Kriteria pelamar yang diprioritaskan pada pengangkatan CPNS

Pendaptaran CPNS dibuka bulan Juli - Berikut ini merupakan informasi Pengangkatan CPNS 2016 yang didapatkan oleh admin. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi mengatakan ada beberapa kriteria bagi pelamar umum di luar sekolah kedinasan dan kesehatan, untuk menjadi prioritas dalam perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2016.

Kriteria ini diperlukan untuk menyaring CPNS yang berkualitas, baik dari sisi pengetahuan maupun integritasnya. Sehingga PNS akan terbebas dari segala bentuk tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Proses rekrutmen harus sesuai dengan ketentuan UU. Kita harus menjamin proses seleksi tersedianya SDM aparatur yang berintegritas, berpengetahuan luas, dan profesional. Jadi mau tidak mau seleksi akan sangat ketat dibanding masa sebelumnya,” kata Yuddy di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/5).


Kriteria pelamar yang diprioritaskan pada pengangkatan CPNS bulan Juli 2016


Dia menyebutkan, pelamar umum yang didahulukan adalah sarjana-sarjana berprestasi dari perguruan tinggi ternama, baik negeri maupun swasta. Sebisa mungkin, perguruan tinggi tersebut memiliki akreditasi A dengan program studi yang telah mendapat sertifikasi baik.

“Mahasiswanya juga mendapat Indeks Prestasi (IP) cumlaude, yaitu 3,75. Ini akan kita cari dan kita umumkan, kita akan berikan formasi khusus,” imbuhnya.

Yuddy menambahkan, pengumuman pendaftaran CPNS akan dilakukan pada bulan Juli 2016, dilanjutkan dengan proses rekrutmen pada bulan Agustus 2016. Sehingga pada bulan Oktober dan November bisa langsung dilihat siapa saja yang lolos menjadi PNS tahun 2016.

“Perkiraan saya pelamar umum 10 ribuan. Mahasiswa berprestasi sekurang-kurangnya 10 persen. semua bidang yang dibuka pemerintah untuk penerimaan CPNS bisa diisi,” jelasnya.

Kementerian Keuangan tahun ini hanya mengalokasi 81.000 kursi penerimaan pegawai pemerintah yang terbatas di sektor pendidikan, kesehatan, penegak hukum dan sektor penunjang program unggulan nawacita.

Dari total alokasi tersebut, sekitar 43.000 di antaranya sudah dialokasi bagi tenaga kesehatan, 11.000 bagi sekolah kedinasan, dan 5.000 bagi guru garis depan yang akan diambil dari sarjana lulusan universitas ternama. Sementara sisanya akan dialokasikan bagi tenaga peneliti, penegak hukum, tenaga ketahanan pangan dan lain sebagainya.
Demikian Informasi seputar pengangkatan CPNS Untuk Umum semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua
Sumber: merdeka.com

Surat Ijin Operasional Sekolah Hilang Ini Solusinya

Surat Ijin Operasional Sekolah Hilang - Surat Ijin Operasional Sekolah adalah merupakan sebuah surat penting dan bagian dari dokumen sekolah. Surat ini merupakan seurat yang dikelurakan oleh pemerintah berkaitan dengan dimulainya operasional sekolah tersebut. Sehingga setiap sekolah pasti memiliki surat ijin operasional sekolah ini.

