Guru Sejahtera Adalah Tugas Kepala Sekolah, Apa Benar?

Guru Sejahtera Adalah Tugas Kepala Sekolah, Apa Benar? - "Kepala sekolah itu merupakan guru terbaik. Nanti sudah tidak perlu mengajar. Tugasnya tiga saja.  bikin siswanya pintar, sekolahnya maju, dan gurunya sejahtera," Itulah salah satu tuturan Muhadjir Effendi yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan di Gedung Olahraga (GOR) Ki Mageti Magetan yang disambut dengan tepuk tangan para guru yang hadir disana.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan menguatkan karakter anak bangsa.

Selain itu juga, kementerian yang dipimpin oleh Muhadjir Effendy ini juga berusaha untuk mengurangi kesenjangan khususnya di sektor pendidikan.
Baca Juga : Ribuan Guru Honorer Terancam Tidak Ikut CPNS
"Setiap tahun, pemerintah membantu anak-anak dari keluarga tidak mampu agar tetap bersekolah melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Ada 17,9 juta anak yang mendapatkan bantuan dari pemerintah," kata Menteri Muhadjir Effendy saat kunjungan kerjanya di Magetan, Jumat (11/5) kemarin.

Muhadjir menyampaikan, beberapa pokok kebijakan revitalisasi sekolah. Salah satunya adalah penguatan peran kepala sekolah dan pengawas.
Melalui peraturan menteri terbaru yang sudah ditandatanganinya, saat ini kepala sekolah bukan lagi seorang guru yang diberi tugas tambahan. Namun, kepala sekolah adalah seorang manajer yang harus mampu memajukan sekolahnya.

Terkait dengan pembiayaan pendidikan, Menteri Muhadjir mengajak kepala sekolah dan pemangku kepentingan pendidikan untuk menggiatkan kembali peran komite sekolah, dan memperkuat jaringan alumni.
Baca Juga : Asman Abnur Resmi Mundur Dari Jabatan Menpan RB
Sesuai dengan amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), pembiayaan pendidikan merupakan tanggung jawab pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat.

"Tidak ada sekolah gratis, bisa jadi karena dibiayai APBN dan APBD. Peraturan menteri nomor 75 tahun 2016 itu intinya, sekolah harus dibangun bersama masyarakat. Jadi kalau ada kepala sekolah yang mengajak masyarakat memajukan sekolah, saya dukung itu," terang Muhadjir Effendy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar