Pendaptaran dan Pendataan calon Peserta Ujian Nasional

Pendaptaran dan Pendataan calon Peserta Ujian Nasional - Pendaftaran calon di 2016 ujian nasional tahun ini, Ujian Nasional 2016 terdaftar peserta akan menggunakan data aplikasi pendidikan dasar (Dapodik). Demikian pula, ketentuan yang tercantum dalam ujian nasional bagi peserta dalam pengumpulan data pada tahun 2016 pedoman teknis.

Alur Pendataan Ujian Nasional 2016 - Data menu siswa Dapodik termasuk dalam aplikasi, akan berpartisipasi dalam pemutaran potensi referensi untuk ujian nasional. Ketentuan ini berlaku untuk pendidikan menengah, sekolah tinggi dan unit sekolah kejuruan. Semua lembaga pendidikan diharapkan untuk segera memeriksa integritas dan data kemutaakhiran peserta didik nya. Pribadi item data identitas akan mempelajari data peserta didik orang tua, nomor identifikasi siswa nasional (NISN), dan.

Tahap selanjutnya, satuan pendidikan menyerahkan verifikasi file data-tingkat ujian nasional calon Peserta Ujian pada akhir Dewan Ujian Nasional adalah hasil dari pendidikan di kabupaten kantor / kota. Meskipun Nasional Kabupaten Pemeriksaan Badan / Kota BIO-PBB melalui file aplikasi pengolahan Komisi (mengirim) ke pusat pengujian nasional, peserta studi nasional data

Artikel Lainnya :
Pendataan Calon Peserta ujian nasional SD
Pendataan dan Pendaptaran Peserta ujian nasional SMP dan SMA
Alur Pendataan Ujian Nasional 2016
Cara Pendataan Peserta ujian nasional terbaru

DOWNLOAD SILABUS RPP SD KELAS 1,2,3,4,5,6 LENGKAP

Download Silabus,RPP SD Lengkap - Untuk melengkapi administrasi kelas maka pada postingan kali ini ane akan share contoh Silabus dan RPP untuk Sekolah dasar yang bisa sobat download pada link berikut ini.

1. RPP Bahasa Indonesia Kelas IV KTSP.doc DOWNLOAD
2. RPP Bahasa Indonesia Kelas V KTSP.doc DOWNLOAD
3. RPP Bahasa Indonesia Kelas VI KTSP.doc DOWNLOAD
4. RPP IPA Kelas IV KTSP.doc DOWNLOAD
5. RPP IPA Kelas V KTSP.doc DOWNLOAD
6. RPP IPA Kelas VI KTSP.doc DOWNLOAD
7. RPP IPS Kelas IV KTSP.doc DOWNLOAD
8. RPP IPS Kelas V KTSP.doc DOWNLOAD
9. RPP IPS Kelas VI KTSP.doc DOWNLOAD
10. RPP Matematika Kelas IV KTSP.doc DOWNLOAD
11. RPP Matematika Kelas V KTSP.doc DOWNLOAD
12. RPP Matematika Kelas VI KTSP.doc DOWNLOAD
13. RPP PKN Kelas IV KTSP.doc DOWNLOAD
14. RPP PKN Kelas V KTSP.doc DOWNLOAD
15 RPP PKN Kelas VI KTSP.doc DOWNLOAD
16. RPP Tematik Kelas I.doc DOWNLOAD
17. RPP Tematik Kelas II.doc DOWNLOAD
18. RPP Tematik Kelas III.doc DOWNLOAD
19. Silabus Kelas IV KTSP.doc DOWNLOAD 
20. Silabus Kelas V KTSP.doc DOWNLOAD
21. Silabus Kelas VI KTSP.doc DOWNLOAD
22. Silabus Tematik Kelas I.doc DOWNLOAD
23. Silabus Tematik Kelas I.doc DOWNLOAD
24. Silabus Tematik Kelas II.doc DOWNLOAD
25. Silabus Tematik Kelas III.doc DOWNLOAD

Semoga bermanfaat

Artikel Terkait :
Download Silabus , RPP, SD lengkap
Download Administrasi Kelas untuk SD Lengkap
Download Silabus, RPP SD untuk Kelas 1 ,2 , 3, 4 ,5 ,6 KTSP

Cara Menentukan Nilai KKM tingkat Sekolah Dasar dengan Aplikasi Excel

Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) adalah nilai Minimum/batas nilai terkecil yang harus diperoleh siswa sehingga dapat dinyatakan bahwa siswa tersebut lulus pada sebuah bidang mata pelajaran dari sebuah Instansi Pendidikan ( sekolah ). KKM merupakan sebuah nilai yang harus dipertimbangkan dan ditetapkan secara bersama oleh semua guru yang berhubungan dalam sebuah instansi pendidikan. 

Beberapa tujuan dari dibuatnya Nilai KKM yakni sebagai acuan penilaian seorang guru terhadap kemampuan muridnya dan dapat menjadi bahan evaluasi keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran. KKM juga berperan sebagai evaluasi guru terhadap keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan. Jika siswa secara mayoritas bahkan keseluruhan telah memperoleh hasil nilai ujian diatas KKM maka guru tersebut dikategorikan sudah sukses memberikan pembelajaran kepada muridnya, namun jika sebaliknya guru wajib melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan.


Guna menentukan nilai KKM, seorang guru harus mempertimbangkan berbagai hal diantaranya adalah Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Kompleksitas Pelajaran, Sumber Daya Pendukung dalam kegiatan Pembelajaran di Sekolah, Potensi Siswa, dan Ketuntasan. Mengacu pada beberapa hal tersebut, berikut ini adalah sebuah perhitungan sederhana dengan memanfaatkan excel yang dapat Bapak/Ibu gunakan dalam menghitung nilai KKM untuk tingkat Sekolah Dasar Kelas I ( Satu ), II ( Dua ), III ( Tiga ), IV ( Empat ), V ( Lima ), dan VI ( Enam ).

Perhitungan KKM SD Kelas 1 - 6 diatas dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu Guru dalam menentukan KKM di Sekolah masing - masing. Namun, tentunya penyesuaian dan pembuatan KKM harus dilakukan dengan kesepakatan dan persetujuan bersama oleh berbagai pihak. 

Demikianlah postingan kali ini mengenai Aplikasi Perhitungan Sederhana guna menentukan KKM tingkat Sekolah Dasar, semoga dapat bermanfaat dan meringankan pekerjaan Bapak/Ibu Guru di Sekolah. Salam Pendidikan

Aplikasi Penilaian Kinerja Guru

Sejak dirilisnya Aplikasi Penilaian Kinerja Guru yang dikenal dengan SIM PKG akan sedikit mengurangi kerja para Operator Sekolah ( OPS) namun akan menjadi Pekerjaan baru untuk para pengawas sekolah
SIM PKG nantinya sebagai wadah pengentrian Penilaian Kinerja guru yang biasanya sudah ada Instrumen manual PKG yang sudah diisi untuk memudahkan pengentriannya. untuk bisa masuk para pengawas akan mendapatkan akun dari Operator dinas terkait.
Berikut ini cara untuk Login/masuk ke Aplikasi SIM PKG


Pertama kali postingan postingan ini dibuat SIM PKG belum sepenuhnya bisa di akses, jadi ditunggu aja ya


Download Aplikasi Buku IQRA TK/SD Gratis

Setiap muslim wajib hukumnya bisa membaca alqur'an yang harus dimali sejak dini. Pelajaran membaca Alqur'an sekarang ini bisa dilakukan dimana saja bukan saja di Mesjid, Madrasah, bahkan di Sekolah. Media pengajarannya pun beraneka ragam ada yang dengan cara tradisional dan juga modern. namun pada umumnya pengajaran dan pengenalan huruf dan tata baca Alqur'an dan Bahasa Arab dengan menggunakan Buku IQRA. karena memang dengan belajar menggunakan Buku IQRA pemahaman anak akan lebih mudah dan juga Tingkatannya bermacam macam disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didik. 

Dibawah ini adalah aplikasi Buku IQRA digital yang dapat anda manfaatkan guna mengejarkan anak - anak / siswa/santri dengan berbasiskan Komputer sebagai media pembelajaran. Tentunya pengajaran dengan perangkat komputer akan lebih mudah dilakukan dibanding dengan menggunakan perangkat tradisional. Anda dapat menggunakan Proyektor untuk memperbesar gambar sehingga dapat sama sama dibaca oleh seluruh murid.

Buku IQRA ini dibedakan menjadi 6 bagian, yakni IQRA 1 sampai IQRA 6. Berikut ini beberapa tampilan dari Buku IQRA digital. 

Aplikasi Buku IQRA diatas merupakan media pengajaran dalam pengenalan huruf - huruf serta tata baca Alqur'an dan Bahasa Arab. Sangat cocok digunakan ditingkat TK/PAUD/SD/MI/Madrasah Diniah atau yang lainnya. Semoga dapat bermanfaat serta memudahkan dalam pengajaran Alqur'an dan Tata Baca Bahasa Arab. Semoga bermanfaat, salam Pendidikan. 



Download Aplikasi Penilaian KTSP SD

Aplikasi Penilaian KTSP SD - Merupakan Aplikasi yang berguna bagi anda untuk mengevaluasi Guru yang guna mengetahui tingkat keberhasilan dari metode dan sistem pembelajaran yang sudah dilaksanakan.

Untuk mempermudah pekerjaan terutama dalam melakukan Penilaian Pengajaran yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) berikut ini adalah Aplikasi Penilaian KTSP SD. Beberapa fitur dalam Aplikasi Penilaian KTSP SD Yaitu:

  1. Input Data Sekolah
  2. Input Absensi Siswa
  3. Input Nilai Siswa Setiap Mata Pelajaran 
  4. Cetak UTS, Raport

Bagi anda yang membutuhkan Aplikasi Penilaian KTSP SD silahkan download pada link berikut ini


Semoga Aplikasi ini bermanfaat, 

Perangkat MOS SLTP, SLTA dan Sederajat Lengkap Terbaru

Perangkat MOS SLTP, SLTA dan Sederajat Lengkap Terbaru - Sebelum melakukan Kegiatan Masa Orientasi Siswa ( MOS ) yang memang merupakan kegiatan awal yang harus dijalani oleh siswa sebelum memasuki tingkat sekolah selanjutnya tentu Bagi pihak yang menyelenggarakan Kegiatan MOS tentu harus menyiapkan Perangkat MOS atau Panduan Mos dengan Lengkap terlebih dahulu agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar tentunya.

Spronsed by

Jadwal Kegiatan Mos - Kegiatan MOS itu sendiri ditujukan sebagai pengenalan awal mengenai segala hal yang ada di Sekolah yang meliputi Visi, Misi Sekolah, Susunan Kelembagaan, dan lain - lain. Bagi pihak penyelenggara, Kegiatan MOS harus dipersiapkan dengan matang guna menghasilkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

MOS 2016 - Dibawah ini merupakan Perangkat MOS Lengkap Terbaru yang mungkin sobat butuhkan sebagai persiapan awal menjelang kegiatan MOS

  • [Perangkat MOS] Materi MOS Belajar Efektif.docx
  • [Perangkat MOS] Juknis MOS.docx
  • [Perangkat MOS] Materi MOS Kesadaran Berbangsa dan Bernegara.docx
  • [Perangkat MOS] Materi MOS Cara Belajar Efektif.docx
  • [Perangkat MOS] Materi MOS Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.docx
  • [Perangkat MOS] Materi MOS Prilaku Hidup Bersih dan Sehat.docx
  • [Perangkat MOS] Materi MOS Pengenalan Kurikulum 2013.docx
  • [Perangkat MOS] Materi Tata Krama Siswa.docx
  • [Perangkat MOS] Materi MOS Pendidikan Karakter.docx
  • [Perangkat MOS] Materi MOS Wawasan Wiyatamandala.docx


  • Semoga bermanfaat,

    Artikel Terkait :

    Download materi mos smp
    Download materi mos sma dan smk
    Mos smp 2016
    Panduan Mos SMP dan SMA
    Jadwal Kegiatan Mos SMP

    Kriteria Pengajar Yang Baik

    Apakah anda seorang pengajar yang baik?- Menjadi seorang pengajar yang baik , Menyenangkan, Profesional , Berkualitas , Ideal , tentu diinginkan oleh semua Guru atau pengajar, namun kriteria baik tersebut tentu bisa dilihat dari ciri-ciri yang dimiliki oleh guru/pengajar tersebut.

    Menjadi Guru yang berkualitas - Menurut Stephen dan Crawley ( 1994) dalam bukunya Becoming an Effective Teacher, ciri-ciri pengajar yang baik adalah sebagai berikut :
    • Mencintai mata pelajaran yang dipegang dan selalu berusaha menunjukannya kepada siswa
    • Selalu berusaha agar penyajian materi pelajaran menarik, dan berusaha membuat siswa merasakan ketertarikan dan eterkaitan terhadap materi tersebut
    • Selalu membuat isu-isu atau tema-tema yang menarik minat siswa berkaitan dengan materi pelajaran
    • Selalu berusaha mengajukan pertanyaan yang meminta jawaban yang imanjinatif dan memerlukan evaluasi serta analisisi
    • Selalu berusaha mendengarkan siswa, dan menghindarkan dari too much talaking and chalk
    • Memiliki rasa humor yang cukup tinggi ( tetapi bukan pelawak) sehingga kelas selalu segar
    • Selalu memberikan perhatian kepada siswa, bukan hanya sebagai guru melainkan sebagai manusia
    • Selalu mendorong siswa untuk melatih berpikir ( Rasional,Kritis,dan Kreatif)
    • Selalu Berusaha "Ada" bila diperlukan siswa, bahkan diluar kelas
    • Selalu memberikan penilaian yang adil kepada siswa
    Menjadi Guru yang profesional , Bila anda telah memiliki kriteria diatas, maka anda sudah termasuk Guru yang patut diacungi jempol, namun bila belum, maka Belajar menjadi seorang guru yang baik adalah langkah awal menuju guru yang profesional

    Artikel Lainnya :
    Menjadi Guru yang baik
    Menjadi Guru yang profesional
    Menjadi Guru yang ideal
    Menjadi Guru yang berkualitas
    Menjadi Guru yang Efektif
    Menjadi Guru yang Menyenangkan

    Kumpulan Soal UKG SD Kelas Rendah, Kelas Tinggi, dan Penjaskes

    Kumpulan Soal UKG SD Kelas Rendah, Kelas Tinggi, dan Penjaskes - Beberapa waktu yang lalu Berbagi pengetahuan udah share kumpulan contoh soal UKG SD, contoh soal UKG SMP dan Soal UKG SLB, Soal UKG SMA Lengkap dengan kunci jawabannya. nah pada kesempatan kali ini berbagi pengetahuan akan share kumpulan contoh soal UKG SD untuk kelas, kelas bawah, dan contoh soal UKG untuk mata pelajaran Penjaskes SD.

    Untuk kumpulan contoh soal UKG Kelas atas dan kelas bawah juga Soal Penjaskes SD sobat bisa download pada link dibawah ini
    Semoga bisa bermanfaat bagi sobat yang sedang mempersiapkan UKG agar mendapatkan nilai yang memuaskan

    Soal Latihan UKG SLB Lengkap Dengan Kunci Jawaban

    Kumpulan Contoh Soal Latihan UKG 2015 jenjang SLB berikut ini disajikan secara lengkap untuk berbagai bidang pada Sekolah Luar Biasa. Selengkapnya dapat Bapak/Ibu unduh pada link dibawah ini. 

    Kumpulan Soal Latihan UKG 2015 tersebut diatas kami sajikan sebagai bahan latihan dan pendalaman soal - soal UKG guna persiapan menjalani UKG bagi guru Sekolah Luar Biasa.

    Kumpulan Soal UKG SMA Lengkap dengan kunci jawaban

    Bagi anda yang sedang mencari kumpulan contoh Soal UKG SMA Lengkap dengan kunci jawabannya sebagai bahan untuk persiapan menghadapi Uji Kompetensi Guru. Berikut akan admin bagikan.


    Untuk materi - materi yang disajikan pada Contoh Soal UKG berikut ini adalah penambahan jumlah soal soal persiapan UKG 2015 untuk jenjang SMA pada beberapa mata pelajaran dan juga kunci jawabannya.meliputi mata pelajaran :Teknologi Informasi & Komunikasi ( TIK ), Sosiologi, Sejarah, Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ), Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan ( PJOK ), Matematika, Kimia, Geografi, Fisika, Ekonomi, Bagian Konseling, Biologi, Bahasa Prancis, Bahasa Mandarin, Bahasa Jerman, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Antropologi.


    Berikut link download untuk contoh soal UKG untuk guru SMA
    Semoga beberapa contoh soal ukg untuk SMA ini bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk persiapan menghadapi UKG 2015 dan UKG selanjutnya.

    Contoh Soal UKG Guru TK Lengkap Update

    Contoh Soal UKG Guru TK Update - Contoh Soal UKG berikut ini merupakan kumpulan dari beberapa contoh soal ukg 2015 terbaru untuk guru TK yang terdiri 100 soal.

    Untuk memudahkan silahkan Bapak/Ibu guru TK download Contoh Soal UKG TK pada link dibawah ini. 

    Semoga Contoh soal UKG untuk Guru TK ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya

    lihat juga : 

    Semoga bermanfaat

    Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban UKG SMP Lengkap

    Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban UKG SMP Lengkap- Berbeda dengan contoh kunci soal UKG Guru Kelas SD, untuk kumpulan soal UKG SMP ini terbagi menjadi beberapa soal mata pelajaran seperti contoh soal ukg mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Geografi, BK, IPA, Ekonomi, IPS, Matematika, PAI, Penjaskes, Seni Budaya, TIK. 


    Untuk Selengkapnya dapat bapak/ibu bisa mendownload langsung contoh Soal UKG SMP lengkap pada link berikut: 

    Itulan beberapa contoh soal UKG untuk Guru SMP yang mungkin berguna bagi bapak ibu Guru.
    semoga bermanfaat

    Soal Latihan UKG SD Dan Kunci Jawabannya

    Soal Latihan UKG SD Dan Kunci Jawabannya -  Soal Latihan UKG 2015 ini mungkin berguna bagi anda yang akan melaksanakan UKG untuk jenjang sekolah dasar. soal ini merupakan gabungan dari kelas atas dan kelas bawah disertai dengan kunci jawaban tiap soal yang tentunya memudahkan anda untuk lebih memahaminya. 

    Dengan adanya kunci jawaban diharapkan dapat memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam mendalami soal soal latihan guna mempersiapkan diri dalam menghadapai Kegiatan Uji Kompetensi Guru tahun 2015. Langsung saja silahkan diunduh pada link dibawah ini. 
    Semoga  Latihan soal UKG 2015 untuk Guru SD dan jawabannya dapat membantu Bapak/Ibu Guru Sekolah Dasar dalam meningkatkan persiapan menghadapi Uji Kompetensi Guru tahun 2015. Semoga bermanfaat

    Katagori 2 gagal diangkat jadi CPNS, ini penyebabnya..

    Masih ingatkan anda dengan Janji pemerintah untuk mengangkat 400 ribu honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS yang akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun depan, kini Berita itu  hanya tinggal angan. Penyebabnya, karena dukungan politik dari anggota DPR untuk proses pengangkatan tenaga honorer K2 ternyata tidak berdampak pada ketersediaan anggaran.


    Dengan berat hati, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, pengangkatan tenaga honorer itu terbentur anggaran.

    Jangankan untuk anggaran gaji, duit untuk proses pengangkatannya saja tidak ada di dalam postur APBN 2016. "Kita minta tambahan anggaran sekitar Rp 20 miliar untuk proses verifikasi-validasi dan untuk proses rekrutmen saja juga tidak dapat," katanya di Jakarta, kemarin.
    Padahal menurut Yuddy, proses pengangkatan

    tenaga honorer K2 itu tidak bisa dilepaskan dari verifikasi dan validasi. Sebab pemerintah tidak ingin ada tenaga honorer siluman ikut masuk menjadi CPNS.

    Yuddy menjelaskan pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS memang pelik sekali. Di satu sisi pengangkatan ini terkait dengan sisi kemanusiaan. Apalagi ada banyak tenaga honorer yang sudah mengabdi lama dan tidak bisa ikut tes CPNS umum karena usia lanjut. Di sisi lain, pemerintah memiliki keterbatasan anggaran untuk urusan gaji dan aneka tunjangan pegawai negeri.


    Menurut menteri asal Bandung itu, anggaran belanja gaji pegawai negeri saat ini sekitar 40 persen dari total APBN. Namun keperluan pegawai negeri tidak hanya itu saja. Keberadaan PNS juga diikuti anggaran belanja modal dan belanja barang. "Ketika mengangkat satu orang PNS, pasti dibutuhkan misalnya satu komputer, satu unit meja, dan kebutuhan lainnya," kata Yuddy.

    Jika ditotal seluruhnya, anggaran yang terkait dengan keberadaan PNS mencapai 80 persen dari total belanja di APBN. "Lantas untuk pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur fisik masyarakat dimana," jelasnya.

    Untuk itu dia berharap para tenaga honorer K2 bisa memahami posisi pemerintah. Yuddy masih mengupayakan alokasi anggaran pengangkatan tenaga honorer K2 ketika pembahasan APBN-P 2016 dibuka tahun depan.

    Sumber : http://www.jawapos.com/

    Download Lampiran Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti

    Setiap Sekolah memang sudah seharusnya menjadi sebuah taman yang didalamnya terdapat suasana belajar yang penuh dengan tantangan, namun menyenangkan dan dapat menumbuhkan suatu sikap yang memiliki budi pekerti luhur. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan mencanangkan sebuah gerakan dengan nama Penumbuhan Budi Pekerti, dimana gerakan tersebut diterapkan dalam rangkaian kegiatan non kurikuler, yakni rangkaian kegiatan keseharian dan secara periodik yang bersifat wajib maupun pilihan, seperti yang telah tertuang didalam Permendikbud mengenai Penumbuhan Budi Pekerti guna menumbuhkembangkan nilai dan karakter positif.

    Menurut Mendikbud, Anies Baswedan, Gerakan yang bernama Penumbuhan Budi Pekerti ini tidak mengatur setiap detail perbuatan siswa. Namun, gerakan terbaru dalam dunia pendidikan ini lebih mengutamakan keteladanan. 

    Anies memberi contoh mengenai ajaran agar bisa menghormati orang tua, dimana hal tersebut tidak bisa diatur bagaimana cara bersalaman tangan, kapan harus cium tangan dan sebagainya. Namun, Anis menegaskan bahwa sekolah saat ini ada peraturan khusus mengenai penumbuhan budi pekerti siswa.


    Sekolah bukanlah sekedar tempat belajar siswa, namun disekolah adalah tempat untuk menumbuhkan budi pekerti siswa, sehingga gerakan ini lebih mengutamakan keteladanan baik guru maupun siswa.
    Mendikbud juga menambahkan bahwa penumbuhan karakter bisa dengan melalui 3 cara, yaitu kurikuler, ekstrakurikuler, dan nonkurikuler. Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti  mengambil jalur non kurikuler. 

    Ada 7 nilai yang diharapkan dalam Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti  bisa tumbuh dalam pribadi siswa, diantaranya:
    1. Internalisasi nilai moral dan spiritual didalam setiap kehidupan.
    2. Rasa kebangsaan dan cinta akan tanah air
    3. Interaksi positif antara siswa dengan guru dan orang tua
    4. Interaksi positif antar siswa
    5. Pengembangan potensi untuh siswa
    6. Pemeliharaan lingkungan sekolah yang mendukung iklim pembelajaran
    7. Keterlibatan orang tua dan masyarakat.

    Demikian kabar terbaru dunia pendidikan, Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti Siswa

    Cek Jadwal Dan Tempat UKG 2015 Terbaru

    Uji Kompetensi Guru 2015 atau UKG yang diikuti bukan hanya oleh Guru PNS saja tetapi oleh semua guru termasuk guru honorer.

    Untuk sobat yang belum tahu apakah sudah terdaptar menjadi peserta UKG sobat bisa cek pada info PTK. Adapun jadwal dan Lokasi UKG 2015 sobat bisa cek pada link dibawah ini

    Semoga Postingan ini bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari infomasi seputar jadwal dan lokasi UKG 2015

    Rp 1,4 Triliun Tunjangan Guru Honorer Cair Tahun 2016

    Komisi VIII DPR berhasil memperjuangkan aspirasi para guru agama non-PNS yang selama ini tunjangannya tak terbayarkan. Sebab, pemerintah setuju menyediakan anggaran Rp 1,4 triliun untuk guru honorer.

    "Melalui pembahasan yang alot dan panjang, Komisi VIII dan Kementerian Agama sepakat merelokasi anggaran tambahan sebesar Rp1,4 triliun untuk membayar tunjangan profesi guru (TPG) non-PNS," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Deding Ishak kepada pers di Jakarta, Jumat (23/10).
    Deding Ishak menjelaskan tunjangan para guru agama honorer ini akan cair mulai 2016. "Selama ini kita sering mendapatkan pengaduan dari para guru yang tunjangannya tidak terbayarkan. Makanya kita bersama-sama memperjuangkan dan Alhamdulillah akhirnya lahir SK inpassing untuk merelokasi anggaran tambahan pembayaran tunjangan guru honorer," katanya.


    Selama ini Komisi VIII sering mendapat pengaduan dari para guru honorer yang tunjangannya belum dibayarkan, baik tahun 2015 bahkan ada yang dari 2014. Tunjangan itu beraneka ragam mulai dari tunjangan profesi, sertifikasi, inpassing yang tidak bisa dibayarkan akibat tidak ada anggaran.

    Dalam pembahasan Rencana Kerja Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKA K/L) antara Komisi VIII dan Kementerian Agama disepakati bahwa untuk membayarkan tunjangan terutang para guru agama honorer itu maka perlu direlokasikan sejumlah anggaran di Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Ditjen Pendidikan Islam, Ditjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Litbang hingga kesekjenan.

    "Ini hasil perjuangan semua fraksi di Komisi VIII yang selama ini sering mendapat pengaduan dari para guru yang datang ke Komisi VIII maupun saat mereka turun ke dapil," katanya. Anggota Komisi ini banyak mendapatkan keluhan tentang tunjangan guru-guru agama honorer yang belum terbayarkan.
    Sumber :nasional.republika.co.id

    SKTP Sertifikasi Guru Tidak Menjamin Tunjangan Cair

    Tunjangan Sertifikasi -Terbitnya SKTP oleh Dirjen Dikdas ternyata tidak menjamin tunjangan tersebut cair begitu saja. ternyata pencairan tunjangan profesi bisa dilakukan sesudah dilakukan pengecekan ulang atau validasi ulang atas data kepegawaianya oleh pihak dinas, utamanya berkaitan dengan terkait kinerja guru yang bersangkutan.

    Kabid Dikmen Dindikbud Kab.Pekalongan Tri Budi Hartono secara khusus juga mengamini hal ttersebut. Jadi, pencairan tunjangan profesi tidak bisa dilakukan jika ternyata ditemukan penyimpangan di lapangan. Seperti misalnya JJM tidak memenuhi, tidak linier antara Mata Pelajaran yang diampu  dan ijazah, cuti umroh 9 hari, atau tanpa keterangan tidak mengajar  tiga hari berturut-turut. Ketika SK dari pusat terbit maka belum tentu dana tersebut bisa dicairkan, karena ada verifikasi ulang dari dinas.
    Alokasi dana untuk pemilik SK yang sudah turun pun, akan tetap dilaporkan ke pusat dan tidak akan bisa dicairkan oleh pihak manapun. Jika yang bersangkutan tidak ada penyimpangan, maka tunjangan profesi bisa langsung segera dicairkan.

    Staf Teknik Bismen, Kusbiyanto menambahan, khusus guru PNS, pencairan tunjangan sertifikasi dilakukan dengan melalui kas daerah berdasar rekomendasi dari dinas terkait. Sedangkan untuk guru non PNS, pencairan dilakukan melalui kementerian pusat.

    Keterlambatan pencaira tunjangan profesi guru sering terjadi dalam skala nasional,diduga  terjadi karena adanya kekurangan  jumlah staf di kementerian yang menangani proses penyaluran tunjangan sertifikasi guru.

    Itulah informasi penting bagi guru yang bersertifikasi, perlu diketahui bahwa ternyata SKTP sertifikasi guru tidak menjamin tunjangan sertifikasi bisa cair begitu saja.
    Sumber: Radar 

    Download Thema Keren Gratis

    Bagi sobat yang ingin Thema gratis dan keren silahkan di download aja ya

    Download Kisi Kisi Ujian Nasional SD SMP / MTs, SMA / SMK Terbaru

    Kisi Kisi Ujian Nasional ( UN ) SMP / MTs, SMA / SMK Terbaru - Ujian Nasional ( UN ) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan pemerintah guna evaluator akhir bagi siswa. UN dilakukan secara berkala setiap satu tahun sekali. Mengingat pentingnya hasil akhir dalam pencapaian Ujian Nasional, setiap guru harus mempersiapkan siswa sebagai anak didiknya guna pembekalan dalam menghadapi Ujian Nasional.

    Sebagai bentuk persiapan dalam menghadapai Ujian Nasional, pemerintah sendiri melalui Badan Standar Nasional Pendidik ( BNSP ) telah memberikan Kisi Kisi sebagai bahan persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional yang akan datang pada tahun 2016 mendatang. Dengan adanya kisi kisi Ujian Nasional 2016, Guru sebagai pihak pengajar dapat menyesuaikan pengajaran dan materi yang akan diberikan kepada siswa.

    BNSP mengeluarkan kisi kisi Ujian Nasional tahun 2016 untuk semua Bidang Pelajaran pada jenjang SMP/MTs, SMA/SMK. Kisi Kisi Ujian Nasional 2016 didasarkan pada Standar dan lingkup Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Berikut ini merupakan Kisi Kisi Ujian Nasional 2016 yang telah dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidik.
    Semoga dengan adanya Kisi Kisi Ujian Nasionan ( UN ) 2016 SMP/MTs, SMA/SMK Guru sebagai pengajar dapat mempersiapkan semua siswa dengan penyesuaian materi sesuai dengan Kisi Kisi yang telah diberikan oleh Pemerintah. Semoga bermanfaat, Salam Pendidikan.

    Aplikasi Latihan dan Simulasi Uji Kompetensi Guru (UKG)

    Soal Latihan dan Simulasi UKG ( Uji Kompetensi Guru) - Berikut ini adalah Aplikasi sebagai latihan dan simulasi Untuk uji kompetensi guru sebagai persiapan dalam menghadapi UKG, pada tahun 2015 ini semua guru baik itu Guru PNS ataupun Non PNS akan disuguhkan dengan UKG ini. yang kabarnya akan dimulai pada bulan Nopember 2015.

    Untuk itu agar hasil yang dicapai memuaskan maka lebih baik sobat mencoba Aplikasi latihan dan simulasi UKG ini

    Tujuan UKG dan UKA

    Berdasarkan info resmi yan admin rilis dari situs Kemdikbud RI mengenai UKG Tahun 2015, bahwasannya Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan, uji kompetensi guru (UKG) pada tahun 2015 dilakukan untuk melakukan pemetaan dalam rangka memperoleh baseline tentang kompetensi guru.

    Hal tersebut dikatakannya untuk menjawab salah satu tuntutan guru honorer yang menolak dilaksanakannya UKG jika hasilnya digunakan untuk melakukan pemotongan tunjangan profesi.

    “Uji kompetensi guru ini untuk pemetaan, agar diperoleh baseline kompetensi guru,” ujarnya saat audiensi dengan guru honorer di kantor Kemenpan-RB, Jakarta, (15/9/2015).

    Pria yang akrab dipanggil Pranata itu menambahkan, pada tanggal 9 sampai 27 November tahun 2015, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan dinas pendidikan dan sekolah akan melakukan uji kompetensi guru kepada 3.015.315 orang, termasuk guru honorer.

    Ia mengatakan, selama ini Kemendikbud hanya memiliki potret UKG untuk 1,6 juta guru, yaitu guru yang sudah memiliki sertifikat dan yang akan disertifikasi. Potret tersebut diperoleh setelah guru-guru melalui uji kompetensi awal (UKA) dan uji kompetensi guru (UKG).

    Pada uji kompetensi guru November nanti, tutur Pranata, baseline tentang kompetensi guru yang diperoleh akan digunakan sebagai bahan untuk melakukan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan (diklat).

    Penting! Harap Samarkan Data PTK Ketika Upload di Media Sosial

    Sosmed atau Media sosial merupakan bagian dari sistem komunikasi dan informasi dunia pendidikan. terlihat Banyak sekali forum pendataan yang mengulas dan menginformasikan perkembangan sistem pendataan dalam dunia pendidikan. terkadang sebuah instansi membuka sebuah grup untuk mempermudah kegiatannya misalnya saja ketika ada permintaan data dilakukan secara online dengan cara menguploadnya ke Sosial Media ini. Celah inilah terkadang bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi.

    Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan maka salah seorang staf Dapodik Kemikbud menghimbau kepada para operator sekolah se-Indonesia, dan termasuk para pengelola grup dalam jejaring sosial untuk memperhatikan hal penting dibawah ini:

    1. Kaburkan, samarkan, hapus atau edit data terlebih dahulu terhadap hal yang menyangkut data individu PTK, karena hal tersebut bersifat pribadi, termasuk juga photo yang menampilkan identitas dari pemilik photo tersebut.
    2. Dan jika mendesak dibutuhkan  dan sangat terpaksa harus menampilkan data individu, maka lakukan pesan pribadi atau inbox Admin PDSPK yang tersedia di media sosial, atau bisa kepada Admin Dinas Pendidikan, Fasilitator, ataupun  Admin group yang juga aktif sebagai Fasilitator di medsos.
    PERHATIAN ,,,,,,,,,!!!!!
    Kepada teman-teman OPS di Seluruh Nusantara, termasuk pengelola group di media sosial,,,,,,,,,,
    Ketika memposting berkas apapun ke laman media sosial harap diperhatikan baik-baik,,,,
    *** kaburkan/hapus/edit terlebih dahulu hal-hal yang menyangkut data individu yang bersifat pribadi, termasuk photo yang menampilkan identitas pemilik photo tersebut.
    *** Apabila sangat di butuhkan sekali sampai harus menampilkan data individu, lakukan pesan pribadi/inbox Admin PDSPK yang online di media sosial, atau Admin Dinas pendidikan atau Fasilitator, atau Admin group yang aktif sebagai Fasilitator di media sosial.
    Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga privasi dari pemilik berkas dan menghindari penyalahgunaan data tersebut dalam bentuk apapun.

    Kepada Admin Group media sosial khususnya FB, mohon di perhatikan postingan anggotanya, dan di ingatkan agar memahami poin pertama diatas,,,,,,
    Semoga difahami, Terimakasih atas kerjasamanya

    Himbauan ini bertujuan untuk menjaga privasi dari pihak pemilik berkas dan untuk menghindari terhadap kemungkinan penyalahgunaan data tersebut dalam bentuk apapun.

    Selain itu, diharapkan kepada admin grup sosial media, utamanya Facebook, untuk tetap memperhatikan postingan anggota grup.

    Demikian informasi mengenai langkah anstisipasi pengamanan data PTK.

    Cara Mengetahui Ijazah Asli atau Palsu

    Cara Mengetahui Ijazah Asli Atau Palsu - M. Nasir, Menristek dan Dikmen mengatakan bahwa ada berbagai cara untuk mengetahui ijazah palsu Salah satuya yaitu melihat nilai yang diperoleh mahasiswa pada tiap semester. Jadi, pada dasarnya dari ijasah , dan jumlah SKS tiap semesternya.
    Berdasar data dari  Kemenristek Dikti, ada mahasiswa yang hanya memiliki 8 SKS namun sudah dinyatakan lulus. Padahal, harusnya mahasiswa memenuhi jumlah 144 SKS. 

    Selain itu, untuk proses pemeriksaan bisa diamati dari segi mahasiswa pindahan. Menurut M. Nasir, mahasiswa pindahan ‎haruslah ada dalam database di universitas sebelumnya dan jika  tidak tercatat pada universitas sebelumnya, maka ada kemungkinan terjadi abal-abal atau pemalsuan pindahan  ini.
    Nasir juga menuturkan bahwa pihaknya akan memerhatikan proses perkuliahan mahasiswa. Salah satunya  adalah sistem absensi. Jika tidak ada absensi, maka ada penipuan dalam perkuliahan. Jadi, kita perlu tahu cara cek ijasah palsu demi menjaga keabsahan.

