Pemahaman Spasial dalam sistem informasi tentu sangat terkait dengan Wilayah, Sumber Daya, dan Konten yang akan diangkat menjadi isu atau analisis khususnya pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu aset negara yang harus dipahami sebagai tanggung jawab bersama, pemerintah dan masyarakat
Perbedaan dalam penyusunan strategi untuk pengelolaan pendidikan, salah satu referensi adalah adanya perbedaan pola dan karakteristik daerah, dengan menempatkan Wawasan Nusantara sebagai dasar atau titik tolak penyusunan strategi pendidikan di daerah. Perbedaan ini, salah satunya disebabkan oleh tumbuh kembangnya kondisi setempat, dan pengaruh dari tempat lain karena faktor letak geografis yang memunculkan saling interaksi antar lokasi.
Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan rekonsilidasi Data Referensi Wilayah sampai tingkat kecamatan, antara data Kemendikbud, Kemendagri, BPS dan BIG (Badan Informasi Geospasial). Sumber data rujukan yang digunakan untuk rekonsilidasi Data Referensi Wilayah adalah: BPS 2014 Peraturan Kepala BPS Nomor 151 Tahun 2014 Tentang Kode dan Nama Wilayah Kerja Statistik Tahun 2014 BPS 2015 http://mfdonline.bps.go.id/, KEMENDAGRI 2015 http://www.kemendagri.go.id/pages/data-wilayah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2015 Tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan, KEMENDIKBUD 2015 http://referensi.data.kemdikbud.go.id, dan BIG Batas Wilayah Administrasi Indikatif bersumber dari peta RBI skala 50.000 berbagai tahun dikompilasi oleh PPBW-BIG pada tahun 2015
Untuk melaksanakan update data atau verifikasi dan validasi data wilayah di daerah masing-masing melalui verval wilayah http://wilayah.data.kemdikbud.go.id/ oleh Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat, atau teman-teman Pengelola Data Pendidikan (Operator Sekolah) langsung menginformasikan ke PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan), yang akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan setempat. Untuk koreksi, hasil dari rekonsilidasi data wilayah dapat dilihat pada: http://pres.data.kemdikbud.go.id.
sumber : http://spasial.data.kemdikbud.go.id
Berbagi Pengetahuan Seputar Dunia Pendidikan , Perangkat Pembelajaran, Info CPNS , Administrasi Sekolah, Berita Pendidikan
PROGRAM KERJA TAHUNAN PRAMUKA
Program Kerja Tahunan Pramuka - Kegiatan Ekstrakulikeuler Pramuka diadakan kebanyakan dari Sekolah Dasar, untuk itu perlu sekali dalam kegiatan ini Administrasinya dilengkapi. salahsatunya yaitu Program kerja Tahunan.
Bagi sobat yang sedang mencari contoh Program kerja tahunan pramuka sobat bisa melihat contohnya berikut ini
Bagi sobat yang sedang mencari contoh Program kerja tahunan pramuka sobat bisa melihat contohnya berikut ini
PROGRAM KERJA TAHUNAN
I. BIDANG KEGIATAN DAN LATIHAN PESERTA DIDIK
- 1. Siaga
- Meningkatkan Latihan Pramuka Siaga dari jenjang :
- Siaga Mula
- Siaga Bantu
- Siaga Tata
- Pencapaian SKK
1) Dua Macam SKK Agama
2) Dua Macam SKK Patriotisme dan seni Budaya
3) Dua Macam SKK Ketangkasan Dan Kesehatan
4) Dua Macam SKK Keterampilan dan Teknik Pembangunan
5) Dua Macam SKK Sosial, Gotong Royong, ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia, dan Lingkungan Hidup.
- Menyiapkan Siaga Garuda sesuai dengan Persyaratan yang berlaku
- Latihan Pemimpin …………………………………………………………….. 1 Kali
- Perkemahan Siaga Hari ……………………………………………………. 2 Kali
- Permainan Bsar Siaga ………………………………………………………. 1 Kali
- Bazar Siaga ……………………………………………………………………….. 1 Kali
- 2. Penggalang
- Pencapaian SKU
- Meningkatkan latihan Pramuka Penggalang dari jenjang :
- Penggalang Ramu
- Penggalang Rakit
- Penggalang Terap
- Pencapaian SKK
1) 2 Macam SKK Agama
2) 2 Macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
3) 2 Macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
4) 2 Macam SKK Keterampilan dan teknik Pembangunan
5) 2 Macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban masyarakat, Perdamaian dunia, dan Lingkungan Hidup.
