Download Buku Pembelajaran dan Pedoman Penilaian HOTS

Download Buku Pembelajaran dan Pedoman Penilaian HOTS - Dalam pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) adalah program yang dikembangkan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh pendidik yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain peningkatan kualitas pembelajaran ini merupakan upaya peningkatan kulaitas peserta didik yang pada akhirnya meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guru yang memberikan keterampilan mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.

Guru sebagai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

Pemerintah sendiri mengharapkan para peserta didik dapat mencapai berbagai kompetensi dengan penerapan HOTS atau Keterampilan Bepikir Tingkat Tinggi. Kompetensi tersebut yaitu berpikir kritis (criticial thinking), kreatif dan inovasi (creative and innovative), kemampuan berkomunikasi (communication skill), kemampuan bekerja sama (collaboration) dan kepercayaan diri (confidence). Lima hal yang disampaikan pemerintah yang menjadi target karakter peserta didik itu melekat pada sistem evaluasi kita dalam ujian nasional dan merupakan kecakapan abad 21.

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS) juga diterapkan menyusul masih rendahnya peringkat Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dibandingkan dengan negara lain, sehingga standar soal ujian nasional dicoba ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan.

Perumusan tujuan pembelajaran harus jelas dalam menunjukkan kecakapan yang harus dimiliki peserta didik. Tujuan pembelajaran mengisyaratkan bahwa ada beberapa karakter kecakapan yang akan dikembangkan guru dalam pembelajaran. Selain itu, tujuan pembelajaran ini juga bertujuan untuk menguatkan pilar pendidikan.  

Pada Media pembelajaran tidak terpisahkan dari proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang menjadi tuntutan dalam pembelajaran. Media/alat pembelajaran sebagai sarana bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Media/alat pembelajaran akan mempengaruhi iklim belajar, kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan dikelola oleh guru. Dalam memilih media pembelajaran harus mempertimbangkan prinsip psikologi peserta didik, antara lain motivasi, perbedaan individu, emosi, partisipasi umpan balik, penguatan dan penerapan. Penggunaan media/alat pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu. Untuk lebih jelasnya bagi yang memerlukan Buku tentang pedoman penilaian dan pembelajaran HOTS, silahkan download link di bawah ini semoga bisa bermanfaat.




Download Contoh Soal UTS Ganjil Matematika Kelas 3 Tahun 2019 / 2020

Sudah sejauh mana persiapan kamu dalam menghadapi Ujian Tengah Semester awas jangan bilang belum ada persiapan sama ya, karena segala sesuatu kalau tanpa persiapan tentunya hasilnya juga kurang memuaskan bahkan bisa saja hasil yang buruk akan kamu dapatkan.
Untuk itu tentunya harus Ada beberapa bekal yang harus kamu siapkan saat berjuang di UTS nanti. Seperti menjaga kesehatan, rajin ibadah, istirahat yang cukup,sarapan sebelum ke sekolah,  kamu juga harus membekali diri dengan latihan-latihan soal tentunya. 
Terlebih mata pelajaran matematika. Pasti di pikiran kamu yang terlintas ialah kesulitan-kesulitan yang tiada akhir, serta soal-soal matematika yang sangat sulit. Nah, pada kesempatan kali ini Infoptkonline kamu bisa memperdalam pemahaman kamu dengan contoh soal latihan untuk Ujian Tengah Semester untuk mata pelajaran matematika kelas 3. keep scroll ya teman.

Download Contoh Soal UTS Ganjil Matematika Kelas 3 Tahun 2019 / 2020


1.      Lambang bilangan empat ribu sembilan ratus dua adalah ...
a.   4.092                           c.  4.902
b.   4.920                           d.  4.029

2.      Bilangan yang terletak diantara 923 dan 925 adalah ...
a.   924                              c.  922
b.   926                              d.  925

3.      5.875,  5.758,  5.857,  5.785,  5.578
    Urutan bilangan diatas dari yang terkecil adalah ...
a.   5.857,  5.578,  5.758,  5.785, 5.875
b.   5.578,  5.758,  5.785,  5.857, 5.875
c.   5.578,  5.758,  5.857,  5.875, 5.785
d.   5.785,  5.758,  5.875,  5.857, 5.578

4.      Dari kelompok bilangan :
    3.544,  2.890,  5.390,  4.793,  5805  yang paling besar adalah ...
a.   3.544                           c.  5.805
b.   4.793                           d.  5.390

5.      Perhatikan garis bilangan berikut!

Angka yang tepat untuk melengkapi titik - titik diatas adalah ...
a.   116 dan 117           c.  116 dan 120
b.   117 dan 121           d.  117 dan 118

6.      Perhatikan baris bilangan berikut!
    2, 5, 8, 11, 14, 17, 20, 23,  ...
    Suku ke-10 dari baris bilangan diatas adalah ...
a.   20                                c.  29
b.   26                                d.  32

7.      Bilangan ganjil yang terletak diantara bilangan 320 dan 323 adalah ...
a.   320                              c.  322
b.   321                              d.  324

8.      Perhatikan barisan geometri berikut!
    Barisan selanjutnya adalah ...

9.      Bilangan berikut yang berada disebelah kiri 554, kecuali...
    a.   553                             c.  550
b.   555                             d.  552

10.   Barisan bilangan loncat 5 dimulai dari 6 berikut ini yang benar adalah ...
a.   5, 6, 7, 8, ...             c.  6, 10, 14, ...
b.   5, 10, 15, ...             d.  6, 11, 16, ...