Namun permasalahnya adalah tidak semua sekolah masih memiliki surat ini. Hal ini disebabkan, Surat Ijin Operasional Sekolah menjadi dokumen lama. Misalnya sebuah sekolah, surat ijin operasional diperoleh pada tahun 1978, maka surat tersebut rentan hilang atau rusak termakan usia.
Lalu bagaimana jika itu terjadi? Ini solusinnya.
Jika Surat Izin Operasional Sekolah sudah hilang atau rusak, utamanya  bagi sekolah yang sudah lama berdiri, maka langkah-langkah yang  dapat ditempuh adalah :
  1. Mencari di arsip daerah, mungkin masih saja ada tersimpan.
  2. Jika tidak ditemukan maka Dinas Pendidikan Kab/Kota bisa membuatkan  izin operasional baru, baik kolektif maupun per sekolah.
  3. Dinas Pendidikan Kab/Kota diberi kewenangan untuk memberikan surat izin operasional baru.
Surat Ijin Operasional Sekolah merupakan salah satu kelengkapan yang harus diupload oleh pihak sekolah dalam rangka melengkapi Data Spasial sekolah dan merupakan bagian dari persyaratan agar sertifikat Nomor Pokok Sekolah Nasional bisa dikeluarkan.


Kemudian, cara untuk melakuakn update data sekolah dalam kaitannya dengan data spasial sekolah bisa dilakukan dengan cara dibawah ini.
  1. Silahkan copy paste alamat ini, lalu ganti nomor NPSN sesuai dengan sekolah masing-masing. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=203*****  . Digit terakhir saya samarkan demi kenyamanan bersama.
  2. Klik pada tab Dokumen dan Perijinan, maka akan bisa dilihat apakah dokumen tersebut telah dipenuhi. Jika belum, segera update saja dengan klik tombol biru seperi gambar.

  3. Login dengan username dan pasword sesuai dengan login Dapodik atau Verval NISN.
  4. Setelah berhasil login,
  5. Segera lakukan update dengan mengupload dokumen Surat Ijin Operasional Sekolah.
Caranya tidak terlalu sulit. File yang diupload harus berekstensi PDF. 
Silahkan anda cek data-data sekolah pada halaman tersebut, silahkan lengkapi mana data yang belum sempurna, dan itu merupakan bagian dari tugas Update Data Spasial Sekolah. Dimana Surat Ijin Operasional Sekolah merupakan dokumen utama dan wajib. [ Info Kepegawaian ]

Artikel Lainnya :
surat ijin operasional disnaker
proposal ijin operasional sekolah
perpanjangan ijin operasional sekolah
surat izin operasional sekolah
surat izin operasional sekolah negeri
contoh surat izin operasional sekolah
surat permohonan izin operasional sekolah
izin operasional sekolah dasar


Download Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dan Uraian

Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel - Kegiatan analisis soal merupakan kegitan yang merepotkan bagi seorang Guru. Kegiatan menggunakan aplikasi analisis soal pilihan ganda dan uraian adalah kegiatan yang ditujukan untuk mengetahui kemampuan siswa berdasarkan proses evaluasi yang sudah dilaksanakan. Kegiatan evaluasi banyak macamnya, baik Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester, ataupun Ujian Akhir Semester. 

Untuk mempermudah pekerjaan Bapak/Ibu Guru dalam melaksanakan Analisis atas soal yang diberikan kepada siswa, berikut ini adalah Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel. Aplikasi ini dibuat oleh Bapak Margono, S.Pd. Beberapa fitur dalam Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel diantaranya adalah :
  1. Input Data Siswa
  2. Distribus Pengecoh Analisis Butir Soal
  3. Analisis Jawaban Siswa
  4. Ranking Siswa berdasarkan Nilai Tertinggi
  5. Perbaikan Nilai 
  6. Hasil Perbaikan
Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel ini dapat digunakan pada semua jenjang pendidikan baik SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, atau bahka Perguruan Tinggi sekalipun. Berikut ini adalah beberapa tampilan dalam Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel. 


Semoga Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Excel diatas dapat memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam proses Analisis Soal dan penentuan Nilai Siswa pada evaluasi  Kegiatan Ujian/Ulangan. Semoga postingan kali ini bermanfaat, Salam Pendidikan. 