- Menyiapkan Penggalang Garuda sesuai dengan persyaratan yang berlaku
- Gladian Pemimpin regu ……………………………………. 1 Kali
- Perkemahan Sabtu minggu/ dekat …………………………………… 4 Kali
- Perkemahan/jauh ………………………………….. 2 Kali
- Lomba Tingkat I …………………………………….. 1 Kali
- Bakti Masyarakat …………………………………….. 2 Kali
- Mengikuti Lomba …………………………………….. 4 Kali
- Penyegaran ………………………………….. 4 Kali
II. KEGIATAN BERSAMA DALAM SATUAN GUGUS DEPAN
- Ulang Tahun Gugus depan
- Hari Besar Agama dan Hari-hari Besar Nasional
- Bakti Masyarakat di lingkungan dimana Gugus Depan berada
III. BIDANG PENDIDIKAN ORANG DEWASA
- Mengirimkan Pembina untuk mengikuti pertemuan-pertemuan Pembina yang diselenggarakan Oleh Kwartir Rating
- Mengirimkan Para Pembina untuk mengikuti Kursus Pembina yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang
IV. BIDANG TANDA PANGHARGAAN
Sistem Penghargaan dijalankan sebagaimana mestinya (disesuikan dengan perkembangan jaman)
V. BIDANG SARANA DAN ADMISTRASI
Mengusahakan tersedianya :
- Buku-buku Pegangan Pembina
- Perlengkapan Perindukan Siaga
- Perlengkapan Pasukan Penggalang
- Sanggar Bakti Gugus Depan
- Papan nama Gugus Depan, Stempel surat dan Perangkat buku-buku Administrasi
- Surat perijinan kegiatan dibuat sesuai kebutuhan
- Hendaknya diusahakan asuransi
- Kartu Anggota (KTA) Pembina dan Peserta didik
CONTOH PROGRAM KERJA PRAMUKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Rasionalisasi
Pendidikan untuk membentuk kepribadian peserta didik seperti yang dimaksud dalam tujuan gerakan pramuka tidak dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat secara sekaligus, melainkan harus dilakukan setingkat demi setingkat dalam waktu yang cukup panjang. Sesuai dengan pola umum Gerakan Pramuka maka usaha pendidikan Kepramukaan tersebut harus direncanakan melalui Program kerja. Organisasi Gerakan Kepramukaan adalah merupakan lembaga pendidikan non formal bagi anak-anak dan pemuda, yang bertujuan membantu pengembangan pribadi, watak, dan jiwa sosial para generasi muda kita yang didasarkan pada kesukarelaan, tidak berpolitik dan terbuka bagi semua orang. Kepramukaan telah berkembang sesuai dengan perkembangan anak dan pemuda pada masa kini, seiring dengan berkembangnya kemajuan informasi dan teknologi serta perkembangan masyarakat dewasa ini. Oleh karena itu pendidikan kepramukaan harus dilihat dan diakui sebagai sesuatu yang penting dan strategis bagi pendidikan masyarakat pada umumnya.
Gerakan Kepramukaan adalah suatu bagian dari Organisasi Kepanduan Dunia yang angota-anggotanya dididik menjadi insan yang disiplin, mandiri, bertanggung jawab, berguna bagi sesama umat manusia, serta dapat menjalankan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka. Oleh karena itu pendidikan kepramukaan tidak boleh diserahkan begitu saja kepada orang-orang atau pihak-pihak yang tidak mengerti tentang pendidikan pada umumnya dan keparamukaan pada khususnya, karena hal itu akan menjadikan pendidikan pramuka yang sia-sia dan tidak sesuai dengan harapan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepramukaan Indonesia. Sistem pendidikan dan pembinaan kepramukaan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat sejalan dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepramukaan Indonesia dan Program Kegiatan Sekolah yang diharapkan dapat membentuk manusia berbudi pekerti yang Pancasilais.
Program kerja tahun 2008/2009 akan tetap melanjutkan fungsi kerja Dewan Penggalang sebelumnya untuk mengakomodir serta mengupayakan peningkatan kuantitas peserta didik dengan tidak meninggalkan usaha-usaha peningkatan kualitas pembinaan SDM, leadership, serta skill pada anggota. Evaluasi juga merupakan bagian integral dari setiap kebijakan program yang tak terpisahkan agar nantinya dapat diperoleh gambaran yang jelas tentang keunggulan, kelemahan, peluang dan hambatan terhadap kebijakan yang telah dibuat sehingga dapat diketahui keberhasilan dan usaha yang telah dilakukan.
B. Landasan
a. Keputusan Presiden RI Nomor 104 Tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan
Pramuka
Pramuka
b. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 086 Tahun 2005 Tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
c. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 137 Tahun 1987 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus depan Gerakan Pramuka.
d. Rencana Strategik Gerakan Pramuka 2006 – 2009 “Program Prioritas”.
e. Rencana Strategik Gugus depan “Proyek SJP 18 The best 2016”
f. Rencana Kerja Gugus depan Gerakan Pramuka Kab CiamisPangkalan SMP Negeri18 Bogor Tahun Anggaran 2007 – 2008.
C. Tujuan
1. Menghimpun peserta didik yaitu Pramuka Penggalang dalam kegiatan yang terpola agar mudah dibina dan dikelola.
2. Mengupayakan Gerak Pembinaan dan Pembinaan Pramuka Penggalang yang dititik beratkan pada penigkatan pelatihan-pelatihan guna menyiapkan Pramuka Penggalang menjadi mendiri
3. Mengupayakan fungsi wadah-wdah pembinaan Pramuka Penggalang supaya terpadu dan terarah sehingga memantapkan organisasi dan manajemen yang tanggap, efektif dan efisien.
4. Meningkatkan kedisiplinan, kesadaran dan menyerap nilai-nilai Dasa Dharma dan Tri Satya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Upaya mengadakan fasilitas penggunaan dan pengembangaan Pramuka Penggalang dalam rangka menunjang gerak langkah visi awal dengan lngkah kemandirian Gerakan Pramuka.
6. Meningkatka rasa tanggung jawab dan kebersamaan untuk bekerja sama dalam melaksanakan seluruh kegiatan Pramuka...............
SELENGKAPNYA Sobat bisa download pada Link Berikut ini :
Download Kumpulan Contoh Program Kerja Tahunan Pramuka Lengkap.
SELENGKAPNYA Sobat bisa download pada Link Berikut ini :
Download Kumpulan Contoh Program Kerja Tahunan Pramuka Lengkap.
Diposkan oleh
kang yaya
Label:
Ekstrakulikuler,
guru
Konsep pendidikan PAUD
Pendidikan anak usia dini (PAUD) terpadu memiliki konsep memadukan satuan pendidikan anak usia dini jalur pendidikan nonformal (kelompok bermain, tempat penitipan anak/TPA dan satuan PAUD sejenis) dan jalur pendidikan formal (Taman Kanak-Kanak/TK) ke dalam satu kelembagaan. Namun keterpaduan ini bisa menyisakan masalah, terutama terkait dengan masalah pendidik. Hal ini disebabkan guru TK selama ini masuk dalam skema sertifikasi guru. Sedangkan pendidik kelompok bermain dan TPA belum masuk dalam skema sertifikasi guru.