    Cara Mengatahui ijazah Palsu Secara Fisik

    Masih berkaitan dengan cara cek ijasah palsu. Polisi telah  membeberkan ciri yang paling mudah dalam membedakan ijazah palsu atau  asli. Kanit II Haki, Subdit I Ekonomi Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, Kompol Andy Arisandi menjelaskan bahwa form kertas ijazah yang asli dikeluarkan oleh perusahaan kertas yang merupakan milik negara, yakni Perum Peruri yang sudah dilengkapi logo atau tanda khusus.  Seangkan ijazah palsu hanya berupa form kertas cetakan biasa.
    Cara cek ijasah palsu, selain dai jenis kertasnya, ijazah palsu juga bisa dilihat dari hologram yang tertempel pada kertas ijazah. Pada ijazah yang asli, hologram menjadi satu dengan form kertas yang dikeluarkan oleh Perum Peruri. Sementara iut, hologram pada ijazah yang palsu dibuat sendiri dan ditempel pada bagian tertentu.

    Sebenarnya ada ciri khusus untuk membedakan antara ijazah palsu dan yang asli, namun ini hanya bisa diketahui oleh perguruan tinggi yang telah mengeluarkan ijazah tersebut, yakni pada nomor seri ijazah dan kode ijazah. "dan hal ini hanya perguruan tinggi yang bersangkutan yang tahu, sedangkan masyarakat umum biasanya tidak mengetahuinya.
    Untuk ciri pada stempel, pihak kepolisian mengaku sulit untuk membedakan, karena tidaklah sulit bagi seseorang untuk membuat dan menduplikasi stempel. 
    Seperti berita yang beredar bahwa belakangan ini banyak beredar ijasah palsu. termasuk dalam lingkup PNS. Maka dari itu, KemenpanRB akan menindak tegas terhadap PNS yang berijasah palsu.
    Demikian cara cek ijasah palsu.

    Kompas.com

    Tunjangan Profesi Guru tidak dihapus

    Belakangan ini Terdengan isu bahwa Tunjangan Profesi Guru akan dihapus, sehingga membuat para guru mulai bertanya tanya, apa benar tunjangan ini akan dihapus pemerintah atau hanya isu semata.

    Namun akhirnya para guru harus berbesar hati, masalahnya pada Direktur Jendral Guru dan tenaga kependidikan mengatakan pada website www.kemdikbud.go.id bahwa Tunjangan Profesi Guru (TPG) tidak dihapus. Hal itu ditegaskan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Sumarna Surapranata, menanggapi isu adanya rencana penghapusan tunjangan profesi guru.

    "Nggak ada yang bilang menghapuskan. Buktinya, tunjangan profesi guru tahun depan sudah dianggarkan," ujar pria yang akrab disapa Pranata itu di Kantor Kemendikbud, Jakarta, (28/9/2015).

    Ia mengatakan, untuk tahun 2016 sudah disiapkan anggaran sebesar Rp73 triliun untuk tunjangan profesi guru PNSD (Pegawai Negeri Sipil Daerah) dan Rp7 triliun untuk tunjangan profesi guru non-PNS dari APBN. Pemberian tunjangan profesi guru itu sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.


    Dalam pasal 15 ayat 1 UU tentang Guru dan Dosen itu disebutkan, penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum yang diterima guru meliputi gaji pokok, tunjangan yang melekat pada gaji, serta penghasilan lain berupa tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus, dan maslahat tambahan yang terkait dengan tugasnya sebagai guru.

    Terkait dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Pranata mengimbau berbagai pihak agar tidak membuat interpretasi sendiri tentang status tunjangan profesi guru karena pemberlakuan UU ASN itu.

    Aturan mengenai tunjangan kinerja untuk guru PNS sesuai ASN masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) yang sedang disiapkan oleh Kemenpan-RB. Dalam pasal 80 ayat 1 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN disebutkan, selain menerima gaji, PNS juga menerima tunjangan dan fasilitas. Kemudian pasal 80 ayat 2 menyebutkan, tunjangan tersebut meliputi tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

    Pranata mengatakan, konten dalam UU ASN itu tidak serta merta dapat disimpulkan bahwa tunjangan profesi guru bagi guru PNS akan dihapus karena tidak tercantum dalam UU ASN.

    "Perkara apakah tunjangan kinerja itu sama dengan tunjangan profesi, kita tunggu peraturan perundang-undangan yang mengatur lebih khusus, atau peraturan perundang-undangan di bawahnya, yaitu peraturan pemerintah (PP)," ujar Pranata.
    Sumber : www.kemdikbud.go.id

    Cara Menangani Masalah Saat Mengisi PUPNS 2015

    E-PUPNS- Dalam Mengisi Pendaptaran Ulang Pegawai Negeri Sipil( PUPNS) mungkin banyak sekali terjadi kendala atau permasalahan yang muncul pada saat pelaksanaanya, maka sebagai solusi untuk menghadapi permasalahan seputar pelaksanaa e-PUPNS, maka BKN menyediakan helpdesk berkaitan dengan e-PUPNS 2015.


    Adapun Kemungkinan permasalahan yang dihadapi, dikelompokkan menjadi, :

    1. Permasalahan pada saat registrasi
    2. Data pegawai tidak ada dalam database
    3. Permasalahan pada saat login
    4. Permasalahan data referensi tidak ditemukan
    Bantuan bagi yang bingung tidak bisa melakukan registrasi Cara mengatasinya yaitu:
    1. Kunjungi link https://www.epupns.bkn.go.id/helpdesk/
    2. Pilih topik masalah sesuai yang dialami PN yang bersangkutan.


    3. Setelah memilih jenis permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan e-PUPNS maka anda akan dialihkan ke halaman cara mengatasi permasalahan anda dalam pelaksanaan e-PUPNs 2015
    4. Setiap permasalahan akan diberikan cara mengatasi yang berbeda-beda. Misal jika ada permaslaahan mengenai seorang PNS yang beda instansi antara data dan kenyataan bekerja. Maka pilih permasalahan beda instansi.

    5. Maka, inilah langkah yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahaan tersebut.

    Kemudian, bantuan permasalahan yang bisa ditangani oleh instansi, BKD, dan BKN diantaranya sebagai berikut:

    Permalasahan e-PUPNs yang ditangani BKN pusat.

    1.Beda Instansi (instansi pusat)
    2.Referensi Pendidikan Tidak ada
    3.Referensi Jabatan Fungsional Umum Tidak ada
    4.Referensi Jabatan Fungsional Tertentu
    Tidak ada
    5.Referensi Lokasi Kerja/Tempat Lahir
    (Luar Negeri) Tidak ada
    6.Referensi Bidang Spesialis Tidak ada
    7.Referensi Mata Pelajaran Tidak ada
    8.Referensi Diklat Fungsional Tidak ada
    9.Beda Nama (saat pendaftaan)
    10.PNS Tidak Ditemukan
    Tidak Ada Dalam Database SAPK BKN)
    11.Status PNS Diberhentikan
    12.Status PNS Sudah Pensiun

    akan diarahkan melalui sistem helpdesk PUPNS dan akan dijawab oleh BKN Pusat melalui sistem helpdesk PUPNS yang bisa dilihat di menu 'check status pengaduan permasalahan'.

    Permalasahan e-PUPNs yang ditangani BKN kantor regional.
    Bantuan Permasalahan :
    1.Beda Instansi (instansi daerah)
    2.Beda Nama (saat pendaftaan)

    akan diarahkan melalui sistem helpdesk PUPNS dan akan dijawab oleh BKN Kantor Regional melalui sistem helpdesk PUPNS yang bisa dilihat di menu 'check status pengaduan permasalahan'.

    Permalasahan e-PUPNs yang ditangani instansi/BKN
    Bantuan Permasalahan :
    1.Referensi Unit Organisasi Tidak ada
    2.Referensi Nama Sekolah Tidak ada
    3.Referensi Nama Unit Kesehatan
    Tidak ada
    4.Referensi Lokasi Kerja/Tempat Lahir
    (dalam Negeri) Tidak ada
    5.Turun Status
    (Dari Verifikator Level 1)
    6.Verifikasi Nomor Registrasi
    (PNS belum diverifikasi lebih dari 3 hari)
    7.Penambahan Verifikator Level 1

    akan diarahkan melalui sistem helpdesk PUPNS dan akan dijawab oleh Instansi/BKD ybs melalui sistem helpdesk PUPNS yang bisa dilihat di menu 'check status pengaduan permasalahan'.

    Demikian beberapa informasi penting terkain pelaksanaan dan permasalahan e-PUPNS 2015.

    Sumber: Hepldesk ePUPNS 

    Yuddy Chrisnandi Berjanji akan mengangkat Honorer K2 jadi PNS

    Para tenaga Honorer terutama yang sudah masuk katagori II ( K2) harus sedikit bernapas lega, pasalnya setelah sekian lama mengabdi dan juga menunggu kepastian tetang nasib mereka kini ada sedikit titik terang yang tentunya ini memberikan semangat bagi para honorer itu sendiri.
    Seperti yang dikutip dari JPNN bahwa Mentri Aparatur Negara Reformasi Birokrasi ( Menpan-RB) yaitu Bpk Yuddy Chrisnandi telah mantap untuk mengangkat Honorer K2 ( Katagori 2) menjadi PNS tanpa Tes, Beliau juga mengatakan bahwa kebijakan mengangkat Honorer K2 menjadi PNS sudah beliau pikirkan masak-masak yang tentunya berdasarkan saran dan masukan dari beberapa pihak terkait

    Yuddy Chrisnandi juga menghimbau kepada para tenaga honorer yang tentunya kesal dan marah akibat terlambatnya ketidak adilan yang diterima belakangan ini seperti banyak keputusan dan kebijakan yang tidak ada realisasinya itu untuk tidak menyalahkan Presiden, tetapi Menpan lah yang bertanggung jawab.
    Semoga saja apa yang beliau katakan bukan cepat direalisasikan dan bukan hanya omong kosong belaka

    Beasiswa Guru PAI tahun 2015

    Beasiswa Guru PAI 2015 - Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan pengawas Pendidikan Agama Islam ( PAI) juga meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, maka pihak Kementerian Agama RI menyediakan bantuan dan beasiswa Kualifikasi S2 program studi Supervisi Pendidikan Islam angkatan 2015.

    Adapun ketentuan yang disampaikan olek Kemenag yaitu setiap calon peserta hanya diperbolehkan mendaftar di satu perguruan tinggi saja, dan pendaftaran dimulai pada tanggal 19 Agustus - 18 September 2015, dan pendaftaran bisa dilakukan di Pascasarjana PT Keagamaan Islam Berikut ini 

    Untuk surat edaran resminya bisa sobat download pada link dibawah ini
      
    Persyaratan :
    1. Mengisi formulir yang tersedia
    2. Berusia maksimal 37 tahun. Bagi guru PAI yang mengajar di daerah tertinggal, terluar dan terdepan maksimal 42 tahun.
    3. Melampirkan ijasah terakhir 2 lembar
    4. Melampirkan transkrip nilai
    5. Melampirkan SK kenaikan pangkat terakhir yang dilegalisir pejabat berwenang
    6. Memiliki pengalaman mengajar minimal 4 tahun.
    7. Foto 3 x 4 2 lembar
    8. FC KTP
    9. Surat persetujuan kepala sekolah
    10. Melampirkan Surat Persetujuan ijin dari Ka Kantor Kemenag Kab/Kota ( bagi pengawas)

    Pengumuman Hasil Ujian

    1. Pengumuman kelulusan dilakukan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.
    2. Peserta yang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat ditetapkan didalam Surat Keputusan Pimpinan Pascasarjana; 
    3. Peserta yang  ditetapkan di dalam Surat Keputusan Pimpinan Pascasarjana diusulkan  kepada  Dirjen  Pendidikan  Islam  untuk  ditetapkan  sebagai  guru  PAI/pengawas  PAI  penerima beasiswa angkatan 2015. 

    Jadwal Kegiatan

    1  Penyeleksian syarat-syarat calon peserta  18 September 2015
    2  Pengumuman hasil seleksi administrasi 21 September 2015
    3  Pelaksanaan test calon peserta  28 s/d 29 September 2015
    4  Pendaftaran ulang (registrasi) calon peserta  01 Oktober 2015
    5  Kuliah perdana  19 s/d 24 Oktober 2015  

    Info selanjutnya bisa mengunjungi http://pendis.kemenag.go.id/ untuk download formulir lengkap.
    Itulah informasi beasiswa S2 Guru PAI tahun 2015.
    Selamat mendaftar.

    Cara Update Dapodik 4.00 menjadi Versi 4.0.1

    Aplikasi Dapodikdas sudah tersedia versi 4.0.1 Untuk itu para Operatos Sekolah bisa melakukan Update/pembaharuan versi tersebut.

    Cara Update Dapodik versi 4.0.0 berbeda dengan cara update dapodik sebelumnya, kalau versi 3.0 atau sebelumnya kita harus download patch dapodinya, namun kali ini kita tidak harus melakukannya. karena menu update sudah disediakan pada aplikasi dapodik itu sendiri.
    Lantas bagaimana cara update dapodik terbaru ini?
    Berikut ini adalah cara update Dapodikdas versi 4.0.1.
    1. Login aplikasi Dapodik seperti biasa.
    2. Pada menu pengaturan, klik cek pembaharuan. Maka akan muncul permintaan pembaharuan versi dapodikdas 4.0.1.
    3. Jika sudah muncul permintaan pembaharuan, klik Lanjutkan.

    4. Jika proses update berhasil atau sukses, maka pada pada versi aplikasinya akan bertuliskan versi aplikasi: Dapodikdas 4.0.1
    Lalu apa saja yang berubah dari versi ini? Sobat bisa lihat di Pembaharuan pada dapodik versi 4.0.1

    Itulah cara mudah melakukan update dapodikdas versi 4.0.1, semoga bisa bermanfaat.

    Cara Mengatasi Error 500 pada pendaftaran PUPNS

    Masalah bisa datang kapan saja, tidak perduli kita sedang tergesa-gesa ataupun santai. begitu juga dengan pendaptaran PUPNS yang dilakukan oleh para PNS se-indonesia saat pendaptaran kadang masalah muncul, bukan saja website nya Loading terus karena kebanyakan yang mengakses kadang juga muncul pesan Error 500 pada saat melakukan Pendaftaran PUPNS, tentu saja mengakibatkan para PNS yang melakukan registrasi ePUPNS gagal mencetak bukti Registrasi/ Pendaftaran.
    Dibawah ini merupakan beberapa langkah Cara Mengatasi Error 500 pada saat pendaptaran ePUPNS
    • Reload halaman, caranya dengan menekan tombol F5, karena kemungkinan pesan error 500 ini merupakan gangguan sementara.
    • Hapus semua cache browser, dengan klik CTRL+SHIFT+ DELETE
    • Hapus semua cookie browser, bisa dengan menggunakan CC Cleaner.
    Meskipun cara diatas tidak menjamin 100% sobat terbebas dari Error 500 namun setidaknya ada usaha yang dilakukan dan yang musti sobat PNS ingat bahwa batas akhir pendaptaran ePUPNS ini sampai 31 Desember 2015.
    Itulah cara mengatasi "Error 500" ePUPNS 2015, semoga bisa membantu.


    BKN.
    Untuk solusi kendala teknis seputar ePUPNs 2015 harap hubungi:
    Email: satgaspupns2015@gmail.com
    Telepon: 021-8093008, extensi 4203, 4210.
    Demikian artikel mengenai Cara Cepat Mengatasi "Error 500" pada ePUPNS 2015.

    Link Alternatif Daftar Dan Isi PUPNS terupdate

    Registrasi PUPNS 2015 bagi para PNS sebagai  pemutahiran atau update data memang mudah saja dilakukan, namun karena para PNS di indonesia ini jumlahnya jutaan orang, maka yang mengakses website e-pupns pun jumlahnya cukup banyak, nah kejadian ini mengakibatkan kita akan kesulitan untuk masuk ke website tersebut

    Masalah muncul ketika kita akan masuk ke menu registrasi loading terus, tentu ini akan sangat menjengkelkan, untuk itu bagi sobat PNS yang mengalami hal tersebut tidak ada salahnya menggunakan link alternatif berikut ini
    • https://epupns.bkn.go.id/menu
    • https://epupns.bkn.go.id/registrasi
    jangan lupa akses lah pada jam senggang bukan pada jam sibuk
    Semoga bisa membantu bagi sobat yang susah masuk untuk registrasi karena loading terus

    Cara Registrasi PUPNS 2015 Lengkap

    PUPNS atau Pendaptaran Ulang Pegawai Negeri Sipil 2015 adalah Sistem pendataan ulang untuk memperoleh data yang akurat, terpercaya dan terintegrasi yang dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan sistem informasi kepegawaian ASN yang mendukung pengelolaan Manajeman ASN yang rasional sebagai sumber daya aparatur negara.

    Pendaptaran ulang ini juga merupakan pemutahiran data PNS yang dilakukan secara Online, dan tentunya para PNS itu sendiri bisa melakukan perbaikan data jika ada data yang tidak sesuai dengan database kepegawaian BKN

    Adapun cara daptar atau Cara Register PUPNS itu sendiri sebenarnya cukup mudah,namun kadang karena banyak yang mengakses kita akan sedikit kesulitan untuk bisa masuk ke menu Registrasi itu sendiri.