Artikel Lainnya :
analisis butir soal pilihan ganda dan uraian
download analisis butir soal dengan excel
aplikasi analisis butir soal terbaru
contoh analisis soal pilihan ganda dan uraian
software analisis butir soal terbaru
program analisis butir soal
analisis butir soal uraian excel


CONTOH FORMULIR PENDAFTARAN SISWA PAUD

Download contoh formulir pendaftaran paud, download formulir penerimaan siswa baru paud.
Formulir Pendaftaran PAUD ..............................
Nama Lengkap Siswa :
Nomor Induk Siswa ( NIS /NISN ) :                             /
Nama / Jenis Sekolah : PAUD ..................
Program Studi :
Alamat Sekolah : Jl. ........................................
Kec. .............., Kab. ................
A. KETERANGAN PRIBADI
1 Nama Siswa :
a. Nama lengkap :
b. Nama Panggilan :
2 Jenis Kelamin :
3 Tempat dan Tanggal Lahir :
4 Agama :
5 Kewarganegaraan :
6 Anak keberapa :
7 Jumlah Saudara Kandung :
8 Jumlah Saudara tiri :
9 Jumlah Saudara angkat :
10 Anak yatim/piatu/yatim piatu :
11 Bahasa sehari-hari dirumah :
B. KETERANGAN TEMPAT TINGGAL
12 Alamat :
13 Nomor Telepon :
14 Alamat Tersebut  :
15 Jarak dari tempat tinggal ke sekolah :
16 Ke sekolah dengan :
C. KETERANGAN KESEHATAN
17 Golongan Darah :
18 Penyakit yang pernah di derita :
dan dirawat di :
19 Kelainan Jasmani :
20 Tinggi dan berat siswa :
D. KETERANGAN PENDIDIKAN SEBELUMNYA
21 Asal Sekolah
a. SLTP atau yang sederajat :
b. Tanggal dan Nomor STTB :
c. Lama Belajar :
22 Pindah dari Sekolah ini :
Diterima di sekolah ini tanggal :
23 Alasan Pindah :
E. KETERANGAN TENTANG ORANG TUA KANDUNG
23 Nama 
a. Ayah :
b. Ibu :
24 Tempat dan Tanggal lahir
a. Ayah :
b. Ibu :
25 Agama
a. Ayah :
b. Ibu :
26 Kewarganegaraan
a. Ayah :
b. Ibu :
27 Ijazah tertinggi
a. Ayah :
b. Ibu :
28 Pekerjaan
a. Ayah :
b. Ibu :
29 Penghasilan
a. Ayah :
b. Ibu :
30 Alamat Rumah dan Nomor Telepon
31 Masih Hidup/Meninggal Dunia
a. Ayah :
b. Ibu :
F. KETERANGAN TENTANG WALI
32 Nama :
33 Tempat dan Tanggal Lahir :
34 Agama :
35 Kewarganegaraan :
36 Hubungan Keluarga :
37 Ijazah tertinggi :
38 Pekerjaan :
39 Penghasilan / Bulan :
40 Alamat rumah dan nomor telepon :
G. KEGEMARAN
41 Bakat khusus dan prestasi yang menonjol dalam :
a. Kesenian :
b. Pendidikan Jasmani :
c. Kemasyarakatan / Organisasi :
d. Dan Lain-lain :
H. KETERANGAN PERKEMBANGAN SISWA
42 Tahun masuk / terdaftar :
43 Menerima Bea siswa :
44 Tahun meninggalkan sekolah :
45 Alasan :
46 Tamat belajar tahun :
47 Tanggal dan nomor STTB :
48 Melanjutkan pendidikan/Bekerja :
PERHATIAN :
1. Mohon diisi dengan keadaan sesungguhnya.
2. Setelah pengisian selesai harap segera dikirim lewat e-mail dengan alamat : kb.alqudsiah@gmail.com
3. Kalau ada hal-hal yang kurang jelas harap Kirim saran dan kritik anda ke iful_bh@yahoo.co.id.
4. Pengiriman file yang sudah diisi paling lambat : ...................................
5. Diharapkan kerjasamanya.