Mengacu pada UU nomor 14 Tahun 2005 guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dan kepada mereka inilah program sertifikasi guru diberlakukan, bukan belum pada guru pada PAUD satuan pendidikan nonformal (kelompok bermain/TPA).
Sementara itu pembentukan lembaga PAUD terpadu merupakan upaya untuk meniadakan dikotomi antara PAUD jalur pendidikan formal dan PAUD pendidikan nonformal. Disamping itu, PAUD Terpadu dirilis pemerintah guna meningkatkan angka partisipasi dari 56 persen pada saat ini menjadi 75 persen pada 2015. Upaya yang dilakukan bekerjasama dengan pemerintah daerah, ormas perempuan hingga pemilik taman kanak-kanak (TK). Saat ini lembaga PAUD terpadu sudah mulai tumbuh dan berkembang. Bahkan ada beberapa daerah yang sudah meregulasi lembaga PAUD terpadu dalam peraturan bupati/walikota.
Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/kota pun dalam hal ini juga berhati-hati dalam menanggapi persoalan ini. Kondisi akan berbeda jika menyangkut guru TK yang berstatus sebagai PNS karena mereka ada di basis data dinas sejak awal. Guru TK swasta diberi ruang dan hak yang sama dengan guru TK PNS dalam program sertifikasi guru. Hal inilah yang bisa memicu adanya upaya memasukkan guru PAUD ke dalam program sertifikasi guru. Padahal guru PAUD menurut UU Nomor 14 Tahun 2005 tidak bisa dikategorikan guru (jalur pendidikan formal) yang kemudian diikutkan dalam program sertifikasi. Sementara itu dalam Permendiknas nomor 58 Tahun 2009, jelas bahwa pendidik PAUD jalur pendidikan nonformal juga disebut sebagai guru jika sudah memenuhi kualifikasi.
Persoalannya, jika diloloskan bisa memicu persoalan hukum, namun jika tidak diloloskan akan menimbulkan kecemburuan karena dalam satu lembaga PAUD terpadu.
Mengacu pada UU nomor 14 Tahun 2005 guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dan kepada mereka inilah program sertifikasi guru diberlakukan, bukan belum pada guru pada PAUD satuan pendidikan nonformal (kelompok bermain/TPA).
Kenyataan di lapangan, pendidik PAUD jalur nonformal oleh anak-anak dan masyarakat juga dipanggil dengan sebutan guru. Demikian pula jika merujuk pada Permendiknas nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, pendidik pada jalur pendidikan nonformal terdiri atas guru, guru pendamping dan pengasuh. Sebutan guru bagi pendidik PAUD yang memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi guru sebagaimana diatur dalam Permendiknas nomor 16 Tahun 2007. Sedangkan pendidik PAUD yang belum memenuhi kualifikasi disebut sebagai guru pendamping.
Sementara itu pembentukan lembaga PAUD terpadu merupakan upaya untuk meniadakan dikotomi antara PAUD jalur pendidikan formal dan PAUD pendidikan nonformal. Disamping itu, PAUD Terpadu dirilis pemerintah guna meningkatkan angka partisipasi dari 56 persen pada saat ini menjadi 75 persen pada 2015. Upaya yang dilakukan bekerjasama dengan pemerintah daerah, ormas perempuan hingga pemilik taman kanak-kanak (TK). Saat ini lembaga PAUD terpadu sudah mulai tumbuh dan berkembang. Bahkan ada beberapa daerah yang sudah meregulasi lembaga PAUD terpadu dalam peraturan bupati/walikota.
Namun demikian upaya yang baik ini bisa menyisakan persoalan, yaitu adanya kecemburuan antara guru TK dan guru PAUD nonformal. Kondisi ini sudah ditengarai adanya upaya memasukkan guru PAUD jalur pendidikan nonformal ke dalam kelompok guru TK oleh lembaga PAUD yang diselenggarakan oleh masyarakat. Hal tersebut sebagai upaya untuk menghilangkan kecemburuan di antara keduanya.
Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/kota pun dalam hal ini juga berhati-hati dalam menanggapi persoalan ini. Kondisi akan berbeda jika menyangkut guru TK yang berstatus sebagai PNS karena mereka ada di basis data dinas sejak awal. Guru TK swasta diberi ruang dan hak yang sama dengan guru TK PNS dalam program sertifikasi guru. Hal inilah yang bisa memicu adanya upaya memasukkan guru PAUD ke dalam program sertifikasi guru. Padahal guru PAUD menurut UU Nomor 14 Tahun 2005 tidak bisa dikategorikan guru (jalur pendidikan formal) yang kemudian diikutkan dalam program sertifikasi. Sementara itu dalam Permendiknas nomor 58 Tahun 2009, jelas bahwa pendidik PAUD jalur pendidikan nonformal juga disebut sebagai guru jika sudah memenuhi kualifikasi.
Persoalannya, jika diloloskan bisa memicu persoalan hukum, namun jika tidak diloloskan akan menimbulkan kecemburuan karena dalam satu lembaga PAUD terpadu.
Kondisi ini perlu diantisipasi oleh berbagai pihak dengan membuat terobosan kebijakan untuk mengurangi kesenjangan kesejahteraan antara guru TK dan pendidik PAUD pada lembaga PAUD terpadu. Misalnya dengan memberikan tunjangan atau bantuan kepada pendidik PAUD jalur pendidikan nonformal. Namun demikian upaya untuk memasukkan guru PAUD ke dalam program sertifikasi tetaplah terbuka mengingat sudah diakui dengan sebutan guru dalam Permendiknas nomor 58 Tahun 2009, hanya masih diperlukan perangkat peraturan lagi yang menegaskan guru PAUD nonformal dalam skema sertifikasi guru.
Download Contoh Silabus Kurikulum 2013
Kali ini admin ingin berbagi sedikit contoh silabus kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013 yang sering disebut dengan KURTILAS, Bagi sobat yang membutuhkan silabus terbaru lengkap maka postingan saya kali ini mungkin akan berguna bagi sobat
Contoh silabus lengkap ini sudah dijadikan satu dari kelas 1 s/d kelas 6. Dan semoga dapat membantu dalam melengkapi Administrasi yang harus disediakan oleh kawan-kawan semua dalam proses belajar mengajar di sekolah.
Contoh silabus lengkap ini sudah dijadikan satu dari kelas 1 s/d kelas 6. Dan semoga dapat membantu dalam melengkapi Administrasi yang harus disediakan oleh kawan-kawan semua dalam proses belajar mengajar di sekolah.
Silahkan unduh disini DOWNLOAD SILABUS KURIKULUM 2013
Cara Mengetik Cepat dan Tepat dengan 10 jari
Cara mengetik Cepat - Bagi sobat yang kerjaannya berhubungan dengan komputer maka mengetik merupakan santapan setiap saat, namun terkadang kita kesulitan untuk mengetik, apalagi orang yang baru mengenal komputer jangankan untuk mengetikm, mencari hurup pada keyword pun masih kelimpungan heheh
Sobat mungkin pernah melihat orang mengetik dengan cepat bahkan banyak orang yang mengetik tanpa melihat keyboard ( biasanya di Film Hollywood) mereka sangat mahir mengetik tentu ada proses belajar mengetik nya, dari tahap pengenalan hurup pada keyboard sampai dengan mengetik menggunakan 10 jari.
yang jadi pertanyaan, Apakah sobat sudah menggunakan 10 jari untuk mengetik atau menggunakan 2-3 jari?
Jika sobat masih menggunakan 2-3 jari mungkin sobat akan susah mengetik dengan cepat atau bahkan sobat akan kesulitan dengan mengetik tanpa melihat keyboard tentunya jika dibandingkan dengan mengetik dengan 10 jari.
Jika sobat ingin belajar mengetik cepat tentu harus merubah kebiasaan yang tadinya hanya menggunakan 2-3 jari maka sekarang coba beralih dengan menggunakan 10 jari, pada awalnya memang agak kaku tapi jika dibiasakan dan terus belajar maka dengan sendirinya kecepatan mengetik sobat akan terus meningkat bahkan sobat bisa mengetik tanpa melihat keyboard
Nah untuk mempermudah belajar mengetik dengan cepat menggunakan 10 jari maka gunakanlah softwareTyping Master
Jika ingin mencoba silahkan klik link berikut
Jangan lupa terus belajar menggunakannya dan sobat bisa melihat hasilnya dan test kecepatan mengetik sobat
Semoga bisa membantu
Sobat mungkin pernah melihat orang mengetik dengan cepat bahkan banyak orang yang mengetik tanpa melihat keyboard ( biasanya di Film Hollywood) mereka sangat mahir mengetik tentu ada proses belajar mengetik nya, dari tahap pengenalan hurup pada keyboard sampai dengan mengetik menggunakan 10 jari.
yang jadi pertanyaan, Apakah sobat sudah menggunakan 10 jari untuk mengetik atau menggunakan 2-3 jari?
Jika sobat masih menggunakan 2-3 jari mungkin sobat akan susah mengetik dengan cepat atau bahkan sobat akan kesulitan dengan mengetik tanpa melihat keyboard tentunya jika dibandingkan dengan mengetik dengan 10 jari.
Jika sobat ingin belajar mengetik cepat tentu harus merubah kebiasaan yang tadinya hanya menggunakan 2-3 jari maka sekarang coba beralih dengan menggunakan 10 jari, pada awalnya memang agak kaku tapi jika dibiasakan dan terus belajar maka dengan sendirinya kecepatan mengetik sobat akan terus meningkat bahkan sobat bisa mengetik tanpa melihat keyboard
Nah untuk mempermudah belajar mengetik dengan cepat menggunakan 10 jari maka gunakanlah softwareTyping Master
Jika ingin mencoba silahkan klik link berikut
Jangan lupa terus belajar menggunakannya dan sobat bisa melihat hasilnya dan test kecepatan mengetik sobat
Semoga bisa membantu
Diposkan oleh
kang yaya
Label:
Office Excel,
Office Word
Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dana BSM/KIP Secara Kolektif
Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dana BSM/KIP - Bantuan Siswa Miskin terus berjalan sebagai bantuan untuk siswa yang kurang mampu, namun untuk pengambilan dana BSM atau KIP tentu ada persyaratan yang musti dipersiapkan oleh orang tua atau Sekolah, Seperti photo copy raport, Surat Keterangan dari sekolah, Surat Keterangan Tidak mampu dan lain-lain.
Namun untuk mempermudah pengambilan BSM/KIP tersebut bisa saja dilakukan oleh sekolah yang bersangkutan tetapi harus melampirkan Surat Kuasa dari Orang tua/ wali siswa yang mendapat bantuan tersebut.
Untuk contoh surat kuasa pengambilan dana BSM bisa sobat lihat atau download pada link dibawah ini
Semoga bermanfaat
Namun untuk mempermudah pengambilan BSM/KIP tersebut bisa saja dilakukan oleh sekolah yang bersangkutan tetapi harus melampirkan Surat Kuasa dari Orang tua/ wali siswa yang mendapat bantuan tersebut.
Semoga bermanfaat
Diposkan oleh
kang yaya
Download RPP Tematik KTSP SD Kelas 3 Lengkap
Beberapa waktu yang lalu, RPP KTSP untuk kelas 1 dan kelas 2 udah ane share, nah sekarang ane akan share Contoh RPP Tematik KTSP Kelas 3, jadi jika sobat sedang mencari Contoh RPP kelas 3 maka postingan ini tentu akan sangat membantu.