11.   Angka 6 pada bilangan 7.653 menempati nilai tempat ...
a.   satuan                          c.  ratusan
b.   puluhan                        d.  ribuan

12.   Jumlah nilai angka 5 dan 7 pada bilangan 527 adalah ...
a.   57                                c.  507
b.   12                                d.  700

13.   Hasil dari 537 + 3.443 adalah ...
a.   3.980                           c.  3.990
b.   3.890                           d.  3.880

14.   Hasil pengurangan 7.564 - 693 = ....
a.   6.871                           c.  6.981
b.   7.061                           d.  7.861

15.   Pak Andikamemelihara ikan pada dua buah kolam apung di danau Lahor. Pada saat panen, kolam pertama menghasilkan 5.871 ekor. Kolam kedua menghasilkan 3.965 ekor. Jumlah ikan yang dipanen Pak Andikaseluruhnya ada ... ekor
a.   9.736                           c.  8.936
b.   9.836                           d.  8.836

16. Firja memiliki 624 butir kelereng. Agung memiliki 553 butir kelereng. Selisih kelereng mereka adalah ...
a.   177                              c.  71
b.   1.177                           d.  171

17.   4.076 - ... = 1.426
    Angka yang tepat untuk mengisi titik - titik diatas adalah ...
a.   2.050                           c.  2.550
b.   2.500                           d.  2.650

18.   Bilangan 8.654 = ...
a.   8 satuan + 6 puluhan + 5 satuan + 4 ribuan
b.   8 ribuan + 6 puluhan + 5 satuan + 4 ratusan
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Selengkapnya, download soal ujian tengah semester ganjil / UTS 1
Matematika
Kelas 3 SD/MI Semester 1 Kurikulum KTSP Terbaru Tahun 2019

Contoh Soal UTS Ganjil Matematika Kelas 1

Contoh Soal UTS Ganjil Matematika Kelas 1  - Sudah sejauh mana persiapan kamu dalam menghadapi Ujian Tengah Semester awas jangan bilang belum ada persiapan sama ya, karena segala sesuatu kalau tanpa persiapan tentunya hasilnya juga kurang memuaskan bahkan bisa saja hasil yang buruk akan kamu dapatkan.
Untuk itu tentunya harus Ada beberapa bekal yang harus kamu siapkan saat berjuang di UTS nanti. Seperti menjaga kesehatan, rajin ibadah, istirahat yang cukup,sarapan sebelum ke sekolah,  kamu juga harus membekali diri dengan latihan-latihan soal tentunya. 
Terlebih mata pelajaran matematika. Pasti di pikiran kamu yang terlintas ialah kesulitan-kesulitan yang tiada akhir, serta soal-soal matematika yang sangat sulit. Nah, pada kesempatan kali ini Infoptkonline kamu bisa memperdalam pemahaman kamu dengan contoh soal latihan untuk Ujian Tengah Semester untuk mata pelajaran matematika kelas 1. keep scroll ya teman.

Soal Ujian Tengah Semester Ganjil (UTS 1)

Kelas 1 SD/MI
Mata Pelajaran : Matematika
Tahun Pelajaran : 2017/2018

1.     Lambang bilangan tujuh belas ditulis ...
a.  7                      c.  17
b.  71

2.      Bilangan disamping dibaca ...
a.  enam              c.  delapan
b.  tujuh

3.     Banyak payung pada gambar disamping adalah ...
a.  16                   c.  12
b.  8
                                                 
4.     Bilangan 9, 11, 7, 10, 8 bila diurutkan dari yang terkecil adalah ...
a.  8, 10, 7, 11, 9
b.  7, 8, 9, 10, 11
c.   10, 11, 7, 8, 9

5.     Dari bilangan 19, 10, 12, 5, 17 yang paling besar adalah ...
a.  5                      c.  19
b.  10

6.     Valen memiliki 12 pensil.
Anggi memiliki 15 pensil.
Pensil Valen ... dari pada pensil Anggi
a.  lebih sedikit   c.  sama banyak
b.  lebih banyak

7.      Hasil dari 5 + 7 = ...
a.  10                    c.  12
b.  11

8.     (2 + 3) + 5 = ...
a.  5            b.  10            c.  15

9.      Bentuk penjumlahan yang benar dari gambar diatas adalah ...
a.  7 + 3 = 10                  
b.  6 + 3 = 9
c.   7 + 4 = 10

10.   Hasil dari pengurangan diatas adalah ...
a.  10                                c.  14
b.  16

11.  (12 - 7) - 5 = ...
a.  2                                  c.  1
b.  0

12.  Agung memiliki 9 buku tulis.
Membeli lagi 2 buku tulis.
Buku tulis Agung seluruhnya ada ....
a.  11                                c.  20
b.  15

13.  Firja memelihara 18 ekor ayam.
Hari ini dijual 10 ekor
Ayam Firja sekarang ada .... ekor
a.  5                                  c.  16
b.  8

14.  (4 + 5) - 8 = ...
a.  1                                  c.  3
b.  2

15.  (7 + 3) .... (15 - 5)
a.  >             b.  <              c.  =

16.  Deva memiliki 17 butir kelereng
Yosel memiliki 8 butir kelereng
Fahri memiliki 10 butir kelereng
Urutan nama - nama diatas dari yang kelerengnya paling banyak adalah ...
a.  Yosel, Fahri, Deva
b.  Deva, Fahri, Yosel
c.   Fahri, Yosel, Deva

Selengkapnya, download soal ujian tengah semester ganjil / UTS 1 Matematika Kelas 1 SD/MI Semester 1 Kurikulum KTSP Terbaru Tahun 2017
Unduh Sekarang