    Berikut cara Daftar PUPNS 2015
    1. Masuk ke link https://epupns.bkn.go.id  Jika Kesulitan masuk gunakan link alternatif
    2. Klik Daftar 
    3. Masukan NIP Baru kemudian cari, nanti nama PNS akan muncul
    4. Jika data tersebut benar silahkan masukan Email PNS yang bersangkutan kemudian klik lanjut
    5. Masukan kata kunci/ pasword serta Pertanyaan keamanannya, jangan lupa pasword dan pertanyaan keamanan di ingat baik -baik selanjutnya masukan Kode Verifikasinya
    6. jika sudah klik Register dan cetak  bukti pendaftaran PUPNS nya
    semoga Cara daftar PUPNS 2015 ini bermanfaat bagi sobat

    Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Spasial

    Pemahaman Spasial dalam sistem informasi tentu sangat terkait dengan Wilayah, Sumber Daya, dan Konten yang akan diangkat menjadi isu atau analisis khususnya pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu aset negara yang harus dipahami sebagai tanggung jawab bersama, pemerintah dan masyarakat

    Perbedaan dalam penyusunan strategi untuk pengelolaan pendidikan, salah satu referensi adalah adanya perbedaan pola dan karakteristik daerah, dengan menempatkan Wawasan Nusantara sebagai dasar atau titik tolak penyusunan strategi pendidikan di daerah. Perbedaan ini, salah satunya disebabkan oleh tumbuh kembangnya kondisi setempat, dan pengaruh dari tempat lain karena faktor letak geografis yang memunculkan saling interaksi antar lokasi.

    Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan rekonsilidasi Data Referensi Wilayah sampai tingkat kecamatan, antara data Kemendikbud, Kemendagri, BPS dan BIG (Badan Informasi Geospasial). Sumber data rujukan yang digunakan untuk rekonsilidasi Data Referensi Wilayah adalah: BPS 2014 Peraturan Kepala BPS Nomor 151 Tahun 2014 Tentang Kode dan Nama Wilayah Kerja Statistik Tahun 2014 BPS 2015 http://mfdonline.bps.go.id/, KEMENDAGRI 2015 http://www.kemendagri.go.id/pages/data-wilayah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2015 Tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan, KEMENDIKBUD 2015 http://referensi.data.kemdikbud.go.id, dan BIG Batas Wilayah Administrasi Indikatif bersumber dari peta RBI skala 50.000 berbagai tahun dikompilasi oleh PPBW-BIG pada tahun 2015

    Untuk melaksanakan update data atau verifikasi dan validasi data wilayah di daerah masing-masing melalui verval wilayah http://wilayah.data.kemdikbud.go.id/ oleh Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat, atau teman-teman Pengelola Data Pendidikan (Operator Sekolah) langsung menginformasikan ke PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan), yang akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan setempat. Untuk koreksi, hasil dari rekonsilidasi data wilayah dapat dilihat pada: http://pres.data.kemdikbud.go.id.

    sumber : http://spasial.data.kemdikbud.go.id

    PROGRAM KERJA TAHUNAN PRAMUKA

    Program Kerja Tahunan Pramuka - Kegiatan Ekstrakulikeuler Pramuka diadakan kebanyakan dari Sekolah Dasar, untuk itu perlu sekali dalam kegiatan ini Administrasinya dilengkapi. salahsatunya yaitu Program kerja Tahunan.

    Bagi sobat yang sedang mencari contoh Program kerja tahunan pramuka sobat bisa melihat contohnya berikut ini

    PROGRAM KERJA TAHUNAN
    I. BIDANG KEGIATAN DAN LATIHAN PESERTA DIDIK
    1. 1. Siaga
      1. Meningkatkan  Latihan Pramuka Siaga dari jenjang :
        1. Siaga  Mula
        2. Siaga  Bantu
        3. Siaga Tata
    2. Pencapaian  SKK
    1)           Dua  Macam SKK Agama
    2)           Dua Macam   SKK  Patriotisme dan seni  Budaya
    3)           Dua  Macam  SKK  Ketangkasan Dan Kesehatan
    4)           Dua  Macam SKK Keterampilan dan  Teknik  Pembangunan
    5)           Dua Macam  SKK Sosial, Gotong  Royong, ketertiban  Masyarakat, Perdamaian  Dunia, dan  Lingkungan  Hidup.
    1. Menyiapkan  Siaga Garuda sesuai  dengan  Persyaratan  yang  berlaku
    2. Latihan  Pemimpin  …………………………………………………………….. 1  Kali
    3. Perkemahan  Siaga  Hari  ……………………………………………………. 2 Kali
    4. Permainan  Bsar  Siaga  ………………………………………………………. 1 Kali
    5. Bazar  Siaga  ……………………………………………………………………….. 1 Kali
    1. 2. Penggalang
      1. Pencapaian  SKU
      2. Meningkatkan  latihan  Pramuka  Penggalang  dari  jenjang  :
        1. Penggalang  Ramu
        2. Penggalang  Rakit
        3. Penggalang  Terap
    2. Pencapaian  SKK
    1)           2  Macam  SKK  Agama
    2)           2  Macam  SKK  Patriotisme  dan  Seni Budaya
    3)           2  Macam  SKK Ketangkasan dan Kesehatan
    4)           2 Macam  SKK  Keterampilan dan teknik Pembangunan
    5)           2 Macam  SKK  Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban masyarakat, Perdamaian dunia, dan Lingkungan Hidup.
    1. Menyiapkan  Penggalang  Garuda sesuai  dengan  persyaratan  yang  berlaku
    2. Gladian  Pemimpin  regu                           …………………………………….   1 Kali
    3. Perkemahan  Sabtu  minggu/ dekat       ……………………………………   4 Kali
    4. Perkemahan/jauh                                         …………………………………..     2 Kali
    5. Lomba  Tingkat I                                           ……………………………………..  1 Kali
    6. Bakti Masyarakat                                          ……………………………………..   2 Kali
    7. Mengikuti Lomba                                         ……………………………………..   4 Kali
    8. Penyegaran                                                     …………………………………..   4 Kali
    II. KEGIATAN  BERSAMA  DALAM  SATUAN  GUGUS  DEPAN
    1. Ulang Tahun Gugus depan
    2. Hari Besar Agama dan Hari-hari Besar Nasional
    3. Bakti Masyarakat di lingkungan dimana Gugus Depan berada
    III.  BIDANG PENDIDIKAN ORANG DEWASA
    1. Mengirimkan Pembina untuk mengikuti  pertemuan-pertemuan  Pembina yang  diselenggarakan  Oleh  Kwartir  Rating
    2. Mengirimkan  Para Pembina  untuk  mengikuti  Kursus  Pembina  yang  diselenggarakan  oleh  Kwartir  Cabang
    IV.  BIDANG TANDA PANGHARGAAN
    Sistem  Penghargaan  dijalankan  sebagaimana  mestinya  (disesuikan  dengan  perkembangan  jaman)
    V. BIDANG SARANA DAN ADMISTRASI
    Mengusahakan  tersedianya :
    1. Buku-buku  Pegangan  Pembina
    2. Perlengkapan  Perindukan  Siaga
    3. Perlengkapan  Pasukan  Penggalang
    4. Sanggar  Bakti  Gugus  Depan
    5. Papan  nama  Gugus  Depan, Stempel  surat  dan  Perangkat  buku-buku  Administrasi
    6. Surat  perijinan  kegiatan  dibuat  sesuai  kebutuhan
    7. Hendaknya diusahakan  asuransi
    8. Kartu  Anggota  (KTA) Pembina  dan  Peserta  didik

    CONTOH PROGRAM KERJA PRAMUKA


    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.     Rasionalisasi
    Pendidikan untuk membentuk kepribadian peserta didik seperti yang dimaksud dalam tujuan gerakan pramuka tidak dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat secara sekaligus, melainkan harus dilakukan setingkat demi setingkat dalam waktu yang cukup panjang. Sesuai dengan pola umum Gerakan Pramuka maka usaha pendidikan Kepramukaan tersebut harus direncanakan melalui Program kerja. Organisasi Gerakan Kepramukaan adalah merupakan lembaga pendidikan non formal bagi anak-anak dan pemuda, yang bertujuan membantu pengembangan pribadi, watak, dan jiwa sosial para generasi muda kita yang didasarkan pada kesukarelaan, tidak berpolitik dan terbuka bagi semua orang. Kepramukaan telah berkembang sesuai dengan perkembangan anak dan pemuda pada masa kini, seiring dengan berkembangnya kemajuan informasi dan teknologi serta perkembangan masyarakat dewasa ini. Oleh karena itu pendidikan kepramukaan harus dilihat dan diakui sebagai sesuatu yang penting dan strategis bagi pendidikan masyarakat pada umumnya.
    Gerakan Kepramukaan adalah suatu bagian dari Organisasi Kepanduan Dunia yang angota-anggotanya dididik menjadi insan yang disiplin, mandiri, bertanggung jawab, berguna bagi sesama umat manusia, serta dapat menjalankan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka. Oleh karena itu pendidikan kepramukaan tidak boleh diserahkan begitu saja kepada orang-orang atau pihak-pihak yang tidak mengerti tentang pendidikan pada umumnya dan keparamukaan pada khususnya, karena hal itu akan menjadikan pendidikan pramuka yang sia-sia dan tidak sesuai dengan harapan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepramukaan Indonesia. Sistem pendidikan dan pembinaan kepramukaan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat sejalan dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepramukaan Indonesia dan Program Kegiatan Sekolah yang diharapkan dapat membentuk manusia berbudi pekerti yang Pancasilais.
    Program kerja tahun 2008/2009 akan tetap melanjutkan fungsi kerja Dewan Penggalang sebelumnya untuk mengakomodir serta mengupayakan peningkatan kuantitas peserta didik dengan tidak meninggalkan usaha-usaha peningkatan kualitas pembinaan SDM, leadership, serta skill pada anggota. Evaluasi juga merupakan bagian integral dari setiap kebijakan program yang tak terpisahkan agar nantinya dapat diperoleh gambaran yang jelas tentang keunggulan, kelemahan, peluang dan hambatan terhadap kebijakan yang telah dibuat sehingga dapat diketahui keberhasilan dan usaha yang telah dilakukan.