Bagi seorang guru selain mengajar juga harus melengkapi administrasi kelasnya, salah satunya yaitu RPP yang harus dipersiapkan sebelum proses belajar mengajar.
Untuk Contoh RPP Kelas 3 semester 1 dan Semester 2 bisa sobat download pada link Berikut ini
Semester I
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Tempat Umum
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pengalaman
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Lingkungan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kesehatan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegiatan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Hiburan
Semester II
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pertanian
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kerajinan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Keperluan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegemaran
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Permainan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pendidikan
Semoga Contoh RPP Tematik SD Kelas 3 ini bermanfaat bagi sobat
Bagi seorang guru selain mengajar juga harus melengkapi administrasi kelasnya, salah satunya yaitu RPP yang harus dipersiapkan sebelum proses belajar mengajar.
Untuk Contoh RPP Kelas 3 semester 1 dan Semester 2 bisa sobat download pada link Berikut ini
Semester I
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Tempat Umum
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pengalaman
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Lingkungan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kesehatan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegiatan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Hiburan
Semester II
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pertanian
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kerajinan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Keperluan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegemaran
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Permainan
RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pendidikan
Semoga Contoh RPP Tematik SD Kelas 3 ini bermanfaat bagi sobat
Cara Instal Dapodik terbaru Dengan Baik Dan Benar
Berbicara Cara instal Dapodik dengan baik dan benar mungkin sobat pernah menemukan postingan cara instal dapodik di internet, namun masih saja ada yang sedikit kebingungan bagaimana cara instal dapodik terbaru jika sudah terinstal dapodik versi lama
Bagi yang belum terinstal dapodik versi lama, tentu sangat mudah untuk menginstal dapodik versi terbaru yaitu versi 4.00, tetapi jika pada komputer sobat sudah terintal dapodik versi lama maka sebelum menginstal versi baru sobat harus mengunistal dulu versi lamanya baru setelah komputer di restart sobat bisa menginstal dapodik instaler versi terbarunya
Adapun langkah-langkah instal dapodik versi terbaru yaitu :
semoga bisa membantu
Bagi yang belum terinstal dapodik versi lama, tentu sangat mudah untuk menginstal dapodik versi terbaru yaitu versi 4.00, tetapi jika pada komputer sobat sudah terintal dapodik versi lama maka sebelum menginstal versi baru sobat harus mengunistal dulu versi lamanya baru setelah komputer di restart sobat bisa menginstal dapodik instaler versi terbarunya
Adapun langkah-langkah instal dapodik versi terbaru yaitu :
- Download Aplikasi dapodik versi terbaru
- Download/unduh Prefil dapodiknya jika masih bingung sobat bisa lihat cara download prefil dapodik
- Unistal Dapodik versi lama bisa melalui control panel ( jika pada komputer sobat sudah terinstal dapodik versi lama, jika belum lewati langkah ini
- Masuk ke Drive C => buat Folder baru dan beri nama folder tersebut " prefill_dapodik "
- Kemudian Copy dan pastekan prefil dapodik yang sudah sobat download tadi pada folder prefill_dapodik di drive C
- Jalankan Dapodik instaler yang sudah sobat download
- Selanjutnya tinggal Klik lanjut aja
- Pada menu port klik lanjut saja jangan ada yang di ubah
- Selanjutnya tinggal sobat tunggu sampai proses instal selesai
semoga bisa membantu
Diposkan oleh
kang yaya
Label:
Dapodik,
Operator Sekolah
Download Aplikasi Dapodik versi 4.00 Instaler
Dapodik v4.00 Akhirnya bisa sobat download sekarang ini, Aplikasi dapodik versi 4.00 merupakan update terbaru setelah Dapodik versi 3.03. Pada Dapodik Generasi 4.00 ini ada beberapa perubahan dari versi sebelumnya yaitu versi 3.03
Adapun beberapa perubahannya yaitu :
Dengan telah terbitnya versi baru ini, diharapkan semua operator sekolah SD, SDLB, SMPLB dan SLB memutakhirkan datanya dan melakukan sinkronisasi data sampai dengan tanggal 31 agustus 2015.
Adapun beberapa perubahannya yaitu :
- [Perbaikan] Pelebaran 14 digit pada kolom NRG di Riwayat Sertifikasi
- [Pembaruan] Kolom NPWP Sekolah di Form Sekolah
- [Pembaruan] Memindahkan kolom isian SKHUN ke dalam kolom nomor peserta ujian
- [Pembaruan] Isian No SKHUN untuk jenjang SMP di form Registrasi Peserta Didik
- [Pembaruan] Isian No Peserta UN untuk jenjang SMP di form Registrasi Peserta Didik
- [Pembaruan] Isian No Seri Ijazah di form Registrasi Peserta Didik
- [Pembaruan] migrasi / pemindahan isi data dari kolom SKHUN ke kolom no peserta ujijan
- [Pembaruan] Modul Layanan Khusus Sekolah
- [Pembaruan] Modul Program Inklusi Sekolah
- [Pembaruan] Kolom "Keterangan" pada tabel Prasarana
- [Pembaruan] Kolom "Spesifikasi" pada tabel Sarana
- [Pembaruan] Menu Unduh Daftar Peserta Didik Keluar
- [Pembaruan] Menonaktifkan isian lintang dan bujur di form Sekolah
- [Pembaruan] Modul tambah peserta didik baru/mutasi secara online
- [Pembaruan] Penguncian nama, NUPTK, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan Jenis Kelamin pada data PTK.
