwal :

1.   Pengumuman : 25 April 2016
2.   Waktu Pendaftaran : s.d. 9 Mei 2016
3.   Seleksi Kuaifikasi Calon Pelamar : 10-11 Mei 2016
4.   Pengumuman Hasil Seleksi Kualifikasi : 12 Mei 2016
5.   Pemberkasan Dokumen Administrasi : 13-27 Mei 2016
6.   Seleksi Uji Kompetensi dan Kemampuan Bahasa Asing : Minggu Pertama Juni 2016
7.   Pengumuman Peringkat Hasil Uji Kompetensi : Minggu kedua Juni 2016
8.   Wawancara : Minggu ketiga Juni 2016
9.   Pengumuman Final : Minggu ketiga Juni 2016
10. Proses Perizinan / Penugasan Ke Luar Negeri : Minggu ketiga bulan Juli 2016
11. Pembekalan / Persiapan Keberangkatan : Juli-Agustus 2016

12. Keberangkatan : Agustus 2016 / September 2016.

Gaji Ke-14 Untuk PNS Dibagikan Lebih Dulu

Gaji Ke-14 Untuk PNS Dibagikan Lebih Dulu -  Berita seputar pendidikan kali ini tentang Pencairan Gaji PNS yang dikabarkan akan menerima gaji 3 kali gaji sekaligus, namun belakangan tersirat kabar jika Gaji ke 14  atau THR akan dibagikan lebih dulu gaji tersebut bakal diberikan menjelang Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 6-7 Juli 2016.

Siapa sih PNS yang berhak menerima gaji ke-14 tersebut?

Menurut Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Herman Suryatman mengatakan, gaji ke-14 merupakan pengganti kenaikan gaji per tahun yang diberikan pada PNS. Gaji ke-14 tersebut diberikan kepada PNS aktif dan pensiunan.?

"Gaji ke-14 adalah pengganti kenaikan gaji berkala PNS, rencananya akan diberikan sebelum Lebaran, sebesar gaji pokok. Yang akan menerima PNS dan pensiunan," kata dia kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (13/4/2016)

Namun, dia menambahkan, untuk pensiunan hanya akan menerima gaji ke-14 setengah dari gaji pokok yang diterima.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani, ?memastikan gaji ke-14 akan dibayarkan lebih dulu dibanding gaji ke-13.
Alasannya, gaji ke-13 diberikan untuk membantu PNS membayar kebutuhan pendidikan keluarga atau anaknya saat memasuki tahun ajaran baru.

"Gaji ke-13 itu buat sekolah, jadi kemungkinan lebih lambat. Sedangkan gaji ke-14 atau THR diberikan untuk keperluan Lebaran. Jadi pencairan dan pembayarannya lebih dulu dari gaji ke-13," jelas Askolani.

Ketika ditanyakan mengenai pencairan gaji ke-14, apakah di Juli, Askolani belum dapat memastikannya karena harus menunggu aturan.

"Pokoknya ancang-ancangnya itu (Lebaran). Bulannya saya belum tahu, karena harus lihat aturannya dulu," ujar dia.
Askolani mengemukakan, sebagai pengganti kenaikan gaji PNS/Aparatur Sipil Negara (ASN) 2016 berupa pemberian gaji ke-14, pemerintah sudah menganggarkan dana Rp 6 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016

Woooowww....PNS Akan Terima 3 Kali Gaji Sekaligus Tahun Ini

PNS Akan Terima 3 Kali Gaji Sekaligus Tahun Ini - Kabar Gembira kali ini untuk para Pegawai Negeri Sipil PNS yang dikabarkan akan mendapatkan 3 kali gaji sekaligus, selain gaji Pokok yang rutin diterima Para PNS ada juga gaji ke 13 dan Gaji Ke- 14 atau THR ( Tunjangan Hari Raya).

Khusus Pemerintah Provinsi NTT, saat ini jumlah PNS yang sekarang diganti jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) mencapai 6.824 orang. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT Emanuel Kara mengakui hal tersebut.