    B.     Landasan
    a.       Keputusan Presiden RI Nomor 104 Tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan
    Pramuka
    b.      Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 086 Tahun 2005 Tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
    c.       Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 137 Tahun 1987 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus depan Gerakan Pramuka.
    d.      Rencana Strategik Gerakan Pramuka 2006 – 2009 “Program Prioritas”.
    e.       Rencana Strategik Gugus depan “Proyek SJP 18 The best 2016”
    f.       Rencana Kerja Gugus depan Gerakan Pramuka Kab CiamisPangkalan SMP Negeri18 Bogor Tahun Anggaran 2007 – 2008.

    C.     Tujuan
    1.      Menghimpun peserta didik yaitu Pramuka Penggalang dalam kegiatan yang terpola agar mudah dibina dan dikelola.
    2.      Mengupayakan Gerak Pembinaan dan Pembinaan Pramuka Penggalang yang dititik beratkan pada penigkatan pelatihan-pelatihan guna menyiapkan Pramuka Penggalang menjadi mendiri
    3.      Mengupayakan fungsi wadah-wdah pembinaan Pramuka Penggalang supaya terpadu dan terarah sehingga memantapkan organisasi dan manajemen yang tanggap, efektif dan efisien.
    4.      Meningkatkan kedisiplinan, kesadaran dan menyerap nilai-nilai Dasa Dharma dan Tri Satya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
    5.      Upaya mengadakan fasilitas penggunaan dan pengembangaan Pramuka Penggalang dalam rangka menunjang gerak langkah visi awal dengan lngkah kemandirian Gerakan Pramuka.
    6.      Meningkatka rasa tanggung jawab dan kebersamaan untuk bekerja sama dalam melaksanakan seluruh kegiatan Pramuka...............
    SELENGKAPNYA Sobat bisa download pada Link Berikut ini :
    Download Kumpulan Contoh Program Kerja Tahunan Pramuka Lengkap.

    Konsep pendidikan PAUD

    Pendidikan anak usia dini (PAUD) terpadu memiliki konsep memadukan satuan pendidikan anak usia dini jalur pendidikan nonformal (kelompok bermain, tempat penitipan anak/TPA dan satuan PAUD sejenis) dan jalur pendidikan formal (Taman Kanak-Kanak/TK) ke dalam satu kelembagaan. Namun keterpaduan ini bisa menyisakan masalah, terutama terkait dengan masalah pendidik. Hal ini disebabkan guru TK selama ini masuk dalam skema sertifikasi guru. Sedangkan pendidik kelompok bermain dan TPA belum masuk dalam skema sertifikasi guru.

    Mengacu pada UU nomor 14 Tahun 2005 guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dan kepada mereka inilah program sertifikasi guru diberlakukan, bukan belum pada guru pada PAUD satuan pendidikan nonformal (kelompok bermain/TPA).

    Kenyataan di lapangan, pendidik PAUD jalur nonformal oleh anak-anak dan masyarakat juga dipanggil dengan sebutan guru. Demikian pula jika merujuk pada Permendiknas nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, pendidik pada jalur pendidikan nonformal terdiri atas guru, guru pendamping dan pengasuh. Sebutan guru bagi pendidik PAUD yang memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi guru sebagaimana diatur dalam Permendiknas nomor 16 Tahun 2007. Sedangkan pendidik PAUD yang belum memenuhi kualifikasi disebut sebagai guru pendamping.

    Sementara itu pembentukan lembaga PAUD terpadu merupakan upaya untuk meniadakan dikotomi antara PAUD jalur pendidikan formal dan PAUD pendidikan nonformal. Disamping itu, PAUD Terpadu dirilis pemerintah guna meningkatkan angka partisipasi dari 56 persen pada saat ini menjadi 75 persen pada 2015. Upaya yang dilakukan bekerjasama dengan pemerintah daerah, ormas perempuan hingga pemilik taman kanak-kanak (TK). Saat ini lembaga PAUD terpadu sudah mulai tumbuh dan berkembang. Bahkan ada beberapa daerah yang sudah meregulasi lembaga PAUD terpadu dalam peraturan bupati/walikota.
    Namun demikian upaya yang baik ini bisa menyisakan persoalan, yaitu adanya kecemburuan antara guru TK dan guru PAUD nonformal. Kondisi ini sudah ditengarai adanya upaya memasukkan guru PAUD jalur pendidikan nonformal ke dalam kelompok guru TK oleh lembaga PAUD yang diselenggarakan oleh masyarakat. Hal tersebut sebagai upaya untuk menghilangkan kecemburuan di antara keduanya.

    Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/kota pun dalam hal ini juga berhati-hati dalam menanggapi persoalan ini. Kondisi akan berbeda jika menyangkut guru TK yang berstatus sebagai PNS karena mereka ada di basis data dinas sejak awal. Guru TK swasta diberi ruang dan hak yang sama dengan guru TK PNS dalam program sertifikasi guru. Hal inilah yang bisa memicu adanya upaya memasukkan guru PAUD ke dalam program sertifikasi guru. Padahal guru PAUD menurut UU Nomor 14 Tahun 2005 tidak bisa dikategorikan guru (jalur pendidikan formal) yang kemudian diikutkan dalam program sertifikasi. Sementara itu dalam Permendiknas nomor 58 Tahun 2009, jelas bahwa pendidik PAUD jalur pendidikan nonformal juga disebut sebagai guru jika sudah memenuhi kualifikasi.

    Persoalannya, jika diloloskan bisa memicu persoalan hukum, namun jika tidak diloloskan akan menimbulkan kecemburuan karena dalam satu lembaga PAUD terpadu.
    Kondisi ini perlu diantisipasi oleh berbagai pihak dengan membuat terobosan kebijakan untuk mengurangi kesenjangan kesejahteraan antara guru TK dan pendidik PAUD pada lembaga PAUD terpadu. Misalnya dengan memberikan tunjangan atau bantuan kepada pendidik PAUD jalur pendidikan nonformal. Namun demikian upaya untuk memasukkan guru PAUD ke dalam program sertifikasi tetaplah terbuka mengingat sudah diakui dengan sebutan guru dalam Permendiknas nomor 58 Tahun 2009, hanya masih diperlukan perangkat peraturan lagi yang menegaskan guru PAUD nonformal dalam skema sertifikasi guru.

    Download Contoh Silabus Kurikulum 2013

    Kali ini admin ingin berbagi sedikit contoh silabus kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013 yang sering disebut dengan KURTILAS, Bagi sobat yang membutuhkan silabus terbaru lengkap maka postingan saya kali ini mungkin akan berguna bagi sobat

    Contoh silabus lengkap ini sudah dijadikan satu dari kelas 1 s/d kelas 6. Dan semoga dapat membantu dalam melengkapi Administrasi yang harus disediakan oleh kawan-kawan semua dalam proses belajar mengajar di sekolah.

    Silahkan unduh disini DOWNLOAD SILABUS KURIKULUM 2013

    Cara Mengetik Cepat dan Tepat dengan 10 jari

    Cara mengetik Cepat - Bagi sobat yang kerjaannya berhubungan dengan komputer maka mengetik merupakan santapan setiap saat, namun terkadang kita kesulitan untuk mengetik, apalagi orang yang baru mengenal komputer jangankan untuk mengetikm, mencari hurup pada keyword pun masih kelimpungan heheh

    Sobat mungkin pernah melihat orang mengetik dengan cepat bahkan banyak orang yang mengetik tanpa melihat keyboard ( biasanya di Film Hollywood) mereka sangat mahir mengetik tentu ada proses belajar mengetik nya, dari tahap pengenalan hurup pada keyboard sampai dengan mengetik menggunakan 10 jari.
    yang jadi pertanyaan, Apakah sobat sudah menggunakan 10 jari untuk mengetik atau menggunakan 2-3 jari?
    Jika sobat masih menggunakan 2-3 jari mungkin sobat akan susah mengetik dengan cepat atau bahkan sobat akan kesulitan dengan mengetik tanpa melihat keyboard tentunya jika dibandingkan dengan mengetik dengan 10 jari.

    Jika sobat ingin belajar mengetik cepat tentu harus merubah kebiasaan yang tadinya hanya menggunakan 2-3 jari maka sekarang coba beralih dengan menggunakan 10 jari, pada awalnya memang agak kaku tapi jika dibiasakan dan terus belajar maka dengan sendirinya kecepatan mengetik sobat akan terus meningkat bahkan sobat bisa mengetik tanpa melihat keyboard

    Nah untuk mempermudah belajar mengetik dengan cepat menggunakan 10 jari maka gunakanlah softwareTyping Master

    Jika ingin mencoba silahkan klik link berikut
    Jangan lupa terus belajar menggunakannya dan sobat bisa melihat hasilnya dan test kecepatan mengetik sobat
    Semoga bisa membantu