- [Pembaruan] Penguncian nama, NISN, Tanggal Lahir, nama ibukandung pada data Peserta DIdik
- [Pembaruan] Penambahan referensi kurikulum pada sekolah SPK
- [Pembaruan] Penambahan referensi kurikulum pada sekolah SLB
- [Pembaruan] Penambahan status gugus di tabel sekolah
- [Pembaruan] Nama Kolom KPS di tabel peserta didik diubah menjadi KPS/KKS/KIP/PKH
- [Pembaruan] pembukaan semester 1 tahun ajaran 2015/2016
- [Pembaruan] penambahan referensi wilayah level desa
- [Pembaruan] modul validasi 2 arah
- [Pembaruan] modifikasi tema warna / tampilan aplikasi
Dengan telah terbitnya versi baru ini, diharapkan semua operator sekolah SD, SDLB, SMPLB dan SLB memutakhirkan datanya dan melakukan sinkronisasi data sampai dengan tanggal 31 agustus 2015.
Diposkan oleh
kang yaya
Label:
Dapodik,
Operator Sekolah
Download RPP Tematik Berkarakter Kelas 1 Lengkap
RPP Tematik Kelas 1 Lengkap - Pada kesempatan kali ini ane akan memposting RPP Tematik khususnya untuk kelas 1, bagi sobat yang sedang mencari referensi untuk membuat RPP Tematik Berkarakter atau hanya ingin melihat contoh RPP
Berikut adalah Contoh RPP Tematik Kelas 1 yang bisa sobat download pada link dibawah ini
1. Download RPP Tema Pengalaman Semester 1
2. Download RPP Tema Kegemaran Semester 1
3. Download RPP Tema Keluarga Semester 1
4. Download RPP Tema Lingkungan Semester 1
5. Download RPP Tema Diri Sendiri Semester 1
6. Download RPP Tema Budi Pekerti Semester 1
7. Download RPP Tema Permainan Semester 2
8. Download RPP Tema Lingkungan Semester 2
9. Download RPP Tema Peristiwa Semester 2
10. Download RPP Tema Kesehatan Semester 2
11. Download RPP Tema Keluarga Semester 2
12. Download RPP Tema Kebersihan Semester 2
13. DownloadRPP Tema Budi Pekerti Semester 2
Itulah RPP Tematik Berkarakter Kelas 1 lengkap yang bisa ane bagikan pada sahabat pengunjung semua, semoga RPP ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Berikut adalah Contoh RPP Tematik Kelas 1 yang bisa sobat download pada link dibawah ini
1. Download RPP Tema Pengalaman Semester 1
2. Download RPP Tema Kegemaran Semester 1
3. Download RPP Tema Keluarga Semester 1
4. Download RPP Tema Lingkungan Semester 1
5. Download RPP Tema Diri Sendiri Semester 1
6. Download RPP Tema Budi Pekerti Semester 1
7. Download RPP Tema Permainan Semester 2
8. Download RPP Tema Lingkungan Semester 2
9. Download RPP Tema Peristiwa Semester 2
10. Download RPP Tema Kesehatan Semester 2
11. Download RPP Tema Keluarga Semester 2
12. Download RPP Tema Kebersihan Semester 2
13. DownloadRPP Tema Budi Pekerti Semester 2
Itulah RPP Tematik Berkarakter Kelas 1 lengkap yang bisa ane bagikan pada sahabat pengunjung semua, semoga RPP ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Download RPP KTSP Berkarakter SD Kelas 6 Lengkap
RPP KTSP Berkarakter Kelas 6 Lengkap - Bagi sebagian besar Sekolah untuk saat ini kembali menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Setelah sebelumnya sudah menjalani perkenalan dengan Kurikulum 2013 atau Kurtilas.
Ketika kembali menggunakan KTSP otomatis kita harus membuat lagi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang menggunakan KTSP.
Untuk memudahkan sobat membuat RPP KTSP khususnya untuk Kelas 6, ane akan share contoh RPP KTSP Berkarakter khusus untuk Kelas 6
Berikut Contoh RPP SD Kelas 6 Lengkap
Ketika kembali menggunakan KTSP otomatis kita harus membuat lagi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang menggunakan KTSP.
Untuk memudahkan sobat membuat RPP KTSP khususnya untuk Kelas 6, ane akan share contoh RPP KTSP Berkarakter khusus untuk Kelas 6
Berikut Contoh RPP SD Kelas 6 Lengkap
- RPP PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
Itulah Contoh RPP SD Kelas 6 dengan menggunakan Kurikulum KTSP, yang bisa sobat jadikan referensi untuk dikembangkan
semoga bermanfaat
Pemerintah Harus Mengubah Pola Pembayaran Tunjangan Profesi Guru
JAKARTA - Anggota Komisi X (bidang pendidikan) DPR Ferdiansyah mengusulkan, pemerintah harus mengubah sistem atau pola pembayaran tunjangan profesi guru (TPG).
Selama ini, kucuran uang TPG dipukul rata, tanpa mempertimbangkan seseorang guru itu memiliki kualitas mengajar yang baik atau tidak. Pembedanya hanya merujuk pada golongan pangkat kepegawaian saja.
"Sistem yang bagus adalah, bagaimana supaya guru-guru penerima TPG itu bersemangat mengembangkan diri," katanya di komplek DPR kemarin.
Politikus Partai Golkar itu menuturkan, Kemendikbud atau Kemenag bisa membuat sistem kompetisi dalam penetapan besaran TPG. Sehingga nominal TPG yang diterima masing-masing guru berbeda-beda. Guru yang berkualitas mendapatkan TPG yang lebih besar, dibandingkan guru yang mengajar ala kadarnya.
Ferdiansyah mensimulasikan anggaran TPG itu terdiri dari enam tingkatan atau grade. Tingkatan paling rendah hanya diberi TPG Rp 1 juta per bulan. Sedangkan untuk tingkatan TPG paling tinggi, diganjar TPG hingga Rp 6 juta per bulan.
Dengan sistem itu para guru akan berkompetisi untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kompetensinya. Supaya bisa mendapatkan nominal TPG yang lebih besar. Cara ini lebih adil dibandingkan saat ini yang menggunakan model pukul rata. "Guru yang kompetensinya bagus dengan guru yang biasa-biasanya saja, TPG-nya sekarang sama. Kasihan yang bagus," ujarnya.