“Jumlah itu per tahun 2015,” sebut Emanuel Kara, seperti dilansir

Jika dijumlahkan gaji pokok dan tunjangan, total dana yang dibutuhkan untuk mambayar 6.824 ASN tersebut mencapai Rp 25 miliar per bulan. Nah, gaji ke-13 dan ke-14 dengan perhitungan yang sama, maka totalnya mencapai Rp 50 miliar. Dana tersebut merupakan dana alokasi umum (DAU) yang dialokasikan dari APBN.

Download Aplikasi Administrasi Ujian Sekolah SD, SMP, SMA Lengkap dan Praktis

Aplikasi Administrasi Ujian Sekolah SD, SMP, SMA Lengkap dan Praktis - Rutinitas yang sering dilakukan oleh sekolah dan menjadi agenda resmi yaitu Ulangan Sekolah seperti Ulangan Tengah Semester ( UTS) dan Ulangan  Akhir Semester (UAS), Dalam pelaksanaanya bukan saja memberikan soal Ulangan kepada siswa, namun tentunya ada Administrasi Ujian yang harus diisi oleh sekolah dan harus di laporkan juga, selain itu Hasil dari ulangan tersebut diantaranya akan di masukan kedalam raport.

Dalam membuat Administrasi Ujian Sekolah tentu sobat ingin membuatnya dengan mudah dan sesimple mungkin, nah untuk membantu pekerjaan sobat baik itu sebagai Panitia Pelaksana Ujian Sekolah ataupun sebagai Operator Sekolah untuk mencoba Software Administrasi Ujian Sekolah, baik itu di tingkat Sekolah Dasar (SD), SLTP, SLTA (SMA) yang bisa membantu pekerjaan Sobat


Download Aplikasi Administrasi Ujian Sekolah SD, SMP, SMA Lengkap

Fitur-fitur yang tersedia dalam Aplikasi Ujian Sekolah ini diantaranya adalah:
  1. Menginputkan Data Peserta UAS/UTS
  2. Menentukan Pembagian Ruang
  3. Membuat Kartu Peserta Ujian
  4. Jadwal UAS/UTS
  5. Daftar Peserta untuk Setiap ruang
  6. Nomor Tempel di Meja
  7. Daftar Hadir Peserta
  8. Denah Ruang Ujian
  9. Denah Duduk
  10. Pembuatan Jadwal Pengawas
  11. Daftar Nama Pengawa
  12. Berita Acara Ujian
  13. Tata Tertib Ujian
  14. Daftar Hadir Pengawas
  15. Sampul Soal Ujian
  16. Label Ruangan
  17. Dokumen Serah terima lembar jawaban
  18. Daftar Nilai
Tampilan Aplikasi Administrai Ulangan Sekolah
Demikianlah  Aplikasi Administrai Ujian Sekolah semoga bisa membantu pekerjaan sobat dalam membuat administrasi ujian sekolah.



Pendaptar PTN Jalur seleksi kurang peminat, Apa karena ....

Pendaptar PTN Jalur seleksi kurang peminat - Minat siswa untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih kurang. Ini dilihat dari jumlah pelamar yang mendaftar lewat jalur seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN) sangat sedikit.

Sejak pendaftaran SNMPTN dibuka pada 29 Februari, baru 315.715 siswa yang terdaftar hingga pagi ini, Senin (7/3). Dari jumlah tersebut, pendaftaran yang sudah finalisasi sebanyak 219.905.

"Iya memang masih sedikit sekali yang daftar. Tadi malam malah penambahannya hanya 20 ribu orang jadi persentase kenaikannya tidak signifikan sehingga posisinya masih sekitar 30-31 persen," kata‎ Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Humas ‎SNMPTN 2016 Bambang Hermanto kepada JPNN, Senin (‎7/3).

Dia menambahkan, dari jumlah siswa lulusan 2016 2.069.709, hanya 1.362.849 yang boleh mendaftar SNMPTN. Itu sebabnya, 1,3 juta siswa ini diharapkan segera melakukan pendaftaran.

"Hanya 1,3 juta lebih siswa yang lulus pemeringkatan dan berhak mendaftar diri lewat jalur SNMPTN," tandasnya.

sumber : JPNN