Menurut Ferdiansyah pemerintah harus merangsang para guru untuk membelanjakan uang TPG dengan bijak. Yakni menyisihkan sebagian nominal TPG untuk keperluan pengembangan diri. Misalnya mengikuti pelatihan, kursus, atau langganan internet untuk mencari literature-literatur pembelajaran.
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata menuturkan, memang benar guru-guru harus didorong untuk melakukan pengembangan diri. Sehingga kualitas mengajarnya semakin baik dari waktu ke waktu.
Dia tidak ingin para guru sudah merasa berada di titik aman dan nyaman ketika mendapatkan TPG. Sehingga kegiatan mengajarnya hanya sebatas memenuhi kriteria untuk mendapatkan TPG. Seperti mengajar linier dan sesuai bobot minimal 24 jam tatap muka ke depan.
"Anggaran untuk gaji dan tunjangan guru itu besar sekali. Ayo sekarang gantian kualitasnya yang ditingkatkan," ujarnya. Data Pranata menyebutkan, tahun ini total anggaran untuk gaji dan tunjangan guru mencapai Rp 214,318 triliun.
Atau setara dengan 52,38 persen dari total anggaran fungsi pendidikan. Anggaran jumbo itu belum termasuk untuk guru di bawah Kemenag. (wan)
Sumber : JPNN
Selama ini, kucuran uang TPG dipukul rata, tanpa mempertimbangkan seseorang guru itu memiliki kualitas mengajar yang baik atau tidak. Pembedanya hanya merujuk pada golongan pangkat kepegawaian saja.
"Sistem yang bagus adalah, bagaimana supaya guru-guru penerima TPG itu bersemangat mengembangkan diri," katanya di komplek DPR kemarin.
Politikus Partai Golkar itu menuturkan, Kemendikbud atau Kemenag bisa membuat sistem kompetisi dalam penetapan besaran TPG. Sehingga nominal TPG yang diterima masing-masing guru berbeda-beda. Guru yang berkualitas mendapatkan TPG yang lebih besar, dibandingkan guru yang mengajar ala kadarnya.
Ferdiansyah mensimulasikan anggaran TPG itu terdiri dari enam tingkatan atau grade. Tingkatan paling rendah hanya diberi TPG Rp 1 juta per bulan. Sedangkan untuk tingkatan TPG paling tinggi, diganjar TPG hingga Rp 6 juta per bulan.
Dengan sistem itu para guru akan berkompetisi untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kompetensinya. Supaya bisa mendapatkan nominal TPG yang lebih besar. Cara ini lebih adil dibandingkan saat ini yang menggunakan model pukul rata. "Guru yang kompetensinya bagus dengan guru yang biasa-biasanya saja, TPG-nya sekarang sama. Kasihan yang bagus," ujarnya.
Menurut Ferdiansyah pemerintah harus merangsang para guru untuk membelanjakan uang TPG dengan bijak. Yakni menyisihkan sebagian nominal TPG untuk keperluan pengembangan diri. Misalnya mengikuti pelatihan, kursus, atau langganan internet untuk mencari literature-literatur pembelajaran.
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata menuturkan, memang benar guru-guru harus didorong untuk melakukan pengembangan diri. Sehingga kualitas mengajarnya semakin baik dari waktu ke waktu.
Dia tidak ingin para guru sudah merasa berada di titik aman dan nyaman ketika mendapatkan TPG. Sehingga kegiatan mengajarnya hanya sebatas memenuhi kriteria untuk mendapatkan TPG. Seperti mengajar linier dan sesuai bobot minimal 24 jam tatap muka ke depan.
"Anggaran untuk gaji dan tunjangan guru itu besar sekali. Ayo sekarang gantian kualitasnya yang ditingkatkan," ujarnya. Data Pranata menyebutkan, tahun ini total anggaran untuk gaji dan tunjangan guru mencapai Rp 214,318 triliun.
Atau setara dengan 52,38 persen dari total anggaran fungsi pendidikan. Anggaran jumbo itu belum termasuk untuk guru di bawah Kemenag. (wan)
Sumber : JPNN
Diposkan oleh
kang yaya
Label:
guru,
tunjangan guru
Sistem baru Rekrutmen PNS
Sistem baru Rekrutmen PNS -Pemerintah bakal menerapkan sistem baru dalam rekrutmen guru PNS. Tak cukup lulusan dari lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK), calon guru PNS juga harus mengikuti program sarjana mengajar di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (SM3T). Tidak hanya itu, setelah mengikuti program SM3T calon guru wajib mengikuti pendidikan berasrama.
Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dirdiktendik) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Supriadi Rustad mengatakan, pada prinsipnya sarjana guru yang ingin melamar menjadi PNS wajib lulus program pendidikan profesi guru (PPG), yaitu praktek mengajar di daerah pedalaman (SM3T) dan pendidikan di asrama.
Sistem baru rekrutmen guru PNS yang rencananya akan mulai diterapkan tahun depan ini, hampir mirip dengan proses seorang yang ingin menjadi dokter. Karena sama-sama harus mengabdi di daerah terpencil dahulu. Seperti diketahui untuk menjadi dokter PNS, calon dokter harus mengikuti program pegawai tidak tetap (PTT) di daerah terpencil.
Menurut Supriadi, selama ini untuk menjadi guru tidak ada seleksi. Yang ada seleksi CPNS baru bukan seleksi guru. Pilihan menjadi guru adalah pilihan setelah tidak diterima melamar kerja di mana-mana. Sehingga banyak guru PNS yang tidak memiliki kualifikasi sebagai seorang guru professional akibatnya pembelajaran tidak berjalan dengan baik.
Dengan sistem baru rekrutmen guru ini, maka pemerintah akan memetakan kebutuhan guru baru secara nasional. Kemudian Kemenristekdikti melalui kampus LPTK membuka seleksi peserta PPG. Jumlah yang diterima PPG ini disesuaikan dengan kebutuhan nasional. Sarjana pendidikan maupun sarjana non pendidikan boleh mendaftar seleksi PPG.
Menteri Ristekdikti Muhammad Nasir mendukung program baru rekrutmen guru PNS ini. Menurutnya program SM3T benar-benar menggembleng calon guru. Begitupun dengan Guru Besar Universitas Negeri Semarang (Unnes), dia mengatakan calon guru PNS harus orang-orang hebat. Sistem baru rekrutmen guru PNS ini pun juga mendapat sambutan positif dari kepala daerah.
Mendikbud Anies Baswedan seperti di lansir dari JPNN (28/06/15) mengatakan selama ini rekrutmen guru begitu longgar. Siapa saja bisa menjadi guru, tanpa ada seleksi kompetensi, akibatnya sulit dalam proses pembinaan dan pengawasan. Dia sepakat jika rekrutmen guru diperketat untuk mendapatkan guru-guru yang berkualitas.
Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dirdiktendik) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Supriadi Rustad mengatakan, pada prinsipnya sarjana guru yang ingin melamar menjadi PNS wajib lulus program pendidikan profesi guru (PPG), yaitu praktek mengajar di daerah pedalaman (SM3T) dan pendidikan di asrama.
Sistem baru rekrutmen guru PNS yang rencananya akan mulai diterapkan tahun depan ini, hampir mirip dengan proses seorang yang ingin menjadi dokter. Karena sama-sama harus mengabdi di daerah terpencil dahulu. Seperti diketahui untuk menjadi dokter PNS, calon dokter harus mengikuti program pegawai tidak tetap (PTT) di daerah terpencil.
Menurut Supriadi, selama ini untuk menjadi guru tidak ada seleksi. Yang ada seleksi CPNS baru bukan seleksi guru. Pilihan menjadi guru adalah pilihan setelah tidak diterima melamar kerja di mana-mana. Sehingga banyak guru PNS yang tidak memiliki kualifikasi sebagai seorang guru professional akibatnya pembelajaran tidak berjalan dengan baik.
Dengan sistem baru rekrutmen guru ini, maka pemerintah akan memetakan kebutuhan guru baru secara nasional. Kemudian Kemenristekdikti melalui kampus LPTK membuka seleksi peserta PPG. Jumlah yang diterima PPG ini disesuaikan dengan kebutuhan nasional. Sarjana pendidikan maupun sarjana non pendidikan boleh mendaftar seleksi PPG.
Menteri Ristekdikti Muhammad Nasir mendukung program baru rekrutmen guru PNS ini. Menurutnya program SM3T benar-benar menggembleng calon guru. Begitupun dengan Guru Besar Universitas Negeri Semarang (Unnes), dia mengatakan calon guru PNS harus orang-orang hebat. Sistem baru rekrutmen guru PNS ini pun juga mendapat sambutan positif dari kepala daerah.
Mendikbud Anies Baswedan seperti di lansir dari JPNN (28/06/15) mengatakan selama ini rekrutmen guru begitu longgar. Siapa saja bisa menjadi guru, tanpa ada seleksi kompetensi, akibatnya sulit dalam proses pembinaan dan pengawasan. Dia sepakat jika rekrutmen guru diperketat untuk mendapatkan guru-guru yang berkualitas.
Diposkan oleh
kang yaya
Label:
Berita terbaru,
guru
Tahun 2015 ini dipastikan tidak ada tes CPNS
Tahun 2015 ini dipastikan tidak ada tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil ). Hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) dari MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi nomor B/2163/M.PAN-RB/06/2015 tertanggal 30 Juni 2015.
Dalam Surat Edaran yang ditujukan kepada para kepala daerah dan pejabat pembina kepegawaian di pusat itu disebutkan alasan tidak adanya rekrutmen CPNS tahun ini, dan baru akan dilaksanakan 2016
Alasan ditundanya rekrutmen CPNS karena masih ada beberapa instansi yang belum menyelesaikan penetapan struktur organisasi dan peta jabatannya, menetapkan kebutuhan pegawai, menyampaikan data riil jumlah PNS, serta perkiraan PNS yang akan pensiun.
Selain itu, anggaran penerimaan CPNS tahun ini belum disediakan pemerintah, baik anggaran untuk penyusunan naskah soal, biaya upload naskah soal ke dalam sistem computer assisted test (CAT), dan biaya pelaksanaan seleksi.
"Maka ditetapkan kebijakan penerimaan pegawai baru di lingkungan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah tahun 2015 ini dilakukan penundaan," tulis dalam Surat Edaran MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi yang di kutip dari JPNN (03/07/15).
Dalam Surat Edaran yang ditujukan kepada para kepala daerah dan pejabat pembina kepegawaian di pusat itu disebutkan alasan tidak adanya rekrutmen CPNS tahun ini, dan baru akan dilaksanakan 2016
Alasan ditundanya rekrutmen CPNS karena masih ada beberapa instansi yang belum menyelesaikan penetapan struktur organisasi dan peta jabatannya, menetapkan kebutuhan pegawai, menyampaikan data riil jumlah PNS, serta perkiraan PNS yang akan pensiun.
Selain itu, anggaran penerimaan CPNS tahun ini belum disediakan pemerintah, baik anggaran untuk penyusunan naskah soal, biaya upload naskah soal ke dalam sistem computer assisted test (CAT), dan biaya pelaksanaan seleksi.
"Maka ditetapkan kebijakan penerimaan pegawai baru di lingkungan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah tahun 2015 ini dilakukan penundaan," tulis dalam Surat Edaran MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi yang di kutip dari JPNN (03/07/15).
Langganan:
Postingan (Atom)